Download Gratis
Butuh bantuan?

Brand Lokal Ini Sering Dikira Brand Luar

Siapa yang mengira produk lokal tidak berkualitas? Buktinya, ada beberapa brand lokal yang dikira brand luar karena kualitasnya dan telah ramai di dunia internasional. 

Setiap brand yang perusahaan memiliki tentu mempunyai standar kualitas tersendiri. Semuanya menyesuaikan dengan target pasar, harga yang akan dibanderol, dan strategi pemasaran.

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Biasanya brand lokal yang dianggap brand luar negeri karena memiliki nama produk khas luar negeri. Seperti, Polytron, Silver Queen, dan Eiger.

Pemilihan nama brand ini sangat memengaruhi pandangan konsumen terhadap brand tersebut. Hal ini membuat banyak brand lokal mendapat cipratan keuntungan dari banyaknya produk terjual.

Brand Lokal yang Mendunia

Nah, seperti apa, sih brand lokal yang mendunia tersebut? Kenapa bisa mendunia, ya? Yuk, simak rangkuman dari BukuWarung!

1. Polytron

brand lokal
braderian.id

Kebanyakan dari Juragan mungkin menganggap bahwa Polytron berasal dari luar negeri, bukan? Polytron adalah perusahaan yang bergerak di bidang elektronik seperti, kulkas, TV, AC, handphone, mesin cuci, kipas angin, dan masih banyak lagi.

Buat Toko Online Sendiri

Perusahaan ini asli 100% dari Indonesia. Mereka memproduksi produk-produk elektronik di daerah Jawa Tengah, loh. Tepatnya di Kudus.

Hingga saat ini Polytron memiliki 3 pabrik dengan jumlah karyawan mencapai 10 ribu. Tidak heran brand lokal ini sering disebut brand luar negeri karena kualitasnya yang sudah tidak diragukan lagi.

2. Polygon

Polygon
polygonbikes.com

Nah, kalo brand ini sudah tidak asing lagi, bukan? Ya! Brand lokal ini sering memproduksi sepeda dan spare partnya. 

atur keuangan usaha

Lokasi pabrik Polygon ada di Sidoarjo, Jawa Timur. 

Polygon memulai ekspor pertamanya di negara Singapura pada tahun 1997, disusul Malaysia pada tahun 2000.

Hingga kini Polygon memiliki 500 outlet penjualan yang tersebar di 33 negara. Wow, bukan? Bahkan, sepeda merek ini telah digunakan oleh kepolisian Thailand sebagai kendaraan operasional mereka. Saat ini Polygon tergolong sebagai brand lokal terbaik yang berhasil mendunia.

atur keuangan usaha

3. Eiger

brand lokal eiger
lazada.co.id

Eiger merupakan produk asli Indonesia yang diluncurkan pada tahun 1989 untuk memenuhi kebutuhan perlengkapan bagi pendaki atau pecinta alam.

Sejarah nama Eiger sendiri diambil dari nama gunung yang ada di Swiss dengan ketinggian 3970 mdpl. 

Produk alat-alat outdoor itu berkembang dari merek kecil dengan produksinya menggunakan 2 mesin jahit yang sekarang sudah berkembang pesat menjadi raksasa perlengkapan mendaki dan outdoor.

Saat ini ada 3 produk utama yang dimiliki Eiger. Ada authentic 1989, mountaineering, dan riding.

4. J.Co

jco donuts
jcodonuts.com

Brand lokal yang dikira brand luar negeri selanjutnya adalah J.Co yang memproduksi donut, kopi, dan minuman sejenisnya. 

Brand ini sering dikira brand luar karena nama dan produk yang dibuatnya mengadopsi gaya Amerika. Menurut pengakuan pemiliknya, Johnny Andrean dia mengadopsi donut Amerika karena menyukai jenis donat tersebut.

Saat ini, bisa Juragan lihat jika berlibur ke mall akan menemui gerai ini dan bahkan tersebar juga di Malaysia, Singapura, Filipina, Tiongkok, loh.

5. Excelso 

Excelso
excelso-coffee.com

Excelso merupakan brand lokal yang menjual minuman kopi dan snack ringan. Brand ini mengadopsi gaya western pada interior gerainya. 

Awalnya Excelso hanya membuka satu gerai pada tahun 1991 dengan konsep modern western. Hingga saat ini brand lokal Excelso mempunyai puluhan gerai yang tersebar di seluruh Indonesia khususnya berlokasi di mall.

6. Le Mineral

Le Mineral
medium.com

Memiliki kesan dari bahasa asing, ya. Ternyata Le Mineral asli Indonesia, loh. Brand ini masih di bawah kepengurusan PT Mayora. 

Le Mineral awalnya diperkenalkan pada publik di tahun 2016, dan diproduksi di Makassar, Sukabumi, Pasuruan. 

Le Mineral dianggap lebih sehat daripada air kemasan lainnya karena mempunyai PH yang diperlukan oleh tubuh. Saat ini Le Mineral sudah tersebar ke seluruh Indonesia yang dapat menyaingi brand lainnya.

7. HokBen

brand lokal hokben
hokben.co.id

HokBen merupakan restoran yang mengadopsi konsep makanan khas Jepang. Nama HokBen sendiri merupakan singkatan dari Hoka-Hoka Bento. 

Produksi pertamanya pada tahun 1985 yang berlokasi di Jakarta Pusat. Hingga tahun 2019, HokBen memiliki sekitar 153 gerai yang tersebar di seluruh kota besar di Indonesia. 

Juragan dapat menemui HokBen jika sedang berkunjung ke mall kota besar dan beberapa restoran kemitraan lainnya.

8. Krisbow

Krisbow
krisbow.com

Bergerak pada bidang furniture atau perabotan rumah tangga, Krisbow sering disangka brand luar negeri. Padahal brand lokal ini asli Indonesia, loh. Penamaan Krisbow didapat dari pemiliknya Krisnandi Wibowo.

Hingga saat ini Krisbow memproduksi berbagai jenis furniture atau perabotan rumah tangga seperti, obeng, alat pertukangan, kanebo, dan lainnya.

Bahkan, sangking bagusnya kualitas dari brand lokal ini orang-orang sering menyandingkannya dengan brand luar, loh.

9. Erigo 

erigo
kompas.com

Erigo adalah brand lokal yang memproduksi fashion pria dan wanita. Erigo sendiri didirikan pada tahun 2011 oleh Muhammad Sadad selaku CEO Erigo. Dia memulainya dari kamar kecil mirip studio. Saat itu, dia masih melakukannya secara mandiri.

Belum lama ini dunia brand lokal diramaikan oleh iklan Erigo yang terpampang di gedung New York Time Square. Berkat iklan tersebut brand Erigo berhasil menjual produknya sampai ke luar negeri.

Strategi kesuksesan Erigo dibilang simple karena hanya membaca minat pasar dan menggandeng influencer untuk mempromosikan produknya.

10. CFC

brand lokal cfc
facebook.com

CFC adalah brand lokal yang menjual makanan cepat saji. CFC mulai berdiri sejak tahun 1983 dengan arti penamaannya California Fried Chicken.

Walau menjual makanan khas Amerika, brand ini asli dari Indonesia, loh yang dikelola oleh PT Pioneerindo Gourment Tbk.

Hingga saat ini CFC tersebar di seluruh Indonesia dan menjadi pesaing brand luar KFC.

11. GT Radial

GT Radial
gtradial.co.id

Brand lokal asli Indonesia ini memproduksi ban kendaraan bermotor. GT Radial tergolong brand lokal terbaik dengan standar produksi terbaik tersebut brand ini dapat mengekspor sampai ke 80 negara lintas benua.

Oleh karena itu, brand ini sering dikira brand luar negeri.

12. League

sepatu League
istyle.id

League merupakan brand yang memproduksi sepatu dengan gaya modern, dan sporty. Sepatu yang diproduksinya bisa dipakai untuk berbagai keperluan seperti olahraga, sekolah, dan casual.

Harganya yang terjangkau dan sangat berkualitas membuat League menjadi pesaing dari brand luar. 

13. Silver Queen

Silver Queen
voi.id

Silver Queen merupakan brand lokal yang sering dikira brand luar negeri hanya karena penamaan produk yang khas luar negeri.

Brand ini memproduksi coklat dengan berbagai topping di dalamnya. Dipasaran, kualitas merek Silver Queen dapat menyaingi brand luar seperti toblerone, M&M’s. Bahkan, coklat ini menjadi permen favorit orang Indonesia.

Juragan dapat membeli coklat ini secara offline melalui gerai minimarket atau online melalui marketplace.

Nah, itulah beberapa brand lokal yang mendunia. Semua brand tersebut didirikan di Indonesia mulai dari 0 oleh pemiliknya. Brand tersebut dapat berjuang dan mendunia karena bisa memberikan solusi terhadap kebutuhan konsumen dan memiliki kualitas yang baik.

Tidak lupa juga manajemen keuangan yang brand tersebut lakukan juga harus baik agar arus kas dapat lancar. Untuk Juragan yang memiliki kendala dalam pencatatan keuangan perusahaan bisa banget download aplikasi BukuWarung untuk memudahkan Juragan.

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download