Download Gratis
Butuh bantuan?

Apa Saja Game eSport Mobile di SEA Games 2022?

Apa saja game eSport mobile di SEA Games 2022? eSport kembali menjadi cabor (cabang olahraga) yang dilombakan di ajang SEA Games. Sama seperti SEA Games edisi sebelumnya, Indonesia pun kembali menurunkan kontingen eSport. Atlet eSport Indonesia berlaga pada kategori mobile sekaligus PC games.

Cabor eSport ini memang selalu jadi sorotan. Selain karena masih baru (pertama kali dilombakan pada 2019), eSport juga berbeda dari cabor lain. Umumnya, cabor yang dipertandingkan di turnamen olahraga besar seperti SEA Games, Asian Games, hingga Olimpiade, mengandalkan gerak fisik. Namun, pada eSport, atlet justru dinilai dari ketangkasannya menjalankan konsol game.

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Di SEA Games 2022, Indonesia berhasil berjaya lewat eSport. Dari total enam nomor yang diikuti, lima di antaranya berhasil membuahkan medali. Total, Indonesia berhasil meraih enam medali dari eSport, dua emas, tiga perak, dan satu perunggu.

Game eSport mobile di SEA Games 2022 memang menjadi target utama kontingen Indonesia. Nama-nama tenar seperti SVAFVEL dan Ryzen pun turun di kategori ini. Namun, sebenarnya apa saja sih game eSport mobile yang dilombakan di SEA Games 2022? Yuk, cari tahu jawabannya di sini, Gan!

Baca juga : Game Paling Populer di Indonesia

Apa itu eSport?

eSport merupakan singkatan dari electronic sport dan merupakan ajang kompetisi menggunakan video games. Kompetisi eSport sering kali menggunakan format multiplayer game yang terorganisir. Kategorinya pun dibagi menjadi individu (solo game) dan beregu (team game).

Buat Toko Online Sendiri

Pada 2000-an awal, kompetisi eSport hanya diikuti oleh para amatir. Biasanya, mereka adalah orang-orang yang memang memiliki hobi bermain game. Mereka berkumpul di suatu tempat untuk kemudian bertanding. Namun, ada juga pertandingan yang dilakukan secara online dan para pemainnya tidak langsung bertatap muka.

Hingga akhirnya menjelang tahun 2010, muncul gamer profesional. Mereka sering kali mengadakan live streaming yang ditonton oleh para penikmat game lainnya. Ternyata, pertandingan game seperti ini banyak diminati. Pada 2010, eSport menjadi begitu populer. Para developer game bahkan mendesain lebih banyak game yang cocok untuk turnamen. Industri game pun menjadi lebih hidup berkat adanya eSport.

eSport vs gaming, adakah bedanya?

Inilah pertanyaan yang sering ditanyakan. Banyak yang mengira bahwa eSport tak lebih dari bermain game. Jangan salah, Gan. Sebenarnya, eSport dan gaming adalah dua hal yang berbeda.

atur keuangan usaha

Gaming adalah aktivitasnya. Jadi, bermain game untuk mengisi waktu luang atau mencari hiburan masuk dalam kategori gaming ini. Sedangkan, eSport lebih mengarah ke game yang kemudian dijadikan pekerjaan. Para atlet eSport bekerja dengan mengikuti kompetisi game Bagi mereka, game bukan sekadar permainan untuk senang-senang.

Banyak yang menganggap atlet eSport berbeda dengan atlet dari cabor lain yang lebih konvensional. Padahal tidak juga. Atlet eSport harus mengenakan kostum saat bertanding. Sebelum terjun ke ajang SEA Games 2022, mereka juga menjalani training ketat (Pelatnas). Tidak cuma itu, atlet eSport pun mengikuti latihan fisik agar tetap fit selama turnamen.

Bahkan para atlet eSport juga terikat kontrak. Mirip seperti pemain bola di liga-liga besar Eropa, Gan! Dalam kontrak tersebut, ada hak dan kewajiban yang harus mereka penuhi. Selain kontrak, para atlet eSport juga mengenal transfer. Jadi, mereka bisa berpindah dari satu tim ke tim lainnya. Sama seperti sepak bola yang punya tim-tim elit, di eSport juga ada tim unggulan, Gan. Menarik, ya!

atur keuangan usaha

eSport juga ada di SEA Games 2022, Gan!

game esport mobile di sea games 2022

Sebenarnya, eSport belum lama mendapat pengakuan sebagai cabor yang bisa dilombakan dalam event olahraga akbar seperti SEA Games. eSport baru menjadi cabor resmi yang dipertandingkan pada turnamen olahraga di SEA Games 2019 Filipina. Sebelumnya, eSport dijadikan cabor demonstrasi pada Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, Indonesia.

Di SEA Games 2022 Vietnam, eSport kembali menjadi cabor yang dilombakan. Cabor eSport digelar pada tanggal 13-22 Mei 2022. Lokasinya ada di Vietnam National Convention Center. Total, ada delapan jenis game yang dilombakan. Game yang dilombakan datang dari kategori mobile maupun PC.

Baca juga: Makin Sangar Waktu Mabar dengan Voucher Game Termurah dari BukuWarung!

Game eSport mobile di SEA Games 2022

Apa saja game eSport mobile di SEA Games 2022 Vietnam? Jika ditotal, ada lima jenis game eSport mobile di SEA Games kali ini. Kelima game tersebut adalah:

  1. Mobile Legends: Bang Bang

Mobile Legends: Bang Bang atau MLBB adalah mobile game dengan genre MOBA (multiplayer online battle arena). Game ini dirilis oleh Moontoon pada 2016 lalu. Bisa dibilang, MLBB merupakan salah satu pelopor eSport skala besar dalam platform mobile. MLBB memang begitu populer di Asia Tenggara sehingga tak mengherankan jika terpilih sebagai game yang dipilih untuk cabor eSport.

Pada nomor MLBB ini, kontingen eSport Indonesia berhasil menyabet medali perak. Skuad merah putih harus rela mengakui keunggulan tim nasional Singapura.

Baca juga: Game Paling Seru di Dunia, Mana Favoritmu?

  1. League of Legends: Wild Rifts

Game eSport mobile di SEA Games 2022 selanjutnya adalah League of Legends: Wild Rifts (LoL WR). Sama seperti MLBB, game ini juga memiliki genre MOBA. LoL WR dikembangkan oleh Riot Games dan diluncurkan pada 2015.

LoL WR memang dikembangkan khusus untuk keperluan turnamen. Itu sebabnya, tiap pertandingan game ini dimainkan oleh 1sepuluh pemain yang kemudian bertarung 5 vs 5. Sayangnya, Indonesia tidak menurunkan kontingen untuk nomor ini.

  1. Arena of Valor

Selanjutnya ada Arena of Valor atau lebih dikenal sebagai AoV. Game ini juga memiliki genre MOBA dan dimainkan dalam format 5 vs 5 pemain. AoV dikembangkan oleh TiMi Studio Group dan populer di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Meski begitu, Indonesia tidak berlaga di kategori AoV ini.

  1. PUBG Mobile

Inilah game eSport mobile di SEA Games 2022 yang digadang-gadang mendulang gelar juara untuk Indonesia, Player Unknown’s Battleground atau lebih dikenal dengan nama PUBG Mobile.

Kategori ini dilombakan selama tiga hari, mulai dari 18 Mei hingga 20 Mei 2022. Total ada sembilan atlet eSport Indonesia yang turun dalam kategori ini. Kontingen Indonesia berhasil menyabet emas untuk event beregu dan perak untuk event individu.

  1. Free Fire

Game eSport mobile di SEA Games 2022 yang terakhir adalah Free Fire. Ini merupakan sebuah shooting game yang mengharuskan pemainnya untuk bisa bertahan hidup dari serangan musuh. Free Fire hanya dilombakan untuk kategori tim. Indonesia sendiri turun pada dua kategori tersebut. Pada kategori tim, skuad merah putih berhasil membawa pulang medali emas sekaligus perak.

Baca juga: Free Fire Jadi Game Populer di Indonesia, Yuk Gali Potensi Cuannya dengan Jualan Voucher Game!

Ada juga eSport PC yang ditandingkan di SEA Games 2022

Selain game eSport mobile, di SEA Games 2022 Juragan juga bisa menemukan turnamen game PC. Ada tiga jenis game yang dipertandingkan, yaitu:

  1. League of Legends

Selain format mobile, LoL juga hadir dalam format PC. Game LoL dalam format PC juga mengusung genre MOBA. Namun, tim nasional Indonesia sendiri tidak turun pada kategori ini. Tim Vietnam berhasil menggondol emas setelah mengungguli tim Filipina.

  1. FIFA Online 4

Game PC selanjutnya adalah FIFA Online 4. Berbeda dari game-game sebelumnya yang memiliki genre MOBA, game yang satu ini mengusung genre sports simulator. Para pemain menggerakkan sebuah tim sepak bola untuk melawan kompetitor hingga keluar sebagai pemenang.

Untuk kategori FIFA Online 4 ini, Indonesia menurunkan satu tim yang terdiri dari empat atlet eSport. Sayangnya, mereka belum berhasil meraih gelar juara.

  1. Crossfire

Terakhir, ada game Crossfire. Permainan yang satu ini pun memiliki genre MOBA. Crossfire sendiri merupakan sebuah shooting game yang dikembangkan oleh Z8Games. Indonesia mengirimkan tujuh atlet eSport sebagai wakil dalam game Crossfire ini. Sebagai hasil akhir, salah satu tim merah putih berhasil meraih medali perunggu setelah mengalahkan tim Filipina.

Itu dia ulasan mengenai game eSport mobile di SEA Games 2022. Adakah game yang menjadi favorit Juragan? Meski tidak jadi atlet eSport yang dikirim ke SEA Games 2022, Juragan juga bisa kok dapat cuan dari game. Caranya dengan menjual voucher game lewat BukuWarung.

Jualan voucher game pakai BukuWarung, prosesnya cepat, praktis, dan tentunya aman, dong! Voucher yang ditawarkan juga macam-macam jenisnya. Mulai dari voucher Free Fire, Mobile Legends, PUBG, Point Blank, hingga Love Nikki. Ada juga voucher untuk platform Steam dan PlayStation Plus, lho! Menariknya lagi, aplikasi BukuWarung bisa kamu download secara gratis lewat Google Play!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download