JANGAN SAMPAI USAHA BANGKRUT Install aplikasi ini utk menghindari UNDUH
Atur Pembukuan Usaha Jadi Mudah

Supplier Dropship

Dropship merupakan cara berjualan tanpa harus memiliki stok barang. Seorang dropshipper akan menjual barang yang dimiliki oleh supplier dropship tanpa harus membelinya terlebih dahulu.

Penjual yang menerima pesanan dari pembeli akan menghubungi supplier. Selanjutnya, supplier akan mengirimkan barang pesanan kepada pembeli secara langsung. Namun pengiriman tersebut atas nama penjual.

Cara berjualan seperti ini sangat mudah untuk dilakukan. Bahkan Anda tak memerlukan modal sepeser pun untuk memulainya.

Kunci kesuksesan dalam bisnis adalah pemilihan supplier dropship yang tepat. Pada kesempatan ini, BukuWarung akan memberikan informasi mengenai rekomendasi supplier serta tips untuk mencarinya.

Tips Mencari Dropship

Tips Mencari Supplier Dropship yang Tepat

1. Memastikan Kebijakan

Hal pertama yang harus Anda pastikan dari calon supplier adalah proses pengembalian barang. Pasalnya, pembeli akan menghubungi Anda bila terdapat barang yang cacat. Jadi, Anda harus memastikan alur pengembalian dan penggantian barang agar tak mengecewakan konsumen.

2. Memastikan Kualitas Produk

Kualitas menjadi satu hal yang paling penting ketika menjual produk kepada konsumen. Jika produk memiliki kualitas yang buruk, konsumen akan kecewa dan enggan untuk kembali.

Bagaimana cara memastikan kualitas produk dari supplier? Anda bisa membelinya untuk diri sendiri sebelum menawarkan produk tersebut kepada konsumen.

3. Memiliki Pilihan Cara Pembayaran

Dalam bisnis dropship terdapat 2 proses transaksi pembayaran. Yang pertama, pembeli membayar kepada Anda. Kemudian Anda sebagai dropshipper membayar kepada supplier.

Proses pembayaran akan sangat merepotkan jika dilakukan satu per satu. Sebaiknya Anda memastikan kepada supplier bahwa pembayaran bisa dilakukan satuan maupun kolektif.

4. Memiliki Teknologi Bisnis

Hal keempat yang harus Anda pastikan yaitu adanya teknologi bisnis yang memadai. Supplier yang profesional seharusnya memiliki database tersendiri untuk menyimpan data produk.

Selain itu, supplier profesional juga harus memiliki website khusus sebagai tempat untuk melakukan transaksi dengan dropshipper.

5. Waktu Pengiriman yang Cepat

Tips yang terakhir adalah memastikan bahwa supplier selalu mengirimkan barang dalam waktu yang cepat. Umumnya, pengiriman barang dalam sistem penjualan dropship sedikit lebih lama. Ada selisih 1 hingga 2 hari dibandingkan toko online biasa.

Sebaiknya Anda tak membuat pembeli menunggu lebih lama. Carilah supplier yang bisa memproses pengiriman barang pada hari yang sama agar produk dapat sampai di tujuan tepat waktu.

Baca juga: Ide Bisnis untuk Mahasiswa

Daftar Situs Dropship

Daftar Toko Online Yang Membuka Dropship

Setelah Anda memahami tips untuk mendapatkan supplier yang tepat, berikut ini beberapa rekomendasi situs yang bisa Anda jadikan sebagai pemasok barang untuk toko online.

1. Supplier.id

Rekomendasi supplier dropship yang pertama adalah Supplier.id. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari situs ini adalah 20% hingga 70% dari setiap barang yang terjual. Jika Anda rajin dan mendapatkan banyak penjualan, penghasilan Anda bisa mencapai jutaan setiap bulannya.

2. Dusdusan.com

Target pasar dari Dusdusan.com adalah pekerja dan juga ibu rumah tangga. Sebab barang yang dijual oleh situs ini rata-rata adalah produk yang berhubungan dengan rumah tangga.

Untuk bergabung dengan Dusdusan.com, Anda diharuskan untuk membayar pendaftaran member sebesar 150 ribu rupiah.

3. Bandros.co.id

Produk yang ditawarkan oleh Bandros.co.id merupakan fashion item seperti jaket, jilbab, kaos, hingga tas. Produk ini berasal dari UMKM di Indonesia. Jadi, Bandros berperan sebagai jembatan antara UMKM dan pembeli. 

Untuk bergabung bersama Bandros, Anda hanya cukup membayar biaya registrasi sebesar 75 ribu rupiah.

4. Win Market

Win Market merupakan situs supplier untuk dropship yang menawarkan berbagai macam barang. Selain menjadi supplier, Win Market juga memiliki fitur untuk memudahkan Anda dalam membuat toko online secara mandiri.

5. Cakning

Cakning adalah situs supplier yang diinisiasi untuk korban bencana lumpur lapindo di Porong, Sidoarjo. Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 4.000 barang yang dijual di situs ini. Pada proses pendaftaran, Anda akan dikenai biaya sebesar 100 ribu rupiah.

6. Tanah Abang Market

Situs Tanah Abang Market terinspirasi dari pasar Tanah Abang yang menjadi pusat perdagangan produk tekstil di Indonesia. Situs ini pun menyediakan ribuan produk tekstil untuk dijual kembali dengan sistem dropship. 

7. Dropshipaja.com

Dropshipaja.com menawarkan berbagai macam produk yang bisa dicustom atau disesuaikan dengan keinginan pembeli. Contoh produknya antara lain kaos, topi, dan casing handphone.

Situs ini memiliki sistem pre order. Proses pengerjaannya pun tergolong cepat, hanya 3 hari. Keuntungan yang Anda dapatkan bisa mencapai 70% dari harga produk yang terjual.

8. Jakartagrosir.com

Anda bisa meraup keuntungan mulai dari 30% hingga 100% dari harga barang yang ada di Jakartagrosir.com. Produk yang ditawarkan pun sangat mudah dijual dan banyak dicari orang. Contohnya jaket, tas, dan pakaian.

9. Hazastore.com

Hazastore.com adalah situs yang menawarkan produk seperti pakaian muslim dan mainan edukatif untuk anak-anak. Anda bisa menjadi dropshipper maupun reseller di situs ini dengan membayar biaya keanggotaan sebesar 195 ribu rupiah.

Baca juga: Peluang Usaha Jasa Tanpa Modal

Silahkan kunjungi beberapa situs supplier dropship di atas. Bandingkan kelebihan serta kekurangannya, dan temukan yang paling tepat untuk Anda.