BukuWarung Catat Keuangan Usaha Mudah UNDUH
Atur Pembukuan Usaha Jadi Mudah

Menjadi Star Seller di Shopee

Menjadi Star Seller di Shopee – Shopee adalah salah satu marketplace dengan pengguna terbanyak di Indonesia. Situs belanja yang identik dengan warna oranye ini telah dikunjungi sebanyak 72,9 juta kali dalam 3 bulan terakhir 2019.

Hal ini menjadi peluang yang bagus untuk Anda yang menjadi penjual di Shopee. Namun kepopuleran marketplace tak menjadi penentu kesuksesan Anda dalam menjadi seller.

Untuk meningkatkan penjualan, Anda perlu mencapai level “Star Seller”. Pembeli merasa lebih percaya kepada toko dengan predikat tersebut. lalu, bagaimana cara menjadi star seller di Shopee? Silahkan simak bahasan detailnya dari BukuWarung berikut ini.

Syarat dan Cara Menjadi Star Seller di Shopee

Syarat dan Cara Menjadi Star Seller di Shopee

Ingetin Pembayaran Jadi Gampang

Menjadi star seller adalah keinginan hampir semua seller di Shopee. Pasalnya penjualan bisa naik secara drastis ketika sudah memiliki gelar star seller. Penghasilan yang didapatkan pun akan semakin banyak.

Untuk menjadi seorang star seller, ada beberapa ketentuan dan juga syarat yang wajib untuk Anda penuhi. Syarat yang paling utama adalah Anda harus sudah memiliki toko di Shopee terlebih dahulu. Perhatikan penjelasan berikut ini supaya Anda lebih memahaminya.

1. Melakukan Verifikasi KTP

Syarat pertama yang wajib untuk dilalukan seller adalah verifikasi identitas berupa KTP. Langkah ini berguna untuk memastikan bahwa Anda sendiri yang mengelola toko dan tidak menggunakan nama orang lain.

Verifikasi identitas juga sangat penting untuk mengurangi tindakan penipuan yang bisa saja dilakukan oleh seller. Dengan adanya pencocokan antara kartu identitas dan foto penjual, Shopee memastikan bahwa transaksi yang dilakukan antara seller dan pembeli terjamin keamanannya.

Apabila Anda belum melakukan verifikasi KTP, sebaiknya lakukan sekarang juga. Anda hanya perlu mengirimkan swafoto dengan memegang KTP. Usahakan agar wajah serta kartu identitas Anda tampak jelas. Proses verifikasi pun tak berlangsung lama, hanya perlu 1 hingga 2 hari kerja.

2. Persentase Chat Lebih dari 80%

Shopee memiliki sebuah fitur chat yang dapat digunakan untuk berdiskusi antara penjual dengan pembeli. Umunya fitur chat digunakan untuk mengetahui informasi seputar produk yang tidak bisa didapatkan dari deskripsi.

Khusus untuk akun penjual, ada keterangan persentase chat yang terjawab. Pihak Shopee memperhitungkan jumlah chat yang masuk ke akun penjual dibandingkan dengan chat yang dibalas. 

Salah satu persyaratan untuk mendapatkan status star seller adalah memiliki persentase chat dijawab minimal 80%. Cara untuk meningkatkan persentase ini adalah dengan menggunakan fitur jawab otomatis. Jadi, setiap ada chat yang masuk akan terjawab secara otomatis.

3. Rating Minimal 4.5 Star

Rating adalah akumulasi penilaian yang diberikan oleh konsumen terhadap produk yang ada di toko Anda. Untuk memberikan penilaian, seseorang harus membeli barang terlebih dahulu. Jadi, rating ini sangat valid untuk menggambarkan kualitas dan reputasi toko.

Di Shopee, sistem rating menggunakan bintang dengan penilaian tertinggi 5 bintang. Nah, syarat untuk menjadi star seller di Shopee adalah memiliki rating minimal 4,5 bintang atau star.

Jika saat ini toko Anda sudah memiliki rating di atas 4.5, maka Anda tinggal mempertahankan kualitas produk serta pelayanan terhadap konsumen. Apabila rating toko Anda masih kurang dari 4.5, jangan khawatir. Tingkatkan mutu pelayanan dan juga produk agar konsumen merasa lebih puas.

4. Minimal 100 Pesanan per Bulan

Memperoleh gelar star seller sudah pasti menjadi keinginan hampir semua seller di Shopee. Namun untuk sampai ke tahap itu, diperlukan berbagai macam usaha. Syarat berikutnya untuk menjadi star seller adalah mendapatkan dan melayani sekurang-kurangnya 100 pesanan dalam satu bulan. 

Menjual 100 pesanan dalam satu bulan cukup sulit bagi seller pemula. Dibutuhkan berbagai usaha untuk mencapai target tersebut. Terdapat beberapa jalan yang dapat Anda tempuh, antara lain:

  • Mengikuti program flash sale
  • Mengiklankan produk
  • Memberikan promo
  • Menyediakan produk yang dapat dibeli secara grosir
  • Menjual barang dengan harga di bawah pasaran.

Dengan berbagai cara di atas, penjualan di toko Anda akan meningkat secara perlahan.

5. Penalti 0 Poin

Tahukah Anda bahwa Shopee menerapkan sistem penalti poin kepada seller? Poin ini akan bertambah ketika seller melanggar syarat dan ketentuan dari Shopee. Beberapa tindakan yang dikenai poin penalti oleh Shopee antara lain:

  • Terdapat pesanan pembeli yang tidak diselesaikan oleh seller
  • Seller terlambat dalam mengirimkan produk.
  • Seller menjual produk yang dilarang
  • Melakukan tindakan yang dinilai spam
  • Meningkatkan harga sebelum diberi diskon untuk mendapatkan keuntungan
  • Membalas chat atau ulasan dari pembeli dengan kalimat yang tidak sopan dan kasar.

Untuk menjadi star seller, Anda harus memiliki poin penalti 0. Artinya, Anda tak boleh melakukan pelanggaran seperti yang disebutkan di atas.

Baca Juga: Tips Mengelola Keuangan Usaha Kecil

Tips dan Trik untuk Menjadi Star Seller di Shopee

Tips dan Trik untuk Menjadi Star Seller di Shopee

Penjelasan di atas sudah membuat Anda paham dengan persyaratan menjadi star seller di Shopee.

Berikutnya, Anda juga perlu memahami tips dan juga trik untuk mendapatkan gelar Star Seller dalam waktu yang lebih cepat.

1. Ramah kepada Pelanggan

Pelayanan yang ramah menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam meraih gelar star seller di Shopee. Faktor pelayanan menjadi hal paling penting setelah kualitas produk yang Anda jual. Pembeli tentu tak hanya menilai sebuah toko hanya berdasarkan produknya, namun juga sikap penjual atau seller.

Guna meningkatkan kepuasan pengguna, sebaiknya Anda selalu bersikap ramah. Caranya adalah dengan menjawab chat konsumen  dengan bahasa yang santun. Apabila pembeli memberikan saran juga kritik, terimalah dengan lapang dada demi kemajuan toko Anda di Shopee.

2. Harga yang Sesuai

Harga menjadi salah satu hal yang pertama kali dipertimbangkan oleh calon konsumen sebelum membeli suatu produk. Konsumen tentu lebih menyukai produk dengan harga yang terjangkau. Namun Anda tak boleh mengutamakan harga murah tapi mengesampingkan kualitas produk.

Tetaplah sediakan produk yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Sebaiknya jangan memaksakan untuk memasang harga murah apabila akan membuat Anda rugi. Pasang harga yang sewajarnya saja, biarkan kualitas produk yang bicara.

3. Promo 

Siapa sih yang tidak suka dengan promo? Hampir semua orang tentu menyukai promo. Anda dapat mengadakan promo khusus untuk beberapa produk guna menarik pembeli. contohnya beri potongan harga atau diskon, berikan bonus pada setiap pembelian, dan lain sebagainya.

Dengan strategi ini, penjualan produk di toko Anda bisa meningkat drastis. Impian menjadi star seller pun akan semakin dekat. 

4. Bio Toko yang Menarik

Tips terakhir yang dapat Anda lakukan demi mencapai star seller adalah membuat bio toko semenarik mungkin. Siapkan nama, logo, dan juga deskripsi toko yang unik. Jangan pernah menjiplak dari toko lain.

Selain itu, siapkan pula foto produk yang baik. Lakukan pemotretan khusus untuk produk-produk yang Anda jual di Shopee. Gambar yang terlihat profesional pun akan lebih menarik perhatian pembeli.

Baca Juga: Panduan Cara Jualan di Shopee untuk Pemula

Cara menjadi star seller di Shopee sebenarnya mudah, bukan? Teruslah berusaha dengan cara yang baik serta tidak melanggar ketentuan Shopee. Dengan tips dan trik di atas, Anda akan segera menjadi star seller.