Download Gratis
Butuh bantuan?

Info Lengkap Tentang Bisnis

BukuWarung – Bisnis adalah proses reguler untuk mendapatkan keuntungan dengan memuaskan kebutuhan konsumen melalui pembuatan barang, penjualan kembali produk, penyediaan layanan atau melakukan ketiganya bersama-sama.

Bisnis adalah pekerjaan yang membutuhkan seperangkat keterampilan dan keahlian tertentu untuk mendapatkan keuntungan maksimal darinya. Bagi Anda yang masih belum memahami tentang apa itu bisnis dan apa saja sih jenis bisnis yang biasa dijalani oleh orang-orang?

Buat Toko Online Sendiri

Pengertian Bisnis

Bisnis berarti keadaan sibuk atau terlibat dalam pekerjaan apa pun. Bisnis merupakan segala jenis kegiatan dengan maksud untuk mendapatkan keuntungan.

Manfaat Pakai Aplikasi BukuWarung

Kata ‘Bisnis’ berasal dari kata bahasa Inggris ‘Busi+Ness’ yang berarti bisnis berkaitan dengan semua aktivitas manusia dengan mendapatkan keuntungan.

Secara umum, pengertian bisnis adalah proses hukum produksi, pembelian dan penjualan untuk mendapatkan keuntungan.

Dalam arti luas, bisnis berkaitan dengan segala macam perbuatan hukum yang menghasilkan, memasarkan dan mempertukarkan produk dan jasa dengan maksud untuk memperoleh keuntungan.

Jadi bisnis adalah bentuk dari tiga jenis pekerjaan seperti:

  1. Untuk menghasilkan produk dan mendistribusikan layanan.
  2. Pembelian dan penjualan produk dan layanan.
  3. Pekerjaan terkait memproduksi dan memasarkan produk dan jasa.

Pengertian Bisnis Dari Para Ahli

Banyak para ahli yang mendefinisikan bisnis dengan banyak perspektif. Beberapa definisi tersebut adalah sebagai berikut:

1. Lewis H. Haney

Bisnis dapat didefinisikan sebagai aktivitas manusia yang terdeteksi untuk menghasilkan atau memperoleh kekayaan melalui pembelian atau penjualan barang.

2. R.W. Babson

Bisnis mencakup aktivitas manusia yang berkaitan dengan produksi dan distribusi barang, jasa, dan gagasan dengan tujuan memperoleh laba.

3. B.O. Wheeler

Bisnis adalah institusi yang diorganisir dan dioperasikan untuk menyediakan barang dan jasa kepada masyarakat di bawah insentif keuntungan.

4. R.H. Hodgetts

Bisnis adalah pendekatan terorganisir yang digunakan oleh individu untuk tujuan menyediakan barang dan jasa bagi umat manusia untuk keuntungan.

5. Peter F. Drucker

Setiap organisasi yang memenuhi dirinya sendiri melalui pemasaran produk atau layanan adalah bisnis.

6. B. B. Ghosh

Bisnis menunjukkan aktivitas manusia yang menghasilkan atau memperoleh kekayaan melalui pembelian atau penjualan barang.

7. Prof. Norman Richard Owens

Bisnis berarti perusahaan yang terlibat dalam produksi dan distribusi barang untuk dijual di pasar atau pemberian layanan dengan harga tertentu.”

8. Prof. Y. K. Bhushan

Bisnis dapat didefinisikan sebagai produksi terorganisir atau penjualan barang yang dilakukan dengan tujuan mendapatkan keuntungan melalui keinginan manusia.

9. Gloss dan Baker

Bisnis pada dasarnya adalah kegiatan orang-orang yang bekerja sendiri sendiri atau bersama-sama dengan tujuan untuk memproduksi dan menjual barang atau jasa yang dibutuhkan negara.

Karakteristik Bisnis

Dari definisi di atas beberapa karakteristik bisnis yang dapat diidentifikasi adalah sebagai berikut:

  1. Bisnis terlibat dengan tujuan mendapatkan keuntungan.
  2. Bisnis adalah untuk meningkatkan kekayaan dan kesejahteraan masyarakat.
  3. Bisnis menciptakan permintaan dan kebutuhan manusia.
  4. Bisnis adalah memproduksi, membeli dan menjual produk dan jasa kepada konsumen.

Akhirnya dapat dikatakan bahwa, untuk memenuhi kebutuhan manusia dan untuk memperoleh keuntungan, maka banyak produk dan jasa yang diciptakan. Produk yang dihasilkan didistribusikan kepada konsumen sebagai bagian dari kegiatan pemasaran bisnis.

Sifat Bisnis

Ada beberapa hal yang menjadi sifat bisnis seperti :

1. Proses Reguler

Merupakan kegiatan yang dilakukan berulang-ulang untuk menghasilkan keuntungan.

2. Kegiatan Ekonomi

Seluruh tujuan yang utama dilakukan untuk memaksimalkan kekayaan.

3. Menciptakan Produk atau Jasa

Dalam bisnis, barang atau jasa harus dibuat dengan sedemikian rupa. Bisnis harus mengkonversi produk dalam bentuk yang dapat dikonsumsi, membuat barang dan jasa tersedia saat dibutuhkan bagi konsumen.

4. Kebutuhan Modal

Setiap usaha membutuhkan dana tergantung pada ukuran dan jenisnya.

5. Deals in Goods and Services

Sifat bisnis satu ini terkait dengan pembuatan dan penawaran barang untuk dijual atau layanan katering.

6. Risiko

Semua bisnis memiliki faktor risiko atau ketidakpastian kegagalan dan kerugian.

7. Motif Mendapat Keuntungan

Motif awal seorang pengusaha adalah membuat keuntungan dari usahanya.

8. Kepuasan Pelanggan

Hal-hal yang berkaitan dengan pemenuhan permintaan dan kebutuhan pelanggan.

9. Melibatkan Pembeli dan Penjual

Ada dua pihak utama yang terlibat, pelanggan dan barang dagangan.

10. Kewajiban Sosial

Bisnis memiliki beberapa tanggung jawab sosial, seperti menciptakan peluang kerja, berurusan dengan produk berlisensi, dll.

Jenis Bisnis

Contoh sebelumnya telah memperjelas bahwa bisnis melibatkan barang atau jasa atau keduanya. Seseorang harus terlebih dahulu memilih jenis lini bisnis yang ingin dijalankannya.

Dengan demikian, bisnis dapat secara luas diklasifikasikan ke dalam jenis berikut:

1. Layanan

Suatu kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan uang melalui kepuasan pelanggan dikenal sebagai layanan. Bisnis layanan melibatkan keterampilan dan keahlian profesional.

Misalnya : Seorang guru profesional menghasilkan uang dengan mengikuti kelas les

2. Merchandising

Merchandising berarti pengadaan barang dari produsen atau grosir, dengan harga rendah dan menjualnya dengan harga lebih tinggi untuk mendapatkan keuntungan. Bisnis jenis ini juga dikenal sebagai bisnis ritel.

Misalnya : Toko bunga yang menjual bunga

3. Manufaktur

Jenis bisnis satu ini menghasilkan keuntungan melalui produksi atau penciptaan barang dari bahan mentah sedemikian rupa sehingga memperoleh beberapa produk bagi konsumen dikenal sebagai bisnis manufaktur.

Misalnya : Pengolahan tebu di pabrik gula untuk mendapatkan gula halus

4. Hibrida

Bisnis yang melibatkan ketiga aktivitas, yaitu pembuatan barang, perdagangan produk, dan pengiriman layanan, termasuk dalam kategori hibrida.

Misalnya : Seorang penjual mebel, yang memproduksi mebel, membeli mebel lama dan menjualnya dengan harga lebih tinggi setelah diperbaiki dan juga menyediakan jasa poles mebel lama.

Apa Sih Pentingnya Bisnis?

Bisnis adalah peluang wirausaha bagi seseorang untuk menjadi mandiri dan menguasai ide-idenya. Tidak hanya bermanfaat bagi pemiliknya tetapi juga berdampak pada masyarakat.

Untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya kegiatan bisnis bagi pemilik dan masyarakat, mari kita melalui poin-poin berikut:

1. Menghasilkan Pendapatan

Bisnis adalah kunci untuk menghasilkan pendapatan bagi pemilik karena membawa keuntungan dan terbukti menjadi sumber pendapatan bagi pemilik.

2. Pertumbuhan Ekonomi

Bisnis sangat penting untuk pertumbuhan ekonomi suatu negara karena pendapatan yang tinggi berarti bisa mengumpulkan pajak yang lebih tinggi.

3. Meningkatkan Standar Hidup

Sebuah negara dengan lebih banyak unit industri dan perusahaan mengalami tingkat pekerjaan yang lebih tinggi dan standar hidup yang lebih baik.

4. Produksi Massal

Unit manufaktur melibatkan produksi skala besar, yang pada akhirnya mengurangi biaya produksi, dan orang-orang mendapatkan pasokan barang secara terus-menerus dengan harga yang wajar.

5. Menciptakan Inovasi

Inovasi melibatkan brainstorming dan generasi ide-ide baru yang membuka jalan bagi inovasi dan kreativitas.

6. Menghasilkan Lapangan Kerja

Bisnis adalah proses jangka panjang yang membutuhkan sumber daya manusia untuk berfungsi dengan benar. Oleh karena itu, bisnis bisa menciptakan lapangan kerja.

7. Ekspansi Pasar

Strategi yang baik pada bisnis dan kepuasan pelanggan yang tinggi mengarah pada basis pelanggan yang kuat dan bertujuan untuk ekspansi pasar.

Jadi, secara garis besar, pada intinya bisnis adalah tentang memperoleh keuntungan dari menjual barang dan jasa secara etis. Risiko adalah bagian integral dari bisnis apa pun, tetapi mengambil keputusan yang tepat pada waktu yang tepat adalah semua yang Anda butuhkan untuk mencapai tujuan bisnis Anda.

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download