Download Gratis
Butuh bantuan?

Tips Mengatur Ekonomi Keluarga bagi Ibu Rumah Tangga

Dalam keluarga, wanita tak hanya berperan sebagai ibu rumah tangga yang bertanggung jawab mengurus suami dan anak-anaknya, akan tetapi peran ibu rumah tangga pun sangat besar dalam mengatur ekonomi keluarga.

Tentu saja hal ini bukan menjadi rahasia umum lagi bukan? Ya, seorang wanita memiliki kemampuan yang cukup baik dalam mengelola keuangan rumah tangga. Bahkan ada sebagian wanita yang ikut serta membantu suaminya bekerja untuk mengumpulkan pundi – pundi rupiah. 

Buat Toko Online Sendiri

Tips Mengatur Ekonomi Keluarga bagi Ibu Rumah Tangga

Sebagai manajer keuangan di rumah, tentunya Juragan yang berperan sebagai Ibu Rumah Tangga telah hafal betul bagaimana mengatur ekonomi keluarga. Hal ini karena Juragan memiliki kemampuan yang baik dalam mengambil keputusan, sehingga lebih berhati-hati menggunakan uang untuk kebutuhan tertentu. 

Manfaat Pakai Aplikasi BukuWarung

Nah, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa Juragan coba untuk mengelola keuangan keluarga.

1. Terbuka dengan suami

Agar pengelolaan ekonomi keluarga berjalan lancar, maka diperlukan sikap terbuka dengan suami, lho! Saling mengomunikasikan keuangan dalam rumah tangga, menjadi suatu hal yang sangat penting agar menciptakan kepercayaan.

Sebagai pasangan suami istri, tentunya Juragan harus bersikap terbuka dalam menyampaikan jumlah penghasilan, serta pengeluaran yang harus dibutuhkan setiap bulannya.

Dengan begitu, tentu akan tercipta suatu keharmonisan dalam rumah tangga tanpa unsur kecurigaan antara satu dengan yang lainnya.

2. Membuat pos anggaran

Tips selanjutnya yang bisa Juragan lakukan dalam mengelola keuangan adalah dengan membuat pos anggaran untuk setiap bulannya.

Jadi, dari total penghasilan yang didapatkan setiap bulannya, perlu ada pembagian tertentu untuk beberapa kebutuhan dalam satu bulan.

Juragan bisa membaginya menjadi beberapa pos, seperti biaya sosial, tabungan, membayar cicilan, kebutuhan sekolah anak, serta kebutuhan sehari-hari.

Dengan membuat pos anggaran ini, tentu jatah penghasilan setiap bulannya menjadi lebih teratur dan terbagi dengan baik.

3. Melakukan evaluasi keuangan

Selanjutnya, Juragan bisa melakukan evaluasi keuangan dari catatan pengeluaran sekaligus pemasukan yang dilakukan pada bulan sebelumnya.

Nah, adanya evaluasi ini dilakukan untuk mengetahui seberapa efektif pembagian keuangan yang dilakukan sebelumnya.

Jika selama evaluasi keuangan terdapat kekurangan, maka Juragan perlu mengubah strategi dalam mengatur ekonomi keluarga hingga benar-benar stabil.

Agar lebih mudah, Juragan juga bisa memanfaatkan aplikasi BukuWarung sebagai media untuk mencatat pengeluaran maupun pemasukan setiap bulannya.

4. Tidak mudah tergiur dengan hutang atau pinjol

Baik berhutang maupun pinjaman online, dua-duanya bukan menjadi solusi yang tepat saat Juragan membutuhkan uang. Hal ini bukan berarti Juragan tidak boleh berhutang.

Akan tetapi, jika Juragan mampu mengatur keuangan dengan baik, pastinya Juragan pun akan terhindar dari hutang atau bahkan pinjaman online.

Maka dari itu, sebagai pengatur ekonomi keluarga, Juragan harus pintar-pintar membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Jadi, penting bagi Juragan untuk membuat skala prioritas kebutuhan.

5. Memanfaatkan kemampuan untuk berbisnis

Semakin banyak kebutuhan, tentu saja semakin banyak pengeluaran yang harus dibutuhkan. Maka dari itu, Juragan tak bisa hanya mengandalkan pemasukan dari satu sumber saja, lho!

Nah, agar pemasukan dan pengeluaran seimbang, maka perlu ada sumber pemasukan baru untuk menyeimbangkan ekonomi keluarga.

Jadi, tak ada salahnya jika seorang Ibu Rumah Tangga mengeksplor kemampuannya untuk bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah.

Ya, dengan kemampuan yang dimiliki, Juragan pun bisa menjadikan hal itu sebagai peluang untuk berbisnis di sela-sela kesibukkan dalam mengurus keluarga, sebagai cara menambah penghasilan bagi Ibu Rumah Tangga.

5 Pekerjaan Sampingan Ibu Rumah Tangga

Dalam kehidupan berumah tangga, wanita memang tidak dituntut dan dan diharuskan untuk bekerja, akan tetapi wanita juga memiliki kesempatan yang sama untuk mengoptimalkan potensi yang dimilikinya.

Hal inilah yang membuat para Ibu Rumah Tangga saat ini berlomba-lomba mencari lowongan pekerjaan untuk Ibu Rumah Tangga, sebagai upaya menambah ekonomi keluarga.

Padahal Juragan juga bisa memanfaatkan kemampuan yang dimiliki untuk membuka bisnis sendiri, lho! Nah, pekerjaan sampingan apa saja sih yang cocok untuk ibu rumah tangga? Berikut penjelasan lengkapnya : 

1. Catering makanan atau kue

Bagi Juragan yang memiliki kemampuan dalam bidang kuliner, tentu saja Juragan tak boleh melewatkan kesempatan ini untuk dimanfaatkan sebagai peluang bisnis, lho!

Ya, sebagai Ibu Rumah Tangga, Juragan bisa mencoba untuk membuka catering makanan maupun kue sebagai pekerjaan sampingan di rumah.

Juragan bisa menerima pesanan nasi kotak, tumpeng, snack kotak, atau lainnya sebagai bentuk produk yang bisa ditawarkan kepada orang-orang terdekat.

Apalagi dengan adanya internet, semua bisnis pun bisa dipromosikan dengan praktis dan mudah.

2. Les privat

Pekerjaan sampingan lain yang berpeluang tinggi untuk menambah ekonomi keluarga bagi para Ibu Rumah Tangga adalah jasa les privat.

Pekerjaan sampingan ini sangat cocok buat Juragan yang memiliki keahlian dalam bidang pendidikan.

Juragan bisa mempromosikannya kepada tetangga-tetangga terdekat, untuk mengikutsertakan anak-anaknya les privat ke rumah Juragan

Dengan begitu, tentu saja Juragan bisa memperoleh penghasilan sendiri melalui usaha les privat yang dibuat sendiri di rumah. Sangat menarik bukan ? 

3. Menjadi freelance writer

Bagi Juragan yang memiliki keahlian menulis, tentu saja hal ini bisa menjadi ide pekerjaan sampingan yang tepat sebagai Ibu Rumah Tangga.

Sesuai dengan namanya bahwa freelance writer atau penulis lepas ini, tidak terikat jam kerja seperti pekerjaan tetap pada umumnya.

Lowongan pekerjaan untuk Ibu Rumah Tangga yang satu ini, bisa dengan mudah didapatkan melalui internet dan media lainnya.

Dengan bermodalkan laptop, Juragan pun bisa menghasilkan keuangan dalam keluarga. Mudah dan praktis bukan?

4. Reseller online shop

Pekerjaan sampingan lainnya yang bisa Juragan manfaatkan untuk mengisi waktu luang di rumah adalah dengan menjadi reseller online shop.

Nah, Juragan bisa memilih barang yang diinginkan untuk dijual kembali, seperti baju, perlengkapan bayi, kosmetik, dan lainnya.

Juragan pun bisa menjualnya secara online dengan memanfaatkan berbagai media sosial serta marketplace yang ada.

Dengan demikian, Juragan tak harus meninggalkan anak di rumah untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah sebagai cara menambah penghasilan bagi Ibu Rumah Tangga

5. Menjahit

Bisnis kreatif yang bisa Juragan jalankan sebagai Ibu Rumah Tangga adalah dengan menjadi penjahit.

Pekerjaan sampingan ini tentu saja bisa dilakukan di rumah secara fleksibel, sehingga Juragan bisa memanfaatkan waktu luang yang dimiliki dengan optimal.

Pekerjaan sampingan ini sangat cocok bagi Juragan yang memiliki keahlian menjahit. Dengan begitu, waktu bersama keluarga akan tetap terjaga dan pekerjaan pun tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Sebagai Ibu Rumah Tangga, Juragan memiliki tanggung jawab yang besar dalam mengatur ekonomi keluarga. Untuk itu, tips-tips di atas dapat dijadikan sebagai strategi agar Juragan bisa mengatur keuangan dengan baik.

Agar lebih mudah dalam mengevaluasi keuangan setiap bulannya, maka Juragan bisa menggunakan aplikasi BukuWarung. Aplikasi ini akan memudahkan Juragan dalam mengatur pemasukan dan pengeluaran sekaligus.

Juragan bisa menginstall aplikasi ini di smartphone Juragan secara gratis, lho! Cukup dengan download aplikasinya melalui Play Store atau kunjungi website kami. Dapatkan kemudahan mengelola ekonomi keluarga dengan BukuWarung!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download