Download Gratis
Butuh bantuan?

Usaha Permak Jeans

✅ Penasaran dengan tips dan bagaimana peluang usaha permak jeans? ⏩ Simak selengkapnya di ulasan berikut ini.

Di sekitar kita terdapat banyak sekali potensi yang bisa dijadikan sebagai peluang usaha.

Misalnya permasalahan baju yang robek, celana jeans dengan ukuran kebesaran dan lain sebagainya. Permasalahan kecil seperti itu menjadi latar belakang untuk memulai usaha permak jeans.

Bisnis permak jeans bisa menjadi salah satu sumber penghasilan yang potensial apabila ditekuni dan dijalankan dengan strategi yang tepat.

Penasaran bagaimana tips dan apa saja keuntungannya? Simak penjelasan lengkapnya dari BukuWarung berikut.

Tips Memulai Usaha Permak Jeans

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika ingin membuka usaha permak celana jeans dan juga pakaian lainnya.

Simak penjelasannya di bawah ini supaya Anda lebih memahaminya. 

1. Keahlian

Tips Memulai Usaha Permak Jeans dengan menguasai keahlian
pexels.com

Hal pertama yang harus Anda miliki yaitu keahlian menjahit. Jika saat ini Anda belum bisa menjahit dengan mesin, cobalah untuk mengikuti pelatihan atau kursus.

Biaya untuk mengikuti kursus atau menjahit pun tidak terlalu mahal sehingga masih dapat dijangkau oleh semua orang.

Kalau Anda sudah memiliki keahlian menjahit atau pernah bekerja sebagai penjahit, maka hal itu menjadi poin plus. Keterampilan menjahit bisa dimiliki oleh siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan.

Sebenarnya Anda tidak perlu terlalu mahir untuk memulai usaha permak levis.

Anda cukup menguasai teknik dasar pengukuran, pemotongan bahan, dan menjahit. Kalian Anda akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya “jam terbang”.

Tak usah khawatir apabila Anda mendapatkan pesanan yang cukup sulit untuk dikerjakan.

Anda dapat menjalin kerja sama dengan penjahit yang sudah lebih profesional untuk menyelesaikan pesanan tersebut. Jadi, Anda tak perlu menolak pesanan dari konsumen.

 

2. Perangkat Kerja

Tips Memulai Usaha Permak Jeans dengan memiliki perangkat kerja
pexels.com

Selain keahlian, Anda juga memerlukan alat untuk menjalankan usaha permak Levis. Adapun peralatan yang dibutuhkan antara lain:

  • Mesin jahit
  • Benang
  • Pita meteran
  • Gunting

Anda disarankan untuk menggunakan mesin jahit yang sudah bertenaga listrik. Mesin ini dapat bekerja dengan lebih cepat dibandingkan dengan mesin jahit manual.

Sehingga pekerjaan akan lebih cepat selesai. Untuk memulai usaha, Anda tak perlu membeli mesin jahit baru.

Mesin jahit bekas pun bisa Anda pakai asalkan masih dapat berfungsi dengan baik. Menggunakan mesin jahit bekas atau second dapat menekan modal di masa awal berdirinya usaha.

Setelah usaha berjalan dan Anda memiliki cukup modal, ganti dengan mesin yang baru.

Untuk peralatan lainnya seperti benang, pita meteran, dan gunting dapat Anda beli di toko peralatan jahit.

Jangan lupa, jika peralatan dihitung sebagai modal, Anda harus mencatat semua pengeluaran untuk usaha, baik ketika baru mulai ataupun ketika usaha sudah berjalan.

Untuk memudahkan Anda dalam pengelolaan keuangan usaha, Anda bisa gunakan aplikasi pencatat keuangan.

 

3. Tempat Usaha

Tips Memulai Usaha Permak Jeans dengan memperhatikan tempat usah
pexels.com

Tempat usaha menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan dalam bisnis. Terlebih untuk bisnis jasa seperti permak Levis.

Lokasi yang disarankan untuk membantu kelancaran usaha adalah tempat-tempat strategis. Anda dapat memilih salah satu dari tempat berikut:

  • Pasar atau wilayah yang dekat dengan pasar. Pasar merupakan pusat keramaian, banyak orang yang berkunjung ke sana untuk berbelanja maupun berdagang. Anda dapat menyewa salah satu lapak di pasar untuk memulai usaha permak levis.
  • Di dekat toko pakaian. Membuka usaha permak di dekat toko baju menjadi salah satu strategi yang tepat sebab tak sedikit orang yang membeli pakaian di toko namun ukurannya kurang sesuai dengan postur tubuh. Misalnya ukuran pakaian terlalu besar atau terlalu panjang. 
  • Persimpangan jalan yang ramai. Persimpangan jalan menjadi salah satu titik yang hampir selalu ramai dilewati orang. Lokasi ini menjadi tempat yang strategis untuk membuka usaha apa pun, termasuk permak levis.
  • Lokasi sekitar kampus atau perkantoran. Kampus dan perkantoran juga ramai dikunjungi oleh orang, terutama anak muda yang gemar memakai celana jeans atau levis. Nah, di lokasi ini Anda dapat memulai usaha permak.
  • Kawasan padat penduduk. Lokasi terakhir yang dapat Anda pertimbangkan untuk memulai usaha permak jeans adalah di kawasan pemukiman padat penduduk. Semakin banyak penduduk artinya semakin besar pula peluang berkembangnya bisnis permak levis.

 

4. Pemasaran

Tips Memulai Usaha Permak Jeans dengan pemasaran
facebook.com

Hal keempat yang perlu Anda perhatikan adalah upaya pemasaran. Sebenarnya tak ada strategi khusus untuk memasarkan bisnis permak jeans.

Kalau Anda membuka usaha di lokasi yang strategis dan dapat dilihat oleh banyak orang, hal itu sudah cukup. Pelanggan akan datang dengan sendirinya.

Namun menunggu pelanggan saja tidak cukup. Anda juga perlu melakukan promosi seperti memasang spanduk, menyebarkan pamflet, dan promosi di media sosial.

Saat ini media sosial atau medsos menjadi senjata yang ampuh untuk meningkatkan kesuksesan sebuah usaha.

 

5. Operasional

Tips Memulai Usaha Permak Jeans memperhatikan operasional
pexels.com

Tips terakhir berkaitan dengan operasional usaha. Anda perlu mempertimbangkan pengelolaan pesanan, jam kerja, serta biaya jasa untuk setiap pesanan.

Jangan lupa juga untuk memperhitungkan biaya operasional seperti biaya sewa lapak, tagihan listrik, dan juga biaya makan selama Anda bekerja.

Untuk itu, karena berhubungan dengan keuangan usaha Anda, maka Anda harus paham bagaimana tips mengelola keuangan usaha kecil.

 


Keuntungan Usaha Permak Jeans

Modal yang diperlukan untuk memulai usaha permak jeans tidak terlalu besar. Namun laba yang dihasilkan cukup untuk dijadikan sebagai sumber penghasilan sehari-hari.

Simak perhitungan di bawah ini untuk mengetahui keuntungan dari bisnis permak jeans.

1. Modal yang dibutuhkan

Keuntungan Usaha Permak Jeans perhatikan modal
pexels.com

Memperkirakan modal yang dibutuhkan sangat penting untuk memulai usaha permak jeans.

Bukan tanpa alasan, karena dengan memperkirakan modal yang digunakan, Anda juga bisa memperkirakan keuntungan yang diambil nantinya.

Berikut ini perkiraan yang dibutuhkan jika Anda ingin memulai usaha permak jeans.

Kebutuhan  Harga  Keterangan
Mesin jahit  Rp. 1.000.000,- Berfungsi dengan baik
Sewa tempat / Lapak  Rp. 500.000,- Per bulan
Tagihan listrik  Rp. 300.000,- Per bulan (Kecuali mesin jahit manual)
Benang, gunting, meteran, dan peralatan lain. Rp. 500.000,-

Dari rincian di atas, modal yang perlu Anda siapkan untuk memulai usaha adalah Rp 2.300.000,-

 

2. Estimasi pendapatan per bulan

Estimasi pendapatan per bulan dari bisnis permak jeans
pexels.com

Total modal sudah didapatkan, sekarang yang perlu diperhitungkan adalah estimasi penghasilan yang bisa Anda dapatkan setiap hari. 

  • Misalkan Anda memberi harga untuk setiap pesanan sebesar Rp 20.000.
  • Estimasi pesanan yang diterima adalah 10 per hari.
  • Omzet atau pendapatan yang Anda peroleh adalah 10 x Rp 20.000 = Rp 200.000.
  • Penghasilan tersebut dikurangi untuk biaya makan dua kali selama bekerja, misalnya Rp 40.000.
  • Laba bersih yang Anda dapatkan dalam satu hari adalah Rp 200.000 – Rp 40.000 = Rp 160.000.
  • Jika Anda mengambil libur satu hari dalam seminggu, artinya Anda bekerja selama 26 hari dalam sebulan. Jadi, laba yang Anda dapatkan dalam sebulan adalah 26 x Rp 160.000 = Rp 4.160.000.
  • Kurangi penghasilan selama satu bulan dengan biaya operasional seperti sewa tempat dan membayar tagihan listrik. Perhitungannya Rp 4.160.000 – Rp 800.000 = Rp 3.360.000.

Jadi, estimasi penghasilan Anda dalam sebulan adalah Rp 3.360.000,-

Kenapa sih menghitung modal dan pendapatan usaha itu diperlukan? Walaupun untuk usaha kecil seperti permak jeans?

Simpel sih alasannya, dengan adanya data pencatatan pengeluaran dan pemasukan, nantinya data yang Anda miliki bisa Anda manfaatkan untuk pengembangan usaha.

“Tetapi kan mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan itu ribet?” Jika itu yang terlintas dipikiran Anda. Tenang saja, sekarang sudah banyak aplikasi yang memudahkan Anda dalam melakukan pencatatan keuangan.

Salah satunya adalah aplikasi BukuWarung, dengan BukuWarung, Anda bisa mencatatat semua pengeluaran, pemasukan, utang, piutang dengan mudah hanya dengan menggunakan handphone anda.

Penasaran? Langsung coba saja dan download aplikasinya dengan klik link berikut ini:

Download Aplikasi BukuWarung

Berhubungan dengan usaha permak jeans juga, perlu anda perhatikan, pesanan permak jeans dan pakaian umumnya mengalami lonjakan pesat di waktu-waktu tertentu, misalnya:

  • Mendekati hari raya Idul Fitri
  • Permulaan tahun ajaran atau akademik baru
  • Musim libur

Peluang usaha permak jeans selalu terbuka lebar karena selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Modal yang diperlukan pun tidak begitu besar.

Jika dilihat dari perhitungan di atas, Anda bisa mendapatkan modal kembali hanya dalam waktu satu bulan. Berminat untuk mencobanya?

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download