Download Gratis
Butuh bantuan?

Cara Jualan Baju Secara Online

Artikel ini merupakan hasil kerja sama antara BukuWarung dan Modalku.

Saat memutuskan untuk jualan baju online, Juragan perlu mengetahui cara memulai bisnis online dari nol. E-commerce menawarkan peluang bagus untuk memulai bisnis tanpa modal besar karena Juragan bahkan bisa berjualan dari rumah.

Buat Toko Online Sendiri

Cara Jualan Baju Secara Online

Namun, walaupun Juragan mungkin ingin bisnis online Juragan terkenal segera setelah Juragan berjualan, dibutuhkan banyak usaha untuk mencapai kesuksesan tersebut. Mari cari tahu informasi tentang tips jualan baju online berikut ini!

Manfaat Pakai Aplikasi BukuWarung

1. Lakukan riset menyeluruh sebagai cara memulai bisnis online dari nol

Cara memulai bisnis online dari nol yang pertama adalah melakukan riset menyeluruh. Juragan mungkin sudah memiliki beberapa ide jenis baju yang ingin Juragan jual, tapi sebaiknya tidak langsung dieksekusi sebelum melakukan riset.

Salah satu alasan terbesar mengapa pemilik bisnis pemula gagal adalah karena tidak ada audiens yang menginginkan apa yang mereka jual.

Sayang rasanya jika Juragan memulai lini pakaian Juragan sendiri dengan modal besar, tapi tidak mendapatkan kesuksesan yang Juragan harapkan.

Jadi, cobalah cari tahu produk yang berpotensi laris dijual, target pasarnya siapa, kompetitor, dan sebagainya. Ada banyak sumber daya gratis dan berbayar di mana Juragan dapat memastikan bahwa ada kebutuhan pasar untuk produk baju Juragan.

2. Tentukan sumber pasokan produk

Selanjutnya, Juragan perlu menentukan sumber pasokan produk jualan baju online; apakah Juragan mau jahit sendiri, menjadi reseller, atau dropshipper.

Jika ingin menjadi reseller, biasanya Juragan lebih dulu harus menyiapkan modal untuk menyediakan produk yang akan dijual. Sedangkan sistem dropshipping lebih mudah dan minim biaya karena hampir tidak butuh modal, hanya butuh paket data internet yang selalu online.

Jika Juragan ingin jahit sendiri, Juragan perlu menemukan produsen yang tepat. Juragan harus meluangkan waktu untuk melakukan riset dan memeriksa pilihan Juragan dengan benar sebelum membuat keputusan.

Pertimbangkan apakah Juragan menginginkan pabrikan dalam negeri atau luar negeri. Juragan juga bisa mencari vendor pakaian lokal, pasar grosir pilihan yang menghubungkan bisnis kecil dengan produsen, dan distributor grosir yang berbasis di Indonesia.

3. Susun rencana bisnis secara menyeluruh

Juragan perlu menyiapkan nama bisnis, branding-nya seperti apa, dan sebagainya. Rencana bisnis yang baik harus bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti siapa Juragan sebagai sebuah perusahaan, termasuk tim Juragan, pernyataan misi perusahaan, apa yang Juragan jual, Apa yang ingin Juragan capai, termasuk sasaran bisnis yang spesifik, dapat ditindaklanjuti, dan terukur.

Juragan juga harus punya alasan mengapa perusahaan akan sukses, bagaimana Juragan berencana untuk memenuhi tujuan bisnis, didukung oleh langkah dan strategi tertentu.

Idealnya, rencana bisnis pakaian mencakup tiga hingga lima tahun pertama bisnis. Tentu saja, tidak semuanya akan berjalan persis seperti yang direncanakan, namun Juragan harus tetap punya rencana untuk dikerjakan.

Rencana bisnis ini jugalah yang akan Juragan tunjukkan kepada calon investor dan mitra. Jika rencana Juragan bijaksana, strategis, spesifik, dan menjanjikan, kemungkinan besar Juragan akan mampu menarik banyak pihak untuk mendukung bisnis Juragan dan membantunya berkembang.

4. Persiapkan modal bisnis

Untuk cara memulai bisnis online dari nol lainnya, Juragan juga perlu persiapkan modal bisnis. Mengelola anggaran agar pemasukan dan pengeluaran seimbang sangat penting agar bisnis pakaian bisa berjalan lancar.

Kalau butuh modal tambahan untuk mengembangkan bisnis, Juragan bisa mengajukan pinjaman Solusi Modal Usaha dari BukuWarung. Juragan dapat mengajukan pinjaman online untuk memperlancar arus kas usaha. Pinjaman dari BukuWarung aman dengan proses pengajuan mudah dan cocok untuk pengusaha online shop.

5. Gencar promosikan produk baju

Untuk jualan baju online, Juragan juga harus gencar promosikan produk baju. Lakukan langkah ini sejak jauh-jauh hari untuk bangun hype, yang bisa dilakukan lewat media sosial.

Pastikan foto-fotonya bagus dan sesuai branding bisnis agar promosi yang Juragan terapkan menarik banyak audiens. Pemasaran adalah bagian penting dari cara menjalankan bisnis pakaian online karena tidak ada yang akan membeli dari toko Juragan jika mereka tidak tahu toko Juragan ada.

Idealnya, Juragan harus mulai menyiapkan pemasaran bahkan sebelum toko pakaian Juragan diluncurkan. Dengan begitu, Juragan siap untuk mulai menjalankan bisnis.

Juragan bisa mulai dengan menyiapkan iklan Facebook yang merupakan metode periklanan populer bagi perusahaan pakaian untuk membangun basis pelanggan.

Facebook memiliki kemampuan penargetan luar biasa yang membantu Juragan menjangkau orang yang tepat. Jika anggaran iklan Juragan terbatas, Juragan dapat memulai dengan strategi pemasaran media sosial organik yang berfokus pada pembuatan konten untuk memikat orang agar berbelanja baju di tempat Juragan.

Itulah cara memulai bisnis online dari nol untuk jualan baju yang perlu Juragan tahu. Selamat mencoba dan semoga sukses ya!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download