Download Gratis
Butuh bantuan?

Aplikasi UMKM Untuk Kelola Usaha Juragan

Bisnis harus terus  beradaptasi dan selalu mengikuti perkembangan zaman. Banyak kegiatan bisnis saat ini yang dialihkan ke platform digital, termasuk dengan UMKM. Banyak aplikasi UMKM yang bisa digunakan bagi pelaku UMKM seperti BukuWarung.

Smartphone Android menjadi salah satu alat yang dapat digunakan untuk mengelola bisnis Juragan. Karena, barangnya yang mudah dibawa, praktisi serta  didalamnya banyak aplikasi yang dapat  membantu bisnis UMKM Juragan.

atur keuangan usaha
atur keuangan usaha

Aplikasi UMKM online dari BukuWarung menjadi pilihan tepat untuk mengembangkan bisnis Juragan. Selain itu, aplikasi BukuWarung juga merupakan aplikasi untuk UKMM yang gratis.

BukuWarung merancang suatu aplikasi yang dapat membantu Juragan baik usaha mikro kecil dan menengah agar dapat beradaptasi di era ini. BukuWarug membantu Juragan mengelola bisnis menjadi lebih efisien dan efektif.

Cara Menggunakan aplikasi BukuWarung

Untuk menggunakan aplikasi BukuWarung Juragan dapat memperhatikan langkah-langkah berikut :

  1. Juragan dapat install aplikasi BukuWarung di Playstore. Bisa langsung klik di sini.
  2. Setelah install, buka aplikasi BukuWarung dan buat akun. Untuk membuat akun, Juragan dapat mendaftar menggunakan nomor hp Juragan.
  3. Juragan akan mendapatkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS atau WhatsApp.
  4. Tunggu, sistem akan memverifikasi akun Juragan.
  5. Setelah diverifikasi, Juragan silahkan masuk ke halaman utang piutang. Tidak perlu risau, karena pada masing-masing halaman akan ada penjelasan cara penggunaan yang dapat Juragan lihat.

Selain itu, lebih dari 7 juta pengguna BukuWarung menjadi bukti bahwa BukuWarung aplikasi pengelolaan keuangan digital  yang dapat membantu Juragan mengelola keuangan dan bisnis dengan mudah dan praktis melalui berbagai macam fitur didalamnya.

Buat Toko Online Sendiri

Fitur-Fitur Pada Aplikasi BukuWarung

  1. Fitur Catat Transaksi

Fitur catat transaksi membantu Juragan mencatat pengeluaran atau penjualan dengan mudah. Laporan catatan transaksi dapat di download atau dibagikan. Fitur ini menjadi salah satu fitur yang wajib ada pada aplikasi Akuntansi UKM.

Juragan dapat  melakukan pencatatan transaksi dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Pilih tombol Transaksi dari menu utama, kemudian klik Catat Transaksi.
  • Selanjutnya pilih jenis transaksi Pengeluaran atau Penjualan.

Tombol pengeluaran digunakan untuk mencatat transaksi keluar, sedangkan tombol penjualan digunakan untuk mencatat uang hasil transaksi penjualan yang diterima.

atur keuangan usaha
  1. Fitur Utang

Fitur Utang membantu Juragan mencatat utang dan piutang pelanggan. Selain itu, Juragan juga dapat melakukan hal berikut di fitur utang aplikasi BukuWarung.

  • Mengirim dan menerima tagihan utang dari pelanggan.
  • Juragan dapat mengirim pesan pengingat utang kepada pelanggan secara otomatis dan gratis.
  • Mengatur tanggal jatuh tempo pembayaran / tagihan kepada pelanggan.
  1. Fitur Stok

Dengan menggunakan fitur stok di aplikasi BukuWarung membantu Juragan mengelola stok barang lebih mudah. Stok akan otomatis berkurang atau bertambah ketika Juragan melakukan pencatatan stok dan memasukkan barang dibeli atau terjual melalui fitur catat transaksi.

Pada fitur ini terdapat fitur stok menipis yaitu kolom khusus yang mengumpulkan beberapa stok barang yang akan habis. Dengan adanya fitur stok menipis ini membantu Juragan daftar produk apa saja yang perlu ditambah lagi.

atur keuangan usaha
  1. Fitur PPOB dan Pembayaran

PPOB atau payment point online bank merupakan layanan khusus yang membantu masyarakat untuk melakukan pembayaran dengan menggunakan sistem perbankan secara online.

Fitur PPOB dalam aplikasi BukuWarung dapat digunakan dalam berbagai jenis pembayaran serta memudahkan Juragan karena BukuWarung menggunakan sistem transfer tanpa tambahan biaya admin. Biaya yang akan ditransfer tidak akan terpotong dan 100% utuh.

BukuWarung juga membantu Juragan untuk menambah penghasilan dengan jualan produk digital. Produk digital yang tersedia di BukuWarung diantaranya pulsa, token listrik, top up e-wallet dan paket data.

Baca juga : Aplikasi Pembayaran Online Terbaik

  1. Fitur Mode Kasir

Fitur mode kasir merupakan fitur yang dapat membantu Juragan untuk mencatat penjualan dengan cepat dan mudah seperti mempunyai alat kasir. Fitur Mode Kasir akan muncul ketika Juragan melakukan 1 transaksi dan menambah 1 stok barang.

Baca juga : Mengenal Fitur Mode Kasir

  1. Kartu Nama Digital

Para pelaku usaha dapat mempromosikan usahanya lebih praktis dengan kartu nama digital. Kartu nama digital dapat dibagikan melalui platform digital.

Berikut cara membuat kartu nama digital :

  • Buka aplikasi BukuWarung
  • Tekan tombol Lainnya dari Menu Utama.
  • Juragan dapat Pilih Kartu Nama.
  • Selanjutnya Juragan dapat memasukkan Nama Usaha, Nama Juragan, dan No. HP.
  • Juragan dapat menambahkan slogan, lokasi dan alamat email Juragan.
  • Klik tombol Simpan. Selesai!

Semoga informasi diatas mengenai BukuWarung aplikasi UMKM terbaik dapat membantu Juragan mengelola bisnis dan mengembangkan bisnis agar lebih maju.

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download