Download Gratis
Butuh bantuan?
download aplikasi bukuwarung

Kenali Perbedaan Prabayar dan Pascabayar Serta Keuntungannya

Juragan sudah tahu apa perbedaan prabayar dan pascabayar? Coba simak artikel ini. Smartphone seperti sudah menjadi kebutuhan pokok selain sandang dan pangan. Hampir semua kegiatan bisa dilakukan menggunakan smartphone. Untuk menunjang penggunaan smartphone agar dapat beroperasi dengan baik, pemilihan provider menjadi hal yang patut dipertimbangkan.

Di Indonesia terdapat dua jenis kartu SIM yang ditawarkan oleh provider yang dapat digunakan masyarakat, yaitu kartu prabayar dan pascabayar. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Sesuai dengan namanya, kata pra memiliki arti sebelum, sedangkan pasca memiliki arti sesudah. Jika Juragan menggunakan kartu prabayar, maka Juragan harus membayar terlebih dahulu baru bisa menggunakan layanan yang ditawarkan. Berbeda jika Juragan memilih layanan pascabayar, Juragan bisa menggunakan layanan terlebih dahulu, baru membayar tagihan.

Tidak ada perbedaan yang berarti, hanya pada waktu pembayarannya saja. Namun, penggunaan kartu pascabayar lebih diminati karena tidak perlu ribet mengurus administrasi karena seluruh data sudah terekam secara otomatis oleh sistem.

Jika Juragan tertarik dengan penawaran paket dengan harga murah, kartu prabayar sangat cocok untuk jadi pilihan. Selain perbedaan tersebut, masing-masing layanan kartu memiliki kekurangan dan kelebihan.

Baca juga : Perbedaan Listrik Prabayar dan Pascabayar

Perbedaan Prabayar dan Pascabayar

Berikut Ulasan Mengenai Perbedaan Prabayar dan Pascabayar Serta Kelebihan dan Kekurangan

A. Kartu Prabayar

Kelebihan :

  1. Lebih simple dan praktis  karena tidak perlu repot membayar tagihan setelah menggunakan layanan.
  2. Mengaktifkan kartu cukup mudah. Juragan hanya perlu memasukkan NIK KTP dan nomor kartu keluarga. Selanjutnya, Juragan dapat menikmati layanan kartu prabayar.
  3. Juragan dapat mengaktifkan kembali layanan kapanpun dan mengisi ulang pulsa dengan nominal sesuka Juragan. Setiap provider memiliki range harga yang berbeda untuk tiap jenis layanan yang ditawarkan.

Kekurangan :

  1. Pada kartu prabayar, Juragan tidak dapat memilih nomor handphone sendiri. Yang artinya Juragan hanya dapat menggunakan nomor yang sudah dipilihkan atau ditawarkan perusahaan.
  2. Harga kalkulasi paket lebih mahal jika dibandingkan dengan kartu pascabayar. Pengeluaran untuk membeli paket akan meningkat, seiring dengan meningkatnya kebutuhan atas layanan di handphone.
  3. Tidak ada informasi mengenai banyak pulsa yang digunakan. Jika Juragan menggunakan layanan yang membutuhkan kuota tinggi, Juragan juga harus menyiapkan pulsa yang lebih banyak.

B. Kartu Pascabayar

Kelebihan :

  1. Juragan dapat mengatur limit penggunaan. Dimana jika jumlah pemakaian sudah melebihi batas, Juragan bisa menghentikan penggunaannya untuk menghindari pembengkakan tagihan.
  2. Jaringan layanan pascabayar cenderung lebih stabil dan luas jika dibandingkan dengan layanan prabayar.
  3. Harga paket kartu pascabayar cenderung lebih murah.
  4. Jika Juragan malas bolak-balik mengisi pulsa, kartu pascabayar cocok untuk Juragan. Sebab pembayaran tagihan akan diberikan di akhir bulan.
  5. Jika menggunakan layanan kartu pascabayar, Juragan akan memperoleh kesempatan untuk memilih nomor sendiri. Juragan dapat memilih nomor yang mudah diingat atau nomor cantik.

Kekurangan :

  1. Juragan akan dihadapkan pada pendaftaran yang cukup rumit, karena data yang dibutuhkan akan lebih kompleks.
  2. Juragan akan sedikit mengalami gangguan, seperti mendapatkan SMS atau telepon dari beberapa perusahaan. Misalnya, perusahaan asuransi atau bank yang ingin menawarkan produknya.

Selain itu, penunjang penggunaan smartphone untuk komunikasi ialah pulsa. Pulsa bekerja sebagai alat satuan perhitungan biaya telepon. Dengan pulsa, Juragan dapat menikmati layanan seluler yang ada di smartphone.

Hampir sama dengan kartu, pulsa juga dibedakan menjadi pulsa prabayar dan pascabayar. Sesuai dengan namanya, pulsa prabayar harus dibayarkan lebih dahulu sebelum digunakan.

atur keuangan usaha

Sedangkan pulsa pascabayar, sifatnya seperti ‘berlangganan’ karena Juragan akan terikat kontrak dengan provider untuk membayar tagihan penggunaan pulsa di akhir bulan. Dengan menggunakan pulsa pascabayar Juragan dapat mengatur dan mengendalikan pemakaian pulsa. Baik pulsa prabayar dan pascabayar, keduanya dapat di beli melalui agen pulsa, ATM, m-banking, e-commerce atau aplikasi yang menyediakan fitur pembayaran layanan pulsa. 

Dari penjelasan diatas,  dapat kita simpulkan bahwa pulsa sudah  menjadi kebutuhan untuk masyarakat. Kebutuhan tersebut dapat dimanfaatkan sebagai peluang bisnis. Dengan aplikasi BukuWarung Juragan dapat memperoleh keuntungan dengan berjualan pulsa prabayar maupun pascabayar.

Baca Juga : Rekomendasi Aplikasi PPOB Terbaik Terlengkap dan Termurah

atur keuangan usaha

Bagaimana cara menjadi agen pulsa melalui aplikasi BukuWarung? Tentu dengan cara yang mudah dan praktis.

Cara Menjadi Agen Pulsa di BukuWarung

  1. Unduh Aplikasi BukuWarung

Juragan dapat mengunduh aplikasi BukuWarung di Playstore ataupun AppStore melalui Smartphone Juragan.

  1. Pilih Operator dan Metode Pembayaran

Selanjutnya, Juragan dapat memilih operator dan metode pembayaran yang akan dipakai. Untuk operator, BukuWarung sudah menyediakan pulsa dari berbagai operator dan jumlah minimum pulsa. Juragan bisa memilih operator yang Juragan inginkan.

Untuk metode pembayaran, BukuWarung menyediakan layanan pembayaran menggunakan Virtuall Account dan E-Wallet. Virtual Account merupakan metode pembayaran yang bisa dilakukan antar bank.

Berbeda dengan bayar lewat bank biasa, bayar melalui bank Virtual Account lebih cepat dan dapat dilakukan dimana saja.

  1. Atur Harga

Juragan dapat mengatur harga sesuai dengan keinginan Juragan. Dengan memasukkan harga jual, maka transaksi pulsa yang Juragan lakukan akan langsung masuk ke fitur Transaksi sebagai pemasukan. Jika Juragan tidak memasukkan harga pulsa, maka transaksi pulsa yang Juragan lakukan akan masuk sebagai pengeluaran di fitur transaksi.

  1. Lakukan Promosi

Dengan melakukan promosi, Juragan bisa menambah pelanggan serta mengenalkan bisnis Juragan ke banyak orang. Di BukuWarung, Juragan dapat mempromosikan bisnis Juragan dengan memakai kartu nama digital. Untuk membuatnya, perhatikan langkah-langkah berikut :

  • Pilih menu Lainnya pada halaman Menu Utama
  • Juragan dapat klik menu Kartu Nama, kemudian masukkan beberapa informasi penting didalamnya, misalnya Nama Usaha, Nama Lengkap, serta Nomor Hp.
  • Juragan bisa menambahkan alamat email, lokasi dan slogan bisnis pulsa Juragan.
  • Langkah terakhir, klik tombol Simpan. Kartu nama digital resmi dibuat.
  • Untuk membagikan kartu nama digital, Juragan hanya perlu klik ikon Bagikan, lalu Juragan dapat membagikan kartu nama Juragan di berbagai sosial media.

Untuk proses transaksi jual-beli pulsa di BukuWarung, Juragan dapat mengikuti cara berikut :

  • Masuk ke menu Pembayaran, kemudian klik ikon Pulsa.
  • Juragan dapat memasukkan nomor HP pelanggan secara manual atau Juragan dapat mencari lewat Daftar Pelanggan.
  • Kemudian pilih nominal pulsa yang dipesan, serta harga jual yang telah ditetapkan.
  • Pilih menu Mode Bayar, lalu Juragan tekan tombol Bayar Modal.
  • Lakukan pembayaran dengan batas waktu maksimal 30 menit, jika dalam waktu tersebut pelanggan tak kunjung bayar maka transaksi pulsa dianggap batal.

Transaksi jual-beli pulsa di BukuWarung mudah dan menguntungkan. Juragan dapat memulai bisnis dengan aplikasi BukuWarung. Semoga penjelasan diatas dapat membantu Juragan.

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download