Download Gratis
Butuh bantuan?

Agen Brilink

Sudah pernah mendengar tentang agen BRILink? Bagi Anda yang menabung di Bank BRI pastinya sudah tidak asing dengan layanan yang satu ini. Meski sudah lama muncul, ternyata masih banyak orang yang belum tahu tentang keberadaan dan juga fungsi layanan dari BRI ini. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang agen dari BRILink mulai dari keuntungan, modal yang dibutuhkan, dan juga syarat-syaratnya simak ulasan berikut. 

Apa itu Agen BRILink?

Agen BRILink sendiri merupakan sebuah layanan perbankan yang ditawarkan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk memberikan kemudahan. Hadirnya BRILink ini yaitu sebagai bentuk perluasan layanan yang diberikan oleh BRI kepada para nasabahnya. Sistem kerjanya, pihak BRI menjalin kerja sama dengan nasabah BRI yang bertindak sebagai agen.

Nantinya, tugas dari agen tersebut yaitu melayani transaksi perbankan yang dilakukan oleh masyarakat secara real time online memakai fitur EDC mini ATM BRI. Lalu, untuk pembagian labanya menggunakan konsep sharing fee. Untuk Anda yang tertarik mendaftar simak terlebih dahulu syarat-syaratnya di bawah ini.

Manfaat Pakai Aplikasi BukuWarung

Produk Layanan Agen BRILink

Berbicara tentang produk layanan dari BRILink, terdapat dua jenis produk atau layanan yang disediakan. Pertama, Lakupandai yang menyediakan layanan perbankan dan layanan keuangan lainnya. Jadi, hampir semua layanan tersebut dilakukan tanpa atau tidak melalui jaringan kantor.

Kedua, layanan Mini ATM BRI. Layanan yang kedua ini menggunakan Electronic Data Capture (EDC) yang dipakai untuk melakukan transaksi keuangan non tunai. Cara kerjanya hampir sama dengan transaksi keuangan non tunai yang disediakan oleh mesin ATM.

Syarat Menjadi Agen BRILink

Bagi Anda yang tertarik untuk mendaftar sebagai BRILink, ada beberapa persyaratan yang perlu disiapkan. Nah, untuk lebih jelasnya berikut rincian syarat yang harus dipenuhi sebelum mendaftar diri. Yaitu:

  • Fotocopy dokumen Identitas Diri seperti KTP pemilik atau pengurus/ NPWP pemilik (khusus untuk badan usaha)
  • Fotocopy buku rekening seperti Buku Tabungan / Rekening Koran
  • Menyerahkan fotocopy dokumen legalitas usaha, seperti Surat Keterangan Usaha minimal dari RT/RW setempat, SIUP, SITU, TDP (untuk jenis agen berbadan usaha), Akta Pendirian (khusus agen badan usaha berbadan hukum) dan izin usaha lainnya.
  • Menyerahkan dokumen pengajuan seperti formulir pengajuan dan perjanjian kerja sama BRILink.

Modal Awal dan Komisi Agen BRILink

Berapa modal yang dibutuhkan untuk bisa mendaftar sebagai Agen BRILink? Perlu diketahui, Anda bisa mendaftar  tanpa perlu mengeluarkan modal apapun alias tanpa modal. Jadi, segala peralatan yang dibutuhkan dalam proses kerja seperti EDC atau sistem lainnya sudah diberikan oleh pihak Bank BRI. Bagaimana, mudah sekali bukan?

Lalu, bagaimana dengan sistem komisinya? Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sistem komisi menggunakan cara sharing fee atau bagi hasil antara BRI dengan agen BRI yaitu sebesar 50:50. Komisi tersebut didapatkan dari bonus pada setiap transaksi yang dilakukan oleh pelanggan.

Selain itu, ada juga komisi yang diperoleh langsung dari pelanggan. Komisi tersebut didapatkan dari tarif yang dibebankan pada setiap transaksi yang dilakukan oleh pelanggan. Perlu diingat, meski tarif yang dibebankan ditentukan sendiri oleh agen, namun harus tetap sesuai dengan agen-agen BRI lainnya.

Keuntungan Menjadi Agen BRILink

Berbicara tentang keuntungan, ada banyak sekali hal yang bisa Anda dapatkan saat menjadi agen BRILink. Nah, apa saja keuntungan yang bisa didapatkan? Berikut ini beberapa keuntungan yang mungkin bisa Anda rasakan saat menjadi agen dari BRILink. Diantaranya:

  1. Komisi dari sharing fee dengan pihak BRI dengan sistem bagi hasil 50:50
  2. Komisi langsung dari setiap transaksi yang dilakukan oleh pelanggan. Biasanya tarif yang dikenakan pada pelanggan BRILink sebesar Rp 5 ribu per transaksi.
  3. Dalam menjalankan usaha akan mendapatkan pendampingan secara langsung.
  4. Mendapatkan asuransi keagenan apabila terjadi kecelakaan atau kebakaran pada tempat usaha.
  5. Tidak perlu melakukan branding BRI karena BRI sudah memiliki branding yang bagus dan sangat dekat dengan para nasabahnya. 

Kekurangan Menjadi Agen BRILink

Meski memiliki banyak keuntungan yang ditawarkan, menjadi agen BRILink tidak terlepas dengan yang namanya kerugian. Nah, apa saja kekurangan yang perlu Anda ketahui sebelum daftar menjadi agen BRILink. Yaitu:

  1. Ada sejumlah dana yang harus dibekukan sebagai jaminan dari mesik EDC sekitar Rp 3.000.000. Dana Rp 3 juta tersebut dibekukan jika memiliki rekening tabungan tetapi tidak memiliki rekening pinjaman. Sedangkan jika Anda memiliki rekening pinjaman di BRI maka dana yang dibekukan sebesar Rp 500.000
  2. BRILink hampir sama dengan jenis usaha lainnya dimana membutuhkan modal usaha agar bisa menjalankannya dengan lancar. Secara umum BRI memang berkewajiban untuuk menyediakan mesin EDC dan kebutuhan lainnya. Tapi bagaimana selanjutnya usaha BRILink yang dijalankan dikembalikan sepenuhnya pada diri masing-masing
  3. Pihak BRI menetapkan target transaksi. Transaksi yang ditargetkan setiap bulannya yaitu sebanyak 200 transaksi. Jika kurang dari yang ditetapkan maka akan dikenakan penalty. Target tersebut mulai berlaku setelah grace periode selama kurun waktu 6 bulan

Dimana Saya Menemukan Agen BRILink?

Untuk menemukan agen BRILink terdekat, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Diantaranya yaitu: 

  1. Search menggunakan aplikasi Google Maps yang ada di smartphone kesayangan 
  2. Mencari lokasi Agen BRILink melalui website resmi Bank BRI bri.co.id/lokasi.
  3. Mencari lokasi agen BRILink terdekat dengan cara konvensional. Carnya dengan melihat dari banner atau spanduk yang tertera. Anda bisa menanyakan kepada orang sekitar untuk mengetahui lokasinya. 

Itulah informasi lengkap terkait Agen BRILink yang ternyata masih belum diketahui oleh khalayak umum. Nah, untuk kamu yang memiliki usaha namun kesulitan mengatur urusan keuangannya, maka disarankan untuk menggunakan aplikasi BukuWarung. 

Aplikasi BukuWarung menyediakan berbagai macam fitur pembayaran online dan pencatatan keuangan yang dijamin akan memudahkan Anda. Ada banyak sekali keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan aplikasi tersebut. Nah, untuk lebih jelasnya Anda bisa download aplikasi BukuWarung sekarang juga!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download