Download Gratis
Butuh bantuan?

Info Lengkap Tentang Kewirausahaan

Kewirausahaan adalah suatu keahlian atau kemampuan pelaku usaha yang biasanya disebut wirausahawan yang akan membuat atau mendirikan usaha pribadi dan menyiapkan semua yang dibutuhkan untuk keperluan usahanya secara mandiri dan menerima resiko yang akan ditemuinya ketika memulai usaha.

Secara pribadi wirausahawan harus mempunyai sikap pantang menyerah dalam menghadapi berbagai resiko.

Buat Toko Online Sendiri

Wirausaha adalah suatu proses seseorang membuka usaha yang dimulai dari mengidentifikasi pasar dan mengembangkan ide yang sudah ada.

Selain itu menentukan bagaimana memproduksi suatu ide tersebut, hingga mengenali produk tersebut dan juga memasarkannya serta menerima berbagai resiko yang akan terjadi.

Tujuan Wirausaha

Tujuan dari wirausaha yaitu pelaku usaha dapat membantu orang-orang di sekitar yang sedang menganggur atau yang memang membutuhkan pekerjaan, menghasilkan suatu produk jadi.

Bertujuan juga untuk meningkatkan nilai harganya dari yang sebelum diolah, mensejahterakan masyarakat. Untuk membuat jiwa seorang wirausahawan memiliki jiwa tanggung jawab tinggi, kompeten tinggi, kreatif dan inovatif.

Jika definisi kewirausahaan adalah mencakup kemampuan pelaku usaha dalam menerima berbagai resiko berbeda dengan definisi wirausaha.

Definisi wirausaha adalah suatu kegiatan usaha yang memanfaatkan sumber daya yang ada untuk dibuat menjadi suatu produk yang lebih bermanfaat untuk orang banyak.

Dengan menentukan bagaimana cara membuat produk tersebut agar lebih bermanfaat, menyusun anggaran untuk operasi agar menghasilkan produk tersebut dan juga memasarkan produk tersebut ke pasar atau khalayak ramai.

Wirausaha juga mempunyai karakteristik, antara lain wirsausaha mempunyai banyak ide kreatif dan inovatif untuk menghasilkan suatu produk yang mempunyai nilai jual tinggi.

Adanya mempunyai tanggung jawab tinggi dan jiwa pantang menyerah, mempunyai jiwa kreatif yang tinggi, kepemimpinan tinggi, motivasi tinggi dan masih banyak lagi karakteristik dari wirausaha.

Nah kita sudah mengetahui definisi wirausaha adalah kegiatan usaha yang dimulai dari identifikasi pasar hingga memasarkannya, selanjutnya apa saja kelebihan dan kekurangan wirausaha?

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan kewirausahaan adalah dapat membuka lapangan pekerja untuk masyarakat yang membutuhkan pekerjaan atau mensejahterakan masyarakat, dapat membaca pasar.

Pastinya akan mendapatkan keuntungan yang besar, mengasah jiwa kreativitas, inovatif dan potensi dalam diri wirausahawan dan masih banyak lagi.

Sedangkan kekurangan dari wirausaha adalah berbagai macam resiko yang dihadapi contohnya resiko kerugian atau kehilangan investasi, jika memiliki manajemen yang kurang baik maka dapat beresiko pada penghasilan.

Yang tidak pasti, dapat terjadi ketidakcocokan antara karyawan. Pastinya pelaku usaha tidak ingin usahanya mengalami kegagalan. Mari mengetahui apa saja faktor keberhasilan dalam menjalani hidup sebagai wirausaha. Faktor keberhasilan menjadi wirausaha antara lain :

  • Pelaku usaha harus memiliki kemauan untuk usahanya berhasil dan tentunya tekad yang tinggi,
  • Dapat membaca dan memahami pangsa pasar,
  • Memiliki jiwa kreatif yang tinggi dan inovatif,
  • Memiliki jaringan teman yang luas sehingga dapat memasarkan produk secara luas,
  • Tentunya memiliki pengetahuan tentang basic berbisnis,
  • Memiliki mental yang kuat,
  • Memiliki modal yang cukup.

Contoh dari wirausaha yang ada di sekeliling kita sangatlah banyak. Contohnya ada café, toko baju, florist, laundry, toko kelontong atau sembako, fotocopy, startup, dan lain-lain yang biasanya kita temui disekitar kita.

Wirausaha juga tidak lepas dari kata manajemen usaha, berbicara mengenai manajemen suatu usaha pastinya terdapat kekhawatiran sendiri bagi para pelaku usaha.

Seperti takut lupa meletakkan buku transaksi masuk dan keluar, takut lupa meletakkan buku stok masuk dan keluar atau bahkan takut laporan keuangan usahanya tidak balance karena salah hitung.

Karena zaman semakin canggih, apalagi sekarang semua serba digital jadi kita tidak perlu khawatir akan kesusahan mencatat pengeluaran dan pemasukan, atau kesulitan mencatat stok.

Baik itu barang masuk dan keluar, serta takut salah pencatatan mengenai laporan keuangan usaha atau laporan keuangan tidak balance. Sekarang tidak usah khawatir, ada BukuWarung.

Sebuah aplikasi untuk mempermudah dalam berwirausaha. Di dalam aplikasi ini terdapat berbagai macam fitur yang sangat amat membantu pelaku usaha untuk mencatat keuangan usahanya.

Pelaku usaha tidak perlu khawatir mengenai catatan yang tercecer, hilang atau lebih parahnya salah menghitung.

Di BukuWarung ini dapat mencatat transaksi baik itu pemasukan atau pengeluaran atau transaksi yang menyangkut penjualan.

Di BukuWarung juga dapat mengelola transaksi penjualan, mengelola stok barang, segala bentuk pembayaran digital dan juga utang piutang agar memudahkan pelaku usaha untuk mengelola manajemen usahanya.

Tidak perlu khawatir lagi laporan keuangan akan salah hitung, di BukuWarung laporan keuangan akan secara otomatis tercatat dan tentunya juga akurat, jadi tidak perlu khawatir jika laporan keuangan usahanya tidak balance.

Karena BukuWarung adalah solusinya. Pelaku usaha juga tidak perlu khawatir apakah BukuWarung ini aman dan akurat.

Karena BukuWarung sudah berdiri sejak 2 tahun dan memiliki banyak investor yang memiliki nama besar yaitu ada Sampoerna, Tanglin Venture Partners, East Ventures dan masih banyak lagi investor ternama.

BukuWarung juga melayani dari sabang hingga merauke di seluruh Indonesia, tersedia di 750 lebih lokasi. Dengan menggunakan BukuWarung akan menghemat waktu dan pastinya lebih efisien dan apalagi sekarang sedang ada wabah covid-19, BukuWarung menyediakan pembayaran digital demi mengurangi kontak fisik.

Di BukuWarung pelaku usaha dapat mencatat stok barang masuk atau keluar. Di BukuWarung ada fitur yang dapat otomatis mengelola stok barang. Jadi pelaku usaha atau wirausahawan tidak perlu khawatir lagi takut jika transaksi barang masuk dan keluar tercecer atau hilang.

Karena BukuWarung dapat mencatat daftar stok produk apa saja. Jika ada produk keluar atau masuk maka nanti aplikasi BukuWarung ini akan mengupdate sendiri secara otomatis.

Canggih bukan. Selain itu pelaku usaha tidak perlu takut bagaimana menghitung keuntungan atau kerugian pada dagangannya. Karena di BukuWarung menyediakan dan dapat memantau keuntungan atau kerugian pada laporan keuangan.

Jika pelaku usaha juga mempunyai kekhawatiran akan pelanggan lupa melunasi hutangnya. Di BukuWarung terdampar pengingat hutang otomatis, jadi pelaku usaha tidak perlu khawatir nanti BukuWarung akan mengirimkan pesanan tagihan hutangnya kepada pelanggan.

Dari penjelasan diatas kita dapat mengetahui apa itu wirausaha dan kewirausahaan. Kewirausahaan adalah kemampuan atau sikap seorang pelaku usaha yang akan mendirikan usaha dan sikap menerima berbagai resiko yang akan pelaku usaha temui di kedepannya.

Dan kita juga mengetahui ada sebuah aplikasi yaitu BukuWarung yang menjadi solusi bagi pelaku usaha untuk membuka usahanya. Juga berbagai macam kegunaan BukuWarung yang memudahkan pelaku usaha dalam manajemen usahanya.

Mengenai informasi lebih lanjut tentang BukuWarung, kalian dapat mengunjungi melalui website resminya BukuWarung, yaitu bukuwarung.com atau ingin mengetahui bagaimana cara mendapatkan aplikasi ini, kalian bisa langsung mendownload BukuWarung di google playstore secara gratis.

Tunggu apalagi. Segera download aplikasi BukuWarung di play store kalian!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download