Download Gratis
Butuh bantuan?

Cara Menjadi Dropshipper Profesional

Berencana merintis bisnis tapi terkendala dengan modal yang minim? Menjadi dropshipper adalah salah satu solusinya. Dropship memungkinkan penjual untuk mendapatkan keuntungan dari barang yang terjual tanpa perlu melakukan stok produk, pengemasan, dan pengiriman produk.

Skema bisnis dropship sangat sederhana bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja asalkan memiliki koneksi internet.

Saat ini banyak orang yang terjun ke bisnis dropship. Barang yang dijual pun sangat beragam mulai dari elektronik, kebutuhan rumah tangga, makanan, minuman, dan lain sebagainya. Saat ini juga banyak supplier yang menyediakan program khusus sebagai dropshipper

Juragan dapat menyimak penjelasan dari BukuWarung tentang apa itu dropship, bagaimana cara menjadi dropshipper, serta keuntungan dan kerugian menjadi dropshipper sebagai berikut ini.

Apa Itu Dropship?

Apa itu dropship? Dropship merupakan sistem penjualan dimana penjual tidak perlu menyetok barang yang akan dijualnya. Nantinya penjual hanya perlu memasarkan produk supplier dan jika ada pesanan maka akan diteruskan ke supplier. Sehingga, penjual tidak perlu memproses produk tersebut.

Dropship seringkali disamakan dengan reseller. Namun, terdapat perbedaan, loh. Dropship tidak perlu menyetok barang di tokonya dan reseller perlu menyetok barang di tokonya. Perbedaan lainnya adalah dropship tidak perlu memerlukan biaya untuk modal dan reseller memerlukan modal dalam penjualannya.

Apa Itu Dropshipper?

Dropshipper adalah pelaku yang menjalankan bisnis dropship. Dropshipper mendapatkan margin keuntungan dari selisih harga supplier dengan harga jual ke pelanggan.

Dropshipper hanya bertugas mencari pelanggan melalui berbagai cara mulai dari mulut ke mulut sampai memasarkannya secara online. 

Cara Menjadi Dropshipper

Juragan dapat menjadi dropshipper dengan cara seperti berikut ini

1. Menentukan Produk yang akan Dijual

Juragan harus dapat menentukan produk yang akan dijual dengan sistem dropship. Ada baiknya untuk melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk menentukan minat pasar.

Riset pasar membuat produk yang Juragan jual akan laris dan dengan begitu bisnis dropship Juragan akan berjalan lancar.

Pastikan juga Juragan telah mengetahui seluk-beluk dari produk yang dijual. Misalnya, jika ingin berjualan kosmetik harus telah melalui uji klinis, izin edar, dan BPOM. 

2. Mencari Supplier

Juragan harus mencari supplier yang terpercaya dan telah ahli dalam bisnis dropship. Kenapa? Karena nantinya semua pesanan yang masuk akan diproses oleh supplier. Jika supplier tidak cekatan dalam memproses pesanan Juragan maka bisnis dropship Juragan akan macet.

Pertimbangkan juga harga jual dari supplier. Pilih dengan harga yang lebih murah karena akan dapat meningkatkan keuntungan Juragan. Ingat, jangan mematok keuntungan yang tipis karena akan menyebabkan Juragan rugi jika ada kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

3. Membuat Akun Toko

Juragan harus membuat akun toko untuk memasarkan produk yang akan dijual. Misalnya, membuka akun Shopee, Tokopedia, Tiktok, Instagram, dan media sosial lainnya.

Juragan juga perlu mendekorasi toko online dengan baik seperti memberikan desain, copywriting, sistem penjualan, dan lain sebagainnya.

Cara Menjadi Dropshipper di Shopee

Nah, sekarang kita praktek langsung, ya Juragan. Dikesempatan ini BukuWarung akan mencontohkan cara menjadi dropshipper di Shopee. Caranya sebagai berikut ini.

1. Punya Akun Shopee

Juragan harus mempunyai akun Shopee terlebih dahulu sebelum memulai bisnis dropship. Silakan tonton tutorial di YouTube tentang cara membuka akun Shopee dengan mudah

2. Pelanggan Memesan Produk

Yeay! Produk yang juragan jual telah dipesan oleh pelanggan. Yang harus pelanggan lakukan di tahap ini adalah mengecek apakah pelanggan tersebut benar-benar membeli produk, dengan jenis apa, warna apa, sistem pembayaran apa, dan alamatnya dimana.

3. Memesan Produk ke Supplier

Setelah tahap pengecekan selesai silakan untuk memesan produk dari supplier yang Juragan telah pilih.

4. Mengisi Alamat Pelanggan

Selanjutnya Juragan perlu mengisi alamat pelanggan dengan benar pada sistem checkout tersebut. 

5. Centang “Kirim Sebagai Dropshipper”

Biasanya fitur kirim sebagai dropshipper akan tersedia dan disana Juragan perlu menuliskan siapa pengirim produk tersebut. Isikan nama toko Juragan pada kolom tersebut.

6. Pesanan Selesai

Setelah semua langkah telah dilakukan saatnya Juragan memantau pesanan tersebut. Pastikan produk yang dipesan sampai ke tangan pelanggan Juragan dan jangan lupa untuk meminta review dari produk tersebut agar toko Juragan dapat mempunyai label bintang

Label ini membuat pelanggan baru yang akan memesan barang di Juragan percaya kepada toko Juragan. 

Cara Memproses Pesanan Dropship

Berikut adalah cara untuk memproses pesanan dropship jika pelanggan memesan melalui media sosial.

1. Pelanggan Membeli Produk

Setelah pelanggan membeli produk dan berhasil melakukan pembayaran, langkah selanjutnya adalah mereview apakah produk yang pelanggan beli stoknya tersedia. Jika tidak tersedia Juragan dapat mengkonsultasikan dengannya atau membatalkan pesanannya.

2. Menghubungi Supplier

Tahap selanjutnya jika barang yang dipesan pelanggan telah tersedia stoknya maka teruskan pesanan tersebut ke supplier. 

Supplier akan memproses pesanan tersebut dan mengirimnya ke alamat pelanggan Juragan. Biasanya supplier akan mengirimkan resi pesanan kepada dropshipper yang selanjutnya diteruskan kepada pelanggan untuk memantau paket pesanannya.

3. Barang Dikirim Supplier dan Diterima Pelanggan Juragan

Setelah barang terkirim ke pelanggan, mintalah review terhadap barang yang dipesannya. Review akan meningkatkan kepercayaan pelanggan baru Juragan untuk berbelanja di toko Juragan.

Apabila barang yang diterimanya tidak sesuai atau rusak, Juragan dapat mengajukan klaim kepada supplier. Biasanya supplier akan meminta bukti dari barang yang tidak sesuai tersebut.

Keuntungan Menjadi Dropshipper

Keuntungan yang bisa Juragan rasakan saat menjalankan bisnis dropship adalah memiliki bisnis tanpa modal, bisa dilakukan dimana saja, mudah dijalankan, tidak perlu repot memproses pesanan, tidak perlu stok barang, dan produk yang dijual dapat bervariasi.

Kerugian Menjadi Dropshipper

Nah, perlu Juragan pertimbangkan kerugian berikut ini jika ingin menjadi dropshipper

Kerugian tersebut seperti, keuntungan yang diperoleh kecil karena harus dibagi dengan supplier, dropshipper harus memantau stok barang dari supplier agar tidak terjadi kekosongan di toko Juragan, dropshipper tidak bisa menentukan kualitas barang karena sangat bergantung kepada supplier.

Nah, itulah penjelasan dari BukuWarung tentang apa itu dropshipper, apa itu dropship, cara menjadi dropshipper, serta keuntungan dan kerugian bisnis jenis dropshipper.

Perlu Juragan ketahui, dalam memulai bisnis diperlukan ilmu terlebih dahulu. Juragan dapat mempelajarinya melalui Google, YouTube, atau media sosial lainnya. Ilmu dalam berbisnis dapat meningkatkan penjualan pada toko Juragan, loh.

Gunakan juga aplikasi BukuWarung untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran bisnis dropship yang Juragan jalankan. Aplikasi BukuWarung dapat Juragan download di Play store dan App Store secara gratis. Aplikasi BukuWarung membantu Juragan untuk mengelola keuangan usaha Juragan dengan lebih mudah tanpa perlu mencatatnya secara manual lagi.

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download