Download Gratis
Butuh bantuan?

10 Inspirasi Model Baju Lebaran Untuk Wanita 2022

Berbelanja baju baru menjelang lebaran sudah menjadi semacam tradisi bagi sebagian besar rakyat Muslim Indonesia. Fenomena ini bahkan telah dicatat dalam buku-buku lawas Sejarah Nasional Indonesia karya Nugroho Notosusanto yang terbit pada 1975. Dalam buku itu, dijelaskan bahwa memakai baju baru saat lebaran sudah dilakukan sejak zaman kesultanan Banten. Orang Indonesia rela berbondong-bondong membeli kain dan mejahitkan berbagai model baju lebaran untuk diseragamkan bersama rombongan satu keluarga.

Bahkan, banyak orang yang rela antre dan berdesak-desakkan demi membeli baju baru untuk lebaran. Padahal, sebenarnya tidak ada aturan atau hukum tertulis dalam Alquran yang menyatakan terkait hal ini.

atur keuangan usaha
atur keuangan usaha

Umat Muslim hanya dianjurkan untuk menyambut dan merayakan lebaran dengan pakaian terbaiknya. Pakaian terbaik yang dimaksud di sini bukan berarti harus baru, melainkan juga bisa baju lama yang bersih, nyaman, dan sopan untuk digunakan saat hari raya Idulfitri. Yuk, simak sepuluh inspirasi model baju lebaran yang memenuhi kriteria tersebut!

Baca juga: Jualan Paling Laris di Bulan Ramadhan

10 Inspirasi Model Baju Lebaran

  1. Kaftan motif bunga

Model baju lebaran pertama yang bisa Juragan kenakan saat merayakan hari raya Idulfitri adalah kaftan motif bunga. Model ini bisa Juragan pilih sesuai selera, mulai dari warna hingga motif bunganya sendiri.

Juragan bisa memilih motif bunga yang ramai atau berukuran kecil untuk menampilkan kesan minimalis pada outfit lebaran..

Buat Toko Online Sendiri

Padukan kaftan motif bunga dengan hijab polos yang punya unsur warna senada dengan setelan Juragan. Jika kaftan motif berwarna biru muda, Juragan bisa memakai hijab putih atau biru donker untuk memberikan sedikit kontras pada penampilan. Sempurnakan penampilan Juragan dengan flat shoes yang nyaman untuk dipakai.

  1. Wrap dress untuk tampilan yang modern

Model baju lebaran kedua yang bisa Juragan pilih adalah wrap dress. Pilihan baju kali ini tidak hanya menawarkan kenyamanan, tetapi juga penampilan yang modern pada hari raya Idulfitri. Berkat potongannya yang lebar, Juragan jadi bisa beraktivitas dengan lebih leluasa. Namun, Juragan juga tidak kalah edgy dengan sentuhan wrapping pita di area pinggang.

Wrap dress dengan motif polos akan menampilkan kesan yang sederhana untuk Juragan. Juragan juga jadi bebas memadukannya dengan berbagai pilihan motif hijab, mulai dari yang bermotif hingga yang senada dengan wrap dress pilihan Juragan. Berbagai warna bebas Juragan pilih, seperti beige yang natural maupun kuning yang trendy.

atur keuangan usaha
  1. Tambah elegan dengan bahan organza

Model baju lebaran berikutnya yang tidak boleh Juragan lewatkan adalah baju berbahan organza. Dengan aksen embroidery yang cantik, model ini bisa menampilkan kesan mewah jika Juragan ingin bersilaturahmi dan sedikit lebih formal saat hari raya Ramadan. Kemewahan baju ini akan semakin sempurna jika Juragan memberikan aksen ruffle pada bagian bawah.

Untuk bawahannya, Juragan bisa memadukannya dengan celana kain dengan pilihan warna yang sesuai. Celana putih atau hitam dengan potongan yang lurus tidak akan pernah salah untuk melengkapi tampilan ini. Jika aksen embroidery pada baju atasan sudah cukup ramai, gunakan hijab polos dengan warna senada untuk memberikan kesan yang klop.

  1. Blouse untuk setelan yang simpel

Foto oleh Solehuddin Din dari Pexels

Blouse menjadi alternatif yang simpel bagi Juragan yang tidak ingin tampil dengan rok saat hari raya Idulfitri. Jika tampil dengan rok sering membuat Juragan tidak nyaman, setelan blouse akan menjadi model baju lebaran yang pas untuk. Pilih blouse bermotif dan padukan dengan celana kain dan flat shoes yang nyaman dipakai.

atur keuangan usaha

Untuk hijabnya, Juragan bisa menggunakan hijab bermotif polos apabila blouse sudah menampilkan banyak motif. Namun, jika menggunakan blouse polos, kreasikan pilihan pada hijab atau bawahan yang Juragan kenakan, misalnya hijab beraksen bunga atau geometrik. Tambahan riasan sederhana pada wajah untuk memaksimalkan tampilan Juragan saat hari raya.

  1. Atasan tunik untuk tampilkan keanggunan

Juragan juga bisa, lho, tampil anggun saat hari raya Idulfitri dengan atasan tunik yang nyaman dan catchy. Tunik adalah model baju yang awalnya banyak digunakan oleh bangsa Yunani dan Romawi kuno dengan ciri khasnya yang longgar menutupi bahu, dada, dan punggung. Karena bentuknya yang longgar, tunik pun cocok untuk dijadikan sebagai model baju lebaran yang tidak boleh Juragan lewatkan.

Selain keanggunan, tunik juga hadirkan gaya dengan desain bawahnya yang sedikit bertumpuk. Juragan bisa memodifikasi model ini dengan ukuran panjang yang asimetris dan lengan berbentuk lonceng. Padukan juga dengan berbagai hiasan bordir yang bisa menunjang penampilan Juragan saat lebaran 2022.

Baca juga: Amalan di Bulan Ramadhan

  1. Gamis berbagai model

Gamis sepertinya menjadi model baju lebaran yang sudah tidak asing lagi bagi banyak orang. Gamis adalah pilihan baju yang anggun dan bisa dikreasikan lewat berbagai macam model, termasuk model ikat pinggang yang bisa menampilkan kesan ramping. Juragan bisa mengenakan sabuk pita yang simpel agar terlihat manis.

Untuk memadukan model baju gamis terbaru lebaran, Juragan bisa memilih hijab motif dengan dalaman ninja berwarna senada. Tampilan hijab yang sederhana saja sudah bisa bikin tampilan ini sangat eyecatching, apalagi jika Juragan memadukannya dengan aksesoris sederhana seperti kalung dan flatshoes.

  1. Model abaya dengan aksen

Model berikutnya yang bisa dijadikan sebagai pilihan saat sambut hari raya kemenangan adalah abaya dengan aksen tertentu. Abaya adalah model dress yang dipotong lurus atau tidak mengikuti lekuk tubuh sedikit pun. Untuk itu, model ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi para pemakai hijab syar’i.

Agar penampilan tidak membosankan, Juragan bisa memberikan aksen pada baju abaya dengan motif renda di tengah atau bawah ujung. Jika postur tubuh Juragan cenderung mungil, pastikan Juragan memadukan model abaya ini dengan menggunakan wedges atau high heels agar Juragan tidak terkesan “tenggelam”.

  1. Dress hitam dengan hiasan bordir

Model baju lebaran selanjutnya mengusung kesederhanaan lewat warna hitam yang lugas. Untuk Juragan yang senang menggunakan baju serbahitam, model ini bisa Juragan jadikan pilihan yang pas! Buat dress dengan model tali di pinggang yang diberi aksen batik atau lining bordir agar penampilan Juragan semakin etnik.

Juragan juga bisa memadukannya dengan celana kulot dan hijab yang senada dengan aksen baju. Namun, jika Juragan adalah penganut kesederhanaan dalam berpenampilan, hijab polos sesuai color palette tidak akan pernah salah untuk melengkapi penampilan saat hari raya Idulfitri.

  1. Kombinasi dress brokat

Selanjutnya, wujudkan penampilan yang antibosan dengan dress brokat yang anggun dan istimewa. Untuk semakin menambah daya tarik penampilan, Juragan bisa memadukan dress brokat ini dengan rok tutu yang longgar dan mekar secara alami. Pilih rok bermotif polos karena atasan sudah menampilkan aksen brokat yang ramai.

Juragan bisa memilih paduan warna yang sesuai dengan selera, misalnya hijau dan cokelat yang lebih natural atau hitam dan putih yang lebih kontras. Padukan dengan pilihan hijab polos yang sesuai dengan color palette yang telah ditentukan. Penampilan Juragan saat lebaran jadi edgy dan modern, deh!

  1. Cutout dress

Terakhir, ada cutout dress yang membuat tampilan jadi semakin menarik saat Ramadan 2022. Untuk menghindari kesan terbuka, padukan cutout dress dengan kemeja polos berwarna putih atau hitam. Pilih warna yang senada dengan pilihan cutout dress, begitu pula dengan pilihan hijabnya.

Tak melulu batik, Juragan juga bisa menggunakan tenun sebagai bahan cutout dress yang cantik, lho! Eskplor kembali kekayaan hasil karya Indonesia dan tampilkan saat momen-momen spesial seperti pada hari raya lebaran. Padukan dengan heels atau pilihan sepatu lainnya yang nyaman untukmu. Juragan juga bisa menggunakannya sebagai baju lebaran couple karena cutout dress tenun yang cenderung genderless.

Baca juga: Jualan Online Paling Laku

Sepuluh model baju lebaran di atas bisa Juragan jadikan sebagai inspirasi saat ingin membuat atau membeli baju baru. Selain itu, Juragan juga bisa menjadikannya sebagai ide jualan yang menjanjikan. Saat ini, Juragan bisa berjualan baju online dengan mudah dan antiribet. Untuk pengelolaan keuangan usaha, serahkan sepenuhnya pada BukuWarung.

BukuWarung punya berbagai macam fitur yang bisa dukung kegiatan usaha Juragan, mulai dari pembukuan, pengingat tagihan pada pelanggan, kartu nama digital, hingga mengelola lebih dari satu jenis usaha tanpa pusing. Informasi lebih lengkap mengenai layanan yang disediakan, kunjungi website resmi BukuWarung di sini!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download