Download Gratis
Butuh bantuan?

Usaha Yang Naik dan Turun Selama Pandemi Covid19

Apa saja sih usaha yang terdampak covid-19? ⏩ Simak selengkapnya disini. ✅ Daftar Usaha yang Naik Turun Selama Covid-19.

Saat ini pandemi Covid-19 atau virus corona semakin meluas dan semakin hangat diperbincangan. Karena hal tersebut masyarakat semakin waspada dan semakin membatasi beraktifitas di luar rumah.

Karena pandemi beberapa bisnis juga terkena dampaknya, ada yang naik, bahkan ada juga yang turun.

Lalu apa saja usaha yang naik karena pandemi? Dan usaha apa saja yang turun karena pandemi? Simak selengkapnya disini.

 

Dampak Pandemi Pada UMKM

Usaha yang Naik dan Turun Selama Pandemi Covid19

Mengutip dari Rama D atau selaku Ketua BPP Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) :

Bidang Industri, Perdagangan dan ESDM, di tengah pandemi corona ini telah terjadi penurunan penjualan bagi beberapa pelaku usaha dalam sektor makanan, seperti resto atau cafe. Bahkan, penurunan penjualannya bisa mencapai lebih dari 30%. Jika hal ini tidak segera ditangani, tidak menutup kemungkinan menyebabkan banyak pengusaha mengalami gulung tikar.

Di balik semua itu, adanya pandemi corona ini ternyata mendorong peluang bisnis bagi beberapa Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM), yang bergerak dalam berbagai sektor usaha.

“Tim kami telah melakukan riset terhadap pengguna aplikasi BukuWarung sepanjang Februari hingga Mei 2020, untuk mengetahui usaha-usaha apa yang kian menjanjikan dan apa yang harus dihindari,” ujar Abhinay Peddisetty ( Co-Founder BukuWarung )

Berikut adalah hasil riset yang telah dilakukan oleh tim BukuWarung terhadap pengguna aplikasinya, dimana terdapat usaha-usaha yang mengalami kenaikan omzet hingga 1000% saat pandemi berlangsung.

 

Usaha yang Naik Selama Pandemi

1. Usaha Pulsa / PPOB

bisnis pulsa naik selama pandemi
pexels.com

Mengalami kenaikan hingga 1000% dengan jumlah transaksi 400%. Dari penelusuran kami terhadap salah satu pemilik usaha konter pulsa, ini dikarenakan selama masa PSBB semua sekolah dan kampus diliburkan.

Sebagai gantinya para siswa melakukan pembelajaran secara online.

Nah disini yang menyebabkan penjualan pulsa dan paket data naik, karena orang makin sering beraktivitas online sehingga membutuhkan paket data lebih sering.

Tidak hanya pulsa, usaha PPOB juga naik, karena kegiatan di rumah semakin banyak maka penggunaan listrik juga semakin banyak.

Hal tersebut membuat dampak yang cukup bagus juga untuk bisnis PPOB.

 

2. Usaha Kecantikan

bisnis produk kecantikan naik selama pandemi
instagram.com/amberlenssabah_ds

Mengalami kenaikan hingga 800% dengan jumlah transaksi 200%. Produk kecantikan yang paling banyak mengalami peningkatan selama pandemi adalah produk perawatan kulit, serum, face mask, dan losion.

Peningkatan ini juga di dorong karena adanya PSBB banyak salon yang tutup.

Sehingga masyarakat harus merawat diri sendiri dirumah, ini menyebabkan penjualan produk meningkat, seperti:

  • Eye liner
  • Maskara
  • Eye brow
  • Softlens

Tentunya hal tersebut bukan tanpa alasan, karena selama menggunakan masker, yang ditonjolkan kini adalah bagian mata.

 

3. Usaha Logistik dan Online Shop

usaha logistik naik selama pandemi
instagram.com/jntexpressid

Logistik mengalami kenaikan hingga 400% dengan jumlah transaksi 300%, sedangkan Online Shop mengalami kenaikan hingga 200% dengan jumlah transaksi 200%.

Ini diperkuat dengan laporan dari Tokopedia bahwa penjual baru dan penjualan di situs jual beli tersebut melonjak selama pandemi.

Kenaikan ini wajar terjadi karena selama PSBB, banyak toko offline yang tutup. Sehingga solusinya adalah membeli produk secara online dan ini mengakibatkan peningkatan di pengiriman logistik.

Tentunya hal ini bisa jadi peluang untuk anda yang mencari ide usaha sampingan, atau bahkan usaha rumahan, berjualan di online shop bisa jadi solusi.

 

4. Usaha Laundry

Tips Memulai Usaha Laundry Kiloan yang Sukses dengan meningkatkan mutu pelayanan
pexels

Mengalami kenaikan hingga 300% dengan jumlah transaksi 300%. Menurut Kompas, selama Pandemi masyarakat menjadi lebih peduli terhadap kebersihan di lingkungan rumah.

Selain pakaian, peningkatan juga terjadi di pencucian karpet. Apalagi dengan adanya pencucian dengan suhu 70 derajat celcius, ini dapat membunuh kuman dan bakteri.

Hebatnya, peningkatan sektor UMKM ini dapat berpotensi mencetak lapangan kerja baru hingga meningkatkan perekonomian di Indonesia, hal ini sejalan dengan yang telah disampaikan oleh Praktisi Koperasi Milenial dan Ekonomi Kerakyatan, Frans Meroga Panggabean (Dikutip dari Kompas.com).

Karena dampak yang baik terjadi pada beberapa usaha di atas, pastinya omzet akan naik, oleh karena itu, ada baiknya Anda sebagai pelaku usaha melakukan manajemen keuangan yang baik.

Baik bisnis Anda terdampak naik, maupun turun. Untuk itu Anda bisa gunakan aplikasi pengatur keuangan BukuWarung.

Dengan BukuWarung Anda akan lebih mudah dalam mengatur keuangan, karena BukuWarung praktis dan mudah.

Namun di sisi lain, tentu saja banyak sektor usaha yang mengalami keterpurukan, mulai dari penurunan omzet hingga usaha mengalami gulung tikar.

Tim BukuWarung pun telah merangkum deretan usaha yang terkena imbas dari pandemi ini.

 

Usaha yang Turun Selama Pandemi

bisnis yang turun selama pandemi
instagram.com/asobi.cafe

Tiga jenis usaha dibawah ini memiliki alasan yang relatif sama kenapa mengalami penurunan. Ketika jenis usaha ini terdampak karena adanya

Pembatasan Berskala Besar atau PSBB, dimana masyarakat dilarang untuk berkumpul dalam kerumunan.

1. Restoran

Mengalami penurunan pendapatan hingga 80%, jumlah transaksi turun hingga 70%

 

2. Olahraga/Hobi

Mengalami penurunan pendapatan hingga 90%, jumlah transaksi turun hingga 50%

 

3. Toko Bangunan

Mengalami penurunan pendapatan hingga 65%, jumlah transaksi turun hingga 50%

“Dengan riset ini kami berharap dapat menginspirasi para pelaku UMKM di Indonesia yang sedang berusaha bangkit dari keterpurukan, atau bahkan ingin memulai usaha yang baru.” pungkas Abhinay.

Meskipun harus mengisolasi diri di rumah, bukan berarti kreativitas dan daya juang menjadi kian menurun.

Terjadinya pandemi ini tentu saja membuat dampak yang besar pada sektor ekonomi. Maka memulai membuka bisnis dengan melihat peluang-peluang di atas bisa menjadi pilihan yang tepat.

Persiapkan usaha dengan matang, dan jangan lupa untuk selalu memonitor usahamu lewat aplikasi BukuWarung untuk mempermudah pencatatan keuangan dengan tepat dan aman.

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download