Download Gratis
Butuh bantuan?

Peluang Usaha Jasa Tanpa Modal

Bingung mau berbisnis tapi tidak punya modal? Silakan simak saja berikut contoh peluang usaha jasa tanpa modal yang bisa Anda coba kapanpun.

Perkembangan teknologi di tahun 2020 membuka peluang usaha yang lebih luas. Bahkan banyak usaha yang bisa dilakukan tanpa memerlukan modal sedikit pun.

Salah satu hal yang mendukung kemungkinan membuka usaha tanpa modal yaitu internet. Teknologi ini mampu mengubah hampir seluruh aspek kehidupan ke sistem online.

Anda tak perlu lagi pergi ke toko elektronik untuk membeli televisi. Cukup dengan memesan televisi melalui online shop di ponsel Anda, barang akan sampai di rumah.

Hanya dengan ponsel atau gadget, hal-hal besar bisa dilakukan dengan mudah, termasuk berbisnis atau memulai usaha.

Berikut ini BukuWarung akan memberikan referensi peluang usaha jasa tanpa modal yang bisa Anda coba. Sebagian besar merupakan pekerjaan yang muncul karena perkembangan teknologi modern.

Peluang Usaha Jasa Tanpa Modal

1. Makelar Properti

Makelar Properti
instagram.com/cikeas_residence

Makelar properti bisa merupakan salah satu pekerjaan yang hanya memerlukan kemampuan bernegosiasi. Anda tak perlu menyiapkan dana karena hanya menjadi penghubung antara pemilik properti dan calon pembeli.

Berkat perkembangan teknologi, Anda tak perlu bertemu langsung dengan calon pembeli. Anda cukup dengan mengirimkan foto properti melalui aplikasi chat atau email.

Kunci kesuksesan makelar properti yaitu banyaknya koneksi dan kemampuan untuk bernegosiasi. Agar semakin banyak peluang, rajinlah mencari informasi mengenai rumah dan apartemen yang akan dijual.

2. Jasa Desain Grafis

Jasa Desain Grafis
pexels.com

Punya bakat untuk mendesain? Manfaatkan bakat dan keahlian Anda ini untuk mendatangkan keuntungan finansial.

Di zaman seperti sekarang ini, jasa desain grafis sangat dibutuhkan oleh dunia industri. Oleh sebab itu, peluang Anda untuk sukses di bidang desain ini masih terbuka lebar.

Anda tak memerlukan modal untuk menawarkan jasa desain grafis. Apalagi jika Anda sudah memiliki peralatan yang mendukung seperti komputer atau laptop.

Anda bisa menawarkan jasa desain grafis ke teman-teman terdekat. Jika ingin peluang dan penghasilan yang lebih besar, cobalah untuk mendaftar di situs freelance internasional.

Di situs tersebut banyak sekali tawaran pekerjaan desain grafis yang bisa Anda ambil. Bayaran yang didapat pun relatif lebih besar.

Baca juga: Peluang Bisnis Online 2020

3. Jasa Titip Motor

Jasa Titip Motor
instagram.com/mpm_lelang

Peluang bisnis jasa selanjutnya yaitu penitipan motor. Usaha ini cocok sekali untuk Anda yang memiliki rumah di depan gang, di dekat terminal, stasiun, atau halte bus.

Jasa titip motor memberikan peluang yang menjanjikan. Terlebih jika masyarakat di sekitar Anda banyak yang berangkat bekerja atau sekolah dengan menggunakan kendaraan umum. Sedangkan jarak antara rumah mereka dengan stasiun atau terminal cukup jauh.

Anda tak membutuhkan modal untuk memulai usaha di bidang jasa yang satu ini. Satu hal yang penting yang harus Anda lakukan yaitu menjamin keamanan seluruh kendaraan yang dititipkan.

Tidak perlu mematok tarif yang terlalu tinggi untuk setiap kendaraan yang dititipkan. Umumnya, biaya jasa untuk jasa titip sepeda motor yaitu Rp 2.000 dan Rp 5.000 jika menginap.

4.  Freelance Video Editor

Freelance Video Editor
pexels.com

Perkembangan teknologi informasi berbuntut pada merebaknya penggunaan media sosial. Video menjadi salah satu produk yang banyak dibutuhkan oleh dunia industri saat ini.

Video ini dipakai sebagai media promosi di media sosial seperti Instagram dan Youtube. Hal ini memberikan peluang untuk Anda yang memiliki kemampuan menyunting video.

Berbekal komputer atau laptop serta aplikasi edit video, Anda bisa mulai menawarkan jasa. Pasang iklan di media sosial untuk mendapatkan pelanggan.

Jika ingin mendapatkan proyek yang lebih menjanjikan, cobalah untuk bergabung di situs freelance. Di situs tersebut Anda bisa menemukan proyek yang dapat Anda kerjakan.

Selain tanpa modal, pekerjaan ini juga dapat dilakukan di mana saja. Anda bisa meraup keuntungan mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah untuk satu proyek video.

5.  Jasa Penulis

Jasa Penulis
pexels.com

Peluang usaha jasa tanpa modal selanjutnya yaitu menjadi penulis lepas. Sama seperti jasa edit video, pekerjaan ini dapat dikerjakan di mana saja.

Jika Anda memiliki kemampuan untuk menuangkan ide melalui tulisan, pekerjaan ini sangat cocok untuk ditekuni.

Anda bisa mulai mencari lowongan pekerjaan penulis lepas di berbagai situs freelance. Banyak juga agensi penulisan yang membuka lowongan. Dapatkan informasi lowongannya melalui mesin pencari.

Anda bisa menghasilkan uang mulai dari belasan hingga puluhan ribu rupiah dari setiap tulisan. Penghasilan Anda bisa lebih besar jika mampu menghasilkan tulisan dalam bahasa asing.

Saat ini, banyak perusahaan yang mencari penulis yang mampu menghasilkan artikel dalam bahasa Inggris. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mulai menghasilkan uang tanpa modal.

Baca juga: Ide Bisnis untuk Mahasiswa

6.  Jasa Penerjemah

Jasa Penerjemah
pexels.com

Selain penulis, jasa penerjemah juga banyak dibutuhkan oleh masyarakat dan juga perusahaan. Peluang ini sangat bagus untuk Anda yang menguasai bahasa asing.

Penerjemah yang banyak dicari saat ini adalah yang menguasai bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, dan Korea.

Namun tak menutup kemungkinan, dunia industri akan membutuhkan jasa penerjemah untuk bahasa lainnya.

Untuk menjalankan bisnis jasa penerjemah, Anda tak perlu beranjak dari rumah. Klien umumnya mengirimkan naskah melalui email. Setelah selesai menerjemahkan, Anda juga mengirimkan kembali naskahnya melalui email.

Bisnis jasa yang satu ini tidak memerlukan modal, apalagi jika Anda sudah memiliki laptop atau komputer di rumah. Meskipun tanpa modal, pekerjaan ini bisa memberikan pemasukan yang cukup besar.

7. Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Website
pexels.com

Usaha jasa pembuatan website biasanya ditekuni oleh para mahasiswa jurusan informatika, ilmu komputer, dan sistem informasi. Apakah Anda termasuk mahasiswa di salah satu jurusan tersebut?

Jasa pembuatan website juga dapat dikerjakan oleh siapa saja asalkan memiliki kemampuan yang mumpuni. Setidaknya, Anda memerlukan keahlian untuk membangun front end dan back end.

Dari mana Anda bisa mendapatkan pekerjaan untuk membangun website? Dari mana saja. Tawaran pekerjaan bisa datang dari teman sendiri, perusahaan, UMKM, dan lain-lain.

Jika Anda kesulitan mendapatkan pekerjaan dari lingkungan sekitar, cobalah untuk mendaftarkan diri di situs freelance.

Di sana Anda akan dipertemukan dengan pihak yang memerlukan jasa pembuatan website. Untuk membangun sebuah website, Anda bisa mengantongi penghasilan hingga jutaan rupiah.

8. Service Komputer

Service Komputer
instagram.com/starcompjogja

Mahir melalukan reparasi komputer dan laptop? Manfaatkan keahlian Anda untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Anda dapat menawarkan jasa service komputer secara online melalui media sosial. Target pasarnya yaitu teman dan juga kenalan Anda sendiri.

Anda hanya perlu menyiapkan peralatan untuk membongkar komputer. Apabila kerusakan komputer konsumen memerlukan penggantian sparepart, Anda bisa menghubungi pemiliknya dan segera membelinya.

Tawarkan biaya jasa yang lebih rendah dari layanan service komputer yang sudah besar. Dengan begitu, usaha Anda akan lebih diminati oleh konsumen.

Untuk memudahkan Anda menawarkan jasa secara online, jika menggunakan WhatsApp, Anda bisa gunakan BukuWarung Link WhatsApp.

Fungsinya akan mengubah nomor Anda menjadi sebuah link, jadi nanti pembeli Anda tidak perlu lagi mengetik nomor WhatsApp, tinggal klik link saja.

9. Jasa Pangkas Rambut Panggilan

Jasa Pangkas Rambut Panggilan
instagram.com/cukurjauh

Jasa tanpa modal yang terakhir yaitu pangkas rambut panggilan. Anda bertugas untuk datang langsung ke konsumen sehingga tak perlu menyewa tempat.

Cukup siapkan gunting dan sisir untuk memulai usaha jasa pangkas rambut. Akan lebih baik bila Anda memiliki alat cukur elektrik. Promosikan usaha Anda di media sosial untuk mendapatkan pelanggan.

Karena Anda menawarkan jasa panggilan, perhitungkan biaya transportasi yang Anda butuhkan untuk menjangkau konsumen. Namun bea jasa yang dibebankan kepada konsumen sebaiknya tidak terlalu besar.

Baca selengkapnya mengenai: Tips Memulai Usaha Salon

Ternyata banyak juga peluang usaha jasa  tanpa modal sama sekali. Peluang bisnis yang tidak memerlukan modal dapat memberikan keuntungan yang besar jika Anda mampu memanfaatkan kesempatan dengan baik. Jangan mudah pernah menyerah jika mengalami kegagalan.

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download