Download Gratis
Butuh bantuan?

Memulai Jualan Perlengkapan Bayi

Ide bisnis jualan perlengkapan bayi layak dicoba. Perlengkapan bayi adalah kebutuhan sehari-hari para orang tua sehingga peluang bisnisnya cukup menjanjikan. Ketika melihat produk perlengkapan bayi yang lucu-lucu biasanya para orang tua sulit menahan hasrat untuk berbelanja. Beberapa e-commerce Indonesia melakukan survey tentang kategori produk terlaris salah satunya adalah produk perlengkapan bayi.

Permintaan pasar untuk produk perlengkapan bayi memang cukup tinggi, begitu juga dengan persaingan bisnis antar penjual. Maka dari itu, jika Juragan tertarik memulai bisnis jualan perlengkapan bayi perlu perisapan matang dan strategi bisnis yang tepat.

Buat Toko Online Sendiri

Memulai Bisnis Jualan Perlengkapan Bayi

Mari kita simak apa saja yang perlu Juragan siapkan untuk memulai bisnis jualan perlengkapan bayi!

Manfaat Pakai Aplikasi BukuWarung

1. Perkirakan Modal Jualan

Persiapan yang paling utama adalah modal. Modal jualan perlengkapan bayi menentukan akan sebesar apa bisnis yang Juragan akan rintis nantinya. Sebaiknya perkiraan modal ini telah

dipersiapkan secara matang. Jika Juragan sudah tahu perkiraan modal jualan maka akan lebih mudah untuk melangkah ke persiapan bisnis selanjutnya.

Perincian modal jualan perlengkapan bayi meliputi hal-hal sebagai berikut:

a. Modal investasi awal

Modal investasi awal ketika hendak jualan perlengkapan bayi meliputi biaya sarana dan prasarana. Investasi awal meliputi biaya perisapan tempat jika Juragan ingin berjualan offline yaitu biaya sewa toko, peralatan atau furnitur di dalam toko dan biaya pembukaan usaha, seperti cetak spandung dan sebagainya. Jangan lupa, siapkan pula dana cadangan untuk keperluan yang tak terduga.

b. Perkiraan biaya operasional bulanan

Memperkirakan berapa biaya operasional bulanan penting agar bisnis jualan perlengkapan bayi Juragan bisa berjalan lancar. Perkiraan biaya bulanan meliputi biaya gaji pegawai, biaya listrik, biaya internet dan biaya rutin bulanan lainnya terkait bisnis ini.

2. Riset Produk yang Laris Di Pasaran

Modal usaha Juragan sudah siap, selanjutnya lakukan riset tentang produk apa saja yang laris di pasaran. Riset ini nantinya berguna untuk menentukan produk apa saja yang akan Juragan jual di toko. Sebaiknya produk yang laris di pasaran menjadi prioritas untuk dijual di toko Juragan.

Bagaimana cara riset sederhananya? Juragan bisa bertanya ke kerabat atau teman yang baru melahirkan atau punya bayi tentang produk apa yang menurut mereka penting untuk bayi. Cara kedua Juragan bisa melakukan riset melalui Internet dengan mencari rekomendasi produk perlengkapan bayi paling laris.

3. Catat Jenis dan Jumlah Produk yang Akan Dibeli

Juragan sudah mengantongi daftar produk perlengkapan bayi laris yang akan dijual, selanjutnya menghitung berapa perkiraan belanja produk untuk stok awal. Cari informasi tentang harga-harga produk tersebut dan buat catatan produk apa saja yang jadi prioritas untuk dijual dan perkirakan jumlahnya.

Sebelum membeli pastikan untuk menghitung jumlah produk berdasarkan modal yang ada. Sebaiknya budget belanja untuk stok awal tidak melebih anggaran yang telah ditentukan dari modal usaha. Juragan perlu cermat dalam menentukan produk apa yang sekiranya akan sangat laku atau kurang laku. Prioritaskan untuk produk yang peluang terjualnya besar agar stoknya tersedia di toko Juragan.

4. Riset Distributor Perlengkapan Bayi

Selanjutnya adalah riset distributor perlengkapan bayi supaya Juragan mendapatkan produk yang kualitasnya baik dengan harga paling kompetitif. Lakukan riset terhadap lebih dari satu distributor dan bandingkan harga juga kualitasnya. Ketahui juga sistem kerja sama dari distributor tersebut dengan jelas, jangan sampai sistemnya hanya menguntungkan pihak distributor saja.

Beberapa distributor atau grosir perlengkapan bayi mempunyai sistem kerja sama berbeda. Ada yang menggunakan sistem konsinyasi ada yang menggunakan sistem reseller dan sebagainya. Supaya produk yang Juragan jual di toko cukup beragam tak ada salahnya untuk mengambil dari beberapa distributor dengan produk berbeda. Mengambil produk dari tangan pertama memungkinkan Juragan untuk mendapatkan harga lebih murah.

5. Buat Media Sosial untuk Promosi

Persiapan modal dan penyediaan produk sudah dipikirkan tahap selanjutnya yang penting adalah promosi dan pemasaran. Buatlah media sosial sebagai salah satu media untuk memasarkan dan mempromosikan jualan perlengkapan bayi ini. Media sosial adalah tempat yang sangat efektif untuk mendapatkan target pelanggan potensial yang luas.

Hal-hal yang perlu Juragan perhatikan yaitu:

a. Foto Produk

Ya, penting untuk mempersiapkan foto produk sebagai media promosi dan pemasaran di media sosial. Pastikan foto produk mempunyai resolusi foto yang baik sehingga terlihat jelas dan menarik. Jangan terlalu banyak mengedit foto agar tetap terlihat sama dengan produk asli.

b. Informasi toko dan produk

Buat deksripsi produk yang jelas dan tidak bertele-tele untuk memberikan informasi terhadap calon pelanggan. Selain deskripsi produk di media sosial Juragan juga perlu mempersiapkan foto profil, bio profil, info berisi cara belanja atau tempat membeli produk Juragan.

c. Konten Penunjang

Supaya media sosial bisnis Juraga tidak tampak membosankan di mata pelanggan buatlah konten yang beragam tidak hanya foto produk saja. Konten beragam tersebut harus tetap relevan dengan produk jualan perlengkapan bayi, ya. Contohnya, membuat konten tips memilih pakaian bayi yang nyaman dan sebagainya.

6. Jualan Online

Saat ini berjualan online merupakan peluang besar untuk menarik lebih banyak konsumen. Jika Juragan berniat memulai usaha jualan perlengkapan bayi offline sebaiknya memikirkan juga untuk berjualan online. Sebagian besar masyarakat saat ini selalu membuka internet untuk mencari produk yang ingin mereka beli. Ini adalah peluang bisnis yang sangat sayang jika Juragan lewatkan.

Apa yang perlu Juragan siapkan jika ingin terjun ke bisnis jualan perlengkapan bayi online?

a. Bergabung ke Marketplace

Mendaftar ke marketplace tidak sulit dan gratis. Jika Juragan bingung cukup banyak tutorialnya di Internet. Kini, marketplace Indonesia menjadi salah satu tujuan masyarakat untuk berbelanja. Marketplace dinilai sebagai platform belanja yang praktis karena pelanggan bisa mencari produk apa pun di satu tempat. Selain itu, banyak promo gratis ongkir dan cashback dari marketplace yang berhasil mendorong semakin banyak konsumen untuk berbelanja.

b. Whatsapp Bisnis

Siapkan Whatsapp bisnis untuk mempermudah Juragan dalam memasarkan produk online dan untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Whatsapp bisnis punya lebih banyak fitur yang menguntungkan untuk berjualan dibanding versi Whatsapp biasa.

c. Buat Website

Membuat website toko online sendiri dapat dipikirkan jika Juragan punya modal lebih. Memiliki website dapat membuka peluang jualan semakin luas.

Persiapan untuk memulai bisnis jualan perlengkapan bayi dari awal memang cukup banyak yang perlu dipersiapkan tapi nantinya Juragan dapat meraih keuntungan dari bisnis ini. Jangan lupa untuk menggunakan aplikasi pendukung yang dapat membuat bisnis semakin berkembang yaitu BukuWarung. Dengan aplikasi BukuWarung Juragan bisa mencatat segala transaksi keuangan, pengeluaran dan pemasukan sehingga membuat laporan keuangan semakin mudah dan praktis.

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download