BukuWarung Catat Keuangan Usaha Mudah UNDUH
Atur Pembukuan Usaha Jadi Mudah

Tips Memulai Usaha Salon

⏩ Sebelum Anda membuka bisnis kecantikan, sebaiknya simak dulu beberapa ✅ Tips Memulai Usaha Salon Bagi Pemula berikut ini.

Tampil cantik dan menawan menjadi keinginan setiap wanita. Sejak dahulu, banyak cara dilakukan untuk mendapatkan penampilan yang paripurna.

Kosmetik dan gaun yang indah sangat erat kaitannya dengan kecantikan. Tak lupa, perawatan tubuh dan wajah tak boleh absen dari rutinitas wanita.

Hal inilah yang memicu munculnya salon kecantikan.

Banyak sekali layanan yang ditawarkan, misalnya potong rambut, perawatan rambut, perawatan wajah, spa, perawatan wajah, dan juga rias wajah.

Ingetin Pembayaran Jadi Gampang

Layanan yang diberikan oleh salon kecantikan terus bertambah hingga saat ini dan salon kecantikan bisa dibilang menjadi peluang bisnis yang cukup bagus.

Apakah Anda memiliki rencana untuk memulai bisnis di bidang kecantikan?

Sebelum Anda terjun ke bisnis kecantikan ini, sebaiknya Anda memahami tentang tips memulai usaha salon berikut ini, karena setiap bisnis yang akan dijalankan tentu membutuhkan persiapan yang matang.

Terdapat 8 hal pokok yang sebaiknya menjadi perhatian Anda dalam membangun bisnis salon dan berikut ini merupaka tips memulai usaha salon agar berkembang.

1. Rencana Bisnis

Membuat Rencana Bisnis

Hal pertama dan paling penting untuk Anda lakukan yaitu membuat rencana bisnis. Dengan adanya rencana bisnis, seluruh langkah dalam bisnis dapat berjalan secara teratur.

Hal-hal apa saja yang harus menjadi fokus Anda dalam membuat perencanaan bisnis salon? Agar bisnis dapat berjalan lancar dan sukses perhatikan beberapa hal ini:

  • Konsep utama salon
  • Target pasar
  • Lokasi usaha
  • Peralatan yang dibutuhkan
  • Modal
  • Pemasok bahan habis pakai
  • Karyawan atau pegawai
  • Cara promosi

Perencanaan ini sebaiknya tidak hanya dipikirkan namun juga dicatat atau dibuat mind mapping atau proposal.

Dengan cara itu, Anda akan lebih mudah untuk membacanya kembali. Proposal juga memudahkan Anda untuk mencari investor atau calon pemasok.

 

2. Menentukan Layanan

Menentukan Layanan

Bisnis kecantikan memiliki lingkup yang sangat luas. Rasanya cukup sulit untuk menyediakan semua layanan di permulaan bisnis Anda. Oleh sebab itu, tentukan jenis layanan yang ingin Anda utamakan.

Tak apa hanya menyediakan layanan yang sedikit. Hal yang terpenting yaitu bagaimana memuaskan pelanggan dengan pelayanan yang Anda berikan.

Selalu gunakan produk yang terbaik untuk melayani pelanggan. Bila perlu, sediakan beberapa jenis produk agar konsumen dapat memilih.

Sebelum memulai usaha salon, pelajarilah cara melakukan pelayanan seperti creambath, smoothing, mencuci rambut, dan lain sebagainya.

Tidak perlu terburu mempelajarinya sekaligus. Seiring berjalannya waktu, Anda bisa menambah kemampuan dan layanan di salon.

Carilah karyawan yang menguasai beberapa keahlian dalam pelayanan salon. Hal ini akan memberikan pengaruh yang baik untuk bisnis Anda.

 

3. Memilih Lokasi

Memilih Lokasi

Tips memulai usaha salon yang ketiga yaitu menentukan lokasi usaha. Tempat berbisnis sangat berpengaruh terhadap banyaknya konsumen yang datang dan penghasilan yang didapatkan.

Menentukan lokasi untuk bisnis kecantikan seperti salon bukanlah hal yang mudah. Sebab tak semua masyarakat benar-benar membutuhkan salon.

Apalagi di daerah pedesaan. Namun Anda tak akan tahu hasilnya jika tidak mencoba.

Jangan lupa untuk memastikan keberadaan pesaing di lokasi yang Anda pilih. Hal ini akan memengaruhi jumlah kunjungan dan konsumen salon.

Menyewa ruko di pusar keramaian bisa menjadi pilihan yang tepat untuk bisnis salon. Tapi tak ada salahnya kalau Anda lebih suka membuka usaha ini di rumah yang ditinggali.

Dengan membangun usaha di rumah, Anda tak perlu mengeluarkan biaya untuk sewa rumah toko atau bangunan lainnya.

 

4. Menentukan Biaya

Menentukan Biaya

Setelah mendapatkan tempat yang sesuai, sekarang saatnya Anda menentukan biaya untuk memulai usaha. Perhitungkan seluruh kebutuhan mulai dari yang terkecil.

Hitunglah secara rinci dan jangan lupa untuk menyiapkan dana cadangan. Sebaiknya Anda menggunakan hasil tabungan untuk memulai usaha alih-alih mengajukan kredit ke bank.

Mengajukan kredit usaha bukanlah hal yang salah, namun Anda harus berhari-hati. Sebagai debitur, Anda memiliki kewajiban untuk membayar angsuran setiap bulan.

Lalu apa yang terjadi ketika bisnis Anda tidak berhasil? Mungkin Anda akan terlilit utang di kemudian hari.

Di masa awal bisnis, jangan membelanjakan modal dengan boros. Aturlah pengeluaran sehemat mungkin sembari menunggu bisnis berjalan dengan stabil.

Anda bisa simak artikel cara mengelola keuangan untuk setidaknya memberikan Anda gambaran bagaimana cara mengelola keuangan usaha Anda.

Memang tidak mudah memulai bisnis dengan modal yang minim. Namun hal ini memacu Anda untuk selalu berpikir kritis dan kreatif untuk menyikapi keadaan.

Kelak hal ini akan menguntungkan bagi Anda dan bisnis yang dijalankan.

 

5. Promosikan

Mempromosikan Usaha Salon

Kunci kesuksesan sebuah bisnis yaitu promosi. Mengapa? Sebab dengan promosi inilah masyarakat dapat mengenal usaha yang Anda rintis.

Semakin menarik cara promosi yang dilakukan, akan semakin banyak pula orang yang datang menggunakan jasa di salon Anda.

Saat ini sudah banyak pilihan cara untuk mempromosikan bisnis. Termasuk kehadiran media sosial yang membuat semuanya semakin mudah untuk dilakukan.

Buatlah promosi yang menarik dan kreatif. Bila perlu, Anda dapat meminta pendapat pada konsultan marketing.

Anda juga bisa menggunakan jasa konsultan online marketing untuk mendapatkan strategi promosi yang paling tepat di dunia maya.

Tetaplah konsisten melakukan promosi meskipun usaha Anda sudah dikenal banyak orang. Sebab orang akan selalu terbuai dengan iklan dan promosi yang menarik.

 

6. Perhatikan Tren

Memperhatikan Tren Terkini

Dunia kecantikan mengalami perubahan tren yang sangat cepat. Anda harus beradaptasi dengan perubahan ini dan mengikutinya.

Sesuaikan pelayanan salon sesuai dengan tren yang sedang terjadi. Umumnya, masyarakat merupakan pengikut tren. Jadi, Anda harus mengikutinya jika tak ingin ditinggalkan oleh pelanggan.

Rajinlah mengikuti perkembangan di dunia kecantikan dengan mengikuti pada “influencer” di dunia maya. Anda dapat mengikutinya di platform seperti instagram dan youtube.

 

7. Pembukuan

Pembukuan

Pembukuan menjadi hal yang sangat penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Usaha sekecil apa pun harus memiliki pembukuan yang jelas dan terperinci.

Tujuan adanya pembukuan adalah memantu seluruh transaksi jual beli usaha. Degan adanya pencatatan yang rinci, Anda bisa lebih mudah dalam memantau bisnis.

Saat ini pembukuan tak perlu dilakukan di sebuah buku dengan catatan yang rumit dan perhitungan yang kurang teliti.

Gunakanlah aplikasi yang bernama BukuWarung. Aplikasi pengatur keuangan ini memberikan kemudahan kepada pemilik usaha, terutama usaha mikro dan kecil.

Fitur unggulan BukuWarung yaitu mencatat seluruh pengeluaran dan pemasukan sebuah usaha. Semua data akan tercatat dan dihitung secara otomatis.

Pastinya dengan aplikasi BukuWarung Anda akan lebih mudah membuat pembukuan bisnis salon Anda.

Tidak hanya itu, data bisnis Anda pun dapat tersimpan dengan baik tanpa merasa khawatir akan kehilangannya.

Untuk mendapatkannya, Anda bisa langsung download aplikasi pencatat keuangan BukuWarung secara gratis di Play Store.

 

8. Program Diskon

Membuat Program Diskon

Buatlah program diskon yang dapat menarik minat calon konsumen. Contoh sederhana yaitu menggunakan sistem kupon. Setiap pelanggan yang datang akan mendapatkan kupon. Setelah terkumpul sejumlah kupon, Anda dapat memberikan layanan gratis.

Selain itu, Anda juga bisa menerapkan sistem keanggotaan. Konsumen yang memiliki kartu anggota bisa mendapatkan potongan harga. Anda juga dapat memberikan diskon khusus anggota dan lain sebagainya.

Di hari istimewa seperti hari ibu, berikanlah layanan gratis. Hal ini akan menjadi sesuatu yang menarik bagi konsumen. Menggratiskan layanan salon dalam satu hari tak akan membuat Anda rugi.

Setelah membaca dan memahami 8 tips memulai usaha salon, sudah siapkah Anda?

Dalam menjalankan bisnis, Anda harus berkomitmen pada diri sendiri untuk selalu sepenuh hati memberikan pelayanan.