Download Gratis
Butuh bantuan?

Nih, Cara Daftar GrabFood untuk Majukan Bisnismu!

Mengetahui cara daftar GrabFood bisa sangat membantu para pemilik bisnis kuliner. Lewat jaringan GrabFood yang luas, bisnis kuliner Juragan berpeluang untuk menjangkau lebih banyak calon pelanggan. Aplikasi tersebut juga memiliki sistem layanan pesan-antar makanan yang komplet untuk memudahkanmu mengelola bisnis.

Cara daftar GrabFood pun tidak terlalu rumit. Semua prosesnya bahkan dilakukan secara online. Artinya, Juragan tidak perlu datang ke kantor Grab untuk bisa terdaftar sebagai mitra. Mulai dari pendaftaran hingga training, semuanya cuma perlu dua hal: gadget dan koneksi internet stabil!

Agar Juragan bisa segera bergabung, mari simak cara daftar GrabFood online 2022 berikut ini. Terbaru dan sudah mengikuti update terkini dari Grab, lho!

Apa itu GrabFood?

cara daftar grabfood
Photo Credit: Rawpixel

Membahas tentang cara daftar GrabFood tak akan lengkap tanpa mengetahui tentang GrabFood itu sendiri. GrabFood merupakan fitur pesan antar makanan dari Grab, sebuah platform yang menyediakan beragam layanan untuk kebutuhan sehari-hari seperti transportasi, pengiriman, hingga finansial. Grab mulanya bernama GrabTaxi dan bermarkas di Singapura.

GrabFood merupakan salah satu layanan pesan antar makanan populer di Indonesia. Layanannya pun cukup luas, tersebar di berbagai kota dan kabupaten, baik di Pulau Jawa maupun luar Pulau Jawa.

Sejak awal kemunculannya, GrabFood dirancang untuk mudah digunakan, baik oleh customer, mitra pengemudi, maupun merchant. Cara daftar GrabFood pun dibuat sederhana untuk memudahkan para pemilik bisnis kuliner di Indonesia, termasuk UMKM.  

Baca Juga: Tips Membuka Cabang Usaha Baru

Cara daftar GrabFood

Seperti yang sudah disebutkan pada bagian pembuka, cara daftar GrabFood sangat simpel. Juragan cukup menyediakan gadget serta koneksi internet. Jangan lupa juga untuk menyiapkan beberapa persyaratan dokumen yang bisa dilihat pada poin selanjutnya.

Syarat daftar GrabFood

Sebelum masuk ke cara daftar GrabFood, sebaiknya Juragan mengetahui apa saja berkas yang harus dipersiapkan. Jadi, proses pendaftaran pun akan lebih lancar. Berikut syarat berkas pendaftaran mitra GrabFood:

  • KTP pemilik bisnis.
  • Informasi mengenai bisnis yang akan didaftarkan.
  • Kartu pengenal NPWP (baik perseorangan maupun badan).
  • Daftar menu.
  • Foto produk yang akan dijual (harus jelas dan bukan ilustrasi). Jika sudah punya logo toko, bisa dilampirkan terpisah.
  • Foto merchant yang didaftarkan (dari luar dan dalam bangunan).
  • Halaman depan Buku Tabungan.

Semua dokumen dikumpulkan dalam format digital (berupa file JPG/JPEG/PNG/PDF). Pastikan semua file terbaca jelas dan tidak melampaui ukuran maksimum.

1. Buat profil bisnis kamu

Apabila semua persyaratan sudah lengkap, Juragan bisa langsung mulai daftar GrabFood. Cara daftar GrabFood online hanya dilayani melalui website resmi Grab. Pada halaman muka, klik tab “Jadilah Mitra Kami” dan pilih opsi “Mitra GrabFood”.

Sistem akan langsung mengarahkan untuk mengisi form pendaftaran. Masukkan detail bisnis kuliner yang akan didaftarkan berupa Nama Bisnis, Alamat Bisnis, Nama Pemilik, Nomor Handphone, dan Alamat Email. Jangan lupa untuk menyetujui persyaratan dan kemudian klik “Daftar”.

Setelah selesai mendaftar, tim GrabFood akan melakukan verifikasi email. Jika pendaftaran berhasil, kamu akan langsung menerima email untuk langkah selanjutnya.

2. Lengkapi informasi terkait bisnis

Selamat, akun bisnis yang kamu daftarkan sudah terverifikasi! Sekarang waktunya lanjut ke langkah berikutnya. Dalam email verifikasi, cukup klik link menuju formulir pendaftaran yang harus diisi. Link tersebut akan mengarah pada halaman pendaftaran mitra GrabFood. Halaman tersebut berisi beberapa informasi yang harus dilengkapi, di antaranya:

  • Informasi mengenai bisnis yang didaftarkan, mulai dari nama hingga foto merchant. Jangan lupa juga untuk mengisi informasi pemilik, lengkap dengan kontak.
  • Informasi mengenai operasional bisnis, terutama waktu operasional. Kamu bisa langsung menentukan hari dan jam buka/tutup toko.
  • Informasi mengenai produk yang ditawarkan beserta keterangan, harga, dan foto pelengkap untuk dicantumkan di aplikasi.

Agar tidak ada yang terlewat, tidak perlu terburu-buru mengisi formulir. Lakukan saat senggang agar bisa berkonsentrasi. Sebelum mengirimkan formulir, cek kembali untuk memastikan tidak ada informasi yang terlewat atau salah. 

3. Tanda tangan kontrak

Setelah Juragan mengirim formulir pendaftaran, tim Grab akan langsung melakukan verifikasi data. Dalam waktu paling lambat dua hari kerja, mereka akan menginformasikan jika masih ada data yang salah atau belum lengkap.

Jika semua data lengkap dan sudah sesuai, tim GrabFood akan langsung mengirimkan email berisi kontrak kerja sama yang harus ditandatangani. Sebelum membubuhkan tanda tangan, baca kontrak dengan saksama, ya. Kontrak yang sudah ditandatangani bisa langsung dikirimkan kembali ke Grab.

4. Verifikasi email bisnismu

Langkah berikutnya dalam tutorial cara daftar GrabFood online adalah menerima verifikasi. Setelah semua data lengkap dan kontrak diterima tim Grab, mereka akan mengirimkan email berisi tautan untuk verifikasi. Klik tautan tersebut agar sistem bisa melakukan verifikasi. Pastikan untuk memberi respons di bawah 72 jam setelah email diterima agar verifikasi bisa diproses.

5. Verifikasi OVO

GrabFood menerapkan pembayaran digital melalui aplikasi OVO. Untuk itu, dalam tutorial cara daftar GrabFood ini, Juragan juga harus melakukan verifikasi OVO. Mula-mula, kamu harus membuat akun OVO dan melakukan aktivasi. Setelah akun aktif, tim OVO akan melakukan verifikasi dengan mencocokkan informasi dari pihak Grab. Jika semua tahapan verifikasi OVO selesai, kamu bisa melangkah ke poin selanjutnya.

6. Training

Untuk memudahkan proses penjualan produk dan pengelolaan bisnis, GrabFood menyediakan layanan training atau pelatihan. Seluruh materi training akan dikirimkan melalui email setelah kamu selesai melakukan verifikasi akun OVO.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi UMKM Untuk Kelola Usaha Juragan

Keuntungan GrabFood bagi UMKM

cara daftar grabfood
Photo Credit: Grab

Setelah membahas tentang cara daftar GrabFood, mari beralih membahas keuntungannya. Ada beberapa benefit utama yang bisa kamu nikmati sebagai mitra GrabFood, yaitu:

  • Jangkauan lebih luas

Setiap pemilik bisnis kuliner pasti ingin usahanya dikenal banyak orang. Makin populer suatu bisnis, makin besar peluangnya untuk meraup keuntungan. Lewat GrabFood, bisnis kuliner Juragan bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

Saat ini, customer GrabFood sudah tersebar di seluruh Indonesia. Laporan dari portal berita Detik menunjukkan bahwa pada 2019, GrabFood telah beroperasi di 271 kota yang ada di tujuh negara Asia Tenggara. Itu berarti, Juragan bisa menjangkau lebih banyak lagi calon konsumen dengan GrabFood.

  • Tingkatkan angka penjualan

Makin luas jangkauan, makin banyak jumlah konsumen yang datang. Semakin banyak jumlah konsumen, maka angka penjualan pun akan naik. Hal ini dapat dibuktikan melalui data dari Media Indonesia. Data tersebut mengungkapkan bahwa mitra GrabFood meraih penghasilan rata-rata tertinggi (saat dibandingkan dengan aplikasi serupa).

Rata-rata penjualan harian mitra GrabFood bisa mencapai Rp750.000. Angka tersebut merupakan yang tertinggi jika dibandingkan dengan aplikasi pesan-antar makanan lainnya.  

  • Ada beragam promosi menarik

Promosi merupakan cara efektif untuk menggaet lebih banyak calon pelanggan. Lewat GrabFood, kamu bisa memberikan beragam promosi menarik untuk pelanggan dengan mudah. GrabFood bahkan menampilkan skema promo untuk memudahkanmu menentukan mana promosi yang paling menguntungkan; bukan hanya untuk customer, tapi juga untukmu. Pelanggan untung, bisnis kulinermu pun semakin dikenal masyarakat!

  • Praktis

GrabFood tidak sekadar menjadi tempat untuk promosi bisnis kuliner. Aplikasi tersebut juga tersambung dengan layanan pengantaran oleh mitra pengemudi. Itu artinya, kamu sebagai penjual tidak perlu repot-repot memikirkan masalah pengantaran. Setelah makanan selesai dibuat, driver akan langsung mengambil pesanan dan mengirimkan ke pada pelanggan. Super praktis!

Baca Juga: 7+ Ide Jualan Online Paling Laku 2022

Demikian pembahasan mengenai cara daftar GrabFood. Selain menggunakan aplikasi pesan-antar seperti GrabFood, sebaiknya Juragan juga menggunakan aplikasi untuk memudahkan manajemen keuangan bisnis. Kini telah tersedia aplikasi BukuWarung untuk seluruh pemilik bisnis di Indonesia. Dengan BukuWarung, pembukuan usaha tidak lagi rumit dan makan waktu. Segera dapatkan aplikasi BukuWarung secara gratis melalui Play Store!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download