Download Gratis
Butuh bantuan?

Trik Peluncuran Produk Baru

Sebagai pebisnis, tentunya Juragan memiliki ide-ide cemerlang untuk menghadirkan produk baru setiap saat. Namun, untuk mulai peluncuran produk baru juga tak boleh terkesan buru-buru, lho!

Jadi, Juragan perlu melakukan persiapan dan perencanaan yang matang agar produk baru yang diluncurkan dapat diterima dengan baik oleh konsumen. Untuk itu, Anda bisa mulai menyusun strategi yang baik agar marketing Juragan juga lancar.

Buat Toko Online Sendiri

Strategi Peluncuran Produk baru

Sebelum mulai peluncuran produk baru, tentunya Juragan harus memutuskan strategi peluncuran yang tepat agar produk Juragan tepat sasaran.

Manfaat Pakai Aplikasi BukuWarung

Dalam strategi peluncuran produk baru, Juragan juga dapat menentukan tingkat tinggi rendahnya setiap variabel dalam pemasaran, seperti mutu produk, harga, promosi, hingga distribusi produk.

Mau tahu strategi yang tepat untuk peluncuran produk baru Juragan? Simak beberapa strategi berikut ini!

1. Strategi peluncuran cepat (rapid skimming)

Strategi peluncuran cepat atau yang dikenal sebagai rapid skimming merupakan strategi peluncuran produk baru yang diawali dengan harga dan promosi yang tinggi.

Rapid skimming ini dapat digunakan untuk mempercepat laju produk dalam menembus pasar. Strategi ini dapat berjalan lancar dan berhasil jika sebagian besar pasar belum mengetahui produk tersebut.

Bahkan konsumen bersedia membayar produk Juragan dengan harga yang sangat mahal. Hal ini dapat dilakukan untuk menghadapi persaingan potensial dan membangun preferensi brand Juragan.

2. Strategi peluncuran lambat (slow skimming)

Strategi peluncuran produk baru dengan harga tinggi dan sedikit promosi disebut dengan slow skimming atau strategi peluncuran lambat.

Melalui strategi ini, Juragan bisa memperoleh laba kotor per produk dalam jumlah yang banyak dengan promosi yang rendah agar biaya pemasarannya tidak begitu besar.

Strategi ini dapat berhasil jika pasarnya terbatas, sebagian konsumen sudah mengetahui produknya, konsumen mau membeli dengan harga yang mahal, serta belum adanya pesaing produk Anda.

3. Strategi penetrasi cepat (rapid penetration)

Strategi peluncuran produk lain yang bisa Juragan coba adalah rapid penetration atau strategi penetrasi cepat.

Pada strategi ini, biasa dilakukan penetapan harga yang rendah serta promosi yang gencar. Tujuannya adalah untuk memperoleh penerimaan pasar yang lebih cepat serta pangsa pasar yang luas.

Keberhasilan strategi ini dapat dipengaruhi oleh konsumen yang belum mengetahui keberadaan produk, pasar yang luas, kepekaan konsumen terhadap harga, dan adanya indikasi persaingan yang besar.

4. Strategi penetrasi lambat (slow penetration)

Strategi selanjutnya adalah strategi penetrasi lambat atau dikenal dengan slow penetration.

Strategi ini dilakukan dengan menetapkan harga yang rendah serta promosi yang kecil. Hal ini dilakukan untuk mendapat penerimaan yang besar dari konsumen dengan biaya pemasaran yang rendah.

Keberhasilan strategi ini perlu didukung dengan pasar yang luas, konsumen yang peka dengan harga, konsumen mengetahui keberadaan produk, serta pesaingnya yang rendah.

Jadi, strategi mana yang ingin dipilih untuk meluncurkan produk baru Juragan?

Tahapan dalam Peluncuran Produk Baru

Nah, setelah Juragan menentukan strategi yang tepat untuk peluncuran produk baru, maka ada beberapa tahapan yang harus Juragan jalankan agar sesuai dengan target.

Bagaimana sih proses untuk meluncurkan produk baru agar dapat diterima konsumen dengan baik? Tentu Juragan juga bertanya-tanya bukan? Nah, berikut adalah beberapa tahapan yang bisa Juragan lakukan dalam peluncuran produk baru.

1. Melakukan riset terhadap produk pesaing

Langkah awal yang perlu Juragan lakukan sebelum meluncurkan produk baru adalah dengan melakukan riset terhadap produk pesaing yang sudah dikenal masyarakat sebelumnya.

Juragan bisa melacak jurnal penjualannya, brosur, situs web pesaing, serta berbagai informasi terkait produk pesaing tersebut. Hal ini penting dilakukan agar peluncuran produk baru Juragan dapat lebih baik lagi.

2. Menentukan target yang tepat

Agar peluncuran produk Juragan berjalan lancar, maka Juragan harus memiliki target yang tepat.

Juragan bisa mulai mencari konsumen dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk mencoba produk Anda terlebih dahulu. Hal ini dapat memberikan peluang bagi Juragan dalam penjualan ke depannya.

3. Mengandalkan keunikan produk

Langkah selanjutnya yang perlu Juragan lakukan adalah dengan mengunggulkan keunikan yang dimiliki produk Juragan.

Meskipun ada pesaing terhadap produk Juragan, akan tetapi jika produk Juragan memiliki nilai keunikan tersendiri tentunya konsumen bisa mudah tertarik dengan keunikan pada produk Juragan.

Hal ini juga akan memberikan cerminan tersendiri pada produk Juragan agar tidak terkesan sama dengan produk lama yang lebih dahulu beredar.

4. Menentukan strategi marketing yang sesuai

Dalam dunia bisnis, Juragan perlu menggunakan strategi marketing yang tepat agar dapat menjangkau konsumen yang luas.

Juragan bisa menggunakan marketing secara online, offline, atau bahkan memanfaatkan keduanya. Hal ini perlu dipertimbangkan matang-matang agar pemasaran produk Juragan lebih luas.

5. Melakukan peluncuran resmi

Untuk mengenalkan produk Juragan kepada masyarakat, tentu Juragan bisa melakukan peluncuran resmi dengan menggandeng blogger, selebgram, atau anggota industri yang berhubungan dengan produk Juragan.

Pada momen ini, Juragan bisa memberikan gambaran awal serta menguatkan citra produk Juragan kepada masyarakat.

Selanjutnya, Juragan juga bisa memberikan sampel produk atau tes produk untuk memberikan pengalaman yang baik kepada pelanggan. Lakukan berbagai promosi saat launching produk untuk menarik pembeli.

Strategi Pemasaran Produk Baru

Zaman yang semakin modern tentu mengharuskan Juragan untuk mencoba berbagai cara dalam memasarkan produk baru. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi Juragan dalam menerapkan strategi peluncuran produk baru yang tepat.

Tentunya hal ini bisa terbantu dengan mencari contoh marketing plan produk baru dari internet sebagai acuan Juragan dalam memasarkan produk.

Nah, untuk gambaran singkatnya, berikut adalah strategi pemasaran produk yang bisa Juragan lakukan.

1. Pemasaran dari mulut ke mulut

Strategi pemasaran produk baru yang bisa Juragan coba adalah dengan pemasaran dari mulut ke mulut dengan melakukan komunikasi langsung dengan konsumen.

Jika konsumen tertarik, maka Ia akan membeli produk tersebut. Jika konsumen puas dengan produk yang dibeli, maka Ia juga akan merekomendasikannya kepada orang lain untuk membeli produk Juragan.

2. Membuka reseller dan dropship

Agar lebih memudahkan Juragan dalam melakukan pemasaran, maka Juragan bisa membuka peluang reseller dan dropship bagi orang lain.

Dengan strategi pemasaran ini, tentu produk baru Juragan akan lebih banyak dikenal oleh masyarakat, bukan?

Nah, selanjutnya produk Juragan juga akan lebih mudah terjual sehingga penjualan akan semakin meningkat.

3. Mengikuti event atau bazar

Strategi pemasaran produk baru juga bisa dilakukan dengan keikutsertaan Juragan dalam berbagai event maupun bazar yang ada di kota Juragan.

Melalui acara ini, maka Juragan bisa melakukan pendekatan langsung dengan konsumen, lho! Bahkan, Juragan tak perlu mencari konsumen karena pada acara seperti ini tentu banyak masyarakat yang antusias untuk datang.

4. Pemasaran melalui media sosial

Strategi lain yang saat ini menjadi cara paling ampuh dalam pemasaran produk adalah melalui media sosial.

Ya, strategic ini tentu sangat wajib untuk dilakukan oleh pebisnis seperti Juragan terhadap produk yang baru diluncurkan.

Juragan bisa memanfaatkan berbagai media sosial yang sudah tersedia. Melalui media sosial, Juragan akan lebih mudah menjangkau konsumen dari berbagai kalangan melalui iklan berbayar yang tersedia.

Untuk itu, Juragan perlu memperhatikan modal yang dibutuhkan untuk menjalankan iklan melalui media sosial tersebut. Caranya pun mudah banget!

Cukup dengan download aplikasi BukuWarung melalui Play Store secara gratis. Setelah itu Juragan bisa menikmati berbagai fitur yang tersedia dalam aplikasi kami.

Melalui BukuWarung, juragan juga dapat mengatur pemasukan dan pengeluaran dengan mudah dan praktis, lho! Download sekarang juga yuk!

Sebelum meluncurkan produk baru, Juragan tentunya perlu memikirkan strategi peluncuran produk baru yang tepat agar bisa diterima baik oleh konsumen.

Nah, selanjutnya Juragan bisa memasarkannya melalui strategi yang tepat untuk meningkatkan penjualan Juragan.

Untuk itu, jangan lupa untuk selalu menggunakan aplikasi BukuWarung sebagai teman bisnis Juragan, ya!

Juragan bisa download aplikasi BukuWarung melalui link berikut atau Play Store secara gratis lho! Yuk, download sekarang juga!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download