Download Gratis
Butuh bantuan?

Cara Membuat Proposal Usaha

Sudah tahu bagaimana cara membuat proposal usaha yang baik dan benar? Seperti yang diketahui, dalam membangun atau mengembangkan sebuah bisnis pemilik usaha harus menyiapkan modal atau dana yang lumayan besar.

Biasanya permodalan tersebut di dapat dari investor yang mau atau bisa diajak bekerja sama.Sayangnya investor tidak memberikan atau menanamkan modal begitu saja kepada pemilik usaha sehingga perlu meyakinkannya.

Buat Toko Online Sendiri

Dalam hal ini pemilik usaha perlu meyakinkan investor bahwa modal yang nantinya ditanamkan tidak sia-sia atau akan menghasilkan. Di sinilah fungsi dari proposal usaha yang mana berisi gambaran singkat mengenai bisnis yang akan dijalankan.

Lalu, bagaimana cara membuat sebuah proposal usaha yang benar? Simak ulasan lebih lengkap dari tim BukuWarung terkait contoh dari proposal usaha di bawah ini.

Begini Cara Membuat Proposal Usaha yang Benar

Meski terdengar sederhana, ternyata membuat proposal usaha tidaklah semudah yang dibayangkan. Pasalnya Anda harus memahami apa saja bagian-bagian yang harus dicantumkan dalam proposal usaha tersebut.

Berikut ini langkah-langkah dalam cara membuat proposal usaha yang baik dan benar yang perlu Anda ketahui.

1. Buat Pendahuluan

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu merangkai bagian pendahuluan. Biasanya isi dari bagian pendahuluan ini yaitu mengenai latar belakang usaha yang akan Anda jalankan.

Cantumkan visi dan misi usaha, gambaran, hingga target yang akan dicapai kedepannya. Hal tersebut perlu dimasukkan dalam proposal agar investor semakin yakin menanamkan modal ke bisnis Anda.

2. Cantumkan Profil Perusahaan

Selanjutnya Anda perlu membuat profil perusahaan atau bisnis Anda secara singkat dan jelas. Dalam hal ini, Anda hanya perlu mencantumkan tiga poin dalam profil tersebut seperti jenis usaha, nama dan juga lokasi perusahaan.

Bagian ini bisa dikatakan lumayan penting karena dari sini investor bisa menggali seberapa besar potensi bisnis Anda di pasaran.

3. Buat Struktur Organisasi Perusahaan

Apabila bisnis yang Anda jalankan sudah memiliki sistem yang baik, maka Anda bisa memasukkan struktur organisasi perusahaan. Meski sistem manajerial bisnis Anda belum jalan dengan sebaiknya untuk tetap memasukkannya ke dalam proposal untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

4. Jelaskan Produk Anda

Pada tahap selanjutnya Anda perlu menjelaskan tentang produk yang Anda jual mulai dari jenis, cara pembuatan hingga keunggulannya. Buat penjelasannya sedetail mungkin terkait poin ini agar bisa semakin meyakinkan investor untuk menanamkan modal di bisnis Anda.

5. Tentukan Target Pasar

Cara membuat proposal usaha dagang selanjutnya yaitu menentukan target pasar yang ingin dituju. Perlu diketahui, dalam sebuah proposal usaha yang baik, pemilik usaha harus mencantumkan target pasar yang akan dibuat.

Mulai dari daerah, umur hingga kelas yang ingin dijadikan sebagai sasaran produk yang Anda produksi.

6. Susun Promosi dan Penasaran

Perlu diketahui bahwa dalam setiap proposal usaha harus menjelaskan terkait strategi promosi dan juga pemasaran yang akan dilakukan.

Di bagian ini Anda harus menjelaskan secara detai tentang strategi pemasaran dan juga bagaimana promosi yang dilakukan agar bisa menarik minat konsumen. Dari sini investor bisa menganalisa berapa keuntungan yang akan didapatkan nantinya.

7. Susun Laporan Keuangan

Pada bagian cara membuat proposal pengajuan dana usaha ini Anda perlu menuliskan alokasi dananya. Selain itu, Anda juga perlu mencantumkan perhitungan laba dan perhitungan bagi hasilnya.

Perlu diketahui, hal tersebut harus dilakukan secara realistis mengingat setiap usaha memiliki risiko masing-masing.

8. Buat Penutup

Pada bagian penutup ini Anda perlu mencantumkan atau menuliskan kembali apa saja hal-hal yang sekiranya dapat semakin meyakinkan calon investor.

Anda juga bisa menambahkan harapan dan doa atas proposal yang telah diajukan. Jangan lupa sampaikan terima kasih karena investor sudah bersedia membaca proposalnya

9. Susun Lampiran

Langkah terakhir cara membuat proposal usaha jasa yaitu menyusun lampiran yang diperlukan. Lampiran disini berupa data-data pendukung seperti biodata pemilik usaha, surat izin, surat perjanjian usaha, sertifikat dan lain sebagainya.

Berikut Contoh Proposal Usaha Makanan

Nah, bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat proposal yang benar berikut akan disajikan contoh proposal usaha. Harapannya dengan melihat contoh berikut Anda bisa Anda memiliki gambaran tentang proposal usaha yang akan dibuat.

Proposal Penawaran Usaha Kuliner Donuts Kekinian

Nama Usaha Kuliner: Donuts Kekinian

Pemilik Usaha Kuliner: M Nur Azis

Lokasi Usaha Kuliner: Jl Pasar Baru No 14 Malang Kota, Jawa Timur

Pendahuluan

Latar Belakang

Donuts kekinian merupakan sebuah bisnis di bidang kuliner yang sudah berdiri sejak tahun 2019. Usaha tersebut pertama kali dibuat oleh M Nur Azis selaku pemilik usaha tunggal setelah menyelesaikan pendidikannya di UM pada tahun 2018.

Donuts Kekinian ini memproduksi jajanan donuts dengan berbagai pilihan rasa dengan sentuhan modern. Sehingga sangat cocok dengan lidah konsumen di Indonesia terutama bagi kalangan Millenials.

Visi Usaha

Menjadi salah satu jajanan yang sehat dan populer untuk semua kalangan

Misi Usaha

  • Menyediakan gerai Donuts Kekinian di beberapa tempat untuk memudahkan konsumen menjangkaunya.
  • Dijual dengan harga yang kompetitif sehingga konsumen bisa menikmatinya dengan mudah tanpa harus menguras kantong.

Pembahasan

Profil Makanan

Donuts kekinian ini hadir menawarkan jajanan yang dijual dengan harga cukup bersaing dipasaran yakni mulai Rp 5 ribuan per buah. Pilihan rasa yang ditawarkan juga sangat beragam sehingga konsumen bisa membelinya sesuai dengan selera.

Strategi Pemasaran

  • Target pasar yakni segmentasi kuliner untuk kalangan remaja hingga dewasa.
  • Segmentasi harga untuk kalangan menengah ke atas
  • Membuka outlet atau gerai yang lokasinya berada di dekat kampus atau pusat perbelanjaan

Manajemen Produksi

Proses Produksi

Donuts kekinian ini diproduksi tentunya dengan cara yang halal dan bersih. Hal tersebut kami lakukan untuk menjamin kualitas dari donuts agar tetap higienis.

Bahan Baku dan Peralatan

Bahan baku yang digunakan dalam pembuatan Donuts kekinian yaitu memanfaatkan produk-produk lokal. Hal tersebut kami lakukan untuk memajukan usaha-usaha lokal yang sudah ada.

Untuk peralatannya, kami selalu menjaga kualitas produk dengan cara melakukan pembersihan secara berkala. Selain itu, dilakukan juga pemeriksaan kelayakan peralatan yang digunakan.

Anggaran

Modal Usaha

Modal yang dibutuhkan untuk bisnis Donuts Kekinian ini yaitu sebesar Rp 10.000.000. Modal tersebut digunakan untuk pembelian mulai dari bahan hingga peralatan yang digunakan.

Harga Jual dan Pembagian Keuntungan

Produk yang dijual oleh Donuts Kekinian ini akan dijual mulai dari Rp 5.000 per buahnya. Nantinya, di dalam produk tersebut akan mendapatkan keuntungan kurang lebih sebesar 50%. Investor akan mendapatkan keuntungan sebesar 20% dari keuntungan yang didapatkan dalam setiap penjualan Donuts Kekinian.

Penutup

Demikian proposal usaha dari Donuts Kekinian, semoga kiranya investor tertarik untuk bisa memberikan bantuan modal dan akan mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan. Terima kasih atas perhatiannya.

Itulah ulasan terkait cara membuat proposal usaha yang baik benar beserta contohnya. Nah, untuk Anda yang ingin atau sedang menjalankan bisnis jangan lupa menggunakan aplikasi BukuWarung. Mengapa demikian?

BukuWarung merupakan salah satu aplikasi keuangan yang memudahkan Anda dalam proses pencatatan berbagai pemasukan dan pengeluaran. Dengan menggunakan aplikasi BukuWarung tentu aktivitas keuangan perusahaan bisa tercatat lebih jelas, lengkap dan praktis. Buruan unduh dan pakai aplikasinya sekarang juga!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download