Download Gratis
Butuh bantuan?

Tips Menjalankan Bisnis Salad Buah

Pebisnis pemula terkadang kebingungan untuk menentukan bisnis apa yang akan dikerjakan. Mimin BukuWarung bakalan ngasih inspirasi ide bisnis salad buah yang cukup menarik.

Salad buah saat ini menjadi olahan makanan ringan yang banyak diminati oleh semua kalangan usia. Dalam memulai bisnis ini pun tidak membutuhkan modal yang besar.

Buat Toko Online Sendiri

Selain sebagai makanan ringan, bahan buah-buahan yang digunakan dalam olahan salad buah menjadikan makanan ini makanan sehat dan baik untuk dikonsumsi sehari-hari.

Banyaknya peminat dan mudahnya pengolahan salad buah ini, untuk menjadi pebisnis salad buah bisa dicoba dan hasil penjualannya cukup menguntungkan.

Tips Menjalankan Bisnis Salad Buah

Menjalankan bisnis salad buah sebenarnya dari segi pemasaran dan pendistribusian produk sama dengan bisnis-bisnis lainnya. Yang berbeda mungkin hanya pada pengolahan produk serta menganalisis target pasar yang akan dituju.

Berikut ini ada tips memulai bisnis salad buah yang bisa Anda ikuti untuk mengembangkan bisnis Anda.

1. Mencari supplier berkualitas dan harga yang cocok

Dalam mencari supplier bahan baku buah-buahan dan bahan pelengkap lainnya bisa Anda lakukan dengan cara melakukan survey di beberapa tempat penjual buah.

Anda juga bisa mengajukan proposal bisnis salad buah tersebut pada toko-toko yang kemungkinan bisa dijadikan supplier bisnis Anda.

Pemilihan supplier ini ditujukan untuk mendapatkan bahan buah terbaik yang berkualitas.

Hal tersebut untuk memberikan pelayanan maksimal kepada setiap pembelinya, sehingga fungsi salad buah sebagai makanan kesehatan tetap berjalan dengan baik.

Selain dari segi kualitas bahan, pemilihan supplier ini juga ditujukan untuk mendapatkan harga terbaik. Anda bisa menjalin kerja sama untuk bisa mendapatkan potongan harga dengan minimal pembelian.

Kerja sama ini akan sama-sama menguntungkan bagi kedua pelaku bisnis. Anda bisa mendapatkan potongan harga dan supplier buah mendapatkan pelanggan tetap.

2. Pengemasan yang menarik

Menjual suatu produk tidak hanya kualitas produknya saja yang diperhatikan, tetapi juga kemasan atau wadah yang digunakan untuk tempat produk tersebut. Ini berlaku terutama pada jenis bisnis makanan.

Wadah ini disesuaikan dengan kebutuhan Anda, seberapa besar wadah serta jenis wadah seperti apa yang cocok disesuaikan dengan jenis olahan yang Anda jual.

Untuk wadah salad buah, cari wadah yang memiliki bahan food grade yang cocok untuk digunakan sebagai wadah makanan.

Besaran wadahnya bisa Anda sesuaikan dengan seberapa porsi salad yang akan Anda jual dalam satu wadahnya. Wadah yang digunakan usahakan bisa bertahan lama dan memiliki kualitas terbaik.

Strategi bisnis dalam hal packaging ini perlu diterapkan untuk bisa menarik lebih banyak peminat salad buah. Wadah salad ini bisa Anda masukkan pada bisnis plan salad buah sebagai salah satu dari strategi pemasaran yang akan dilakukan.

Wadah ini bisa Anda dapatkan dengan menjalin kerja sama dengan toko plastic untuk mendapatkan harga lebih terjangkau.

3. Penentuan target pasar secara tepat

Bisnis salad buah dan sayur bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin mencoba bisnis baru sebagai sumber penghasilan. Banyaknya peminat salad ini akan membuat Anda semakin mudah dalam menentukan siapa seharusnya target pasar yang Anda tuju.

Salad buah bisa dikonsumsi oleh siapa saja, dengan usia berapa saja. Olahan makanan ini adalah makanan sehat sehingga untuk target pasar yang dituju bisa dari semua kalangan usia.

Untuk bisa lebih memikat minat dari target pasar Anda, bisa ditambah dengan variasi rasa atau dikembangkan dengan ide-ide cemerlang yang Anda miliki.

4. Penentuan lokasi berjualan

Pemilihan lokasi berjualan yang tepat juga perlu diperhatikan. Lokasi yang strategis ini bisa Anda pilih ditempat-tempat yang memungkinkan banyak dikunjungi orang atau dekat dengan target pasar Anda.

Anda bisa memilih tempat-tempat di pinggir jalan yang banyak dilewati orang atau di sekitar pasar atau juga di dekat sekolah serta tempat-tempat fasilitas umum lainnya.

Lokasi-lokasi tersebut merupakan lokasi yang memungkinkan Anda untuk bertemu dengan calon pelanggan yang cukup banyak.

5. Jualan Online

Dari berbagai strategi di atas, ada satu strategi lagi yang perlu untuk Anda coba, yaitu dengan melakukan bisnis salad buah online. Produk salad buah yang Anda buat bisa dipromosikan melalui berbagai macam media sosial untuk mendapatkan pelanggan secara lebih luas.

Sistem penjualan ini bisa dilakukan dengan Anda membuka pesanan secara online dan bisa mengirim ke berbagai tempat.

Lokasi yang bisa dijangkau untuk pengirimannya bisa Anda atur, seperti dengan hanya mengirim ke sekitaran kota tempat tinggal Anda.

Cara ini dirasa cukup efektif untuk mengembangkan suatu bisnis. Bahkan dengan hanya berjualan online pun Anda sudah bisa mendapatkan banyak keuntungan.

Pemilihan Buah Tepat untuk Salad Buah

Salad buah merupakan makanan segar yang lezat dan membuat ketagihan. Untuk mendapatkan rasa lezat ini tidak sembarangan buah bisa diolah dan dimasukkan dalam salad buah ini.

Selain trik marketing dalam menjalankan bisnis menjual salad buah, ada beberapa trik juga dalam memilih buah untuk diolah menjadi salad.

1. Memilih buah musiman

Buah musiman ini dipakai dengan tujuan menambah kenikmatan dari salad buah itu sendiri, dimana ketika sedang musimnya buah tersebut sedang lezat-lezatnya dinikmati.

Buah-buahan ini seperti salak, alpukat, nangka atau yang lainnya. Sehingga ketika pada musim panennya, rasa dan teksturnya akan terasa sangat lezat.

2. Menghindari buah yang lembek

Buah yang lembek perlu untuk dihindari karena buah ini tidak akan bisa bertahan lama, sehingga jika dicampurkan dalam salad ditakutkan nantinya akan merusak cita rasa dari buah lainnya.

Buah yang lembek seperti kiwi ini akan lebih nikmat jika dimakan secara langsung dibandingkan dengan dibuat olahan salad.

3. Penyusunan buah yang tepat

Penyusunan buah dalam salad yang tepat adalah dengan meletakkan buah dengan tekstur paling keras berada di paling bawah. Buah yang dimaksud seperti apel, nanas, anggur atau buah keras lainnya.

Kemudian di atasnya buah dengan tekstur lebih lunak seperti beri-berian dan yang paling atas bisa Anda letakkan buah dengan tekstur paling lunak seperti halnya pepaya dan sejenisnya.

4. Tambahan elemen citrus

Elemen citrus ini bisa berupa perasan air lemon segar untuk memperkuat rasa dari salad buah itu sendiri. Dengan tambahan elemen ini pun salad akan terasa lebih segar dan menjaga warna dari buah itu sendiri agar tidak berubah kecoklatan.

Hal ini dikarenakan pada elemen tersebut mengandung vitamin C dan antioksidan.

Dari berbagai tips dan trik yang telah dijelaskan di atas, apakah Anda sudah memiliki bayangan bagaimana seharusnya yang perlu Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis salad buah.

Ketika bisnis Anda sudah mulai berkembang, akan lebih mudah lagi jika Anda mengatur keuangannya dengan baik. Bagaimana caranya?

Saat ini untuk mengatur keuangan bisnis Anda sangatlah mudah, bahkan bisa dilakukan pencatatan dengan hanya menggunakan android saja. Bagaimana bisa? Anda bisa menggunakan aplikasi BukuWarung untuk memudahkan dalam pencatatan keuangan bisnis Anda.

Dengan menggunakan aplikasi ini juga Anda akan mendapatkan laporan keuangan bisnis Anda secara otomatis.

Lebih mudah lagi, hanya dengan aplikasi ini Anda bisa melakukan transfer uang antar bank secara gratis jika mungkin ada pelanggan Anda yang membayar dengan cara transfer. Mau bukti apa lagi? Buktikan sendiri dengan download aplikasi BukuWarung sekarang juga.

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download