Download Gratis
Butuh bantuan?

Peluang Bisnis Perlengkapan Makan Bayi

Juragan berencana membangun bisnis? Tepat sekali, peluang bisnis perlengkapan makan bayi bisa menjadi rekomendasi terbaik. Berdasarkan trend, peluang bisnis baby shop terutama peralatan makan bayi menjadi incaran pebisnis.

Sebab, fenomena baby boom membuat angka kelahiran meningkat dan para orang tua membutuhkan peralatan khusus untuk menunjang tumbung kembang sang buah hati. Hal itu menjadi alasan menjamurnya baby shop hingga pelosok sekalipun.

Buat Toko Online Sendiri

Nah, juragan jangan sampai melewatkan kesempatan peluang bisnis tersebut. Disini akan diulas lengkap cara memulai bisnis ini, hingga rincian modal awalnya.

Alasan Ide Bisnis Perlengkapan Makan Bayi

Peluang usaha peralatan bayi atau baby shop saat ini sangat diminati karena menguntungkan. Permintaan pasar yang terus meningkat, dan peralatan bayi akan selalu dibutuhkan para orang tua untuk memberikan yang terbaik bagi kesehatan dan keselamatan buah hati.

Target pasar sangat luas dibandingkan peluang bisnis lainnya, perlengkapan bayi dimanfaatkan customer dari segala kalangan karena sifatnya sebgaai kebutuhan, bukan sekedar keinginan. Customer pun sering menghadiahkan baju bayi, bedong, alat makan set, tempat tidur bayi dan perlatan bayi lainnya jika sedang berkunjung menjenguk kerabat atau sanak keluarga yang baru melahirkan.

Peralatan makan bayi memang didesain khusus dengan material yang sangat aman bagi si kecil. Usia 0-5 tahun sangat sensitive, material peralatan makan harus diperhatikan dan tidak disesuaikan dengan peralatan makan orang dewasa. Maka dari itu, peralatan set makan bayi sangat dibutuhkan.

Perlengkapan bayi bersifat tahan lama, sehingga dapat disimpan dan digunakan dalam jangka waktu lama. Terutama peralatan makan, dapat digunakan hingga si kecil mencapai umur balita. Para orang tua tidak akan segan untuk membeli beberapa set demi sang buah hati dapat menikmati makanan dan memprosesnya dengan baik bagi tubuh.

Strategi Bisnis Perlengkapan Makan Bayi

Juragan sudah mulai ancang-ancang bisnis perlengkapan makan bayi? Berikut strategi bisnis yang wajib diperhatikan sebelum memulai:

1. Siapkan Modal

Kalau soal modal, tentu menjadi hal utama yang harus dipersiapkan sebelum membuka usaha. Perhitungkan terkait produk apa yang akan diperjualkan dan membuat konsep bisnis. Apakah juragan ingin konsep bisnis investasi, partnership, atau mandiri. Pikirkan juga terkait sistem bisnis, berupa toko fisik atau online.

Jika modal cukup besar, ada baiknya untuk membuka toko fisik karena kredibilitas akan terlihat lebih baik dibandingkan baby shop hanya memiliki toko online. Juragan harus merinci modal bisnis yang diperlukan, seperti biaya tempat sew ajika offline, stok barang, rekrut karyawan hingga pemasaran.

2. Partnership

Menjalankan bisnis apapun tentu memerlukan kehadiran pihak lain, seperti supplier atau pemasok produk yang akan Juragan perjualkan. Pastikan untuk selalu mencari informasi dan kredibilitas supplier atau pemasok, telaah detail material dan kualitas barang. Kemudian, bicarakan harga agar sesuai dengan persentase penjualan toko.

Juragan jangan tergiur dengan harga pabrikan murah dan cenderung berkualitas rendah, pertimbangkan matang jika diposisi customer. Tentu saja menginginkan barang berkualitas, awet dan punya nilai guna, bukan?

3. Strategi Marketing

Marketing atau pemasaran merupakan aktivitas untuk menciptakan, mengkomunikasikan dan menyampaikan tawaran bernilai bagi pelanggan. Keberadaan strategi tersebut sangat diperlukan suatu bisnis, bahkan sejak lama telah memberikan hasil signifikan bagi keberlangsungan suatu bisnis.

Juragan yang punya ide bisnis tempat duduk makan bayi pun bisa menyiapkan strategi yang cocok dan berkesinambungan dengan produk itu. Manfaatkan tools pemasaran semaksimal mungkin, baik secara offline maupun online. Juragam bisa menerapkan sistem kartu member bagi pelanggan dengan menawarkan potongan harga dalam pembelian besar, melakukan promosi di hari-hari penting, seperti hari raya atau tanggal cantik.

4. Konten

Konten saat ini merupakan media penghubung antara penjual dan calon pembeli yang diringkas apik dan menarik. Kehadiran konten rupanya mampu mempengaruhi emosional audiens agar setidaknya terpengaruh dengan produk yang diiklankan.

Juragan dapat memanfaatkan konten untuk memaksimakan penjualan secara online. Konten yang dikemas baik dan persuasive lebih diminati audiens. Mulai pelajari sistem penulisan konten di berbagai social media yang sedang hits, seperti Instagram, TikTok, Facebook, dan lainnya.

Gambaran Modal Usaha

Untuk memudahkan Juragan merealisasikan usaha, berikut referensi gambaran mengenai modal usaha yang dikeluarkan:

Modal Investasi Awal

Lakukan perhitungan investasi modal awal secara jelas dengan merinci biaya kebutuhan, sarana, prasarana, berikut contohnya:

  • Frachise Fee = Rp10.000.000,-
  • Renovasi ruangan = Rp20.000.000,-
  • Peralatan dan perlengkapan toko = Rp30.000.000,-
  • Lauching usaha = Rp6.000.000,-
  • Dana darurat = Rp20.000.000,-

Total = Rp86.000.000,-

Biaya Operasional Bulanan

Sebuah usaha bisnis membutuhkan biaya yang dikeluarga setiap bulannya, pengusaha pemula harus merincikan pengeluaran agar dapat mudah menghitung pengeluaran dan keuntungan bersih per bulannya, berikut contohnya:

  • Karyawan 3 orang (sesuaikan dengan kebutuha) = Rp4.500.00,-
  • Listrik, Wifi = Rp750.000,-
  • Biaya antar delivery dan ATK = Rp300.000,-
  • Lain-lain = Rp1.500.000,-

Total = Rp7.050.000,-

Asumsi Pendapatan

Sama halnya dengan perincian bulanan, asumsi pendapat demikian dihitung berdasarkan perkiraan keuntungan yang masuk selama mengelola usaha tempat makan bayi lucu. Berikut cara merinci pendapatan dan keuntungan Juragan nantinya:

  • Pendapatan: dihitung melalui ausmsi harga pokok stok. Misalnya harga pokok stok Rp150.000.000,-, keuntungan perbulan 25% (persentase disesuaikan pemilik usaha). Maka, Rp150.000.000 x 25% = Rp37.500.000,-
  • Keuntungan: dihitung dari pengurangan jumlah pendapatan dengan biaya operasional yang keluar setiap bulannya. Juragan dapat menyesuaikan dengan pendapatan dalam laporan sementara. Pendapatan โ€“ Biaya operasional = Rp37.500.000 โ€“ Rp 10.000.000 = Rp27.500.000,-

Asumsi rincian modal peluang bisnis diatas dihitung dengan menggunakan sistem franchise dengan fee terendah sekitar 5 juta dan tertinggi 25 juta rupiah. Sistem franchise memudahkan pebisnis baru untuk memulai usaha dengan bantuan sistem pembayaran di muka dan dapat mengatur keuangan tempat usaha.

Apabila Juragan memilih tidak menyewa tempat usaha, maka persentase 25% dapat diabaikan dan dijadikan keuntungan bersih. Rincian modal dapat berubah menyesuaikan kondisi faktor yang mempengaruhi penjualan dan distribusi stok peralatan bayi. Juragan bisa mengelola sendiri agar lebih banyak keuntungan.

Faktor Terpenting Dalam Usaha

Setelah Juragan berhasil mempelajari alasan mengapa bisnis baby shop sangat digandrungi, hingga merinci modal usahanya. Selanjutnya membuat bisnis dapat berkembang, ternyata ada satu faktor yang harus diperhatikan agar pengelolaan keuangan bisnis berjalan dengan baik dan mengurangi kerugian tak terlihat.

Faktor tersebut adalah pencatatan keuangan usaha. Meskipun terlihat sepele dan dapat dilakukan manual, nyatanya anggapan tersebut salah kaprah jika ingin usaha berkembang. Bayangkan saja jika semenjak launching, toko Juragan ramai peminat dan reseller, tentu saja perhitungan keuangan akan amburadul jika tidak dibarengi sistem yang jelas.

Nah, lagi-lagi Juragan bisa manfaatkan kecanggihan teknologi lewat aplikasi BukuWarung. Aplikasi ini berguna sebagai pengelola keuangan untuk UMKM, mulai dari laporan keuangan, pencatatan utang, rincian tagihan, mengelola stok hingga mempromosikan bisnis Juragan ke sosial media.

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download