BukuWarung | Aplikasi Pembukuan UMKM Tagih Utang Pelanggan Otomatis UNDUH

Peluang Usaha Saat Ramadan

Coba berbagai peluang usaha saat Ramadan berikut ini untuk menambah pemasukan. Bisa jualan takjil, busana muslim, kue kering, dan parsel.

Bulan Ramadan tahun 2020 telah tiba. Ramadan tahun ini terasa sangat berbeda, karena adanya pandemi virus Corona. Kemeriahan bulan suci yang biasanya sudah nampak dari beberapa minggu sebelumnya, kini tak ada.

Jalanan begitu pula masjid terlihat sepi. Namun itu bukan berarti mengurangi semangat kita menyambut Ramadan. Simak peluang usaha saat ramadan berikut ini untuk menambah pemasukan Anda dan mengisi waktu luang ketika bulan Ramadan.

Peluang Usaha Saat Ramadan

1. Buat dan Jual Takjil

Peluang Usaha Saat Ramadan: Buat dan Jual Takjil
Anisa Photoworks

Takjil atau kudapan berbuka menjadi salah satu hal yang paling dicari saat bulan puasa. Biasanya masyarakat lebih suka berbuka dengan makan atau minum jajan terlebih dahulu, ketimbang langsung makanan berat. Kudapan yang dihidangkan biasanya adalah pisang goreng, ketan, es pisang hijau, kolak, dan sebagainya.

Ini bisa menjadi ide usaha untuk Anda yang ingin mencari uang tambahan atau sekedar iseng untuk mengisi waktu luang. Untuk Anda yang suka masak, mungkin bisa sekaligus memasak sendiri dan menjualnya. Atau bagi yang tidak mau repot namun lebih suka jualan, Anda bisa kulakan dari pasar kemudian menjualnya.

Tidak usah mengambil keuntungan terlalu banyak, tapi cobalan untuk bermain di kuantitas penjualan. Tapi menurut sumber, untung yang paling banyak adalah bisa di dapatkan dari jualan minuman.

Untuk Anda yang bingung mencari ide jualan takjil, bisa cek artikel ide bisnis makanan.

2. Reseller Busana Muslim

Reseller Busana Muslim
Al Gani

Bulan spesial, busana juga spesial. Banyak orang-orang yang sangat suka belanja pakaian baru di saat Ramadan tiba. Tujuannya tentu saja untuk menambah semangat dalam menjalankan ibadah puasa. Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk berjualan dengan cara dropshipping. Yakni tanpa menyetok barang. Jika Anda mendapatkan orderan, ambilkan dari tempat lain yang langsung dikirim ke alamat pembeli. Ini Akan menghemat banyak biaya dan menambah keuntungan.

3. Kue Kering

Kue Kering
Instagram uunnyawarungkue

Ketika lebaran saya paling suka makan kacang mete, biasanya satu botol langsung habis jika saya bertamu ke tempat kerabat yang menyajikan jajanan jenis ini. Selain mete, ada juga keciput, nastar, dan kue kering lainnya.

Anda bisa mencoba usaha ini dengan model pesanan. Buat saja gambar tentang Anda menerima pesanan, lalu bagikan ke WhatsApp orang yang Anda kenal. Jika Ada pesanan baru Anda proses. Sehingga tidak ada barang yang tidak laku. Anda juga bisa baca peluang usaha ibu rumah tangga jika berminat menambah penghasilan.

4. Parsel Lebaran

Parsel Lebaran
Instagram ayfa.snack

Parsel biasanya dikirimkan oleh orang-orang di perkotaan untuk mengucapkan selamat kepada kerabat atau rekan kantor. Parcel adalah sekumpulan jajanan atau makanan ringan yang dibungkus dengan indah. Sehingga bisa menjadi hadiah.

Konon katanya, pembuat parcel bisa mendapatkan untung banyak dari berjualan parcel. Karena pembuat parcel biasanya membeli jajanan tersebut dengan harga grosir, namun menjualnya dengan keuntungan yang banyak karena ada jasa menata parcel tersebut. Nah cobain deh!

5. Katering Buka Puasa dan Sahur

Katering Buka Puasa dan Sahur
Instagram klaudia.miszkiewicz

Untuk anak kost seperti saya, hal yang paling menyebalkan adalah bangun sahur lalu masak makanan. Meskipun saat ini sudah ada layanan pesan antar makanan, namun layanan ini belum merata di seluruh wilayah di Indonesia. Untuk wilayah yang belum ada, Anda bisa manfaatkan kesempatan tersebut untuk menawarkan katering buka puasa dan sahur sekaligus antar. Pasti menguntungkan!

Demikian artikel Peluang Usaha Saat Ramadan dan Corona yang semoga bisa bermanfaat untuk Anda. Baca juga peluang usaha tanpa modal yang bisa Anda coba mulai tahun ini.

Semoga puasa Ramadan 1441H tahun 2020 kita lancar hingga akhir.