Download Gratis
Butuh bantuan?

Ide Bisnis Parcel Menjelang Tahun Baru

Menjelang pergantian tahun, banyak orang berusaha memeriahkan suasana dan membuat momen menjadi lebih berarti. Berbagi berkat dengan kerabat, kolega maupun keluarga menjadi hal yang tak boleh dilupakan, termasuk memberikan bingkisan cantik yang dibingkai indah atau biasa disebut parcel. Keberadaan bisnis parcel rupanya sangat membantu customer berbagi buah tangan tanpa repot mengemas sendiri.

Usaha parcel terus dicari di berbagai momen, tidak hanya perayaan tahun baru, namun perayaan momen pribadi bagi seseorang. Oleh sebab itu, Juragan bisa memaksimalkan pendapatan tambahan dengan peluang bisnis satu ini. Jangan sampai ketinggalan cuannya, simak inspirasi usaha, jenis produk, tips memulai hingga analisa keuangan dalam artikel ini.

Buat Toko Online Sendiri

Inspirasi Bisnis Parcel

Usaha parcel memiliki banyak macam tergantung peminatan pasar dan kebutuhan customer. Kreasikan bermacam-macam parcel berikut ini:

Manfaat Pakai Aplikasi BukuWarung

1. Parcel Kue

Ruangdagang.net

Jenis parcel satu ini sangat sering ditemukan. Bukan tanpa alasan, parcel kue banyak diminati karena lebih ekonomis dan pasti disukai penerima. Parcel kue dapat berisi aneka snack atau camilan, berisi kue lapis tugu, bolu atau jenis kue artis yang sedang hits. Kemudian kue-kue tersebut akan disusun sedemikian rupa agar lebih indah dan menarik, tidak lupa kartu ucapan dan pita warna-warni.

2. Parcel Camilan Impor

Timesnownews.com

Camilan impor akan sangat langka dan jarang ditemukan di pasar Indonesia. Sebagian customer tak segan memberikan camilan impor sebagai parcel, terlebih semakin maraknya jastip atau jasa titip. Penerima akan sangat menyukai parcel ini, karena selain mendapatkan sensasi camilan unik, value yang mereka dapatkan dari pemberi akan bertambah.

Parcel camilan impor tentu memiliki harga sedikit lebih mahal dibandingkan camilan dalam negeri yang mudah didapatkan. Jenis parcel ini cocok untuk diberikan pada teman kerja atau sahabat.

3. Parcel Buah

parcel buah
Tokobuahbandung.blogspot.com

Buah-buahan sangat baik bagi kesehatan tubuh, menjelang pergantian tahun biasanya kebanyakan orang menghabiskan momen dengan memakan makanan tinggi lemak dan rendah serat. Contohnya seperti, makanan bersantan, gulai, sate-satean dan lainnya. Parcel buah akan sangat dinantikan bagi mereka untuk melengkapi hidangan di malam tahun baru.

Menyusun parcel buah akan sedikit memakan waktu dibandingkan pascel jenis lain yang sudah memiliki wadah berbentuk, sedangkan buah memiliki bentuk dan dimensi berbeda-beda, bahkan tekstur buah mempengaruhi peletakan. Tujuannya agar buah tetap fresh dan tidak bonyok akibat ditumpuk. Sebaiknya pelajari dahulu cara menghias parcel buah yang aman dan berdesain indah.

4. Parcel Alat Ibadah

parcel alat ibadah
Hijup.com

Parcel tidak hanya berupa camilan atau makanan, tapi juga dapat diisi dengan barang-barang yang cocok diberikan sebagai hadiah. Salah satunya alat ibadah, parcel ini akan sangat bermanfaat dan fungsional bagi penerimannya. Tentunya memiliki nilai lebih dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama.

5. Parcel Peralatan Dapur atau Peralatan Makan

parcel alat dapur
Sonora.id

Parcel jenis satu ini akan banyak dicari pada momen keluarga, seperti pindahan rumah baru maupun hadiah pengantin baru. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk diberikan sebagai hadiah di awal tahun. Karena awal tahun umumnya identik dengan kegiatan makan bersama yang tentunya memerlukan perlatan dapur, seperti wajan, spatula, set panci, set cangkir, aneka jenis sendok dan lainnya.

6. Parcel Set Sarung Bandal dan Taplak Meja

parcel sarung bantal dan taplak
Twitter.com/kado_kita/

Menyambut awal tahun artinya memulai hari baru dengan sesuatu yang baru, salah satunya set sarung bantal dan taplak meja yang sangat fungsional bagi penerimanya. Rumah akan tampak lebih menarik dengan energi positif untuk menyambut semangat baru di hari pertama pada tahun itu.

Set sarung bantal yang senada dengan taplak meja akan menambah indah desain parcel, siapapun pasti suka diberi hadiah ini.

Tips Memulai Bisnis Parcel di Tahun Baru

Melihat minat berdasarkan jenis parcel yang sudah dibahas sebelumnya, bisnis ini patut dilirik dan mulai direalisasikan. Sebelum memulai, pelajari tips bisnisnya berikut ini:

Tentukan Modal Awal

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis ialah menentukan modal awal. Tujuannya agar dapat meminimalisir kerugian pasca launching. Siapkan modal sesuai dengan kemampuan budget. Jika punya modal lebih dari 15 juta, Juragan bisa mulai mempersiapkan bahan parcel, peralatan menghias, hingga biaya operasional. Namun, apabila modal kurang dari itu, bisa mulai dengan parcel kue atau snack lokal yang dibingkai sendiri tanpa tenaga kerja tambahan.

Tentukan Target Konsumen

Menentukan target pasar merupakan langkah penting untuk mengetahui barang mana yang didahulukan menjadi parcel. Tentukan konsumen seperti apa yang Juragan sasar, apakah parcel untuk kalangan menengah ke atas atau menengah ke bawah. Dengan begitu, modal yang dikeluarkan akan lebih mudah disesuaikan dengan patokan harga nantinya.

Setelah menentukan target konsumen, selanjutnya perhatikan jenis parcel dengan melihat ketersediaan supplier di daerah Juragan. Misalnya, rumah dekat dengan toko grosir buah, maka buat jenis parcel buah terlebih dahulu.

Sasaran Utama

Sasaran utama dari usaha parcel tahun baru ialah instansi swasta. Biasanya, perusahaan swasta akan membagikan parcel sebagai jatah hadiah tahunan bagi karyawannya. Juragan bisa menawarkan jasa pembuatan parcel kepada perusahaan. Keuntungan dari parcel dengan jumlah banyak pasti tinggi. Juragan bisa cuan sekali disini!

Pastikan Kualitas Produk

Agar bisnis berkembang dan punya umur usaha yang Panjang, Juragan harus memastikan bahwa produk yang dibingkai memiliki kualitas terbaik. Pilih supplier terpercaya dan punya kredibilitas bagi produk-produk yang ditawarkan. Jangan tergiur harga murah dengan kuantitas besar, selalu tanamnkan bahwa kualitas nomor pertama, soal kuantitas dapat disesuaikan dengan pasar.

Proses Packing

Menjelang pergantian tahun, banyak sekali jenis produk yang dibuat menjadi parcel. Perhatikan proses packing atau pengemasan, karena poin ini merupakan nilai lebih dari parcel. Pastikan parcel dibungkus dengan indah, produk disusun dengan rapih dan kreatif. Juragan bisa mencari banyak inspirasi pengemasan lewat internet atau mengikuti berbagai seminar.

Hal itu bertujuan menambah kesan manis nan cantik pada parcel, tidak menutup kemungkinan customer akan terpukau dan akan terus mempercayakan jasa parcel kepada Juragan.

Kelola Stok Barang

Hal terpenting lainnya sebelum memulai usaha ialah memastikan pengelolaan stok barang nantinya berjalan dengan lancar. Terdapat banyak permaslahan akibat pengelolaan stok yang buruk:

  • Gagal menyusun perkiraan permintaan yang akurat, menyebabkan Juragan tidak bisa menyediakan barang yang diingkan customer.
  • Masalah human error menjadi momok bagi pebisnis, karyawan yang tidak terlatih akan berimbas pada keberlangsungan usaha.
  • Inventori amburadul akibat pengecekan stok opname tidak tersistem dengan baik. Hal ini menyebabkan meningkatkanya risiko kehilangan penjualan.

Begitu besarnya peranan pengelolaan stok barang memberikan dampak signifikan bagi keberlangsungan bisnis parcel Juragan nantinya. Semakin canggihnya teknologi, kini hadir aplikasi pencatatan stok barang lebih sistematis, akurat, aman dan gratis di BukuWarung. Selain kendali stok, sistem pengelolaan keuangan bisa dijalankan hanya dalam satu aplikasi.

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download