Download Gratis
Butuh bantuan?

Cara Memulai Bisnis Online

Di jaman modern yang terus berkembang seperti sekarang ini, cara memulai bisnis online menjadi salah satu pilihan bagi banyak orang.

Berbisnis online dianggap efektif dan efisien karena dapat dikerjakan dimana saja dan kapan saja.

Buat Toko Online Sendiri

Ada beberapa tips memulai bisnis online yang bisa Anda lakukan. Berikut ini Bukuwarung akan bahas secara lengkap.

 

Manfaat Pakai Aplikasi BukuWarung

1. Ketahui apa yang akan dijual

Cara Memulai Bisnis Online ketahui apa yang dijual
pexels.com

Bagi para pemula alangkah baiknya ketika ingin memulai bisnis online harus mengetahui terlebih dahulu apa yang akan dijual.

Seperti contohnya jika ingin menjual suatu produk atau jasa, pemula bisnis online harus memahami dan menguasai secara mendasar tentang produk atau jasa yang akan dijual.

Untuk mendapatkan ide bisnis online, para pemula bisa melihat dari keahliannya, hobi, pengetahuan, dan keterampilan yang dimiliki.

Pemula bisnis online juga dapat melakukan riset pasar untuk mengetahui kebutuhan konsumen saat ini.

Dalam menentukan ide atau konsep dari bisnis yang akan dilakukan, pemula dapat mencari informasi tentang bisnis online jenis apa yang sedang marak dibicarakan.

Bisnis apa yang dapat memenuhi atau membantu kebutuhan konsumen. Riset pasar dapat dilakukan melalui media sosial. Hal ini merupakan salah satu cara terbaik untuk menemukan apa yang akan dijual.

Anda bisa simak artikel ide bisnis online untuk mendapatkan referensi bisnis online yang bisa dilakukan.

 

2. Riset kompetitor

Cara Memulai Bisnis Online dengan riset kompetitor
pexels.com

Setelah mengetahui apa yang akan dijual dan sudah melihat apa yang dibutuhkan konsumen, langkah selanjutnya adalah melihat para kompetitor.

Dari riset kompetitor, pemula bisnis online dapat mempelajari bagaimana cara penjualan sehingga banyak yang membeli dan dapat membandingkan produk.

Mulai dari harga, karena bisnis online biasanya memilik harga yang kompetitif. Ada penjual yang masih mengutamakan harga yang murah, namun ada pula yang lebih mengutamakan kualitas.

Dari situ para pemula dapat membandingkan harga produk di beberapa kompetitor dan mengetahui harga produk di pasaran.

Selain itu dengan riset kompetitor, pemula bisnis dapat mengetahui kelebihan serta kekurangan dari para kompetitor dan dari produk yang akan dijual.

Kekurangan kompetitor tersebut dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan penjualan bisnis yang akan dibuat. Kemudian dapat juga menciptakan perbedaan dari produk kompetitor dengan produk yang akan dijual.

 

3. Tentukan target pasar

Cara Memulai Bisnis Online dengan menentukan target
pexels.com

Setelah melakukan riset kompetitor, menentukan target pasar juga wajib dipelajari oleh pemula bisnis online.

Setiap bisnis yang dibuat pastii memiliki target pasarnya masing-masing. Target pasar merupakan kelompok konsumen dengan karakteristik yang sama dan kemungkinan cocok dengan produk yang dijual.

Sebagai pemula biasanya kita diharuskan bisa merencanakan target pasar kita itu untuk siapa. Apakah untuk kalangan anak-anak, remaja, atau orang tua. Apakah untuk Laki-laki atau perempuan dan lain sebagainya.

Dengan target pasar yang spesifik, bisnis yang dibuat akan berkembang karena sesuai dengan kebutuhan pasar, selain itu pemula bisnis online juga lebih mudah membuat strategi pemasaran.

 

4. Tentukan supplier

Cara Memulai Bisnis Online memilih supplier
pexels.com

Setelah mengetahui apa yang akan dijual, riset kompetitor, dan mengetahui target pasar cara memulai bisnis online selanjutnya adalah menentukan supplier.

Carilah supplier yang dirasa cocok dengan bisnis yang akan dimulai dan terpercaya. Supplier sangat mempengaruhi pemula bisnis dalam mengembangkan bisnisnya.

Jika kita mendapatkan supplier yang terpercaya, produk yang kita hasilkan pun akan berkualitas.

Selain itu jika mendapatkan supplier yang memberikan harga produk jauh dibawah pasaran, maka pemula bisnis dapat meningkatkan keuntungan yang lebih banyak.

 

5. Memilih media atau platform yang tepat

Cara Memulai Bisnis Online memilih media platform
pexels.com

Cara memulai bisnis online selanjutnya adalah dengan memilih media atau platform yang tepat.

Pemula bisnis online dapat memanfaatkan media seperti fitur Google Bisnisku atau Google My Business untuk mempermudah calon konsumen mengetahui informasi lengkap tentang bisnis yang ada.

Dari nama bisnis, produk apa yang dijual, alamat perusahaan, alamat email perusahaan, jam operasional, website perusahaan, nomor telepon perusahaan, foto kantor, sampai review pelanggan.

Menggunakan Facebook, Instagram, Tiktok, atau platform lain dalam berbisnis juga dapat dilakukan untuk memperkenalkan bisnis yang dimiliki kepada para pengguna sosial media.

 

6. Melakukan promosi

Cara Memulai Bisnis Online dengan promosi
pexels.com

Apabila semua sudah dilakukan, langkah selanjutnya adalah melakukan promosi. Kesulitan yang sering dirasakan dalam memulai bisnis online adalah menemukan pelanggan.

Salah satu promosi yang paling mudah dilakukan berupa mulut ke mulut, jadi bisa memulai promosi dari orang-orang terdekat terlebih dahulu.

Misalnya kepada keluarga, tetangga, saudara, atau teman kantor. Dengan begitu bisnis onlineyang baru saja dimulai dapat dikenali.

Para pemula bisnis juga dapat melakukan promosi melalui tulisan yang menarik perhatian para konsumen, serta bagaimana produk Anda dapat berguna bagi mereka.

Jika pemula bisnis memiliki modal yang cukup besar bisa juga melakukan promosi berbayar seperti membayar orang terkenal untuk mengiklankan produk yang dijual melalui media sosial.

Melakukan promosi berbayar dapat dipastikan membantu meningkatkan penjualan karena tertarget. Melakukan promosi atau pemasaran adalah salah satu bagian dari cara memulai bisnis online untuk pemula yang sangat penting.

 

7. Mempertahankan pelanggan

Cara Memulai Bisnis Online dengan mempertahankan pelanggan
pexels.com

Apabila sudah mendapatkan pelanggan setia, maka perlu untuk para pemula bisnis menjaga hubungan dengan mereka.

Sebab promosi untuk mendapatkan pelanggan baru jauh lebih mahal dibandingkan menjaga hubungan dengan pelanggan setia.

Cara yang bisa dilakukan untuk membuat konsumen menjadi pelanggan setia adalah dengan memberikan pelayanan yang ramah dan memberikan penghargaan atau reward, seperti diskon atau bonus produk sebagai rasa terima kasih karena telah datang kembali. Sistem ini cukup efektif untuk menghargai mereka.

 

8. Evaluasi

Cara Memulai Bisnis Online dengan evaluasi
pexels.com
cara memulai bisnis online dengan konsisten
pexels.com

Ketika memulai bisnis pasti para pemula bisnis akan menemukan kesulitan dan   kekurangan dari cara-cara yang telah dijalankan.

Catat dan evaluasi apa yang menyebabkan produk tidak sampai dengan baik ke target pasar, bagaimana menaikkan kinerja penjualan, dan lain sebagainya.

Jangan lupa juga evaluasi pengelolaan keuangan dari bisnis Anda, mari pengeluaran hingga pemasukan bisnis Anda.

Anda bisa gunakan aplikasi Bukuwarung untuk memudahkan Anda dalam mengelola keuangan bisnis. Anda bisa download aplikasi Bukuwarung secara gratis di Playstore.

Mengevaluasi bisnis yang dijalankan perlu dilakukan untuk terus meningkatkan kualitas produk yang kita jual.

 

9. Konsisten

cara memulai bisnis online dengan konsisten
pexels.com

Terakhir dan yang paling sulit dilakukan adalah tetap berkomitmen dan konsisten. Selalu konsisten adalah hal penting untuk semua bisnis tidak terkecuali.

Semua bisnis mungkin awalnya memang tidak mudah, pasti semua bisnis mengalami pasang surut atau belum mendapatkan keuntungan sesuai yang diharapkan.

Namun, jika kita menjalani bisnis dengan menggunakan hati dan cara yang benar, maka perlahan bisnis yang berjalan pasti akan terus berkembang dan memiliki banyak pelanggan.

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download