Download Gratis
Butuh bantuan?
download aplikasi bukuwarung

2 Jenis – jenis Bisnis Online Menjanjikan Untuk Pemula dan Cara Memulainya

Buat kamu yang pengen memulai bisnis tapi bingung mau jualan apa atau gimana cara mulainya, ada banyak jenis bisnis online menjanjikan yang cocok untuk pemula dan bisa kamu coba.

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Jenis bisnis online sendiri sangat luas. Ada yang jualan di media sosial, ada yang bikin website sendiri, ada yang jualan produk orang lain dan mendapat komisi, ada content creator yang menerima endorse bisnis lain, dan masih banyak lagi. Tapi secara garis besar, jenis bisnis online bisa terbagi menjadi 2, yaitu jualan produk sendiri dan jualan produk orang lain.

Nah, kira-kira apa aja jenis bisnis online dan gimana cara mulainya? Langsung simak pembahasan di bawah ini!

1. Jualan Produk Sendiri

Buat Juragan yang ingin jualan produk dagangan sendiri seperti makanan, aksesoris, atau pakaian, Juragan bisa berjualan dan menjangkau pasar lebih luas lewat bisnis online.

πŸ’‘ Cara memulai bisnis online dengan produk dagangan sendiri

  • Cari tahu calon konsumen kamu aktif beraktivitas online di mana

Yang perlu Juragan perhatikan sebelum memulai bisnis online adalah kira-kira calon konsumen yang mau beli produk kamu biasanya aktif di platform online apa aja.

Buat Toko Online Sendiri

Contoh, jika calon konsumen kamu adalah anak muda Gen Z, maka mereka biasanya aktif di TikTok dan Instagram. Jika calon konsumen kamu dari kalangan ibu-ibu, mereka terbiasa untuk belanja di e-commerce atau cari langsung produknya di Google. Sedangkan kalangan bapak-bapak biasanya sering nonton YouTube atau aktif di forum hobi di Facebook.

Kalau Juragan sudah tahu di mana biasanya calon konsumen berkumpul atau menghabiskan waktu di dunia maya, Juragan bisa mulai bisnis online dengan lebih mudah dan tepat sasaran.

  • Buat toko online yang tepat & praktis

Toko online adalah tempat di mana konsumen melakukan pembelian atau transaksi order. Toko online harus disesuaikan dengan produk jualan Juragan.Β 

atur keuangan usaha

Kalau produknya kuliner siap makan, maka tempat yang paling cocok adalah aplikasi ojek online yang siap antar. Untuk produk komersial atau supplier, e-commerce adalah tempat yang paling sering dikunjungi. Contoh e-commerce paling mudah untuk bisnis online adalah Tokoko.

Jika produk kamu perlu demo atau contoh pemakaian, maka Juragan bisa manfaatkan media sosial seperti Instagram, di mana konsumen bisa order lewat DM atau Juragan bisa arahkan mereka ke website atau e-commerce Juragan.

  • Iklankan toko online kamu

Jika toko bisnis online sudah jadi dan Juragan sudah tahu calon konsumen aktif beraktivitas online di mana, Juragan bisa iklankan toko online Juragan dengan menyasar calon konsumen tersebut supaya ramai yang mampir ke toko online Juragan.

atur keuangan usaha

2. Jualan Produk Orang Lain

Selain produk dagangan sendiri, bisnis online juga bisa dilakukan dengan jualan produk orang lain. Buat Juragan yang jago nulis, bikin konten, edit video, atau fotografi produk, ada banyak peluang bisnis online yang cocok untuk kamu nih:

  1. Rajin bikin konten menarik di media sosial untuk jadi content creator, lalu terima iklan endorse produk orang lain
  2. Bikin akun media sosial yang khusus membahas atau memberi review kategori produk tertentu, lalu jadi agen penjual online dengan menyebarkan link referral atau yang biasa disebut affiliate marketing
  3. Cari calon pembeli produk, tapi yang mengirim produknya adalah toko bisnis lain atau yang biasa disebut dropshipper

Baca juga: 3 Ide Usaha Modal Kecil Untung Besar

πŸ’‘ Tips bisnis online dengan jualan produk orang lain

Tentukan tema/ jenis produk yang akan dijual ke follower atau subscriber kamu. Jika Juragan mengincar produk peralatan olahraga, maka konten yang Juragan buat sebaiknya berkaitan seputar olahraga, kebugaran, atau kesehatan.

Jika Juragan fokus ke tema/ jenis produk tersebut, maka jualan bisnis online Juragan jadi lebih mudah sehingga keuntungan bisa lebih besar.

Itu dia 2 jenis bisnis online menjanjikan beserta contoh dan cara memulainya yang cocok untuk pemula. Semoga bisa membantu dan menginspirasi Juragan sekalian. Jangan lupa tonton pembahasan lebih lengkapnya di YouTube BukuWarung, ya!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download