Download Gratis
Butuh bantuan?

10 Franchise Lokal Untuk Jadi Inspirasi

Saat ini sudah banyak berbagai franchise lokal yang terkenal di seluruh wilayah Indonesia.

Bisnis franchise atau waralaba ini ditujukan bagi Juragan yang ingin membuka bisnis dan mempunyai banyak dana untuk meningkatkan penjualan brand.

Buat Toko Online Sendiri

Sistem pendistribusian produk ini sudah mendapatkan izin sebagai pengguna Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) kepada satu pihak (franchisee) dari pemilik franchise (franchisor)

Melalui bisnis ini Juragan nggak perlu repot-repot menyiapkan kebutuhan produk seperti bahan baku, resep, alat produksi, dan hal lainnya.

Manfaat Pakai Aplikasi BukuWarung

Juragan hanya perlu menyediakan dana dengan membuka cabang di wilayah yang Juragan inginkan.

Contoh Franchise Lokal yang Terkenal

Pada pembahasan franchise lokal kali ini, Juragan pasti akan dibuat kaget, karena ada beberapa brand terkenal yang ternyata berasal dari Indonesia. 

Selain namanya yang nggak terdengar seperti brand lokal, franchise dari Indonesia ini, dinilai seperti produk yang berasal dari mancanegara.

Berikut contoh franchise lokal yang bisa menjadi inspirasi Juragan:

1. Jco Donuts and Coffee

Jco Donuts and Coffee
sesamecoffe.com

Siapa sangka Jco Donuts and Coffee adalah brand lokal yang diluncurkan oleh Johni Andrean? Ia adalah pengusaha salon asli Indonesia.

Pada awalnya, brand ini terinspirasi ketika Johni melakukan perjalanan bisnis ke Amerika Serikat.

Saat itu ia sering mencicipi donat ciri khas Amerika hingga membuatnya berencana untuk membuka usaha sejenis.

Untuk pertama kalinya di tahun 2005 Jco Donuts and Coffee membuka gerai di Kawasan Supermall Karawaci, Tangerang.

Dalam kurun waktu satu tahun, Jco Donuts telah membuka 16 gerai di beberapa kota Indonesia.

2. Kebab Turki Baba Rafi

franchise lokal
mnews.com

Kebab Turki Baba Rafi didirikan oleh Hendy Setiono sejak tahun 2003 silam, awalnya franchise lokal ini terinspirasi ketika Hendy berkunjung ke Qatar.

Saat itu ia sedang berjalan-jalan dan menemukan makanan kebab di pinggir jalan kota, sejak itulah ia terpikirkan untuk mencoba bisnis kebab di Indonesia.

Sebelum Hendy mencapai kesuksesannya, ia pernah mengalami kegagalan bahkan hampir bangkrut.

Namun di tahun 2005, ia resmi mewaralabakan Kebab Turki Baba Rafi ke seluruh wilayah Indonesia, bahkan sekarang sampai luar negeri.

Kebab merupakan makanan yang cukup potensial di Indonesia, selain rasanya yang enak makanan ini membuat Juragan mudah kenyang,

3. CFC

cfc franchise lokal
cnbcindonesia.com

Berbeda dengan KFC yang berasal dari Amerika, CFC adalah salah satu franchise lokal terlaris yang bisa Juragan temukan di berbagai sudut kota.

CFC didirikan tahun 1989 dengan memperkenalkan konsep siap saji, kemudian di tahun 1996 CFC berhasil melebarkan sayapnya ke negeri China dengan membangun 20 outlet yang tersebar di seluruh kota China.

4. Hoka-Hoka Bento

hokben
medium.com

Mengusung tema kuliner ala Jepang, banyak yang nggak menyangka bahwa Hoka-Hoka Bento atau HokBen merupakan waralaba asal Indonesia.

Berdiri dibawah naungan PT Eka Bogainti, HokBen didirikan oleh Hendra Arifin dengan menyajikan makanan cepat saji yang variatif.

Franchise lokal ini menjadi favorit banyak orang karena harganya yang murah dan rasanya yang enak.

5. Janji Jiwa

janji jiwa
kompas.com

Siapa sih yang nggak kenal Janji Jiwa? Franchise kopi lokal yang didirikan oleh Billy Kurniawan ini diluncurkan pada tahun 2018 lalu.

Meskipun Janji Jiwa sangatlah baru, antusiasme masyarakat menjadikan Janji Jiwa sebagai waralaba kopi yang sukses besar di Indonesia.

6. Indomaret

indomaret
voi.id

Mustahil bagi warga Indonesia yang nggak tahu franchise Indomaret, pasalnya minimarket yang menyediakan berbagai kebutuhan pokok ini pasti selalu ramai dikunjungi pembeli.

Maka nggak heran lagi kalau Indomaret selalu ada disetiap sudut wilayah di Indonesia.

7. Apotek K-24

franchise lokal
apotek-k24.com

Apotek K-24 pertama kali berdiri pada tahun 2002 di Yogyakarta, waralaba apotek nasional ini tersebar di seluruh wilayah kota Indonesia dengan melayani pelanggan selama 24 jam nonstop.

Kebutuhan masyarakat terhadap obat medis membuat apotek ini dikenal dan sukses besar di 24 provinsi Indonesia.

8. Ayam Sabana

ayam sabana
sesamecoffe.com

Sabana fried chicken yang didirikan oleh pengusaha M. Syamsalis, membangun bisnis waralabanya pada tahun 2006 silam.

Memiliki citra rasa yang nggak kalah enak dari KFC, menjadikan Ayam Sabana sebagai franchise Ayam premium termurah, yaitu dengan harga Rp 15 ribu saja.

Bisnis Ayam Sabana dinilai memiliki peluang yang besar, mengingat masyarakat Indonesia hobi mengkonsumsi makanan ayam siap saji.

9. Es Teler 77

es teler 77
zomato.com

Es Teler 77 merupakan pelopor bisnis makanan cepat saji pertama di Indonesia, dimulai dari kios kecil di pusat perbelanjaan Duta Merlin, Murniati bersama suaminya sukses menjadikan Es Teler berdiri hingga saat ini.

Menu andalannya yaitu Es Teler, dinilai sebagai minuman yang segar dengan racikan sirup yang istimewa.

10. Warunk Upnormal

franchise warunk upnormal
idntimes.com

Warunk Upnormal adalah salah satu tempat makan yang sering dikunjungi oleh kaum milenial.

Memiliki menu utama indomie, roti dan kopi kini Warunk Upnormal menjadi tempat pilihan asik untuk nongkrong bersama teman-teman.

Warunk Upnormal diawali dengan terkabulnya 1000 doa, saat itu cabang pertamanya yaitu Nasi Goreng Mafia menyajikan 1000 nasi goreng gratis yang cukup dibayar dengan doa.

Tips Membuka Bisnis Franchise Lokal

Franchise adalah pilihan yang tepat bagi Juragan yang ingin memulai bisnis tanpa harus bersusah payah.

Pada dasarnya bisnis franchise memang cukup banyak tantangannya, jika ada salah satu outlet yang melakukan kesalahan, maka otomatis outlet Juragan juga bisa terkena dampaknya.

Juragan nggak bisa seenaknya mengatur atau merubah inovasi sendiri dalam bisnis ini, karena brand mempunyai ketentuan dan aturannya sendiri.

Sebelum memulai bisnis franchise ada baiknya untuk mempertimbangkan dari berbagai sisi, berikut kami berikan tips sukses membuka bisnis franchise:

1. Memilih Jenis Franchise yang Sesuai

Sebelum Juragan memilih jenis bisnis franchise, cobalah untuk mempertimbangkan hal-hal seperti, peluang usahanya, tingkat kesulitan hingga strateginya.

Juragan harus mengetahui, apakah bisnis ini dapat berkembang kedepannya dan dibutuhkan masyarakat atau nggak.

Dengan mempertimbangkan hal tersebut, Juragan nggak akan mengambil langkah yang salah dan menyia-nyiakan dana yang besar.

2. Sesuaikan dengan Modal

Saat membuka bisnis franchise, pastikan Juragan mempunyai budget yang cukup untuk memasarkan brand.

Jangan sampai Juragan terlibat utang karena memiliki modal yang pas-pasan, Juragan nggak mau kan terbebani saat berbisnis? Maka dari itu pastikan bisnis sesuai dengan modal Juragan.

3. Perhatikan Lokasi Outlet

Lokasi franchise lokal akan menentukan tingkat penjualan Juragan, maka dari itu usahakan outlet berada ditempat yang sesuai.

Agar penjualan tetap stabil, Juragan bisa menempatkan outlet di lokasi yang selalu ramai dikunjungi orang-orang.

4. Ikut Serta Berbagai Event

Salah satu promosi terbaik dalam membuka bisnis franchise lokal yaitu dengan mengikuti berbagai event yang diselenggarakan.

Namun, selektiflah saat akan ikut serta dalam acara, pastikan bahwa bisnis Juragan tepat di acara tersebut.

Apakah Juragan mulai tertarik untuk membuka bisnis franchise lokal juga? Kalau ya, coba deh download aplikasi BukuWarung di handphone Juragan!

BukuWarung sangat cocok buat seorang pemula bisnis franchise lokal untuk mencatat keuangan hingga laporan keuangan.

Sudah lebih dari 6,5 juta pemilik bisnis menggunakan BukuWarung sebagai aplikasi pembukuan digital.

Segera download aplikasi BukuWarung disini!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download