Download Gratis
Butuh bantuan?
download aplikasi bukuwarung

Ide Bisnis Jasa Membuat Website

Dunia digital seperti sekarang ini membuat kebutuhan promosi online melalui website sangat dibutuhkan. 

Banyak orang yang rela membayar mahal bagi siapa saja yang dapat membuat website untuk perusahaan mereka. Hal ini dikarenakan hanya sedikit orang yang bisa untuk membuat website.

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Bagi Juragan yang memiliki keahlian dalam pengembangan website bisa banget untuk mencoba membuka jasa membuat website.

Juragan bisa melakukan pekerjaan ini di rumah saja dan kapan saja, loh. Enak sekali bukan? Nah, selanjutnya adalah bagaimana cara memulainya?

Di artikel ini BukuWarung akan menjelaskan tentang cara membuka jasa membuat website beserta tips agar laris. Yuk, simak penjelasannya sebagai berikut ini.

Apa Saja yang Harus Disiapkan?

Membuka jasa apa saja tentunya harus mempunyai persiapan, bukan? Begitu juga dengan jasa membuat website. Apa saja, sih yang harus disiapkan untuk membuka jasa website

Buat Toko Online Sendiri

1. Ciptakan Brand

Brand adalah nama bisnis dari jasa yang Juragan tawarkan. Brand yang baik membuat banyak orang yang ingin menjalin kerjasama dengan Juragan.

Peran brand sangat penting yang membuat bisnis Juragan berbeda dengan kompetitor. Keuntungannya adalah bisnis Juragan dapat mudah dikenali oleh pelanggan.

Sebagai langkah awal membuka bisnis jasa pembuatan website yang dapat dilakukan adalah membangun branding dari bisnis Juragan. Juragan bisa membuat logo terlebih dahulu dan visi misi dari perusahaan yang Juragan buat. Selanjutnya, silakan untuk mengembangkannya sesuai dengan visi misi perusahaan Juragan.

atur keuangan usaha

2. Membuat Website Juragan

Sebagai jasa membuat website tentu saja Juragan harus mempunyai website tersendiri. Akan sangat aneh jika Juragan tidak bisa membuat website sendiri. 

Membuat website menjadi kunci kesuksesan awal bisnis Juragan. Website membantu Juragan untuk menemukan pelanggan melalui internet. Juragan perlu memulainya dengan modal Rp 500.000 untuk membuat website sendiri.

Isi dari website pada umumnya memuat informasi seperti, halaman utama, portofolio, kontak, tentang perusahaan, dan pelayanan yang ditawarkan.   

atur keuangan usaha

3. Membuat Akun Media Sosial

Setelah membuat website Juragan juga perlu membuat akun media sosial official dari perusahaan Juragan.

Akun media sosial membantu Juragan untuk menjangkau pengguna media sosial. Biasanya media sosial digunakan perusahaan untuk promosi dan membangun branding mereka.

Terdapat beberapa platform yang dapat Juragan gunakan untuk media promosi seperti facebook, instagram, tiktok, youtube, dan whatsapp.

Membuat akun media sosial tidak dipungut biaya apapun, loh. Bahkan untuk promosinya juga gratis.

4. Menentukan Target Pasar

Seperti bisnis pada umumnya, diperlukan target pasar. Target pasar adalah langkah penting untuk membantu Juragan menentukan pelanggan potensial dari perusahaan Juragan.

Pasar dari jasa membuat website sangat luas. Mulai dari perorangan, perusahaan, pemerintah, dan dunia internasional. 

Sesuaikan jasa yang Juragan tawarkan dengan target pasar agar harga, kebutuhan, dan pelayanan yang ditawarkan dapat lebih maksimal.

5. Menetapkan Harga dan Pelayanan

Memiliki perusahaan tentu juga memiliki harga dan pelayanan yang ditawarkan. Tawarkan harga dan pelayanan yang hampir sama dengan kompetitor Juragan. Perlu juga untuk melakukan riset pasar agar harga dan pelayanan yang ditawarkan sesuai dengan perkembangan zaman.

Memberikan kualitas pelayanan yang baik dengan harga yang cukup terjangkau sangat diidam-idamkan oleh semua pelanggan. Kesempatan ini bisa Juragan manfaatkan dalam perusahaan. Konsekuensinya adalah keuntungan perusahaan tipis dan membutuhkan tenaga ekstra untuk memberikan pelayanan yang baik.

Namun, hal ini berguna untuk membangun branding perusahaan agar dipandang baik oleh pelanggan.

Cara Mendapatkan Client untuk Jasa Website Juragan

1. Optimalkan Website Juragan

Mendapatkan client yang pertama dapat dilakukan dengan mengoptimalkan website yang telah Juragan buat.

Gunakan berbagai macam promosi di website Juragan yang dapat menarik pelanggan baru. Siapkan juga UI/UX website agar tampilan website dan penggunaannya dapat lebih mudah.

2. Promosi di Media Sosial

Kekuatan media sosial adalah dapat berbagi konten secara global dengan mudah, cepat, dan murah.

Hal yang bisa Juragan lakukan dengan media sosial perusahaan adalah posting informasi tentang perusahaan juragan, posting promosi, posting pelayanan, dan mengelolanya.

Agar lebih maksimal gunakan jasa admin media sosial untuk mengelola media sosial perusahaan setiap harinya.

3. Menjemput Pelanggan

Tidak kunjung mendapatkan client untuk jasa website Juragan? Langkah ini bisa dilakukan Juragan. Menjemput mereka bisa Juragan lakukan dengan memantau pasar situs freelancer. Beberapa situs tersebut sepeti freelancer.com, sribu.com, loker.id, fastwork, dan masih banyak lagi.

Jangan ragu untuk melakukan bid atau menawarkan jasa Juragan. Menawarkan jasa membuat peluang mendapatkan client lebih besar. Mereka biasanya juga melihat portofolio yang telah Juragan miliki.

4. Memberikan Kursus Gratis

Gunakan promosi seperti membuka kursus gratis untuk jasa website Juragan. Membuka kursus gratis dapat menjangkau client yang potensial.

Memang membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih. Namun, hasilnya juga tidak dapat diremehkan, ya.

Cara Mengelola Jasa Membuat Website

1. Gunakan Kontrak Kerja

Kontrak kerja berfungsi mencegah perselisihan akibat kesalahpahaman. Juragan harus membuat kontrak kerja dengan client sebelum mengerjakan proyek website.

Cantumkan juga harga yang telah disepakati dalam kontrak kerja tersebut. 

2. Mengatur Administrasi

Nah, inilah bagian yang terpenting setelah mendapatkan client. Mengatur administrasi bisa Juragan lakukan dengan aplikasi BukuWarung. Aplikasi BukuWarung membantu Juragan memanajemen pembukuan di perusahaan Juragan.

Juragan tidak perlu lagi melakukan pencatatan di buku secara manual karena semuanya dapat dilakukan dengan aplikasi BukuWarung yang sudah mempunyai fitur lengkap. Juragan dapat mendownloadnya di Playstore dan Appstore secara gratis, ya

Tips Buka Jasa Website Agar Laris

1. Up Selling

Upselling membantu Juragan untuk memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen. Fokus dari strategi up selling adalah kepuasan pelanggan. 

Namun, Juragan tidak perlu khawatir akan pendapatannya terpotong karena dengan strategi up selling Juragan tetap memperoleh pendapatan yang baik dan pelayanan yang baik

2. Membangun Tim

Bisnis jasa pembuatan website harus dilakukan dengan operasional yang baik. Sebagai pemilik bisnis tentunya Juragan harus memastikan tim bekerja dengan maksimal.

Pastikan untuk membangun tim mulai dari 0 seperti pada proses perekrutan sampai dengan pengerjaan proyek website.

3. Menambah Jangkauan Pasar

Jika sebelumnya Juragan hanya mengandalkan promosi di website dan media sosial secara gratis, sekarang saatnya untuk berinvestasi dengan iklan berbayar.

Iklan berbayar dapat meningkatkan traffic dari perusahaan Juragan. Iklan terbukti sangat efektif menarik minat pelanggan Juragan. Juragan bisa menggunakan iklan video atau iklan media sosial dan lain sebagainya.

4. Meningkatkan Pelayanan

Terakhir adalah meningkatkan pelayanan perusahaan. Meningkatkan pelayanan perusahaan setiap saat membuat perusahaan Juragan akan tetap eksis dan memiliki citra baik.

Jangan ragu untuk meminta maaf apabila perusahaan Juragan melakukan kesalahan kepada client. Hal sederhana tersebut membuat client merasa terayomi. 

Client yang merasa puas akan merekomendasikan pelayanan Juragan kepada orang lain.

Nah, itu lah penjelasan tentang bisnis jasa pembuatan website yang bisa Juragan lakukan beserta tip buka jasa pembuatan website agar laris. Semoga bermanfaat, ya.

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download