Download Gratis
Butuh bantuan?

Intip Peluang Usaha Jasa Curhat

Di tengah kondisi seperti sekarang ini, meskipun manusia telah dikelilingi dengan kecanggihan teknologi, rupanya masih saja tingkat stress dan depresi meningkat. Kaum muda yang peka dengan keadaan, mencoba menjadi pendengar setiap bagi keluarga dan kerabatnya. Dari sini lah, peluang bisnis jasa curhat muncul.

Bukan hanya semata-mata mencari keuntungan, melainkan niatan baik untuk membantu sesama merasakan kelegaan untuk didengar dan diperhatikan. Dengan begitu, semangat hidup dapat tumbuh kembali di tengah kondisi terpuruk dalam hidup. Bisnis ini dinilai punya sisi sosial yang tinggi, karena pebisnis yang melakoni harus mau meluangkan waktu dan membantu memberikan referensi solusi untuk keluar dari permasalahan klien.

Buat Toko Online Sendiri

Nah, Juragan yang suka mendengarkan curhatan dan suka membantu orang lain keluar dari masalahanya, mungkin cocok dengan bisnis curhat ini. Bahkan modal yang dikeluarkan cukup sedikit, hanya perlu smartphone, kuota telefon dan jaringan untuk bisa berkomunikasi dengan klien.

Manfaat Jasa Curhat

Lantas, apa saja manfaatnya dari bisnis curhat? Berdasarkan beberapa penelitian psikologi, ternyata curhat bisa meringankan sedikit beban masalah seseorang, mereka akan merasa lebih lega meskipun hanya sedikit solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Berikut manfaat lebih jelasnya agar Juragan paham dengan bisnis ini:

Beban Pikiran Menjadi Ringan

Ketika kita curhat kepada seseorang yang dipercaya, pasti akan merasakan kelegaan walaupun hanya didengarkan saja. Kita cenderung lebih suka didengarkan daripada dibalas dengan kata-kata yang bisa memicu kekesalan hati.

Mencurahkan isi hati rupanya bermanfaat untuk meringankan beban pikiran dan perasaan yang mengganjal. Mental akan jauh lebih stabil, pikiran tenang karena tidak merasa sendiri. Fakta membuktikan bahwa seseorang yang sulit mengungkapkan emosi dan pikiran dengan baik, dapat meningkatkan tingkat stress dan depresi yang mengancam jiwa.

Perspektif Sudut Pandang Lain

Saat diri lebih memilih memendam pikiran dan emosi yang berkutat dalam benak, biasanya akan terasa semakin membuat sedih. Hal itu dikarenakan kita hanya memandang perspektif dari satu sisi yakni diri kita sendiri. Padahal, kita merupakan makhluk sosial yang punya terdiri atas perspektif masing-masing yang perlu saling dimaklumi.

Ketika mengutarakan isi hati kepada orang lain, mereka akan membantu kita menemukan pandangan baru bahwa apa yang kita rasakan belum tentu benar. Dengan begitu, kita merasa lebih posiitif memandang suatu hal dan beban pikiran menjadi berkurang.

Kepribadian Terbentuk

Mencurahkan isi hati dan pikiran kepada orang yang kita percaya ternyata bisa membentuk kepribadian kita, loh. Bagaimana bisa? Pada saat curhat, kita dapat bertukar pandangan, pemikiran dan argmen atas apa yang sedang jadi topik pembicaraan saat itu. Pribadi yang mau menerima akan terbentuk dalam diri kita lewat kritik dan saran yang diutarakan satu sama lain.

Dengan begitu, pribadi kita semakin open minded untuk bisa memberikan solusi atas permasalahan diri sendiri maupun orang lain. Hidup kita akan jauh lebih bermakna dan mudah mengucap syukur.

Sumber Motivasi dan Kekuatan

Jasa mendengarkan curhat bukan sekedar mendengarkan tanpa menelaah perasaan klien lebih jauh. Dengan mereka mengutarakan perasaan dan pikriran, Juragan bisa memberikan motivasi dan semangat agar mereka kuat menjalani permasalahan dalam hidup. Karena sejatinya kita hidup dalam

ujian yang tidak akan pernah usai sampai akhir menutup mata. Memberikan semangat dan kekuatan sangat berarti bagi mereka yang merasa tidak ada yang bisa mengerti kondisinya.

Suasana Hati Jauh Lebih Baik

Coba ingat kembali ketika Juragan selesai mengutarakan perasaan dan pikiran kepada keluarga atau saudara, pasti suasana hati jauh lebih baik bukan? Itulah alasan mengapa bisnis satu ini punya value lebih dalam meningkatkan kualitas hidup seseorang. Beberapa guyonan akan membumbui sesi curhat agar klien tersenyum dan meningkatkan mood menjadi lebih baik. Bukan tidak mungkin mereka menjadi manusia punya pribadi kuat dan lebih tegar menjalani hidup.

Tips Memulai Bisnis Curhat

Berangkat dari kebermanfaatan curhat bagi kesehatan mental dan kualitas hidup, tentu bisnis ini punya nilai lebih. Juragan yang mulai tertarik dengan bisnis unik satu ini bisa belajar mulai tipsnya berikut ini:

1. Konsep Bisnis

Tahap pertama memulia bisnis curhat yakni membuat konsep. Meskipun bisnis terlihat sepele, namun Juragan perlu membuat perencanaan yang matang agar bisnis nantinya bisa berkembang pesat. Sebagai contoh, bisa dimulai dengan menawarkan jasa kepada orang terdekat, membagikan kuesioner, melakukan perbaikan dari hasil kuesioner hingga menyediakan layanan berbasis digital.

2. Patuh Persyaratan

Sekali lagi, meskipun bisnis terlihat mudah dilakukan tapi Juragan harus mematuhi persyaratan izin dari lembaga terkait jika ingin membuka usaha dengan toko fisik. Temukan dan gali informasi lebih jauh soal persyaratan membuka jasa ini, siapa tahu bisa memulai karir dengan masuk di salah satu agency.

3. Terorganisir

Bahkan usaha jasa pendengar curhat perlu tetap teorganisir, tujuannya supaya bisnis punya tujuan jelas sehingga memberikan hasil yang memuaskan bagi klien. Customer yang nyaman bercerita atau curhat dengan mengandalkan jasa Juragan berpeluang besar untuk kembali kepada saat tidak bisa menyelesaikan permasalahannya seorang diri. Kedisiplinan dalam bisnis pun akan membantu klien lebih maksimal mendapatkan bantuan.

4. Punya Jaringan

Bisnis network rupanya punya peranan besar mengembangkan usaha, tak terkecuali bisnis curhat. Bayangkan saja jika Juragan membuka jasa atau layanan tanpa punya jaringan, tetu saja akan sedikit orang yang tahu bisnis unik ini. Merangkul jaringan luas bisa dimulai dari keluarga, kerabat atau rekan kerja, tawarkan jasa atau layanan kepada mereka.

5. Punya Tujuan

Selain berhasil mendapatkan jaringan yang cukup luas, sedari awal memulai usaha sangat perlu memiliki tujuan sebagai visi-misi mengembangkan bisnis curhat. Banyak dari kita menganggap sepele arti curhat, padalah ada banyak manfaat dari aktivitas tersebut, bahkan punya dampak besar di kehidupan seseorang. Tentukan tujuan bisnis, misalnya merangkul banyak klien, mendirikan start-up hingga merambah ke aplikasi.

6. Pemasaran & Promosi

Langkah satu ini harus ada di bisnis Juragan, jangan sampai dilupakan karena sistem pemasaran dan promosi akan meningkatkan branding dari layanan curhat. Tekankan kepada audiens meskipun curhat disini berbayar, tapi feedback yang diterima sangat bermanfaat di kemudian hari. Dengan begitu, mereka akan tertarik dan percaya mengutarakan perasaan dan pemikiran yang menjadi beban dalam hidup.

7. Sistem Kelola Keuangan

Nah, tahap ini tidak boleh dilupakan karena masalah keuangan bisa menjadi bom waktu jika tidak dikendalikan dengan baik. Begitu pun dengan bisnis, Juragan perlu memahami bahwa keuangan usaha punya dampak besar di kemudian hari, seperti modal, biaya bulanan yang harus dibayar untuk membeli kuota, bahkan rencana mengembangkan bisnis.

Peluang jasa curhat memang sekilas terlihat mudah dilakukan, namun pastikan punya dedikasi tinggi bagi kenyamanan klien. Agar konsentrasi sesi curhat tidak terganggu hanya karena bingung membagi waktu dengan mengelola keuangan bisnis, serahkan saja pada yang ahli di aplikasi gratis BukuWarung.

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download