Download Gratis
Butuh bantuan?

Sulitkah Memulai Bisnis Hijab? Cek Tipsnya

Hijab adalah pelengkap pakaian wanita muslim yang kini menjadi bagian dari fashion. Tren hijab di Indonesia cukup tinggi peminatnya sehingga bisnis hijab menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan apalagi untuk usaha rumahan ibu rumah tangga. Apakah Juragan sedang mempertimbangkan untuk memulai bisnis hijab? Juragan berada di artikel yang tepat sebab di sini akan membahas mengenai serba-serbi dalam memulai usaha hijab.

1. Menentukan Brand

menentukan brand
pexels.com

Ketika Juragan ingin memulai bisnis apa pun termasuk bisnis hijab penting untuk menentukan brand. Brand yaitu nama merek atau nama toko online Juragan yang selanjutnya akan digunakan untuk memasarkan produk ke pelanggan. Mengapa brand penting? Sebab, tanpa brand bisnis Juragan tidak akan mempunyai ciri khas di mata pelanggan.

Brand membantu pelanggan mengenali dan mengingat bisnis Juragan dan membedakannya dengan kompetitor. Juragan bisa membangun bisnis hijab brand sendiri dengan membuat produk hijab yang memiliki keunikan. Ketika Juragan membuat nama brand pastikan nama tersebut belum digunakan

Manfaat Pakai Aplikasi BukuWarung

oleh brand lain ya. Nama brand harus unik dan mempresentasikan bisnis hijab Juragan. Selain nama brand, siapkan juga logo brand.

2. Menentukan Produk yang Ditawarkan

produk hijab
hipwee.com

Hijab kini telah menjadi bagian dari fashion, begitu banyak jenis hijab yang ada di pasaran. Contohnya seperti hijab syari, hijab segi empat, hijab instan, pashmina dan sebagainya. Setiap jenis hijab tentu punya keunggulan serta keunikan masing-masing. Setiap jenis hijab juga punya target pelanggan yang bisa berbeda-beda.

Maka dari itu, penting bagi Juragan untuk menentukan jenis hijab seperti apa yang akan dijual nantinya. Untuk permulaan bisnis apalagi jika budget usaha terbatas Juragan bisa fokus pada 1-2 jenis hijab terlebih dahulu. Pilih jenis hijab yang cukup populer menurut tren saat ini dan jadikan produk tersebut sebagai produk unggulan Juragan.

3. Menentukan Target Pasar Potensial

target pasar
fastwork.id

Juragan sudah tahu hendak menjual jenis hijab yang mana? Sekarang saatnya menentukan siapa target pasar yang kira-kira cocok dengan produk yang Juragan tawarkan. Menentukan siapa target pasar juga akan berpanguh dalam strategi pemasaran bisnis Juragan.

Contohnya jika target pelanggan adalah wanita muda usia 17-25 tahun maka warna-warna kalem atau warna pastel akan sangat cocok. Wanita muda biasanya menyukai warna polos yang netral dan hijab-hijab simpel atau hijab instan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai target pasar dan jenis produk yang cocok dengan target pasar Juragan perlu melakukan riset pasar.

Riset pasar sebenarnya tidak sulit, cara yang cukup sederhana untuk melakukan riset pasar ketika mulai bisnis hijab yaitu dengan melihat tren di media sosial. Juragan bisa mengecek beberapa brand hijab yang populer dan menganalisis tren hijab saat ini seperti apa. Selanjutnya, buatlah inovasi hijab yang unik berdasarkan tren pasar saat ini.

4. Perhatikan Kualitas

kualitas
wikipedia.org

Kualitas produk sangat penting dalam menarik minat pelanggan dan mendapatkan kepercayaan pelanggan khususnya bagi bisnis hijab pemula. Pelajari beberapa jenis bahan hijab yang ada dipasaran kemudian pilihlah bahan hijab yang cocok berdasarkan jenis hijab yang ingin Juragan pasarkan. Beberapa jenis bahan hijab yang saat ini cukup populer yaitu bahan sifon, wolfis, ceruti, rayon dan lain-lain.

Dalam menentukan harga Juragan perlu menyesuaikan dengan kualitas agar pelanggan merasa puas. Sebelum menentukan harga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu hitung modal untuk 1 helai hijab kemudian sesuaikan dengan daya beli target konsumen, ya. Jika Juragan merasa ragu dalam menentukan harga coba lakukan riset pasar melalui marketplace. Cek harga hijab yang mempunyai kualitas hampir sama dengan yang Juragan akan jual.

5. Ciri Khas Produk

ciri khas
pinterest.com

Cara supaya produk hijab yang Juragan jual dapat bersaing di pasar dengan baik adalah produk hijab tersebut harus punya ciri khas dan keunggulan dibandingkan brand hijab yang sudah ada. Ciri khas produk dapat bermacam-macam, misalnya dari bahan yang digunakan, motif dan sebagainya. Berikan keunggulan produk sebagai salah satu bentuk nilai jual dan modal untuk bersaing di pasar.

Keunggulan produk bisa dengan bahan yang adem dan nyaman dipakai seharian. Bisa juga dengan berinovasi menggunakan kemasan yang ramah lingkungan. Ya, masih banyak ciri khas produk atau keunggulan produk yang dapat Juragan tonjolkan untuk menarik minat pelanggan dan menjadi pembeda dengan bisnis hijab lainnya.

6. Manfaatkan Media Online

sosial media
merchant.id

Berjualan di media online adalah solusi yang mudah dan menjanjikan untuk memulai bisnis hijab. Sebagai permulaan Juragan bisa memasarkan produk melalui marketplace dan media sosial. Berjualan di marketplace dan media sosial tak perlu keluarkan modal banyak yang penting konsisten dalam mengelola dan sering update produk agar toko online Juragan aktif. Gunakan foto produk yang cantik dan asli juga deskripsi produk yang jelas untuk menarik minat pembeli. Jika Juragan punya budget lebih Juragan dapat membuat website toko online sehingga bisnis terlihat lebih kredibel.

7. Strategi Promosi

promosi
pexels.com

Selain untuk jualan media online seperti sosial media juga bisa digunakan untuk berpromosi. Buatlah strategi promosi yang soft selling di media sosial sehingga target pelanggan tidak merasa terganggu dengan konten promosinya. Contohnya membuat konten tips atau tutorial hijab di media sosial menggunakan produk yang Juragan jual. Dengan demikian, pelanggan akan lebih menyukai konten promosi sehingga secara tidak langsung ikut tertarik dengan produk yang ditawarkan.

Strategi promosi untuk toko yang baru dibuka bisa berupa promod diskon terbatas. Juragan juga bisa membuat giveaway di media sosial untuk menjaring lebih banyak target konsumen baru. Strategi promosi yang tepat dan menarik akan membuat bisnis Juragan lebih cepat dikenal banyak orang dan penjualannya semakin baik.

8. Pelayanan yang Baik

pelayanan
pexels.com

Tips memulai bisnis yang tak boleh dilupakan adalah memberikan pelayanan yang baik bagi konsumen. Juragan pasti senang bukan jika pelanggan menjadi loyal terharap bisnis Juragan. Ya, salah satu cara membuat pelanggan menjadi loyal dan kembali membeli produk Juragan adalah dengan memberikan pelayanan yang baik dan responsif.

Siapkan FAQ di media sosial atau website toko online supaya memudahkan pelanggan. Dalam perjalanan bisnis Juragan akan bertemu berbagai macam pelanggan, pastikan untuk selalu ramah dan profesional.

Bagaimana Juragan sudah siap memulai bisnis hijabnya? Ketika memulai bisnis tentu perlu ketekunan dan optimisme agar bisnis dapat terus berkembang. Jangan ragu untuk memulai berinovasi tentang

bisnis atau produk yang Juragan tawarkan, ya. Jika Juragan ingin lebih mudah dalam mengelola bisnis, yuk gunakan aplikasi BukuWarung!

Aplikasi BukuWarung cocok untuk Juragan yang ingin memulai bisnis hijab karena menawarkan kemudahan dalam pencatatan transaksi keuangan. Ada pengingat pencatatan, laporan keuangan dan lain-lain. Mau tahu lebih banyak tentang BukuWarung cek website BukuWarung.com!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download