Download Gratis
Butuh bantuan?

Biaya Transfer Antar Bank di Indonesia

Biaya transfer antar bank biasanya merupakan salah satu bagian yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari ketika akan melakukan pengiriman uang dari suatu rekening ke rekan yang lainnya.

Biaya transfer ini juga disebut dengan biaya admin apabila jenis rekening transfer dan penerima transfer berbeda. Secara umum apabila rekening yang digunakan masih dalam satu bank yang sama maka tidak akan dikenakan biaya administrasi ataupun biaya transfer.

Buat Toko Online Sendiri

Namun tidak bisa dipungkiri berbagai kegiatan yang dilakukan sehari-hari sangat memungkinkan untuk menemukan klien ataupun orang-orang yang perlu antara satu dengan yang lainnya namun memiliki rekening bank yang berbeda.

Alhasil biaya transfer akan menjadi salah satu yang dibebankan ketika melakukan transaksi di antara keduanya. Mengingat cukup banyaknya bank yang ada di Indonesia maka perlu diketahui berapa biaya transfer di bank bank tersebut.

Manfaat Pakai Aplikasi BukuWarung

Hal ini bisa menjadi informasi tambahan supaya bisa mengetahui berapa biaya yang akan dipotong yang dibutuhkan ketika ingin mentransfer ke rekening tertentu yang berbeda dengan rekening yang dimiliki.

Adanya biaya transfer itu sendiri memang telah diatur dalam dunia perbankan sehingga masing-masing bank akan mengacu kepada hal tersebut dalam membebankan biaya transfer kepada para nasabah yang akan melakukan transaksi transfer antar bank.

Adapun informasi lebih lengkap mengenai nominal potongan biaya transfer ini adalah sebagai berikut:

Transfer antar Bank BCA

Bank BCA merupakan bank swasta terbesar di Indonesia pada saat ini. Jumlah nasabahnya pun sudah sangat banyak sehingga sudah cukup familiar di kalangan masyarakat umum.

Bagi para pemilik rekening bank BCA, beragam transaksi perbankan bisa dengan mudah dilakukan tidak jauh berbeda dengan bank-bank lainnya.

Setiap jenis tabungan yang dikeluarkan BCA biasanya memberikan penyebutan nama berbeda dan memiliki ketentuan masing-masing.

Biasanya limit transaksi seperti transfer dan juga sudah diatur di masing-masing jenis tabunganBiasanya limit transaksi seperti transfer dan juga sudah diatur di masing-masing jenis tabungan.

Apabila melakukan transfer melalui ATM, teller ataupun mobile BCA ke sesama pemilik rekening BCA, maka tidak akan dikenakan biaya admin atau biaya transfer.

Namun apabila melakukan transfer ke bank yang berbeda atau transfer antar bank maka dikenakan biaya admin atau biaya transfer sebesar Rp.6.500.

Biaya transfer antar bank BCA ini terbilang cukup umum karena nominalnya sudah cukup familiar di kalangan para nasabah bank yang sering melakukan transfer antar bank.

Transfer antar Bank BRI

Transfer antar bank juga bisa dilakukan lewat bank BRI. Sebagai salah satu bank milik pemerintah, BRI sudah begitu familiar untuk didengar dalam kehidupan sehari-hari terlebih lagi Bank yang satu ini bisa dikatakan sebagai salah satu yang banyak digunakan masyarakat dari semua kalangan.

Seperti bank bank lainnya melalui bank BRI juga bisa dilakukan berbagai macam transaksi mulai dari transfer, penarikan pengecekan saldo hingga lainnya.

Untuk itulah banyak yang ingin tahu biaya transfer antar bnk BRI. Namun satu hal yang perlu diingat yaitu adanya biaya admin yang akan dikenakan untuk setiap penarikan.

Apabila dilihat dari Informasi yang disampaikan oleh kontak BRI lewat akun twitter resmi pada tanggal 1 Juni 2021, dikatakan bahwa transfer ke sesama BRI tidak lagi gratis melainkan dikenakan biaya senilai Rp1.000.

Sementara itu jika melakukan transfer ke bank lainnya akan dikenakan biaya admin sebesar Rp.6.500 lewat ATM. Terkait dengan Rp1.000 yang dibebankan untuk transfer sesama rekening BRI tersebut tidak berlaku apabila transaksi dilakukan lewat aplikasi perbankan BRI yaitu BRImo.

Transfer antar Bank BNI

Bank yang satu ini juga merupakan salah satu bank milik negara yang apabila melakukan transfer akan dikenakan biaya admin atau biaya transfer.

Dengan catatan biaya tersebut dibebankan apabila transfer yang dilakukan ke bank yang berbeda. Adapun besaran biaya yang dibebankan adalah Rp.6.500.

Jika diperhatikan nominal biaya transfer antar hank BNI ini memang tidak jauh berbeda dengan bank-bank lainnya. Apabila melakukan transfer ke sesama Bank BNI tidak akan dikenakan biaya transfer. Dengan catatan transaksi tersebut dilakukan di ATM BNI.

Transfer antar Bank Mandiri

Bank Mandiri juga menjadi salah satu bank terbesar yang ada di Indonesia yang sudah berdiri sejak 2 Oktober 1998. Berbagai macam transaksi perbankan bisa dilakukan lewat bank Mandiri mulai dari transfer penarikan dan lain-lain.

Dengan begitu tidak sedikit pula yang merasa penasaran tentang nominal biaya transfer antar bank Mandiri yang dibebankan apabila melakukan transfer antar bank melalui rekening Mandiri.

Adapun jawabannya yaitu dikenakan biaya senilai Rp.6.500 apabila melakukan transfer antar bank yang berlainan. Adapun jawabannya yaitu dikenakan biaya senilai Rp.6.500 apabila melakukan transfer antar bank yang berlainan.

Nominal ini dibebankan apabila melakukan transaksi di ATM Mandiri ataupun Melalui aplikasi mobile dari Bank Mandiri itu sendiri.

Tentu lain halnya apabila melakukan transfer ke bank lain lewat Bank Mandiri dan menggunakan ATM bank lain. Jika sudah demikian maka akan dikenakan dua kali biaya tambahan yang pertama biaya admin ATM yang berbeda dan biaya transfer antar bank yang berbeda.

Transfer antar Bank OCBC NISP

Apabila ingin melakukan transfer lewat bank OCBC NISP yang mana dalam hal ini dilakukan ke bank yang berbeda maka akan dikenakan biaya admin atau biaya transfer senilai Rp6.500.

Biaya transfer antar bank OCBC NISP ini memang sudah cukup umum dan jika dibandingkan dengan nominal yang disuka dibebankan kepada bank-bank lainnya bisa dikatakan relatif sama.

Biaya tersebut tentu saja akan dibebankan apabila masih menggunakan ATM berjenis OCBC NISP. Apabila menggunakan ATM dari bank lain ataupun ATM Bank yang tidak tergabung dengan OCBC NISP maka kemungkinan akan dikenakan biaya tambahan lainnya.

Berbicara mengenai biaya transfer antar bank memang menjadi hal yang sudah sangat umum dan tidak asing lagi. Namun tentu saja semakin hari akan banyak inovasi yang harus dilakukan agar biaya antar bank bisa lebih hemat atau bahkan tidak membebankan sama sekali.

Salah satunya adalah dengan memilih media transaksi yang tepat. Hal ini akan sangat berguna terlebih lagi untuk bisnis. Untuk itu aplikasi BukuWarung merupakan pilihan yang tepat.

Aplikasi BukuWarung merupakan solusi untuk berbagai layanan mulai dari pengelolaan transaksi penjualan stok utang piutang dan juga pembayaran.

Apabila melakukan jualan online lewat BukuWarung tinggal kirim link pembayaran dan pembayarannya bisa melalui rekening bank ataupun e-wallet gratis tanpa biaya admin.

Tentu saja ini akan sangat menguntungkan dan berpotensi untuk mendatangkan lebih banyak lagi pelanggan di toko online yang sedang dirintis. Oleh karenanya sudah saatnya kamu download aplikasi BukuWarung sekarang dan rasakan banyak keuntungan dan kemudahan nya.

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download