Download Gratis
Butuh bantuan?

NFT (Non-Fungible Token) dan Cara Kerjanya

Akhir-akhir ini media sedang dihebohkan Apa itu NFT atau Non-Fungible Token. Pada dasarnya NFT merupakan aset digital yang diperjualbelikan secara online dan dibayarkan dengan mata uang cryptocurrency. Aset satu ini berbasis digital dan memanfaatkan media perangkat lunak (software/ aplikasi).

Rupanya kehadiran NFT membawa dampak cukup signifikan bagi bisnis digital. Bagaimana tidak, aset digital ini dapat diperjual-belikan secara luas. Bahkan, aset digital NFT mulai dilirik sebagai peluang bisnis. Juragan yang tertarik dan ingin memulai bisnis ini, wajib mengetahui cara kerja hingga cara menjualnya dalam artikel ini.

Buat Toko Online Sendiri

Apa itu NFT (Non-Fungible Token)?

Non-Fungible Token adalah token atau aset digital yang ditautkan dalam sistem besar blockchain, yang membedakan antara NFT dan set kripto ialah dapat diperjualkan tetapi tidka dapat dipertukarkan. NFT cukup unik karena tidak berupa koin layaknya mata uang kripto. Jadi, pemilik hanya mendapatkan NFT lewat catatan kepemilikan digital atas aset fisik.

Manfaat Pakai Aplikasi BukuWarung

Sebenarnya NFT telah ada sejak tahun 2014 silam, namun mulai booming di awal tahun 2021. Lewat memperjualbelikan karya seni digital atau art, NFT menunjukkan kemampuan memberikan kode unik yang muncul ketika transaksi.

Lantas, apa itu NFT crypto? Sekali lagi, NFT berbeda dengan cryptocurrency, contoh sederhananya bila aset NFT seharga 700 juta rupiah, maka tidak dapat disamakan dengan harga sebuah mobil atau benda fisik lainnya meskipun memiliki nilai yang sama. Perbedaan tersebut menyebabkan harga jual NFT bervariasi dan bergantung pada keinginan pemilik.

Non-Fungible Token dapat digunakan mewakili beberapa jenis barang real atau virtual, seperti:

  • Karya seni berupa tampilan game, mata uang virtual, musik, lukisan, hero game dan lainnya.
  • Barang koleksi, seperti barang antik dan kartu perdagangan digital.

Dengan begitu, memperkuat pernyataan bahwa seniman dapat menjual hasil karya mereka ke khalayak secara digital dan meraup keuntungan dari royalty program.

Grimes sebagai mitra Elon Musk, berhasil menjual seni digital sebagai NFT dan menghasilkan 6 juta dollar (sekitar 86 milyar) hanya dengan menjual gambar dan video pendek yang menarik perhatian pasar kala itu.

Cara Kerja NFT (Non-Fungible Token)

NFT menjadi bagian dari buku besar data publik terdistribusi yang melakukan pencatatan tiap-tiap aktivitas transaksi dalam lingkup mereka. Sederhananya, NFT akan diecetak secara unik sebagai media perwakilan wujud benda atau benda tak berwujud, seperti lukisan, game, album musik, logi dan lainnya yang berbasis digital.

Jika Juragan memiliki NFT, maka sama dengan halnya kolektor barang fisik atau digital yang diubah menjadi aset kripto untuk diperjualbelikan. Pembeli mendapatkan hak kepemilikan khusus dari NFT yang dibeli dan hanya akan ada satu pemilik dalam satu waktu.

Data unik pada NFT mempermudah proses verifikasi kepemilikan sang pembeli dan memungkinkan untuk melakukan trasnkfer token antar pemilik NFT jika diperlukan. Pemilik asti NFT dapat menyimpan data atau informasi spesifik di dlaamnya, contohnya tanda tangan pemiliki karya.

Tujuan Dasar NFT (Non-Fungible Token)

Tujuan awal diciptakannya Non-Fungible Token adalah untuk memberikan ruang usaha bagi para seniman dan konten creator untuk memiliki pengalaman unik menjual hasil karya mereka secara global hanya dalam genggaman. Seniman yang tidak memiliki fasilitas galeri atau balai lelang dapat memenfaatkan NFT untuk menjual karya seni miliknya.

Sementara bagi konten creator atau artist dapat menjual hasil karya kepada konsumen hanya menggunakan Non-Fungible Token, bahkan peluang mendapatkan keuntungan bisa lebih ebsar dibandingkan cara konvensional.

Alasan Mulai Membeli NFT (Non-Fungible Token)

Alasan lain selain sebagai media untuk menjual karya seni, berikut beberapa alasan umum bagi Juragan dilain profei seniman maupun konten creator:

1. Sedang Populer

Sesuatu yang populer biasanya memiliki nilai lebih jika dimiliki atau diperjualkan di momen saat itu juga. Aset NFT yang dijual melalui pelelangan berpeluang mendapatkan nilai tertinggi karena sedang populer dibicarakan sebagai salah satu aset digital.

Non-Fungible Token ini unik, karena hanya akan ada satu pemilik dengan versi karya yang orisinil dan autentik dilengkapi sertifikat kepemilikan digital yang tersimpan dalam blockchain. Sehingga, meskipun nantinya hasil karya tersebar luas dan dapat disimpan dan dilihat oleh banyak orang, tetapi keabsahan pemilik tetap aman. Itulah alasan mengapa banyak pebisnis melihat peluang dari keberadaan Non-Fungible Token.

2. Tidak Punya Nilai Tukar

Non-Fungible Token atau NFT sifatnya tidak mempunyai nilai tukar, sehingga investor NFT punya keunggulan dan terkesan lebih menarik. Pernyataan demikian menjadikan aset digital satu ini memiliki pemilik khusus dan istimewa, ketika dijual kembali nilainya bisa lebih fantastis.

Cara Membuat NFT

Non-Fungible Token terdiri dari beberapa jenis dan memiliki proses penyiapan yang berbeda. Juragan tidak perlu sangat mahir untuk memulai mengerti detail apa itu nft token, cukup mengikuti beberapa cara di bawah ini:

1. Menentukan Blockchain

Langkah pertama dalam membuat Non-Fungible Token yakni tentukan blockchain untuk mengeluarkan NFT, setiap blockchain memiliki standar token NFT terpisah, wallet service yang kompatibel dan marketplace. Untuk NFT pertama bisa menggunakan Flow by Dapper Labs, Tron, EOS, Polkadot. Tezos, Cosmos dan Wax.

Sederhananya, jika Juragan ingin membuat NFT seperti Binance Smart Chain, maka hanya bis amenjual NFT di platform yang mendukung aset Binance Smart Chain. Artinya, tidak dapat melakukan penjualan di platform lain seperti VIV3 (pasar blockchain Flow.).

2. Menentukan Platform

Platform disini diperuntukkan menghubungkan wallet digital Juragan dan untuk mengunggah file atau gambar pilihan yang diubah menjadi NFT. Temukan platform yang memungkinkan Juragan membuat NFT sendiri, karena hingga saat ini beluma da aturan baku mengenai Batasan yang dapat dijadikan token dan diubah menjadi NFT.

3. Mencari Wallet Digital Aman

Selain menentukan blockchain dan platform untuk mengubah NFT, hal tak kalah pentingnya adalah mencari wallet digital yang aman. Pastikan aplikasi tersebut terpercaya, punya kredibilitas tinggi dan punya sistem keamanan ekstra untuk uang digital Juragan.

Dimana Bisa Membeli Non-Fungible Token?

Cara kerja dan jual karya nft aset kripto seperti token krypton, ether atau lainnya, tergantung dari mata uang yang diterima NFT. Juragan bisa mulai membeli menggunakan kartu kredit di beberapa platform yang kredible.

Sampai sini, apa itu NFT tentu sudah Juragan pahami. Apabila tertarik dengan Non-Fungible Token dan berniat menjual karya seni, dapat merencanakan strategi bisnis dan segera memulai. Agar sistem kelola uang bisnis NFT nantinya berjalan lancar, Juragan bisa menggunakan bantuan BukuWarung. Aplikasi ini memudahkan Juragan mengelola keuangan bisnis akurat dan otomatis tiap waktu, pembayaran pakai bank atau e-wallet gratis biaya admin, hingga menyediakan pembukuan khusus sesuai kebutuhan Juragan.

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download