Download Gratis
Butuh bantuan?

Ide Bisnis untuk Mahasiswa

Anda mahasiswa dan ingin memulai ide bisnis? Tapi bingung ingin usaha apa? ⏩ Simak beberapa ✅ Ide Bisnis Untuk Mahasiswa berikut ini.

Masa menjadi mahasiswa adalah masa paling menyenangkan bagi sebagian besar orang. Biasanya, mahasiswa hidup mandiri dan jauh dari orang tua.

Keadaan ini menuntut mahasiswa untuk mengelola hidup dengan baik, termasuk dalam masalah keuangan. Kebutuhan mahasiswa sangat banyak, terkadang jatah bulanan saja tak cukup.

Oleh sebab itu, banyak mahasiswa yang menekuni pekerjaan sampingan untuk menambah uang saku.

Tak sedikit korporasi yang membuka kesempatan kepada mahasiswa untuk bekerja paruh waktu. Namun jam kerjanya dianggap kurang fleksibel.

Jika Anda tidak ingin terlalu terikat dengan waktu namun tetap mendapatkan penghasilan, cobalah ide bisnis untuk mahasiswa di bawah ini.

1. Les Privat

Jasa Les Privat
unsplash.com

Bisnis pertama yang berpotensi menghasilkan penghasilan besar adalah jasa les privat. Bisnis ini cocok untuk Anda yang merupakan mahasiswa jurusan kependidikan.

Jika Anda mahasiswa non kependidikan juga tetap bisa menjalankan bisnis ini. Target pasarnya yaitu siswa sekolah mulai dari SD, SMP, dan SMA sederajat.

Anda bisa mendapatkan penghasilan langsung dari sesi yang Anda selesaikan. Namun beberapa orang tua murid juga membayar untuk satu bulan.

Pengajar les privat dapat mengantongi uang mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 200.000 per sesi.

 

2. Penulis

Penulis
pexels.com

Alteratif bisnis kedua yang dapat dilakoni oleh mahasiswa yaitu menjadi penulis lepas atau freelance.

Menjadi penulis juga bisa dikatakan sebagai peluang bisnis online yang cukup bagus.

Pekerjaan ini cocok untuk Anda yang gemar menuliskan ide dan gagasan.

Pekerjaan ini dapat dilakukan kapan pun dan tanpa perlu datang ke kantor. Cukup dengan bermodal ide kreatif, komputer atau laptop, dan koneksi internet, Anda sudah dapat mulai menulis.

Dari mana pekerjaan penulis berasal? Carilah situs untuk para pekerja lepas. Di sana, banyak orang yang mencari jasa penulis. Anda bisa mendaftarkan diri lalu mendapatkan pekerjaan.

 

3. Fotografer

Fotografer
pexels.com

Punya kamera tapi lebih sering menganggur karena tak sering dipakai? Kini Anda bisa memanfaatkannya untuk mulai menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Bisnis fotografi cukup menjanjikan apabila Anda melakukannya dengan sungguh-sungguh. Tawarkan jasa di momen seperti wisuda, atau foto bersama untuk organisasi, dan lain-lain.

Jika Anda ingin menghasilkan pemasukan yang lebih besar, coba untuk mengambil pekerjaan sebagai fotografer di acara pernikahan. Umunya, biaya jasa yang diberikan kepada Anda lebih besar dibanding foto wisuda.

Selain menerima pesanan secara langsung, Anda juga menjual karya fotografi Anda di situs seperti shutterstock.

 

4. Pemandu Wisata

Pemandu Wisata
instagram.com/driverjogja_moko85

Apakah kota tempat Anda menimba ilmu memiliki banyak tempat wisata? Jika ya, Anda bisa mendapatkan manfaat finansial dari para turis yang datang. Bagaimana caranya?

Jadilah pemandu wisata untuk para turis yang datang. Anda bisa melakukan pekerjaan ini ketika akhir pekan atau hari libur. Sehingga Anda tak perlu mengorbankan waktu Anda untuk hadir di kelas.

Akan menjadi nilai lebih jika Anda memiliki kemampuan berbahasa asing. Jadi, Anda dapat memandu turis dari mancanegara. Otomatis, penghasilan Anda akan lebih besar.

 

5. Bisnis Jasa Pembuatan Website

Bisnis Jasa Pembuatan Website
pexels.com

Bisnis yang kelima ini cocok untuk mahasiswa dengan jurusan seperti ilmu komputer, sistem informasi, atau informatika. Di perkuliahan, Anda mendapatkan materi untuk pembuatan website, bukan?

Manfaatkanlah ilmu Anda untuk mencari pundi-pundi rupiah. Anda bisa menawarkan jasa pembuatan website kepada teman-teman yang sedang mengerjakan skripsi.

Anda juga dapat menjadi freelancer khusus untuk membangun website. Bergabunglah dengan situs seperti fiverr untuk mendapatkan proyek.

 

6. Penerjemah

Penerjemah
pexels.com

Ada banyak karya ilmiah atau literatur yang harus diterjemahkan dari bahasa asing ke bahasa Indonesia serta sebaliknya.  Sayangnya, tak semua orang memiliki kompetensi yang cukup untuk melakukannya.

Jika Anda memiliki kemampuan bahasa asing yang baik, manfaatkanlah kesempatan untuk menjadi penerjemah. Dengan begitu menjadi penerjemah bisa dikatakan sebagai peluang usaha jasa tanpa modal yang cukup bagus.

Anda bisa menawarkan jasa kepada orang-orang terdekat atau melalui situs freelancer.

Untuk menambah relasi, bergabunglah dengan grup penerjemah yang bisa Anda temui di media sosial seperti facebook atau telegram.

Di grup tersebut Anda bisa berbagi pengalaman, berbagi tips, dan yang terpenting yaitu berbagi pekerjaan.

 

7. Desain Grafis

Desain Grafis
pexels.com

Apakah kamu mahasiswa desain grafis atau desain komunikasi visual? Jika iya, ide bisnis untuk mahasiswa yang satu ini sangat cocok dengan bidang keilmuan Anda.

Industri kreatif di bidang desain selalu mengalami perkembangan setiap hari. Peluang besar ini bisa Anda manfaatkan untuk meraup keuntungan.

Buatlah portofolio untuk melamar di berbagai situs freelancer. Banyak juga perusahaan yang membuka lowongan untuk freelance desain grafis dengan sistem remote.

Artinya, kamu bisa mengerjakan pekerjaan di mana saja tanpa harus datang ke kantor.

Salah satu hambatan dalam menggeluti pekerjaan desain grafis adalah lingkungan terdekat. Mengapa? Sebab tak sedikit dari teman atau saudara yang meminta desain gratis atau harga “teman”.

 

8. Bisnis BPOB

Bisnis Pulsa Elektrik
pexels.com

Ingin berbisnis tanpa butuh modal banyak? Bisnis BPOB jawabannya.

Berjualan pulsa dan paket internet banyak dipilih mahasiswa karena mudah dan tak perlu modal besar.

Sayangnya, banyak orang yang gagal dan akhirnya gulung tikar. Penyebabnya adalah pengelolaan yang kurang baik.

Banyaknya utang juga membuat perputaran modal menjadi mandek dan membuat bisnis menjadi bangkrut.

Jika Anda ingin berbisnis pulsa, sebaiknya kelola dengan baik dan benar. Jangan memberikan kelonggaran seperti utang bila ingin bisnis lancar dan berhasil.

Jika ingin tau lebih lengkap tentang bisnis ini, anda bisa simak artikel tips memulai usaha jual pulsa.

 

9. Menjual Snack

Menjual Makanan Ringan
unsplash.com

Makanan ringan atau camilan sering menjadi teman mahasiswa ketika mengerjakan tugas atau sekadar bersantai.

Anda dapat melakukan bisnis menjual makanan ringan kepada rekan sesama mahasiswa. Anda bisa menjual dengan sistem pre order untuk memperkecil potensi kerugian.

Carilah supplier di sekitar kampus atau di online shop. Carilah camilan yang paling disukai mahasiswa dan beli secara grosir. Kemudian kemas kembali dan tambahkan brand Anda sendiri.

Selain itu anda juga bisa buat sendiri snack yang ingin dijual, anda bisa simak ide usaha makanan ringan, untuk mendapatkan refensi snack yang akan dijual.

Untuk memudahkan Anda berjualan snack secara online, jika menggunakan WhatsApp, Anda bisa gunakan BukuWarung Link WhatsApp.

Fungsinya akan mengubah nomor Anda menjadi sebuah link, jadi nanti pembeli Anda tidak perlu lagi mengetik nomor WhatsApp, tinggal klik link saja.

 

10. Online Shop

Bisnis Online Shop
pexels.com

Bisnis online shop dapat dilakukan tanpa modal sedikit pun. Caranya yaitu dengan menjadi dropshipper. Anda tak perlu membeli barang, namun hanya berperan sebagai perantara.

Carilah toko online yang menjual barang dengan harga murah. Jual kembali barang tersebut di toko Anda sendiri dengan sedikit menaikkan harganya.

Anda bisa gunakan platform marketplace yang cukup populer di Indonesia, seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan Lazada.

Target pasar bisnis online shop ini tidak hanya teman kampus tapi juga masyarakat umum. Agar lebih mudah laku, pilihlah barang dagangan yang banyak dicari orang.

 

11. Perawatan Hewan

Bisnis Jasa Perawatan Hewan
pixabay.com

Suka merawat kucing atau anjing? Tawarkanlah jasa merawat binatang seperti yang telah disebutkan itu.

Anda bisa memulai usaha ini dengan menawarkan jasa di media sosial. Jika mendapatkan pelanggan dalam jumlah besar, Anda dapat mengajak rekan Anda untuk menjalankan bisnis bersama.

Bisnis pet grooming ini masih memiliki peluang usaha yang bagus karena banyak orang yang sibuk sehingga tak sempat untuk merawat peliharaan yang dimilikinya.

 

12. Jual Barang Bekas

Jasa Jual Barang Bekas
instagram.com/babebob_2ndhand

Barang bekas sering dianggap sebagai sampah yang tidak berguna. Padahal benda-benda itu masih memiliki nilai jual meskipun tak setinggi seperti saat masih baru.

Bisnis jual beli barang bekas memiliki peluang yang bagus jika Anda menemukan penngepul yang tepat. Biasanya, pengepul ini membeli barang bekas untuk didaur ulang.

Cobalah untuk menawarkan jasa jual barang bekas kepada kawan Anda. Jadi, di bisnis ini Anda berperan sebagai penghubung antara pemilik barang bekas dengan pengepul.

Dari 12 ide bisnis untuk mahasiswa yang menguntungkan di atas, mana yang lebih cocok untuk Anda?

Tak ada salahnya untuk mulai berbisnis saat masih menjadi mahasiswa. Memulai usaha kecil-kecilan dapat melatih jiwa bisnis Anda yang akan sangat berguna di masa depan.

Tapi tetap jangan lupa, walaupun bisnis kecil-kecilan, Anda harus tetap baik dalam mengelola keuangan, untuk itu Anda bisa gunakan aplikasi pengelola keuangan.

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download