Download Gratis
Butuh bantuan?

Pentingnya Packaging Dalam Memaksimalkan Produk

Bayangkan saja jika Juragan membeli sebuah produk atau barang tetapi hanya dibungkus ala kadarnya menggunakan kantung kresek. Pentingnya packaging dapat berdampak pada peminatan untuk repeat order, bukan? Meskipun produk yang terbeli memiliki kualitas baik, namun customer harus berpikir dua kali bila ingin membeli lagi. Entah mempertimbangkan keamanan packaging, hingga desain yang kurang menarik dan terkesan tidak memperhatikan konsumen.

Nah, hal kecil seperti kemasan saja ternyata bisa punya dampak besar lho Juragan. Maka dari itu, jika tengah menjalankan bisnis dengan menjual produk atau barang, pastikan untuk tidak mengabaikan nilai guna dari pengemasan. Juragan bisa belajar ide packaging yang cakep dalam artikel ini.

Buat Toko Online Sendiri

Alasan Pentingnya Packaging

Pengemas bukan hanya sekedar membalut barang atau produk, lebih dari itu memiliki peran yang besar terhadap produk hingga emosional order konsumen. Agar semakin paham, berikut alasan detailnya:

Manfaat Pakai Aplikasi BukuWarung

Melindungi Barang atau Produk

Alasan utama mengapa packaging punya peran besar ialah melindungi produk dari kerusakan selama pengiriman hingga sampai ke tangan konsumen. Dengan harapan, jika kemasan benar-benar proper, maka akan meminilisir terjadinya kerusakan fatala akibat benturan antar barang, tertimpa, bahkan jatuh sekalipun.

Maka, pastikan untuk memilih kemasan sesuai dengan jenis barang, apakah barang tersebut berbahan kaca/ gelas yang mudah pecah, atau berbahan plastik yang mudah penyok. Menambah bubble wrap bisa menjadi opsi baik untuk meningkatkan keamanan barang jika akan dikirimkan ke lokasi yang jauh dari destinasi Juragan.

Membangkitkan Kepercayaan Customer

Secara tidak langsung, pengemasan yang baik akan berdampak pada emotional order konsumen. Mereka akan merasa lebih di-istimewakan ketika mendapati bahwa barang yang mereka beli tidak hanya punya kualitas baik, namun pengemasan diperhatikan sedemikian rupa agar mereka merasa nyaman dan senang. Tentu hal ini bisa menambah kepercayaan konsumen untuk mengandalkan produk Juragan di kemudian hari.

Menambah Daya Tarik

Bayangkan saja jika Juragan merupakan seorang calon pembeli di sebuah minimarket atau pusat perbelanjaan, ketika hendak memilih barang yang belum pernah diketahui sebelumnya pasti akan lebih tertarik dengan packaging produk yang menarik yang terlihat cantik dan eye-catching. Entah dari logo, nama produk, atau desain gambar dan warna kemasan. Kemasan dengan desain berkarakter kuat dan unik pasti akan selalu diingat mereka, meskipun tidak membeli pasa saat itu juga.

Media Promosi

Ternyata masuk akal juga jika kemasan bisa menjadi media untuk mempromosikan produk itu sendiri. Mengapa? Karena dalam kemasan, kita sering membaca nama merek, nama perusahaan, produksi, hingga mendeskripsikan barang apa yang ada di dalamnya. Terlebih jika ada tagline yang bisa membuat pembeli terus mengingat produk ini ketika ingin mencari sesuatu yang berhubungan dengan itu.

Menguatkan Karakteristik Produk

Serupa dengan media promosi, kemasan atau pacakaging dapat membantu menguatkan karakteristik produk yang membedakannya dengan produk kompetitor. Dengan kemasan yang didesain menarik dan cantik, bukan tidak mungkin menambah nilai plus di mata konsumen dan membuat produk Juragan lebih unggul dibandingkan produk serupa.

Memiliki Kekuatan

Poin satu ini punya hubungan erat dengan nilai guna dari kemasan itu sendiri. Jika Juragan menambahkan fitur-fitur unik pada kemasan, misalnya ujung kemasan bisa disobek dengan mudah, produk menggunakan zip lock agar mudah disimpan atau nilai fungsional lainnya yang bisa menambah daya tarik konsumen karena kepraktisannya. Sehingga kemasan tidak hanya punya nilai keindahan, tetapi lebih dari itu punya nilai guna.

Ide-ide Packaging Menarik

Pentingnya packaging produk tidak serta merta, di atas telah kita bahas alasan dibalik adanya kemasan yang harus punya nilai keindahan dan nilai guna. Selanjutnya, Juragan yang sedang berbisnis online bisa memaksimalkan produk dengan mengikuti ide packaging berikut ini:

1. Display Produk Semenarik Mungkin

Juragan bisa mulai memainkan seni untuk menyiapkan display semenarik mungkin. Sehingga pelanggan akan langsung tertarik pada produk sebelum membukanya. Juragan bisa menggunakan perpaduan kertas atau kotak pembungkus yang diberi mika tebal agar tampilan produk tersorot.

2. Manfaatkan Kertas Pembungkus

Jika bergelut di bisnis clothing line, bisa menggunakan kerta pembungkus berbahan seperti kertas perkamen, tetapi dengan desain elegan dan warna yang cantik sesuai dengan kebutuhan Juragan. Bahan ini juga dinilai lebih ramah lingkungan karena dapat terurai 2-6 minggu.

3. Memakai Pouch Berbahan Kain Organik

Juragan kini bisa berbisnis sambil menggalakkan menjaga lingkungan dari pemakaian plastik, lho! Gunakan pouch serut berbahan rami, serat kayu, serat kelapa dan sebagainya. Selain cantik dilihat, pun pouch ini bisa digunakan kembali oleh konsumen sebagai wadah make-up atau barang-barang kecil lainnya.

4. Memakai Karton Corrugated

Selain bubble wrap sebagai pengemas aman, kini ada alternatif lain yang tidak kalah cantik, yakni menggunakan karton corrugated. Fungsinya sebagao pelindung barang yang mudah pecah atau penyok akibat pengiriman. Nilai plusnya dibandingkan bublle wrap tentu saja lebih ramah lingkungan.

5. Memanfaatkan Tali

Untuk meningkatkan nilai rustic nan estetik, gunakan tali berbahan kain satin atau serat kelapa pada packaging primer. Dijamin customer akan langsung jatih hati pada produk dan segera membelinya hanya karena lucu, hal itu umum terjadi pada konsumen wanita yang notabene memang menyukai hal-hal unik dan indah.

6. Menggunakan Kertas Wax Organik

Bagi Juragan yang berbisnis kuliner berupa makanan ringan seperti cookies atau mini cake, bisa beralih ke kemasan berbahan wax organic yang lebih ramah lingkungan. Selain itu, tampilannya pun terlihat lebih classy dan unik, dibandingkan plastik transparan. Kertas wax umumnya diproduksi dengan memanfaatkan kedelai atau lilin lebah.

7. Mencoba Besek Bambu

Saat ini kita tidak asing dengan besek bamboo atau anyaman bamboo yang digunakan sebagai wadah produk. Meskipun dahulu hanya mengemas produk makanan, namun kini sudah banyak pengusaha memanfaatkan besek bambu sebagai packaging produk souvenir.

8. Desain Box Kardus

Box berbahan kardus pun seolah tidak pernah mati jika berbicara packaging yang simple dan elegan. Juragan bisa mendesain box semenarik mungkin dengan menonjolkan nama brand produk. Agar tidak konsumen tidak bosan dengan tampilannya, coba mengganti warna kardus sesuai warna signature bisnis.

9. Berikan Kartu Ucapan

Layaknya menerima sebuah kado, konsumen akan sangat senang dan merasa dihargai, dengan memberikan sepucuk surat berbahan kertas foto atau sejenisnya dengan kalimat ucapan terima kasih, tagline bisnis, atau kalimat motivasi. Selain itu, bisa juga sebagai sarana untuk mempromosikan social media official milik Juragan.

Sampai sini pasti Juragan sudah paham bahwa pentingnya packaging produk tidak hanya sebagai kemanan dan keindahan semata, ternyata ada banyak alasan yang bisa membuat konsumen senang dan mempercayakan hanya pada produk bisnis Juragan. Selain packaging, ada hal penting lain agar bisnis berkembang yakni memperhatikan stok barang atau produk. Sekarang, hanya dalam satu aplikasi, pengelolaan stok lebih sistematis dan akurat bersama BukuWarung!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download