Download Gratis
Butuh bantuan?

Informasi Tentang Ekspedisi

Ekspedisi adalah salah satu kalimat yang sudah tidak asing lagi didengar pada saat ini. Terlebih lagi, di era di mana banyak transaksi bisnis yang mengharuskan adanya pengiriman ke alamat konsumen dengan jarak yang relatif jauh. Untuk itulah, perlu diketahui dengan lebih jelas apa yang dimaksud dengan ekspedisi beserta contohnya. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Eits, sebelum itu, kamu yang sedang memiliki usaha seperti UMKM dan perlu pengelolaan yang lebih praktis dengan satu aplikasi, bisa menggunakan aplikasi BukuWarung. Yuk donwload sekarang dan kepoin berbagai kemudahan yang ditawarkan.

Mengenal Pengertian Ekspedisi Adalah

Mungkin masih banyak yang bertanya-tanya tentang ekspedisi artinya dan kalimatnya. Ekspedisi sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI merupakan pengiriman surat, barang logistik dan sebagainya perusahaan pengangkutan barang.

Selain itu ekspedisi juga dapat diartikan sebagai perjalanan yang didalamnya terdapat penyelidikan ilmiah pada daerah yang kurang dikenal maupun pengiriman pasukan tentara untuk memerangi pasukan musuh yang letaknya jauh.

Dengan demikian, secara umum ekspedisi adalah hal yang lebih dikenal dengan makna pengiriman barang dari satu tempat ke tempat lain dengan lokasi yang relatif jauh. Adapun barang yang dikirim berukuran besar maupun kecil sedikit ataupun banyak. Dengan adanya jasa ekspedisi maka pengiriman menjadi lebih mudah.

Baca juga : Cek Resi Cepat

Cara Kerja Ekspedisi

Kehadiran jasa ekspedisi adalah suatu hal yang banyak ditemui pada saat ini. Hal ini sejalan dengan kebutuhan berbagai macam usaha yang ada untuk melakukan pengiriman barang dari satu tempat ke tempat lainnya. Biasanya pekerjaan ekspedisi ini akan dibantu oleh angkutan baik itu berupa kereta api, bus, truk ataupun moda transportasi lainnya.

Kehadiran jasa ekspedisi ini tampaknya memang berbanding lurus dengan maraknya berbagai transaksi online lewat e-commerce ataupun platform lainnya. Di situasi pandemi seperti saat ini, jasa ekspedisi pun semakin dibutuhkan.

Berbagai Contoh Ekspedisi

Berbicara mengenai contoh ekspedisi, mungkin bukanlah suatu hal yang asing lagi. Bahkan ketika juragan mendengar nama-nama dari ekspedisi populer di Indonesia berikut.

Juragan mungkin saja pernah menggunakan salah satu jasanya dari ekspedisi ini. Adapun beberapa ekspedisi yang cukup populer dikenal di Indonesia yaitu sebagai berikut.

  • JNE, tradisi yang satu ini memang mempunyai banyak cabang di penjuru Indonesia. Terutama untuk bisnis online, JNE ini sudah sangat populer. JNE sendiri sudah berdiri sejak tahun 1990 dan semakin memperluas jaringannya hingga kini. Berbagai penawaran pengiriman barang juga dimiliki oleh JNE
  • J&t Express, jasa ekspedisi yang satu ini juga tidak kalah populer dari JNE. Meskipun terbilang lebih baru dibandingkan JNE, j&t Express ini tampaknya sudah semakin berkembang dan banyak kenal. Berdiri sejak tahun 2015, j&t saat ini sudah semakin memperluas jaringannya. Tidak heran jika, j&t ini menjadi salah satu pesaing dalam jasa ekspedisi yang cukup kuat.
  • Pos Indonesia, Badan Usaha Milik Negara atau BUMN yang satu ini juga ambil bagian dalam jasa ekspedisi. Melalui Pos Indonesia, juragan tidak hanya bisa mengirim surat namun juga barang. Dari Pos Indonesia sendiri didukung oleh banyaknya titik jaringan yang tersebar di penjuru wilayah Indonesia.
  • Titipan kilat atau yang disebut Tiki, jasa ekspedisi yang satu ini telah berdiri sejak tahun 1970. Kehadiran Tiki untuk melayani jasa ekspedisi hingga saat ini membuktikan bahwa Tiki mampu bersaing dengan berbagai jasa ekspedisi lainnya. Ada berbagai macam produk layanan yang disediakan oleh Tiki sehingga konsumen bisa merasakan kemudahan dalam memakai jasa ekspedisi.

Setelah membahas mengenai ekspedisi dan beberapa contohnya di atas, tentu saja suatu hal yang cukup menarik untuk dibahas pada masa sekarang ini.

Ekspedisi adalah bagian yang sulit dipisahkan dalam sebuah bisnis, terlebih lagi yang jangkauannya sudah sampai pada cakupan daerah yang luas. Keberadaan ekspedisi akan membantu bisnis untuk tetap berjalan dengan memastkan produk bisa sampai ke tangan konsumen.

Bicara soal bisnis, ada banyak kesempatan yang tersedia, terlebih lagi dengan adanya kemajuan teknologi pada saat ini. Ada banyak kemudahan yang bisa diaplikasikan dalam dunia bisnis termasuk untuk mengembangkan UMKM yang dimiliki.

Baca juga : Cek Ongkir Terlengkap

Berbicara soal pengembangan bisnis dan UMKM, sekarang telah hadir BukuWarung yang bisa juragan manfaatkan untuk berdagang dan mengembangkan bisnis secara lebih baik.

Apa sih BukuWarung itu? BukuWarung merupakan perusahaan teknologi yang memiliki misi untuk memajukan bisnis UMKM di Indonesia. Melalui BukuWarung juragan bisa mendapatkan  solusi untuk berbagai jenis layanan mulai dari pengelolaan transaksi penjualan dan utang piutang, pengeluaran stok hingga pembayaran. Juragan juga akan mendapatkan berbagai kemudahan lewat fitur-fitur yang tersedia.

Tidak sampai di situ saja, terdapat berbagai fitur menarik di BukuWarung. Adapun beberapa fitur yang bisa juragan dapatkan seperti laporan keuangan bisnis yang lebih terpercaya dan akurat, kemudian jurus untuk menagih hutang supaya lebih cepat dibayar, menagih maupun membayar menggunakan aplikasi BukuWarung dan melakukan pengelolaan stok lewat satu aplikasi saja.

Juragan juga bisa mendapatkan keuntungan tambahan saat menggunakan aplikasi BukuWarung.  Adapun keuntungan tambahan yang dimaksud adalah menagih dan membayar arisan secara otomatis sehingga tidak perlu takut lupa.

Juragan juga bisa melakukan penjualan secara online dengan lebih mudah karena bisa mengirim pembayaran dan pembayarannya bisa menggunakan e-wallet maupun bank dengan gratis biaya admin.

Juragan juga bisa melakukan pencetakan nota menggunakan printer bluetooth ataupun mengirim nota melalui WhatsApp, dan juga bisa melakukan pembukuan supaya tidak bercampur dengan memisahkannya di aplikasi BukuWarung.

Nah, dengan satu aplikasi, juragan tidak perlu pusing lagi mikirin pengelolaan bisnis. Sudah siap mendapatkan beragam kemudahan dan keuntungan bersama BukuWarung, juragan?. Untuk itu, sudah saatnya juragan BukuWarung sekarang dan rasakan pengelolaan bisnis yang lebih baik dan tertata.

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download