Download Gratis
Butuh bantuan?

Mengapa Juragan Perlu Membuat Pembukuan Usaha?

Artikel ini merupakan hasil kerja sama antara BukuWarung dan Modalku.

Sebagai seorang pedagang, membuat pembukuan usaha menjadi hal yang penting. Lalu lintas uang yang beredar di toko Juragan dapat tercermin dari catatan tersebut.

Buat Toko Online Sendiri

Tanpa pembukuan, pedagang akan menemui banyak kesulitan, seperti pengeluaran yang tidak terkontrol hingga stok barang yang telat. Tentu Juragan tidak ingin hal ini terjadi, bukan? 

Juragan pedagang toko online? Inilah cara mengelola stok barang untuk Juragan!

Manfaat Pakai Aplikasi BukuWarung

Oleh karena itu, membuat catatan keuangan atau pembukuan adalah keharusan. Selain dapat mencerminkan lalu lintas keuangan, inilah 6 alasan mengapa Juragan perlu membuat pembukuan usaha!

1. Memudahkan analisis keuangan usaha

Secara definisi, pembukuan merupakan pencatatan transaksi keuangan ke dalam catatan akuntansi. Transaksi meliputi penjualan, pembelian, pendapatan, dan pengeluaran oleh perseorangan maupun organisasi.

Bermodalkan pembukuan ini, Juragan dapat melakukan analisis keuangan usaha. Apakah bisnis Juragan sehat? Atau sedang kurang baik? Semuanya dapat tercermin dalam pembukuan usaha Juragan.

Tanpa adanya pembukuan? Mustahil Juragan dapat memastikan kesehatan usaha. Juragan juga sulit memastikan milestone yang sudah dicapai, naik turunnya omzet, hingga angka penjualan yang angkanya fluktuatif.

Pembukuan usaha ibarat peta bagi seorang pelaut, tanpanya Juragan akan berjalan tak tentu arah. 

 2. Mengontrol perkembangan bisnis

Sejalan dengan poin sebelumnya, setelah memastikan kesehatan keuangan usaha, Juragan pun dapat memantau perkembangan bisnis. Adakah peningkatan penjualan?

Apakah labanya juga naik? Atau produk mana yang paling laris? Semuanya dapat Juragan ketahui dengan mudah dengan memiliki pembukuan usaha.

Tanpa pembukuan, Juragan hanya menduga-duga bahwa bisnis Juragan berkembang. Pembukuan akan memberi validasi apakah usaha Juragan benar-benar berkembang atau tidak.

Jika sudah dilihat dan ternyata usaha Juragan tergolong stagnan, maka Juragan pun mantap untuk mengambil tindakan agar bisnis tetap melaju.  

3. Sumber informasi untuk mengambil keputusan

Banyak hal yang diceritakan oleh catatan pembukuan usaha. Mulai dari penjualan, catatan arus kas, hingga laporan laba rugi. Tentu semua informasi tersebut sangat berguna untuk mengambil keputusan bisnis.

Misalnya, saat salah satu produk penjualannya kurang dan mengakibatkan kerugian, maka Juragan dapat memutuskan untuk tidak mengurangi stok barang tersebut. Atau bisa juga dengan mengubah peletakan barang jadi lebih terlihat.

Pengambilan keputusan tentu menjadi hal yang sangat krusial dalam bisnis. Jika salah, akibatnya bisa fatal. Oleh karena itu, diperlukan informasi yang valid sebagai pijakan dalam mengambil keputusan, yaitu pembukuan usaha.

4. Melancarkan proses pelaporan pajak usaha

Dengan pembukuan yang rapi, Juragan juga dapat lebih mudah melaporkan pajak tahunan Juragan. Pajak usaha wajib dilaporkan tiap tahun dan membutuhkan angka-angka yang harus diisi.

Bagaimana Juragan bisa mengisi formulir pajak, jika tidak punya pembukuan yang rapi? Tentu tidak mungkin mengarang bukan? Bersumber dari pembukuan usaha lah, besaran pajak usaha Juragan ditetapkan.

5. Lebih mudah mendapat sumber permodalan

Siapa yang tidak butuh modal usaha? Semua bisnis pasti membutuhkan formula yang satu ini. Bagai kendaraan, modal adalah bahan bakar untuk mengembangkan bisnis serta melipatgandakan keuntungan.

Tak cuma di awal bisnis, tapi saat bisnis sedang berjalan, modal usaha tetap diperlukan. Misalnya, untuk melakukan ekspansi usaha atau membuka toko cabang baru.

Pembukuan usaha yang rapi akan memudahkan Juragan mendapat pinjaman modal usaha, baik itu pinjaman dana tunai maupun pinjaman seperti Paylater Modalku Virtual Credit.

Sebagai nyawa dari bisnis perdagangan, pedagang pasti senang jika barang dagangannya laku. Namun, jika tidak di restock, pembeli akan pergi ke pedagang lain. Oleh karena itu, stok barang tidak boleh telat.

Masalahnya tidak semua pedagang punya modal berlimpah untuk menjaga stok. Apalagi jika skala usaha Juragan masih tergolong UMKM, stok barang sering menjadi kendala.

Dengan Paylater Modalku Virtual Credit, Juragan bisa mengambil stok dari supplier di e-commerce langganan, kemudian baru bayar 30 hari kemudian. Sangat membantu bukan?

Apalagi jika dagangan Juragan termasuk produk fast moving. Barang bisa saja habis sebelum 30 hari, sehingga pembayaran pinjaman terasa pun makin mudah.

6. Pembukuan Menjadi Pemisah Aset Bisnis & Aset Pribadi

Mungkin perkara memisahkan aset ini terdengar sepele, tapi jika tidak dilakukan akan menyulitkan bisnis Juragan di kemudian hari. Biasanya, pedagang pemula tidak memisahkan antara aset pribadi dan aset bisnis.

Namun, seiring waktu saat bisnis makin besar, keduanya harus dipisahkan.

Pemisahnya adalah pembukuan usaha yang rapi dan profesional. Aset bisnis akan tertera dengan jelas karena dibeli dengan uang hasil usaha. Bukan kantong pribadi Juragan.

Lantas, bagaimana jika sudah tercampur? Segera rapikan pembukuan usaha dan tentukan, apakah aset tersebut mau Juragan dedikasikan untuk usaha atau tetap jadi aset pribadi Juragan.

Tak cuma memisahkan aset, memisahkan rekening juga penting agar bisnis semakin rapi dan profesional. Nah, pembukuan usaha menjadi dasar untuk pemisahan ini, jika sudah terlanjur tercampur.

Dengan rekening usaha dan pribadi yang terpisah, Juragan juga telah mengelola dana operasional dan modal usaha dengan lebih baik.

Itulah berbagai alasan untuk melakukan pembukuan usaha bagi pedagang. Segera lakukan atau merapikan pembukuan usaha, sehingga usaha Juragan dapat maju dan naik kelas.

Agar lebih mudah melakukan pembukuan, silakan unduh Aplikasi BukuWarung langsung via Play Store. Selamat mencoba!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download