Download Gratis
Butuh bantuan?

Tips Menjalankan Usaha Air Galon Isi Ulang

Untuk mendapatkan air minum yang bersih dan sehat, beberapa orang menggunakan cara-cara tertentu. Misalnya saja dengan air rebusan, membeli air galon, atau menggunakan filter tertentu.

Sehingga peluang bisnis untuk menjual air galon sangat prospektif untuk masa depan. Tak heran jika banyak orang yang membuka depot air minum galon untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Selain itu, bisnis air galon juga membantu masyarakat untuk menyediakan air bersih bagi masyarakat. 

Buat Toko Online Sendiri

Air Galon Isi Ulang

air galon isi ulang
sehatq.com

Karena kebutuhannya yang meningkat pesat, membuka depot air minum isi ulang bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan. 

Manfaat Pakai Aplikasi BukuWarung

Untuk air isi ulang sendiri biasanya memiliki harga yang lebih terjangkau, terutama untuk kantong mahasiswa. Dengan meningkatnya kebutuhan air galon ini dan harganya yang terjangkau, usaha air isi ulang galon ini makin dilirik oleh banyak orang.

Namun, sudahkah Juragan tahu tips sukses dalam membuka usaha isi ulang air galon ini? Kalau belum, pada kesempatan kali ini kami akan membahasnya sebagai berikut.

Keunggulan Usaha Isi Ulang Air Galon

keunggulan
pinterest.com

Sebelum membahas ke bagian utama tips menjalankan usaha isi ulang air minum ini. Kita akan membahas lebih dulu mengenai keunggulan apa saja yang bisa didapat dari jenis usaha yang satu ini.

1. Tidak Termasuk Bisnis Musiman

Keunggulan yang pertama dari usaha air galon ini tentu saja bukan termasuk bisnis musiman. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa air minum merupakan bagian dari kebutuhan sehari-hari. Sehingga banyak orang yang akan membutuhkannya.

Dari mulai kebutuhan air minum pada umumnya, hingga digunakan untuk memasak sehari-hari. 

2. Menawarkan Keuntungan yang Menjanjikan

Keuntungan yang didapat dari jenis usaha ini juga sangat menjanjikan. Untuk penjualan di musim tidak menentu seperti musim penghujan saja Anda bisa menjual minimal 40 galon sehari. Sedangkan untuk musim kemarau bisa menjual 100 hingga 200 galon dalam sehari.

Apabila 1 galon seharga Rp 5.000,- maka Anda bisa mendapatkan 40 galon x Rp 5.000,- x 30 hari = Rp 6.000.000,- dalam satu bulan.

3. Tidak Memerlukan Keahlian Khusus

Menjual air minum sendiri tidak memerlukan keahlian khusus. Anda hanya perlu belajar bagaimana cara merawat peralatan depot air minum ini dengan baik dan belajar cara mengelola keuangannya dengan dibantu aplikasi Buku Warung.

Aplikasi ini bisa membantu Anda mencatat keuangan harian dengan mudah, loh.

4. Bisa Menjalankan Usaha yang Lain di Satu Tempat

Anda punya banyak usaha selain menjual air galon? Tentu saja bisa dilakukan di tempat yang sama dong. 

Selain membuka usaha air galon, Anda juga bisa membuka usaha lain seperti berjualan pulsa atau camilan.

5. Tidak Memerlukan Tempat yang Luas

Peralatan yang dibutuhkan untuk membuka depot air isi ulang ini juga tidak terlalu besar. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot untuk menyewa tempat yang luas. 

Apabila di halaman rumah Anda masih tersisa halaman yang cukup, Anda bisa loh membukanya di depan rumah saja. Semakin mudah untuk dilakukan, bukan?

Tantangan Usaha Air Galon Isi Ulang

tantangan
klikdokter.com

Selain memiliki 5 keuntungan yang sudah disebutkan sebelumnya, usaha air minum isi ulang ini juga memiliki kesulitannya tersendiri dan sangat perlu Anda perhatikan. Contohnya, yaitu :

1. Memiliki Modal Utama yang Cukup Besar

Modal utama dalam membuka usaha isi ulang air minum ini terhitung cukup besar. Minimal Anda menyediakan biaya sebesar Rp 45 juta. 

Biasanya digunakan untuk pembelian alat depot air minum, mengurus administrasi utama, biaya sewa tempat jika ada, dan lain-lain. Sehingga penting sekali bagi Anda untuk menyiapkan modal dengan sebaik-baiknya.

2. Masyarakat Sangat Peka Terhadap Kualitas Air

Kualitas air minum sangatlah mudah dikenali. Oleh karena itu penting sekali bagi Anda mendapatkan kepercayaan masyarakat, bahwa air yang Anda jual memiliki tingkat kebersihan dan kemurnian yang baik.

Dengan begitu masyarakat lebih percaya dan mau menjadi pelanggan setia Anda.

3. Kualitas Galon yang Ada

Ketika Anda sudah membeli galon baru untuk nantinya ditukar milik pembeli biasanya akan muncul beberapa masalah. Misalnya saja ketika pembeli menukar galon mereka yang sudah lama dan kualitasnya mudah pecah. 

Tentu Anda harus berhati-hati ketika melakukan isi ulang kembali agar galon tidak pecah ketika sampai di tangan pelanggan selanjutnya.

4. Proses Pengiriman

Dalam proses pengiriman sendiri biasanya memiliki beberapa faktor. Seperti jaraknya yang jauh atau jumlah pesanan yang melonjak.

Apabila Anda mulai kewalahan dengan jumlah pesanan yang meningkat, Anda bisa merekrut karyawan baru agar tidak ada keterlambatan pesanan ke tangan pelanggan nantinya.

Proses pengiriman yang lebih cepat juga membantu Anda mendapatkan kepercayaan pelanggan baru.

Tips Memulai Usaha Isi Ulang Air Galon yang Sukses

tips memulai
entrepeneur.bisnis.com

Setelah tahu keunggulan dan tantangan yang dihadapi dalam memulai bisnis ini. Sekarang kita akan melanjutkan pembahasan utama mengenai tips memulai usaha isi ulang air minum yang sukses.

1. Tentukan Lokasi Usaha yang Strategis

Tips pertama adalah menentukan lokasi usaha yang strategis. Misalnya saja dekat dengan pemukiman penduduk atau kos-kosan mahasiswa. Dengan begitu Anda akan mudah mendapatkan pelanggan.

2. Mengurus Perizinan

Dalam membuka depot isi ulang air minum dibutuhkan perizinan khusus di departemen kesehatan daerah. Dengan adanya sertifikat izin yang sudah disahkan pemerintah daerah, depot isi ulang air minum Anda akan lebih terpercaya kualitas dan kebersihannya.

3. Tentukan Sumber Mata Airnya

Apabila Anda membeli air tangki dari sumber mata air pegunungan tertentu, Anda bisa membeli sampelnya terlebih dulu. Misalnya saja dengan datang langsung ke pusat pengelolaannya. Dengan begitu Anda akan tahu kualitas air yang digunakan untuk usaha nantinya.

4. Menyiapkan Modal, Peralatan, dan Karyawan

Tips keempat adalah dengan menyiapkan modal, peralatan, dan karyawan. Sudah dijelaskan sebelumnya mengenai minimal modal yang harus disiapkan. Memang satuan modal yang dibutuhkan bisa jadi berbeda, tetapi tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga.

Karena dengan memiliki modal, peralatan, dan karyawan yang mumpuni tentu akan memajukan usaha Anda nantinya.

5. Giatkan Promosi Online

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mensukseskan usaha adalah dengan melakukan promosi online. Misalnya saja dengan promo melalui sosial media Anda pribadi atau membuat sosial media khusus usaha.

Selain itu Anda juga bisa membuat kartu nama digital melalui Buku Warung agar lebih mudah memperkenalkan usaha kepada masyarakat.

Gunakan Aplikasi Buku Warung Untuk Mengembangkan Usaha Juragan!

bukuwarung
bukuwarung.com

Dengan menggunakan aplikasi BukuWarung ini, Juragan bisa lebih mudah dalam menjalankan bisnis. Misalnya saja untuk pencatatan keuangan secara digital, tagihan kepada pelanggan, usaha sampingan penjualan pulsa, top up e-wallet,  dan lain-lain. 

Agar lebih mengembangkan bisnis secara maksimal, Juragan bisa mengikuti beberapa tips bisnis dari beberapa artis terkenal yang ada di BukuWarung. Selain itu juga ada tips mengatur keuangan secara tepat untuk menjalankan bisnis semakin baik.

Dengan tips tersebut, semoga membantu bisnis Juragan agar bisa berkembang sesuai dengan keinginan.

Untuk mendapatkan aplikasi BukuWarung yang bisa membantu Juragan mengembangkan usaha air galon. Juragan bisa mendownloadnya di link berikut. Yuk, kembangkan bisnis bersama BukuWarung!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download