BukuWarung | Aplikasi Pembukuan UMKM Tagih Utang Pelanggan Otomatis UNDUH

Tips Memulai Usaha Digital Printing

Usaha percetakan kini mulai bergeser ke sistem digital. Seperti halnya dalam memulai usaha digital printing. Hal ini merupakan dampak positif dari perkembangan teknologi belakangan ini.

Pergeseran ke sistem digital membuat produksi menjadi semakin cepat dan hasilnya semakin baik. Bisnis di bidang ini cukup menjanjikan, sayangnya banyak orang yang enggan melakoninya karena membutuhkan modal yang besar.

Padahal bisnis digital printing tetap bisa dijalankan dengan modal yang sedikit. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Jika Anda berniat untuk menekuni bisnis ini, sebaiknya simak tips memulai usaha digital printing di bawah ini sebagai bekal sebelum memulai semuanya.

Peluang Bisnis Digital Printing

Peluang Bisnis Digital Printing
pexels.com

Berbicara tentang peluang, bisnis digital printing memiliki prospek yang cerah di masa yang akan datang. Percetakan yang ada saat ini kebanyakan masih memakai cara lama. Sedangkan pendatang baru pun belum banyak. Kesempatan masih terbuka lebar untuk Anda.

Produk yang dihasilkan oleh perusahaan digital printing sangat banyak dan dibutuhkan oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Mulai dari pemilik UMKM, kantor pemerintahan, instansi pendidikan, dan lain sebagainya.

Berbekal produk dengan kualitas terbaik dan pelayanan yang memuaskan, Anda akan meraih kesuksesan di bisnis digital printing.

Tips Memulai Usaha Digital Printing Bagi Pemula

1. Tentukan Segmen Pasar

Tentukan Segmen Pasar
pexels.com

Hal pertama yang harus dilakukan untuk memulai usaha digital printing adalah menentukan segmen pasar. Tentukan apakah Anda akan fokus pada pesanan perseorangan atau menargetkan konsumen dari perusahaan?

Jika Anda fokus pada pesanan perseorangan, order yang akan masuk jumlahnya satuan. Anda bisa mengerjakannya lebih santai.

Jika melayani perusahaan, pesanan yang masuk tentu dalam partai besar. Sayangnya, pembayaran biasanya lebih lambat untuk masuk.

Baca juga: Peluang Usaha Jasa Tanpa Modal

2. Persiapkan Modal

Persiapkan Modal
unsplash.com

Modal sangat penting dalam memulai sebuah bisnis, termasuk dalam usaha digital printing. Tentukan fokus usaha Anda dan persiapkan modal untuk membeli peralatan dan bahan-bahan yang dibutuhkan.

Sebisa mungkin Anda menggunakan uang yang sudah ada sebagai modal. Hindari mengambil kredit usaha dari bank, angsuran yang harus dibayar setiap bulan cukup memberatkan bagi usaha yang baru dirintis.

Di permulaan usaha, kemungkinan untuk gagal masih sangat besar. Sehingga mengambil kredit usaha dari bank cukup berisiko.

3. Persiapkan Lokasi Usaha

Persiapkan Lokasi Usaha
instagram.com/hillmorrwallcoverings/

Lokasi usaha yang baik adalah di tempat strategis yang banyak dilalui orang. Namun, Anda juga bisa memulai usaha digital printing dari rumah. Akan lebih menguntungkan lagi jika rumah Anda berada di tepi jalan raya.

Anda membutuhkan setidaknya dua buah ruangan, yang pertama untuk mesin dan yang kedua untuk pelayanan dan melakukan finishing. Kedua ruangan ini tak perlu terlalu luas, yang penting nyaman dan dapat membuat Anda bekerja dengan lancar.

4. Persiapkan Dana Operasional

Persiapkan Dana Operasional
pexels.com

Tips memulai usaha digital printing yang keempat adalah menyiapkan dana operasional. Dana ini dibutuhkan untuk membeli peralatan dan bahan untuk produksi. Selain itu, Anda juga perlu membayar tagihan listrik dan internet, serta menggaji karyawan.

Di tahap awal, Anda perlu menyiapkan dana operasional selama sebulan sekaligus dana darurat. Dana darurat harus disiapkan untuk mengatasi hal-hal buruk yang mungkin terjadi.

Baca juga: Tips Mengelola Keuangan Usaha Kecil

5. Pilih Karyawan

Pilih Karyawan
pexels.com

Jika Anda memutuskan untuk fokus dengan konsumen perusahaan, sebaiknya Anda merekrut karyawan. Sebab Anda tak mungkin mengerjakan seluruh pesanan seorang diri.

Pilih karyawan yang mahir mengoperasikan mesin digital printing dan memiliki pengalaman di bidang ini. Perhatikan juga apakah orang tersebut mampu bekerja sama dengan Anda.

Saat memulai usaha, Anda tak perlu merekrut terlalu banyak karyawan. Jika kemudian hari pesanan semakin banyak dan tak bisa diatasi oleh karyawan yang ada, Anda bisa merekrut orang baru untuk bergabung.

6. Susun Strategi Promosi

Susun Strategi Promosi
pexels.com

Tips terakhir dalam memulai usaha digital printing adalah menyusun strategi promosi yang tepat. promosi dilakukan untuk memperkenalkan bisnis yang Anda rintis kepada masyarakat.

Promosi tak harus dilakukan dengan biaya yang mahal, gunakanlah media sosial untuk menekan modal. Buatlah berbagai tawaran menarik untuk calon pelanggan. Anda juga bisa mengajukan proposal kerjasama ke perusahaan sebagai salah satu langkah promosi.

Ide Usaha Digital Printing yang Selalu Dicari

1. Kaos

Kaos
unsplash.com

Produk pertama yang paling dicari oleh konsumen adalah kaos. Biasanya, kaos dipesan oleh komunitas atau instansi. Pesanan kaos pun biasanya ramai ketika memasuki musim kampanye pemilihan kepala daerah atau anggota legislatif.

Saat ini, clothing line lokal juga mulai menunjukkan taringnya. Banyak bermunculan brand-brand baru setiap harinya.

Usaha printing untuk kaos memiliki peluang yang bagus di masa mendatang. Untuk mendapatkan bahan berupa kaos polos, Anda bisa bekerja sama dengan konveksi. Carilah konveksi yang bisa memproduksi kaos berkualitas namun dengan harga lebih murah.

Untuk mesin printingnya, Anda bisa membeli dengan harga sesuai kemampuan. Pastikan Anda membeli mesin berkualitas untuk menghasilkan cetakan yang bagus.

2. Case Telepon Genggam

Case Telepon Genggam
instagram.com/megacase.store/

Case merupakan salah satu alat yang dipakai untuk melindungi telepon genggam dari kerusakan akibat terbentur atau tergores.

Saat ini, case tidak hanya dilihat dari segi kegunaannya saja. Penggunanya juga sangat memperhatikan estetikanya. Oleh sebab itu, banyak orang yang mencari case berdasarkan desainnya.

Anda bisa memproduksi case telepon genggam dengan berbagai macam gambar dan pola menggunakan teknologi digital printing. Konsumen juga bisa memesan case dengan desain mereka sendiri.

Pastikan Anda memilih bahan case yang berkualitas. Gunakan tinta yang berkualitas juga agar gambar yang dihasilkan tidak mudah luntur.

Baca jaga: Ide Usaha Kreatif

3. Stiker

Memulai Usaha Digital Printing: Stiker
unsplash.com

Stiker merupakan salah satu produk digital printing yang paling banyak peminatnya. Anda bisa memilih stiker sebagai produk utama dalam memulai usaha digital printing.

Stiker dipakai untuk berbagai keperluan, misalnya label kemasan, promosi, kampanye, hiasan sepeda motor, dan lain sebagainya.

Peluang usaha stiker sangat menjanjikan karena pasarnya yang sangat besar. Bisnis ini juga tidak mengenal musim. Sudah pasti Anda akan dibanjiri pesanan sepanjang tahun.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha percetakan stiker pun tidak terlalu besar. Mesin printer yang dibutuhkan jauh lebih murah harganya dibandingkan dengan mesin cetak untuk kaos.

4. Souvenir

Souvenir
pexels.com

Souvenir biasanya dibutuhkan untuk acara penting seperti pernikahan, ulang tahun, pembukaan restoran baru, dan lain sebagainya. Permintaan pasar terhadap suvenir cukup tinggi hingga saat ini.

Contoh souvenir yang sering dipesan oleh para konsumen antara lain gelas, mug, payung, botol minum, dan piring. Semua produk ini bisa dihasilkan oleh perusahaan digital printing.

Fokus dalam percetakan souvenir menjadi pilihan yang bagus untuk memulai bisnis digital printing. Semakin banyak acara yang diadakan, pendapatan Anda pun akan semakin besar.

Baca juga: Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan

5. Undangan

Undangan
instagram.com/afjayaprinting/

Undangan menjadi produk percetakan yang tidak lekang oleh waktu. Meskipun saat ini undangan online mulai bermunculan, kertas undangan masih banyak dipesan.

Bahkan pesanan undangan semakin meningkat setiap harinya. Kunci keberhasilan dalam bisnis undangan adalah inovasi desain dan peningkatan kualitas.

Anda bisa memulai bisnis percetakan undangan dengan memesan kertas undangan siap cetak. Jika usaha sudah berkembang, Anda bisa memproduksi kertas undangan sendiri.

Tips memulai usaha digital printing di atas sebaiknya Anda terapkan untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis. Tunggu apa lagi? Jangan ragu untuk segera memulai bisnis Anda.