Download Gratis
Butuh bantuan?

Cara Membuat Iklan di Facebook

Pada artikel ini Anda akan belajar cara membuat iklan di Facebook Ads dengan baik. Namun ini khusus untuk pemula.

Facebook ads atau iklan FB menjadi salah satu media promosi bisnis yang paling menguntungkan. Bisnis Anda bisa berkembang pesat setelah memasang iklan di media sosial yang satu ini.

Bahkan sampai ada beberapa orang dan bahkan agensi digital marketing yang membuka jasa mengiklan dengan FB ads yang tentunya hal tersebut bisa jadi peluang bisnis online yang menarik.

Ada beberapa tahap yang perlu dilakukan ketika Anda ingin memasang sebuah iklan di FB. Supaya Anda tidak bingung, sebaiknya simak dan pahami tutorial yang akan dijelaskan pada artikel BukuWarung berikut.

Alur Membuat Iklan di Facebook

Alur Membuat Iklan di Facebook

Pahami pula alur dari pembuatan ikan Facebook berikut. Secara garis besar, tahapnya dibagi ke dalam tiga level.

  1. Level campaign, di tahap ini Anda diminta untuk menentukan objective dari iklan yang dibuat.
  2. Memilih seluruh komponen dalam iklan yang disebut sebagai Ad set, meliputi pemilihan pemirsa, budget, dan peletakan iklan.
  3. Level Ad, yaitu mulai membuat dan mempublikasikan iklan.

Sekarang Anda sudah memahami langkah apa saja yang harus ditempuh. Mari lanjutkan pembahasan ke bagian tutorial dan Anda bisa langsung mempraktikkannya.

Untuk pencatatan budgeting iklan, Anda bisa gunakan aplikasi keuangan. Salah satunya BukuWarung, aplikasi ini memudahkan Anda dalam melakukan pencatatan keuangan usaha, salah satunya budgeting iklan.

Untuk menggunakannya Anda bisa unduh aplikasi BukuWarung secara gratis di Playstore.

Langkah Membuat Iklan di Facebook

1. Buat Halaman Facebook

Buat Halaman Facebook

Iklan di Facebook hanya dapat dibuat melalui fanpage atau halaman. Sedangkan akun personal tak dapat mempublikasikan iklan.

Oleh karena itu, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat halaman terlebih dahulu. Apabila Anda sudah memiliki halaman, langkah ini dapat dilewati.

  • Log in ke akun Facebook dengan memasukkan email atau username dan password yang digunakan ketika mendaftar. Anda dapat menggunakan perangkat berupa smartphone atau PC.
  • Setelah berhasil log in, Anda akan diarahkan ke halaman beranda home. Klik pada menu “halaman”. Di tampilan PC, menu ini ada di sebelah kiri halaman. Namun di versi mobile, Anda bisa mengakses menu ini di sebelah kanan.
  • Klik pada pilihan “Buat halaman baru”. Setelah itu, cari kategori yang sesuai dengan bisnis Anda.
  • Isi form dengan data yang sesuai dengan bisnis Anda meliputi nama bisnis, kategori, alamat, dan nomor telepon. Jika sudah lengkap, klik pada tombol “Lanjutkan”.
  • Lakukan pengaturan sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh Facebook.

 

2. Login Facebook Ads

 Login Facebook Ads

Halaman bisnis sekarang sudah siap, lanjutkan dengan menuju ke Facebook Ads Manager. Klik alamat berikut untuk langsung menuju ke laman yang dimaksud:

https://www.facebook.com/ads/manage

Apabila menggunakan aplikasi Facebook di ponsel, mungkin Anda akan diarahkan keluar aplikasi. Sebab laman Facebook Ads Manager ini memang terpisah dari aplikasi utama Facebook.

 

3. Tentukan Kampanye Iklan

Tentukan Kampanye Iklan

Pilih nama halaman yang akan dibuat iklan. Hal ini perlu dilakukan apabila Anda mengelola banyak halaman sekaligus dalam sebuah akun pribadi.

Untuk memulai pembuatan kampanye atau iklan di Facebook, klik menu “Creation” yang ada di bilah menu sebelah kiri laman Facebook Ads Manager.

Anda juga bisa langsung mengaksesnya melalui link https://web.facebook.com/adsmanager/creation?act=191225660982018.

Anda akan diarahkan untuk memilih beberapa hal di bawah ini. Perhatikan penjelasannya satu per satu agar Anda tak salah dalam menentukan pilihan.

a. Campaign

Seperti yang sudah disebutkan pada poin mengenai alur pembuatan iklan Facebook, level pertama yang harus dilalui adalah Campaign. Jadi, Anda harus menentukan tujuan Anda terlebih dahulu pada tahap ini.

Tentukan apa yang ingin Anda capai apabila iklan tentang bisnis Anda telah tayang di Facebook.

Ada 3 jenis tujuan atau objective yang dapat Anda pilih, antara lain:

  • Awareness atau kesadaran
  • Consideration atau pertimbangan
  • Conversion.

Buka tab “Campaign” kemudian klik lagi pada tombol warna hijau dengan tulisan “+Create”.

Selanjutnya, Anda akan dihadapkan pada pop up window yang menampilkan beberapa pilihan tujuan campaign.

 

b. Awareness

Pilihan yang pertama dari tujuan campaign di atas adalah Awareness. Jenis awarenees pertama adalah kesadaran merek, bertujuan untuk membuat orang mengenal brand Anda.

Pemirsa yang melihat tayangan iklan hanyalah mereka yang tertarik dengan bidang sesuai bisnis Anda.

Jenis awareness yang kedua adalah jangkauan atau reach. Iklan Anda akan menjangkau orang yang lebih banyak.

Namun tidak semua orang tersebut tertarik dengan bidang yang sama dengan bisnis yang Anda tawarkan.

c. Consideration

Terdapat 6 tipe consideration di dalam Facebook Ads, yaitu:

  • Lalu lintas kunjungan bertujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan pemirsa ke halaman bisnis.
  • Interaksi bertujuan untuk mengajak pemirsa menanggapi postingan di laman bisnis. tanggapan ini dapat berupa likes dan komentar.
  • Pemasangan aplikasi untuk meningkatkan jumlah download dan install aplikasi yang ditawarkan.
  • Penayangan video guna meningkatkan jumlah views pada video yang dipromosikan.
  • Pembuatan prospek untuk membuat orang tertarik dengan produk Anda dengan cara mendapatkan alamat email calon konsumen.
  • Pesan untuk membawa pemirsa yang telah menonton iklan Anda untuk mengirimkan pesan kepada akun bisnis.

d. Conversion

Sama seperti awareness dan consideration, conversion juga dibagi lagi menjadi beberapa jenis:

  • Konversi untuk mengubah jumlah tayangan iklan menjadi angka penjualan produk. Untuk melacak angka konversi yang tercipta dari iklan, Anda perlu memasang tambahan berupa Facebook Pixel.
  • Penjualan katalog untuk memperlihatkan iklan yang lebih lengkap dibandingkan biasanya karena berbentuk katalog produk.
  • Kunjungan toko untuk mengajak pemirsa yang sudah melihat iklan di Facebook berpindah mengunjungi toko Anda yang ada di luar FB, baik toko online maupun offline.

e. Ad set

Apabila Anda sudah memilih tujuan campaign yang sesuai kebutuhan, kini Anda diminta untuk membuat ad set. Berikut ini beberapa hal yang perlu ditentukan.

  • Anggaran dan jadwal, Anda dapat memilih anggaran iklan yang dibayar per hari atau sekaligus hingga akhir masa promosi. Atur juga jadwal penayangan iklan, dari awal hingga berakhir.
  • Audience, pilih jenis audience yang sesuai dengan kriteria bisnis Anda. Pilih sesuai dengan lokasi, ketertarikan, kebiasaan, jenis kelamin, dan usia.
  • Audience khusus, pemirsa khusus ditujukan untuk orang-orang yang sebelumnya sudah pernah terhubung dengan bisnis Anda. Misalnya, Anda hanya ingin menayangkan iklan untuk orang yang sudah pernah mengakses website bisnis sebelumnya.
  • Pengecualian, di bagian ini, Anda akan diberi kemudahan untuk mengeluarkan orang-orang dari dalam list audience. Contohnya, Anda tidak ingin menayangkan iklan untuk orang yang sudah menyukai halaman bisnis di Facebook.
  • Lokasi, ingin memasarkan dan mempromosikan produk Anda di lokasi tertentu saja? Jangan lupa untuk mengisi di form lokasi agar iklan Anda hanya tayang di wilayah yang diinginkan.
  • Umur dan gender, beberapa produk memang sengaja dibuat untuk memenuhi kebutuhan orang di usia tertentu. Begitu pula dengan produk yang dibuat untuk wanita, belum tentu dapat digunakan oleh pria. Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan pengaturan terhadap kelompok umur dan juga jenis kelamin.
  • Penargetan, pilih target yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan bisnis Anda. Target ini akan menentukan langkah apa yang Anda ingin pemirsa lakukan setelah melihat iklan di Facebook. Jika sudah sampai tahap ini, Anda tinggal melakukan pembayaran dan iklan pun siap untuk ditayangkan.

Membuat iklan dengan Facebook Ads masih tergolong cukup mudah. Anda akan dipandu oleh tips-tips yang ada di laman pengelola iklan.

Jangan lupa untuk mempersiapkan segala hal yang diperlukan sebelum mulai membuat iklan.

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download