Download Gratis
Butuh bantuan?

Ide Jualan Jajanan Pasar 1000an

Usaha makanan memiliki ekosistem yang tidak ada matinya. Termasuk ide jualan jajanan pasar 1000an. Karena itulah bidang ini menjadi favorit kebanyakan orang, karena bisnis jajanan memiliki objek yang sangat digemari.

Nah, meski jajanan pasar ini sudah banyak pesaingnya dengan berbagai macam jajanan kekinian, tapi masih banyak orang yang suka dan mencarinya loh. 

Buat Toko Online Sendiri

Sehingga sangat cocok untuk dijadikan peluang usaha baru.

Hal ini karena jajanan pasar sendiri memiliki harga yang relatif murah. Bahkan banyak orang yang sudah memulai ide jualan jajanan pasar 1000an ini kembali menjamur di beberapa kalangan, terutama yang juragan memasak. 

Manfaat Pakai Aplikasi BukuWarung

Ide Jualan Jajanan Pasar 1000an 

Mengapa sih harus memilih jajanan pasar? Bukankah kita seharusnya membuat inovasi untuk membuat jenis makanan baru agar lebih menarik perhatian pasar?

Yah, kalau Juragan berpikir demikian, nggak salah juga kok. Tapi, ide jualan jajanan pasar 1000an juga memiliki peminatnya tersendiri. 

Banyak sekali orang yang ketika akan mengadakan hajatan, pengajian, khitanan, pernikahan, dan lain-lain akan memilih jenis-jenis makanan tradisional ini.

Selain karena harganya yang murah, makanan ini juga memiliki nilai-nilai sendiri dalam adat yang digunakan untuk acara tersebut. 

Terutama bagi yang masih memiliki kepercayaan adat yang besar seperti kebanyakan warga Indonesia, maka jajanan pasar akan tetap menjadi pilihan nomor satu. 

Dari rasanya pun juga tidak kalah dengan makanan kekinian sehingga ide jualan jajanan pasar 1000an patut untuk Juragan perhitungkan.

Lalu, makanan apa saja sih yang bisa dijadikan ide jualan jajanan pasar 1000an ini? Yuk, langsung simak penjelasan lengkapnya sebagai berikut.

Contoh  Ide Jualan Jajanan Pasar 1000an

Setelah membahas peluang usaha jajanan pasar sebelumnya, kali ini kita akan membahas mengenai ide jualan jajanan pasar 1000an yang bisa Anda contoh. 

Apa saja sih idenya? Langsung saja kita simak daftar berikut.

1. Jenang

jajanan pasar jenang
wikimedia.org

Ide jajanan pasar 1000an yang pertama adalah jenang. Makanan yang terbuat dari tepung beras ketan dan gula jawa ini masih menjadi kesukaan masyarakat karena rasanya yang manis dan teksturnya yang kenyal. 

Biasanya jajanan ini digunakan untuk seserahan lamaran, pengajian, dan lain-lain.

2. Lemper

jajanan pasar lemper
wikipedia.org

Ide jajanan pasar 1000an yang kedua adalah lemper. Makanan yang satu ini terbuat dari ketan yang kemudian diisi dengan abon atau daging ayam. Tergantung selera masing-masing orang, ya. 

3. Arem-Arem

jajanan pasar arem arem
pinterest.com

Selanjutnya, ada arem-arem. Makanan ini terbuat dari beras yang didalamnya ada sambal goreng hati ayam atau kentang. Bisa juga digunakan pengganjal perut saat lapar.

4. Mendut

jajanan pasar mendut
pinterest.com

Yang keempat, ide jajanan pasar 1000an dengan objek mendut. Makanan ini terbuat dari beras ketan dengan isian kelapa dan gula. Di Sulawesi biasanya disebut Kue Bugis Ketan.

5. Nagasari

jajanan pasar nagasari
medium.com

Untuk ide yang kelima, yaitu nagasari. Makanan manis yang satu ini terbuat dari beras ketan dan di dalamnya terdapat irisan pisang.

6. Klepon

jajanan klepon
facebook.com

Jajanan pasar yang manis selanjutnya ada klepon. Makanan yang ini juga dibuat dari tepung beras ketan, tetapi isiannya hanya berupa gula jawa saja. Sehingga rasa manisnya lumer di mulut.

7. Serabi

jajanan serabi
pinterest.com

Makanan yang ketujuh ini berasal dari Solo dengan permukaan datar dan rasanya yang gurih. Kadang-kadang juga diberi topping keju atau coklat meses.

8. Kue Lumpur

kue lumpur
pinterest.com

Kalau yang ingin lebih lumer lagi teskturnya, ada kue lumpur. Makanan berwarna kuning ini memiliki tekstur yang sangat empuk dan juga manis. Cocok untuk camilan sehari-hari.

9. Onde-Onde

onde onde
pinterest.com

Bagi yang suka makanan manis dan gurih, bisa mencoba ide jajanan bernama onde-onde ini. Makanan ini juga terbuat dari tepung beras, tetapi cara memasaknya yaitu dilakukan dengan digoreng.

10. Lapis

kue lapis
pinterest.com

Makanan manis dan kenyal selanjutnya ada kue lapis. Lapis ini ada 2 macam. Lapis biasa dan lapis legit. Lapis biasa terbuat dari tepung beras ketan dan santan. Sedangkan lapis legit terbuat dari tepung terigu.

Tips Untuk Menjalankan Usaha Jajanan Pasar Dengan Sukses

Nah, setelah tahu ide jajanan pasar 1000an apa saja yang bisa Anda contoh. Sekarang kita akan membahas tips untuk jualan jajanan pasar agar laris berikut ini.

1. Carilah Lokasi Strategis Untuk Berjualan

Tips pertama yang bisa Juragan lakukan untuk memulai bisnis ini adalah dengan menetapkan lokasi yang strategis untuk berjualan. 

Misalnya saja di pinggir jalan, di daerah perkantoran, sekolah, perkuliahan, di dekat pabrik, dan lain-lain. 

Dengan mencari lokasi yang strategis, Juragan bisa menjual makanan lebih banyak dan mendapatkan pelanggan lebih mudah. 

Karena biasanya di sekitar sekolah, perkantoran, atau pabrik, orang-orang banyak yang mencari makanan untuk digunakan sebagai sarapan atau snack sebagai bekal. 

Ada juga yang membeli untuk jadikan bekal yang bisa dibawa pulang nantinya.

Selain itu, apabila ada acara kantor, Juragan akan lebih mudah dicari karena berdekatan dengan letak tempat pekerjaan mereka. Sehingga makanan Juragan pun akan lebih cepat terjual.

2. Gunakanlah Bahan Baku dan Peralatan yang Berkualitas

Menggunakan bahan baku dan peralatan yang berkualitas merupakan sebuah salah teknik untuk menarik kepercayaan pelanggan. 

Di sini pelanggan akan merasa lebih senang dan akan order kembali ke Juragan untuk dijadikan langganan. 

Karena dengan adanya bahan baku dan peralatan yang berkualitas tentu akan menjaga cita rasa khas dari makanan tersebut.

Semakin terjaga cita rasa makanan, tentu pelanggan akan semakin puas. Apalagi jika kebersihannya terjaga, tentu pelanggan akan semakin memberikan kepercayaan yang lebih besar kepada Juragan nantinya.

3. Pahamilah Selera Pasar

Ketika Juragan sudah tahu akan menjual jajanan pasar ini kepada siapa, Juragan akan dengan mudah tahu selera pasar apa yang tepat bagi mereka. 

Misalnya saja untuk anak sekolahan. Mereka merupakan komoditas yang memiliki uang jajan yang pas-pasan. 

Bagi mereka ukuran jajan yang tidak terlalu besar dan harga yang murah tentu akan menjadi incaran utama.

Lalu, lain lagi dengan orang kantoran atau pabrik. Mereka biasanya mencari jajanan dengan rentang harga lebih tinggi dari anak sekolah dan ukuran yang lebih besar untuk mengenyangkan perut. 

Nah, Juragan bisa membuat jajanan pasar dengan harga lebih tinggi dan ukuran lebih besar pula.

4. Pahamilah Media Sosial Untuk Promosi dan Berjualan Online

Nah, karena zaman sudah semakin canggih, Juragan harus menggunakan media sosial untuk melakukan promosi dan jualan online. Selain itu, Juragan juga bisa membuat toko online sendiri dan mengelolanya dengan mudah.

Contohnya saja dengan menggunakan aplikasi Buku Warung. Di sini Juragan bisa membuka toko online lebih dari satu dan mengelolanya dengan mudah karena Buku Warung memiliki pengingat pencatatan untuk transaksi harian dan penagihan utang pelanggan.  

Lalu, ada laporan keuangan yang bisa dikelola secara otomatis berdasarkan penjualan harian. 

Ada juga kartu nama digital yang bisa digunakan untuk share informasi mengenai toko online Juragan. Dan juga, terdapat menu untuk top up e-wallet, pulsa, dan listrik yang bisa digunakan sebagai usaha sampingan selain jualan jajanan pasar.

Nah, itu tadi tips ide jualan jajanan pasar 1000an yang bisa Juragan terapkan dengan mudah. 

Untuk membantu ide jualan tersebut, Juragan bisa menggunakan aplikasi Buku Warung. Karena aplikasi ini memiliki menu untuk membantu Juragan memudahkan penjualan seperti pengingat pencatatan, laporan keuangan, kartu nama digital, dan lain-lain

Ada juga tips-tips untuk mengembangkan usaha yang bisa Juragan dapatkan dengan mudah. Oh iya, aplikasi Buku Warung ini bisa Juragan dapatkan melalui playstore atau download langsung di link berikut. Yuk, manfaatkan ide jualan jajanan pasar yang telah kami berikan di atas!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download