Download Gratis
Butuh bantuan?

Cara Menggunakan QRIS Agar Usaha Juragan Makin Untung

Juragan, sudah kenal dengan QRIS? QRIS, atau Quick Response Code Indonesian Standard, merupakan Standar QRIS Code Pembayaran yang ditetapkan oleh Bank Indonesia untuk memfasilitasi transaksi pembayaran di Indonesia, Gan. Dengan menggunakan QRIS, pembayaran digital menjadi lebih praktis. 

Pada 2020 lalu, QRIS bahkan menjadi teknologi pembayaran digital yang penggunanya meningkat hingga 3,64 juta merchant, lho. Kalau tidak ingin usahamu ketinggalan, Juragan perlu mengetahui tentang QRIS agar yakin mengadopsi metode transaksi praktis dari Bank Indonesia ini. Lantas, bagaimana, sih, cara menggunakan QRIS agar usaha Juragan makin untung? Yuk, simak informasi berikut!

atur keuangan usaha
atur keuangan usaha

Apa itu QRIS?

QRIS adalah upaya standardisasi Bank Indonesia untuk semua perusahaan yang memanfaatkan fintech seperti GoPay, OVO, DANA, LinkAja, dan lainnya sehingga membuat transaksi digital menggunakan QR code menjadi lebih cepat, aman, dan mudah. QRIS menyatukan beragam QR code dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP), sehingga setiap penyedia PJSP berbasis QR code, baik lokal maupun asing, wajib memakai QRIS. Dengan kata lain, semua QR code terintegrasi dengan semua aplikasi pembayaran melalui satu jenis QR code saja, Gan.

Jika usaha Juragan sudah menggunakan QRIS, maka terlepas dari alat pembayaran yang Juragan punya, transaksi bisa dilakukan melalui pemindaian pada satu tempat yang sama. Seperti slogannya, Gan: satu QRIS untuk seluruh pembayaran. Berikut beberapa keunggulan QRIS:

  • Universal – QRIS mampu menerima pembayaran apa pun hanya lewat satu QR code. Dengan begitu, usaha Juragan tidak memerlukan berbagai macam aplikasi pembayaran.
  • Gampang – Kemudahan adalah keunggulan utama yang ditawarkan oleh QRIS. Pelanggan bisa melakukan pembayaran menggunakan QRIS hanya dengan sekali pemindaian lewat aplikasi smartphone!
  • Untung – Juragan hanya membutuhkan satu jenis QR code saja, lho. Jadi, tidak perlu lagi beradaptasi dengan tarif pembayaran yang berbeda-beda.
  • Langsung – Tak makan waktu lama, pembayaran digital menggunakan QR code dapat diproses langsung saat itu juga, Gan.

Baca Juga: Informasi Tentang QRIS

Manfaat QRIS untuk merchant

QRIS dapat memberikan banyak keuntungan bagi merchants melalui berbagai manfaatnya berikut ini, Gan:

Buat Toko Online Sendiri
  1. Transaksi lebih cepat

Tujuan utama digunakannya QRIS adalah mempermudah pembayaran digital. Sebagai merchant, Juragan berkesempatan mendapatkan manfaat besar karena QRIS membuat semua pembayaran nontunai dapat diawasi melalui satu pintu saja. Yes, QRIS memang hanya membutuhkan satu QR code saja, Gan, sehingga mempermudah dan mempercepat proses transaksi. 

  1. Tidak perlu menyiapkan uang kembalian

Apakah Juragan pernah kesulitan saat harus menyiapkan uang kembalian pelanggan? Nah, masalah seperti itu tidak akan Juragan temui jika menyediakan QRIS sebagai metode pembayaran pelanggan.

Dengan QRIS, Juragan tidak perlu lagi repot menyiapkan uang tunai dalam jumlah besar sebagai uang kembalian pelanggan. QRIS juga membuat semua uang yang Juragan terima tersimpan dengan aman dalam dompet digital yang digunakan. Jadi, Juragan tidak perlu repot lagi menerima dan mengembalikan uang tunai selama berjualan.

atur keuangan usaha
  1. Keamanan terjamin

Saat ini, penipuan uang palsu masih sering terjadi, lho, Gan. Untuk mencegahnya, Juragan bisa menggunakan QRIS. Penggunaan QR code akan melindungi usaha Juragan dari kemungkinan penipuan karena pembayaran dilakukan secara nontunai. Sistem keamanan QRIS pun sudah teruji karena dilengkapi dengan PIN dan nomor OTP yang hanya bisa diketahui oleh Juragan. Keamanan yang terjamin membuat Juragan bisa berbisnis dengan lebih nyaman, deh.

  1. Kekinian dan meningkatkan omset penjualan

Pembeli akan lebih nyaman melakukan transaksi di usaha Juragan jika diberikan kebebasan dalam memilih pembayaran digital. Dengan QRIS, Juragan memberikan lebih banyak alternatif pembayaran kepada pelanggan sehingga mereka bisa melakukan  pembayaran digital dari e-wallet pilihan. Kebebasan dan kemudahan ini tentunya bisa meningkatkan kemungkinan pembelian dan pembayaran nontunai, Gan. Omzet penjualan pun bisa meningkat dan membuat usaha semakin lancar.

Baca Juga: Cara Membuat QRIS

atur keuangan usaha

Cara menggunakan QRIS

Dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan, apakah QRIS sulit digunakan? Sama sekali tidak, Gan! Justru penggunaannya sangat simpel dan mudah. Berikut cara menggunakan QRIS saat transaksi pembayaran:

  1. Pertama-tama, pembeli membeli produk di usaha Juragan.
  2. Juragan kemudian akan menginformasikan nominal pembayaran kepada pembeli.
  3. Pembeli membuka aplikasi uang elektronik yang ia gunakan, lalu memilih tombol Scan QR.
  4. Apabila transaksi berhasil, Juragan akan menerima pemberitahuan melalui email.
  5. Jika belum menerima pemberitahuan melalui email, Juragan dapat meminta bukti pembayaran pada aplikasi yang digunakan oleh pembeli.

Cara mendapatkan QRIS untuk merchant 

Setelah mengetahui berbagai kelebihan QRIS, kini saatnya Juragan mengadopsi teknologi satu ini sebagai bagian dari sistem pembayaran pada bisnis Juragan. Untuk mendapatkan QRIS, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Juragan ingin mendapatkan QRIS? Yuk, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Juragan yang belum memiliki akun perlu buka akun terlebih dahulu dengan datang ke kantor cabang atau mendaftar online pada salah satu PJSP QRIS yang terdaftar.
  2. Pastikan Juragan melengkapi data usaha dan dokumen yang diminta oleh PJSP tujuan.
  3. Selanjutnya, tinggal tunggu proses verifikasi, pembuatan Merchant ID, dan pencetakan kode QRIS oleh PJSP.
  4. Pihak PJSP akan mengirimkan stiker QRIS kepada Juragan.
  5. Setelah menerima stiker tersebut, Juragan bisa install aplikasi sebagai merchant QRIS.
  6. PJSP akan memberikan edukasi kepada merchant tentang tata cara menerima pembayaran digital menggunakan QRIS.

Perlu diketahui, sistem dan biaya transaksi QRIS ditentukan oleh BI. Penentuan tersebut didampingi rekomendasi perwakilan penyedia aplikasi pembayaran dengan QR code, Gan. Jadi, saat Juragan mendaftar menjadi merchant QRIS, tanyakan saja secara secara detail mengenai skema dan biaya transaksi QRIS kepada penyedia aplikasi. Kalau mau lebih praktis, Juragan bisa bergabung dan mendaftarkan usaha melalui fitur QRIS yang difasilitasi oleh platform BukuWarung.

Platform BukuWarung hadir sebagai situs dan aplikasi dalam bentuk web-app atau mobile. BukuWarung merupakan pihak yang memfasilitasi Juragan untuk dapat memiliki Kode QRIS, kode dua dimensi yang diterbitkan oleh Bank Indonesia melalui BukuWarung yang bekerja sama dengan Bank BNI untuk memfasilitasi pembayaran transaksi.

Baca Juga: Aplikasi Pembayaran Online Terbaik 2022

Cara mendapatkan layanan QRIS di BukuWarung

Juragan bisa mengajukan QRIS BukuWarung dengan praktis dan mudah, lho. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pada aplikasi BukuWarung, tekan banner QRIS dalam menu pembayaran (pastikan Juragan sudah update aplikasi ke versi terbaru).
  2. Lakukan verifikasi akun dengan tekan “Ajukan QRIS Sekarang”.
  3. Kemudian, tekan “Mulai Verifikasi”, siapkan KTP Juragan dan ikuti instruksi.
  4. Jika verifikasi akun sudah selesai, Juragan bisa tekan “Ajukan QRIS Sekarang”.
  5. Lakukan Verifikasi Data Usaha dengan melengkapi data usaha Juragan.
  6. Jangan lupa tambahkan nomor rekening penerima uang dari transaksi QRIS-mu, Gan.
  7. Jika pengajuan layanan QRIS di BukuWarung disetujui, bagian Terima Pembayaran pakai QRIS akan muncul di menu pembayaran pada aplikasi BukuWarung

Nah, jika sudah menggunakan QRIS BukuWarung, ada banyak kelebihan cara pakai QRIS BukuWarung yang bisa Juragan rasakan. Berikut beberapa di antaranya:

  • Menerima pembayaran dari berbagai bank atau dompet digital hanya dengan satu QR code.
  • Secara real-time, semua pembayaran pelanggan langsung masuk rekening Juragan.
  • Proses pengajuan QRIS BukuWarung begitu mudah.
  • Bebas biaya admin (MDR/Merchant Discount Rate 0%).
  • Semua transaksi tercatat secara otomatis

Itulah tadi informasi mengenai cara menggunakan QRIS agar usaha Juragan makin untung. Usaha yang sukses perlu terus mengikuti perubahan yang ada, jadi Juragan jangan ketinggalan buat pakai QRIS, ya. Sayang banget kalau usaha sudah oke, tapi belum didukung dengan pilihan pembayaran yang up-to-date.

Sekarang, Juragan bisa bergabung dan mendaftarkan usaha melalui fitur QRIS yang difasilitasi oleh platform BukuWarung. Fitur ini memfasilitasi transaksi antara usaha Juragan dengan pelanggan, sehingga usaha bisa berjalan dengan lebih lancar. Yuk, langsung saja download aplikasi BukuWarung lewat Google Play Store!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download