Download Gratis
Butuh bantuan?

Peluang Usaha Aksesoris Rambut

Tampil menawan dengan makeup memang sudah biasa, yang nggak biasa adalah memberikan sentuhan lain, contohnya menggunakan aksesoris rambut.

Saat ini banyak sekali jenis usaha yang dapat menunjang kecantikan wanita agar lebih terlihat menarik dan manis.

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Salah satunya dengan menjual aksesoris rambut, selain dibutuhkan oleh kaum wanita, bisnis ini memiliki peluang yang besar.

Kalau Juragan memasarkan produk aksesoris dengan baik dan tepat sasaran, siap-siap kedatangan orderan yang nggak ada hentinya!

Maka dari itu supaya orderan Juragan kebanjiran, yuk ikuti tips dibawah ini.

Tips Menjual Aksesoris Rambut

Usaha aksesoris rambut membutuhkan investasi modal yang cukup besar, Juragan harus membeli berbagai peralatan untuk mendukung bisnis.

Buat Toko Online Sendiri

Namun peralatan tersebut bisa di minimalisirkan dengan berjualan online, Juragan nggak perlu etalase atau tempat pajangan seperti pedagang konvensional pada umumnya.

Agar usaha aksesoris Juragan nggak dianggap remeh di media sosial, maka kualitas berjualan juga harus ditingkatkan.

Nah, daripada penasaran gimana tips menjual aksesoris untuk rambut, berikut kami rangkum untuk Juragan:

atur keuangan usaha

1. Mencari Produk Berkualitas

Juragan bisa meningkatkan harga jual dengan memberikan produk yang berkualitas, seringkali penjual aksesoris diluaran sana menjual produk yang cepat rusak karena harganya yang murah.

Hal itu bukan sesuatu yang salah, namun kebanyakan wanita ingin mengoleksi aksesorisnya dengan awet dan nggak mudah rusak.

Maka, untuk menarik minat pembeli, Juragan harus menjual produk yang beda dari biasanya yaitu dengan menjual aksesoris berkualitas premium.

atur keuangan usaha

Untuk mendapatkannya, Juragan bisa mencari reseller dari luar negeri, contohnya di Korea, negara tersebut terkenal dengan menjual aksesoris rambut yang cantik-cantik.

2. Menjual Berbagai Produk

Usaha aksesoris rambut akan laku keras kalau Juragan menyediakan lebih dari satu produk, dengan begitu calon pelanggan merasa lebih banyak pilihan untuk dibeli.

Ada banyak jenis aksesoris rambut yang perlu Juragan ketahui diantaranya, jepit rambut, pita, scrunchie, jaw clip, hair comb pins, dan lain-lain.

Selain jenis produk yang umum, Juragan juga bisa menyediakan aksesoris kostum untuk menarik minat pembeli.

Jangan lupa untuk menyediakan produk yang digunakan oleh artis-artis, biasanya calon pelanggan tertarik untuk mengikuti style yang sama dengan idola mereka.

Untuk meningkatkan penjualan, Juragan bisa menyediakan aksesoris rambut anak yang lucu-lucu, para orang tua seringkali senang untuk merias wajah anaknya.

3. Membuat Akun Media Sosial

Media sosial adalah media promosi terbaik untuk zaman sekarang, maka dari itu buatlah akun bisnis agar jangkauan target pasar lebih luas.

Juragan bisa membuat akun Instagram dan TikTok sebagai media sosial untuk membantu usaha mikro UMKM.

Berikan foto produk, copywriting dan cara promosi terbaik agar calon pelanggan tertarik untuk membeli produk Juragan walaupun harganya mungkin akan lebih mahal daripada produk aksesoris konvensional.

4. Iklan dan Endorsement

Agar usaha semakin dikenal, Juragan perlu memperluas bisnis dengan cara membayar iklan dan endorsement.

Hal tersebut sangat berpengaruh untuk meningkatkan penjualan bisnis, Juragan bisa membuat Instagram atau Facebook ads yang menawarkan harga murah untuk menyesuaikan target pasar.

Dengan begitu bisnis Juragan bisa tampil otomatis di halaman target, jangan lupa untuk memberikan foto produk terbaik saat mengiklankan.

Promosi melalui endorsement sangat menguntungkan lho, Juragan bisa mencari Influencer yang sesuai dengan produk Juragan.

Pada umumnya aksesoris lucu identik dengan negara Korea, Juragan bisa mencari seorang Influencer yang banyak diikuti oleh penggemar Korea.

Mereka cenderung menggunakan style pakaian ala Korea, yang sangat cocok dipadu padankan dengan aksesoris rambut.

Namun nggak ada salahnya juga untuk endorse Influencer lain yang hobi membahas fashion atau kecantikan.

5. Up to Date Terhadap Produk

Agar selalu menarik minat pelanggan, Juragan harus rajin update tentang keluaran baru, masalahnya pelanggan akan mudah bosan jika terus mempromosikan dengan produk yang sama.

Untuk selalu up to date, Juragan bisa mencari referensi dari berbagai marketplace atau mengikuti seorang Influencer yang memiliki interest terhadap aksesoris.

6. Mengikuti Kegiatan Pameran

Jika ada pameran yang berhubungan dengan fashion, cobalah untuk masuk dan kerjasama kedalamnya.

Juragan bisa menjual aksesoris lucu di acara tersebut, dan jangan lupa untuk memberitahu kedatangan bisnis Juragan di kegiatan pameran melalui media sosial.

Berikan promosi menarik, seperti diskon di sepuluh pembeli pertama atau beli dua gratis satu, dan tawaran menarik lainnya.

7. Kolaborasi

Kolaborasi merupakan salah satu jalan untuk mengembangkan bisnis.

Cobalah untuk melakukan kolaborasi dengan brand lain yang sesuai dengan produk, misalnya brand pakaian atau brand aksesoris lain.

Tujuan dari kegiatan ini antara lain untuk membantu Juragan berpikir lebih kreatif dengan cara baru, biasanya seseorang yang berada diluar lingkaran dapat mengajari sesuatu yang berharga.

Peluang Bisnis Aksesoris Rambut

Bisnis aksesoris rambut mudah di jalankan oleh siapapun, akan lebih menyenangkan kalau Juragan ikut menyukai dan mengoleksi benda yang cantik ini.

Peluang bisnis menjual aksesoris sangatlah prospektif, pasalnya hampir setiap kaum wanita sangat menyukai merias rambut mereka untuk mempercantik wajahnya.

Apalagi kalau Juragan menyediakan banyak variasi aksesorisnya, dengan begitu banyak wanita yang terbantu dalam meningkatkan penampilannya.

Keuntungan yang didapatkan juga cukup menjanjikan asalkan Juragan mempromosikannya dengan benar dan mengikuti tips tips yang sudah kami bagikan sebelumnya.

Agar bisnis tetap stabil Juragan perlu mengantisipasi setiap perubahan yang ada, jangan sampai aksesoris yang dijual sudah ketinggalan zaman.

Penjualan aksesoris memang cukup menantang, ada sebagian jenis aksesoris yang tren hanya di zamannya saja, namun hal itu jangan terlalu dikhawatirkan, siapa tahu masih banyak wanita yang mengincar barang tersebut.

Keuntungan dan Kekurangan Berbisnis Aksesoris

Setiap bisnis pasti ada keuntungan kekurangannya, namun itulah yang menjadi tantangan bagi pelaku bisnis.

Juragan harus memanfaatkan kekurang ini menjadi sebuah peluang, karena ada kalanya bisnis nggak berjalan sesuai harapan.

Berikut ini keuntungan dan kekurangan dari berbisnis hair accessories untuk wanita:

Keuntungan

  • Hair accessories sangat dibutuhkan oleh wanita untuk mempercantik penampilan mereka di berbagai usia.
  • Modal yang dikeluarkan nggak terlalu mahal, Juragan bisa membeli produk dibawah harga 5 juta, dengan harga tersebut Juragan sudah mendapat berbagai produk yang siap untuk dijual.
  • Bisa mendapatkan omset fantastis jika sudah memiliki jangkauan yang luas, apalagi kalau kualitas dan harganya yang pas dikantong.
  • Penjualan terbilang mudah, Juragan nggak perlu keahlian untuk bisa menciptakan barang tersebut, cukup melalui reseller Juragan bisa menjualnya tanpa harus memikirkan produksinya.

Kekurangan

  • Model hair accessories yang sering berubah, maka dari itu Juragan perlu up to date tentang barang-barang yang dijual.
  • Investasi modal promosi yang cukup menguras kantong, bagi Juragan yang memiliki modal pas-pasan untuk beriklan, sepertinya harus mencari jalan lain untuk berpromosi.

Dari keuntungan dan kekurangan tersebut bisa disimpulkan kalau menjual hair accessories membutuhkan keahlian dalam promosi yang baik.

Juragan dituntut untuk selalu meningkatkan kualitas serta konten media sosial yang menarik agar pelanggan nggak mudah bosan dan selalu ingat tentang bisnis Juragan.

Agar usaha aksesoris rambut Juragan berjalan lancar, wajib bagi Juragan untuk selalu menulis laporan keuangan.

Aplikasi BukuWarung adalah solusi pembukuan digital yang cocok untuk mengelola stok barang lebih mudah.

Selagi menjalankan bisnis, aplikasi BukuWarung juga menyediakan kebutuhan harian pelanggan seperti pembayaran listrik, penjualan pulsa dan top-up E-wallet, cocok banget untuk penjualan Juragan yang lagi sepi bukan?

Kembangkan bisnis Juragan sekarang juga dengan bantuan aplikasi BukuWarung!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download