Download Gratis
Butuh bantuan?

Promosi Adalah Hal Penting dalam Usaha, Simak Fungsinya?

Promosi adalah suatu aktivitas yang pasti dilakukan setiap pelaku bisnis, baik bisnis kecil maupun yang sudah besar sekalipun. Sebab, promosi adalah bagian penting dalam suatu kegiatan usaha.

Dalam dunia bisnis, promosi berhubungan dengan pemasaran atau marketing. Namun, sebenarnya apa promosi itu? Mengapa suatu bisnis melakukan kegiatan promosi? Untuk mengetahui jawabannya, mari simak penjelasan lengkap mengenai promosi berikut ini!

Apa itu promosi?

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), promosi adalah perkenalan dalam rangka memajukan usaha, dagang, dan sebagainya. Kegiatan ini dilakukan oleh pemilik bisnis kepada calon konsumen atau masyarakat luas. Harapannya, produk yang mereka tawarkan laku terjual.

Lalu, bagaimana bentuk perkenalan produk tersebut? Perkenalan di sini mirip saat kamu ingin mengenal seseorang. Saat berkenalan dengan orang baru, kamu pasti menyebutkan nama dan identitas lain agar ia mengenalmu. Pada perkenalan produk atau promosi, kamu bukan memperkenalkan dirimu, tapi produk yang kamu jual kepada calon pembeli.

Jika disimpulkan, promosi adalah suatu kegiatan untuk memperkenalkan produk kepada calon pembeli agar nantinya mereka melakukan pembelian. Setelah memahami pengertiannya, sekarang mari membahas soal tujuan promosi. Stay tune, ya!

Baca Juga: Rekomendasi Kata-kata Promosi Jualan Makanan yang Bisa Kamu Coba

Tujuan promosi dalam menjalankan usaha

pinjaman adalah
Photo Credit: Rawpixel

Ada banyak sekali tujuan promosi dalam menjalankan usaha. Tiap jenis usaha bisa saja punya tujuan promosi yang berbeda. Misalnya pada sebuah bisnis rintisan, tujuan utamanya pastilah agar masyarakat bisa mengenal produk mereka. Sedangkan pada bisnis yang sudah mapan, tujuan promosi adalah untuk meningkatkan keuntungan sekaligus mempertahankan loyalitas pelanggan. Berikut adalah beberapa tujuan promosi yang umum ditemukan pada setiap jenis usaha:

  1. Menyebarkan brand awareness

Bisnis yang baru dirintis pasti belum memiliki banyak pelanggan. Untuk bisa menggaet lebih banyak pelanggan, mereka pun kemudian melakukan promosi. Nah, tujuan promosi seperti ini disebut menyebarkan brand awareness

Brand awareness sendiri merupakan kemampuan calon konsumen untuk mengenali brand atau produkmu. Makin tinggi brand awareness, maka makin besar juga kemungkinan calon konsumen melakukan pembelian.

  1. Menarik perhatian calon konsumen

Bagi sebagian besar bisnis, tujuan promosi adalah untuk menarik perhatian calon konsumen. Calon konsumen tidak akan tertarik begitu saja pada produk yang kamu jual. Pasti ada beberapa langkah promosi yang dilakukan untuk bisa menarik perhatian calon konsumen, entah dengan membuat packaging yang menarik atau dengan memasang iklan. 

  1. Mendapatkan loyalitas dari pelanggan

Jika bagi bisnis rintisan tujuan promosi adalah untuk menyebarkan brand awareness, bagaimana dengan bisnis yang sudah mapan?

Pada bisnis skala besar yang sudah mapan, promosi dilakukan untuk meraih loyalitas dari pelanggan. Mempertahankan hubungan baik dengan para pelanggan sangat memengaruhi kelangsungan suatu bisnis, bahkan untuk bisnis skala besar sekalipun.  

Baca Juga: Trik Promosi untuk Bisnis Salad Buah agar Jualan Laris Manis!

  1. Meningkatkan keuntungan usaha

Tujuan utama promosi untuk seluruh bisnis tak lain adalah untuk meningkatkan keuntungan usaha. Dengan promosi, makin banyak calon konsumen yang mengenal jualanmu. Itu berarti, peluang terjadinya transaksi penjualan pun semakin besar. Saat transaksi penjualan naik, otomatis keuntungan yang didapat pun ikut naik.

  1. Berkompetisi dengan brand lain

Sekarang ini, persaingan usaha semakin ketat. Promosi adalah salah satu cara efektif agar kamu bisa berkompetisi dengan brand lain. Dengan promosi yang masif, calon konsumen akan lebih mengenal jualanmu dibanding kompetitor. Jadi, peluang untung yang bisa didapat pun semakin besar.

Fungsi promosi

Pada dasarnya, promosi adalah suatu pondasi dalam suatu bisnis. Dengan promosi yang baik, maka produk yang kamu jual akan lebih dikenal masyarakat luas. Jika produk Juragan dikenal luas, tingkat penjualan pun akan cenderung stabil.

Di samping itu, promosi juga punya fungsi untuk mempertahankan citra bisnis Juragan. Bahkan jika strategi promosi yang kamu terapkan baik, masyarakat bisa langsung menghubungkan situasi tertentu dengan barang jualanmu. Hal ini terjadi pada brand Indomie, Gan. Saat orang membicarakan soal mi instan, yang langsung terpikir pasti Indomie. Sebab, Indomie memang terus berpromosi sebagai sebuah produk mi instan yang mudah dibuat oleh siapa saja.

Jenis-jenis promosi

Pembahasan seputar promosi tak akan lengkap tanpa menyinggung jenis-jenis promosi. Sebenarnya, ada banyak sekali jenis promosi. Tiap jenis usaha biasanya punya caranya sendiri. Namun, kali ini yang dibahas adalah jenis-jenis promosi secara umum, yaitu:

  1. Promosi secara langsung

Pernah bertemu dengan SPG atau SPB yang membagikan brosur di tempat publik seperti mal? Itulah contoh promosi secara langsung.

Disebut sebagai promosi langsung karena pihak penjual melakukan “jemput bola” ke pelanggan. Mereka mendekati pelanggan secara langsung baru kemudian memperkenalkan produknya. Promosi secara langsung ini umumnya dilakukan di tempat publik atau event tertentu yang memang dihadiri banyak orang, seperti bazar atau pameran.

Banyak brand besar yang masih melakukan promosi seperti ini. Sebab, promosi langsung dinilai memudahkan calon konsumen untuk mencoba produk. Mereka juga bisa berinteraksi dengan sales representative yang mewakili brand.

  1. Promosi lewat media konvensional

Berikutnya ada promosi melalui media konvensional seperti TV, koran, radio, hingga billboard di jalanan. Dulu, jenis promosi yang satu ini sangat populer karena memang terbukti mampu menambah jumlah pelanggan sekaligus meningkatkan penjualan.

Namun, kini promosi lewat media konvensional mulai ditinggalkan. Sebab, promosi lewat media konvensional dinilai terlalu mahal. Bagi brand besar tentu tak jadi perkara, namun untuk bisnis rintisan jelas akan sulit mencapainya. Sebagai alternatif, biasanya brand akan beralih pada promosi melalui media digital yang akan dibahas di poin selanjutnya.

  1. Promosi lewat media digital

Untuk bisnis rintisan atau UMKM, bujet yang tersedia untuk promosi jelas terbatas. Bahkan sebisa mungkin promosi dilakukan tanpa mengeluarkan biaya yang terlalu besar. Berkat adanya inovasi pada teknologi informasi, hal tersebut bisa diatasi.

Caranya adalah dengan promosi lewat media digital. Jika dibandingkan dengan promosi melalui media konvensional, promosi digital memang lebih terjangkau. Bahkan biaya promosi bisa benar-benar ditekan, misalnya dengan memanfaatkan media sosial. Dengan media sosial, penjual lebih mudah menjangkau calon pembeli tanpa susah payah.

Baca Juga: Langsung Terapkan, Ini Dia Kalimat Promosi Paling Menghipnotis!

Contoh kegiatan promosi

Yuk, sekarang membahas contoh kegiatan promosi agar kamu bisa punya gambaran yang lebih jelas. Di bawah ini adalah beberapa contoh kegiatan promosi sesuai situasinya:

  • Promosi untuk memperkenalkan produk baru

Agar konsumen mengenal produk baru yang kamu luncurkan dan penjualan naik, jangan lupa untuk melakukan promosi. Juragan bisa menerapkan strategi “tebak gambar” agar konsumen lebih penasaran. Tambahkan kata-kata yang menarik, seperti “rasa baru yang belum pernah ada”. Jadi, konsumen pun tak sabar menanti produk barumu.

  • Promosi untuk produk makanan dan minuman

Kamu sedang menjalankan bisnis makanan atau minuman? Ingin meyakinkan calon konsumen bahwa produk yang kamu jual benar-benar sedap? Cobalah promosi langsung dengan memberikan tester. Ikutlah bazar atau pameran, kemudian jangan lupa sediakan tester agar calon konsumen bisa mencicipi barang jualanmu.

  • Promosi dengan memberikan penawaran menarik

Bagi kamu pemilik online shop yang ada di e-commerce atau marketplace, bisa mencoba trik promosi ini. Caranya adalah dengan memberikan penawaran menarik berupa cashback atau diskon. Tidak perlu dilakukan setiap saat, cukup pada saat-saat tertentu saja seperti Hari Belanja Online atau saat sedang anniversary toko.

Bisa disimpulkan, promosi adalah suatu aktivitas bisnis yang bertujuan untuk memperkenalkan brand atau produk dalam brand. Harapannya, calon konsumen benar-benar tertarik dan melakukan pembelian. Jadi, penjual pun mendapat keuntungan.

Promosi membuat bisnis Juragan makin laris? Jangan sampai lupa bikin laporan keuangan, ya. Sekarang, bikin laporan keuangan tak perlu repot sebab sudah ada aplikasi BukuWarung. Aplikasi BukuWarung mencatat transaksi keuangan harian secara otomatis sehingga menyusun laporan keuangan pun jadi lebih mudah. Dapatkan segera aplikasi BukuWarung, gratis di Google Play Store!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download