JANGAN SAMPAI USAHA BANGKRUT Install aplikasi ini utk menghindari UNDUH
Atur Pembukuan Usaha Jadi Mudah

Istilah Kode Status Resi Pengantaran SiCepat Ekspres

Untuk mengetahui paket / barang Anda sudah sampai mana, Anda perlu melakukan cek resi. Saat cek resi SiCepat Ekspres, Anda akan melihat beberapa status kode pengiriman yang mungkin belum Anda pahami sebelumnya.

Nah, dalam tulisan ini, kami akan mengulas apa arti dari masing-masing kode yang muncul saat Anda cek resi. Selain itu, kami juga akan jelaskan apa saja layanan pengiriman barang dari SiCepat dan bagaimana cara mudah untuk melacak barang kiriman SiCepat Ekspres.

Penasaran? Mari kita mulai.

Kode Pengiriman SiCepat Ekspres

Saat Anda melacak barang sudah sampai mana di web cek resi, akan muncul kode pengiriman sesuai dengan kondisi barang ada di mana. Kode-kode tersebut memiliki arti tersendiri. Berikut rincian arti kode status pengiriman SiCepat Ekspres:

Manifested → Barang sudah berada di kantor SiCepat terdekat dan siap untuk dikirim.

Ingetin Pembayaran Jadi Gampang

On Transit → Barang sedang transit di kantor SiCepat kota lain, dan siap untuk dikirim ke kota tujuan.

On Process → Barang sedang dalam proses pengiriman menuju alamat tujuan.

Received on Destination (ROD) / Diterima di Perwakilan → Barang sudah berada di kantor pusat SiCepat di kota tujuan, dan siap dikirim ke kecamatan.

Delivered → Barang sudah sampai kepada penerima sesuai alamat tujuan.

Antar Ulang (AU) → Barang diantar ulang, kemungkinan karena hari sebelumnya belum sempat dikirim karena antrean barang yang menumpuk.

Bad Address (BA) → Alamat kurang jelas atau ada kesalahan penulisan (bisa nama dan nomor jalan, nomor rumah, nomor RT/RW, kecamatan, kode pos dll). Bisa juga karena nomor HP penerima tidak dapat dihubungi. Maka, barang akan dibawa kembali ke agen SiCepat.

Misroute → Rute pengiriman barang keliru. Maka, kurir akan segera membetulkan sesuai rute pengiriman yang sesuai alamat tujuan.

Closed One Delivery Attempt (CODA) → Barang sudah sampai alamat tujuan, namun ternyata tidak sesuai dengan data penerima. Bisa jadi alamat tersebut keliru.

Cnee Unknown → Nama penerima tidak dikenali, atau tidak tinggal di alamat yang dituju. Bisa jadi karena kesalahan penulisan nama penerima.

Not Home (NTH) → Barang sudah diantar sampai ke alamat tujuan, namun di rumah tersebut tidak ada satu orang pun yang menerima barang.

Layanan SiCepat Ekspres

Layanan pengiriman barang dari SiCepat Ekspres yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Meliputi Regular, Best, Cargo, COD, SiCepat Go, dan SiCepat Syariah. Berikut penjelasannya.

Regular → Layanan kirim barang SiCepat dengan estimasi waktu sampai paling cepat 15 jam hingga 2-3 hari. Khusus untuk 15 Jam Sampai adalah area pengiriman Jabodetabek dan Kota Bandung.

Best (Besok Sampai Tujuan) → Layanan kirim barang SiCepat dengan estimasi waktu sampai cuma 1 hari. Area pengiriman bisa ke seluruh kota di Indonesia. Harga lebih tinggi dibanding Regular.

Cargo → Layanan kirim barang SiCepat dengan harga yang lebih terjangkau, namun jumlah barang lebih banyak. Minimum beratnya 5 Kg, bisa mendapat fasilitas harga hemat 30% dan pick up. Estimasi waktu sampai 1-3 hari, berlaku untuk pengiriman ke seluruh kota di Indonesia.

Cash On Delivery (COD) → Layanan kirim barang SiCepat dengan metode pembayaran setelah sampai di alamat tujuan, alias COD. Area pengiriman terbatas pada Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta; dengan estimasi jarak dan waktu maksimal 8 jam pengantaran.

SiCepat Go → Layanan kirim barang SiCepat ke luar negeri dengan harga yang lebih terjangkau dan estimasi waktu pengiriman lebih cepat. Bisa pakai layanan pick up. Khusus untuk wilayah Jabodetabek, Denpasar, Surabaya, dan Bandung.

SiCepat Syariah → Layanan bagi-bagi rejeki dari SiCepat dengan cara donasi 2,5% dari diskon ongkir yang didapat oleh Sahabat SiCepat. Donasi diberikan kepada pesantren dan sekolah literasi yang berada di Lombok dan Cilacap. Program ini bekerja sama dengan Dompet Dhuafa.

Cara Cek Resi SiCepat

Langkah untuk cek resi SiCepat, supaya Anda tau barang yang dikirim sudah sampai mana. Bisa lewat web resmi SiCepat atau web cek resi. Berikut langkah mudahnya.

Untuk cek resi menggunakan web resmi, ikuti langkah di bawah:

  1. Copy URL berikut → sicepat.com/checkAwb
  2. Isikan No Resi SiCepat. Anda bisa menambah nomor dengan menekan tombol + Tambah Resi Baru. Maksimal bisa menambah sampai 10 nomor resi.
  3. Klik tombol Lacak.

Untuk cek resi SiCepat menggunakan web cek resi, ikuti langkah di bawah:

  1. Masuk ke laman berikut → Cek Resi
  2. Pada menu Pilih Kurir, pilih Ekspedisi SiCepat.
  3. Pada kolom resi, isikan Nomor Resi SiCepat.
  4. Klik tombol Lacak.
  5. Selesai!

Kini Anda sudah berhasil melacak paket barang yang Anda kirim menggunakan SiCepat Ekspres; sudah sampai di kota hingga kecamatan mana. Setelahnya, Anda bisa menunggu untuk diantar ke rumah, atau menjemput paket di kantor SiCepat terdekat.

Nah, itu dia tadi, ya. Seputar istilah kode status pengiriman SiCepat Ekspres, berikut pula layanan dan cara cek resi. Mudah-mudahan bisa membantu mempermudah aktivitas belanja online Anda 🙂