BukuWarung: Buat Laporan Usaha Mudah Tagih Utang Pelanggan Pakai WA UNDUH
3 Samsung Galaxy Gratis

Usaha Makanan Ringan

Ingin memulai usaha di bidang kuliner namun tak punya banyak modal? Ada satu jenis usaha bermodal kecil yang bisa Anda coba, yaitu repack makanan ringan.

Caranya adalah membeli makanan ringan dalam kemasan besar (bal) kemudian mengemas ulang ke dalam wadah yang lebih kecil.

Anda dapat menjual kembali makanan ringan tersebut dengan harga Rp 2.000. Kendati harga jualnya “receh”, usaha ini dapat menghasilkan keuntungan yang besar jika ditekuni.

Kunci kesuksesan dalam usaha makanan ringan serba 2000 adalah menjual produk sebanyak-banyaknya. Silahkan simak ulasan lengkapnya dari BukuWarung berikut.

Daftar Usaha Makanan Serba 2000

Daftar Usaha Makanan Serba 2000

Makanan apa saja yang dapat Anda jual? Ada banyak sekali jenis makanan ringan atau camilan yang dapat Anda pilih, diantaranya sebagai berikut.

1. Keripik Talas

Talas termasuk salah satu jenis umbi-umbian yang Indonesia banget. Keripik talas punya cita rasa gurih yang unik, sangat berbeda dengan singkong atau pun kentang. Camilan yang satu ini punya banyak penggemar, oleh sebab itu sangat cocok masuk ke dalam jajaran makanan ringan serba 2000.

2. Keripik Otak-otak

Otak-otak dikenal sebagai makanan basah dengan cita rasa ikan yang nikmat. Makanan ini tak kalah lezatnya ketika diolah menjadi keripik. Umur simpannya pun jadi lebih lama ketika bentuknya sudah diubah menjadi renyah.

3. Keripik Mi

Mi adalah salah satu makanan yang sering dikonsumsi masyarakat. Makanan yang satu ini juga bisa dijadikan keripik. Caranya adalah mencampurkannya dengan adonan terigu lalu digoreng, jadilah keripik mi. Jajanan ini menjadi salah satu kesukaan anak-anak SD.

4. Keripik Gemblong Singkong

Apakah Anda mengenal gemblong? Makanan ini biasanya terbuat dari ketan yang ditumbuk. Saat ini ada modifikasi baru, yaitu gemblong yang dibuat dari singkong. Uniknya lagi, gemblong singkong bisa diiris-iris tipis kemudian digoreng garing. Jadilah keripik gemblong singkong yang gurih dan garing.

5. Keripik Cimol

Cimol adalah jajanan khas sunda yang dibuat dari tepung tapioka yang garing dan kenyal. Jajanan yang satu ini bisa dijadikan keripik dengan cara dipotong tipis-tipis lalu digoreng. Setelah diberi bumbu gurih dan pedas, dijamin camilan satu ini akan laris manis dan jadi kesukaan anak-anak.

6. Keripik Pangsit

Umumnya, pangsit kerap dijadikan sebagai pendamping bakmi atau bakso. Adonan kulit pangsit yang digoreng garing juga sangat disukai masyarakat. Rasanya yang gurih membuatnya cocok dijadikan camilan atau pun lauk tambahan saat makan.

7. Keripik Pisang 

Kalau sebelumnya sudah ada makanan yang asin dan gurih, Anda juga bisa menjual keripik manis. Salah satu contohnya keripik pisang. Anda bisa membeli di pasar atau dari produsen langsung. Tentu saja membeli langsung di produsen akan lebih murah dibandingkan membeli di pasar.

8. Keripik Ubi Ungu

Ubi ungu bukanlah jenis makanan yang asing bagi masyarakat Indonesia. Umbi yang satu ini kerap dijadikan sebagai keripik dengan cita rasa manis alami. Cocok sekali dijual sebagai makanan ringan serba 2000.

9. Keripik Jamur Tiram

Keripik jamur tiram biasanya dijual dengan saus sambal. Agar lebih renyah dan awet, sebaiknya pilihlah keripik jamur yang digoreng dengan tepung beras.

10. Keripik Ikan

Peluang usaha makanan ringan serba 2000 selanjutnya adalah keripik ikan. Ikan yang paling sering dijadikan sebagai bahan baku yaitu tenggiri. Keripik ini gurih dan memiliki aroma khas ikan yang sedap.

Baca Juga: Contoh Label Makanan

11. Keripik Daun Singkong

Daun singkong umumnya dimasak sebagai sayur pendamping nasi. Namun daun singkong juga bisa dijadikan keripik. Caranya yaitu melumuri permukaan daun dengan adonan tepung lalu digoreng hingga renyah.

12. Keripik Balado

Siapa yang tidak suka keripik balado? Hampir semua orang menyukai makanan ringan dengan cita rasa pedas, gurih, dan sedikit manis ini. 

13. Usus Krispi

Usus ayam bisa dijadikan sebagai camilan sekaligus lauk yang murah meriah. Baluri dengan adonan tepung bumbu, lalu goreng hingga garing. Untuk pengemasan, Anda bisa menambahkan saus sambal secara terpisah.

14. Kacang Kulit Oven atau Goreng

Kacang memang paling cocok untuk menemani di suasana apa pun. Biasanya, kacang yang dijual dengan kemasan kecil seharga Rp 2.000 telah digoreng atau dipanggang terlebih dahulu dengan oven.

15. Keripik Sukun

Sukun termasuk jenis buah yang sering dijadikan sebagai gorengan. Buah ini memiliki cita rasa manis yang khas dan tekstur yang cukup lembut. Lebih nikmat lagi jika sukun diiris tipis kemudian digoreng dengan minyak panas hingga teksturnya menjadi renyah.

16. Pisang Sale

Satu lagi olahan pisang yang bisa dijual seharga Rp 2.000 adalah sale. Berbeda dengan sale besar yang biasanya bertekstur sedikit lembek, sale yang dijual dengan kemasan kecil memiliki tekstur lebih garing. Rasanya manis alami khas buah pisang.

17. Kacang Polong

Kacang polong dapat ditemui dalam berbagai kesempatan, misalnya saat perayaan hari raya. Tak jarang juga kacang polong dihadirkan sebagai pelengkap makanan kecil di resepsi pernikahan.

Kacang berwarna hijau ini punya banyak penggemar karena rasanya yang gurih. Teksturnya yang cenderung lebih keras dari kacang tanah membuat makanan yang satu ini lebih cocok untuk anak muda.

18. Kuaci

Kuaci dibuat dari biji-bijian, di antaranya biji bunga matahari, biji semangka, atau biji labu. Sebenarnya, kuaci termasuk jenis jajanan yang mahal karena isinya tergolong sedikit. Meskipun demikian, penggemar kuaci tetap banyak.

19. Sistik 

Alternatif makanan ringan berikutnya adalah sistik atau cheese stick. Makanan ini sudah cukup banyak dijual. Namun tak ada salahnya jika Anda juga ikut menawarkan snack yang satu ini karena penggemarnya pun sangat banyak.

20. Mi Lidi

Siapa yang waktu kecil suka makan mi lidi? Makanan yang menjadi favorit anak-anak era 90-an ini masih eksis hingga saat ini. Penjualan mi lidi semakin meningkat karena penambahan berbagai macam rasa, mulai dari yang gurih hingga super pedas. Yakin, tidak mau berjualan mi lidi?

21. Basreng

Baso goreng atau basreng belakangan ini menjadi makanan yang hits di kalangan remaja. Ditambah dengan bubuk cabai, camilan yang satu ini semakin laris manis di pasaran. Biasanya basreng dikemas dalam ukuran besar. 

Anda dapat menjualnya dalam kemasan yang lebih kecil seharga Rp 20.000. Bisnis repack seperti ini sangat menguntungkan karena Anda akan mendapatkan laba dari setiap kemasan kecil yang terjual.

Jika tidak menemukan basreng yang cocok untuk di-repack, Anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Untuk menekan modal, sebaiknya perbanyak komposisi tepung dibanding dagingnya.

22. Keripik Kentang

Banyak sekali brand yang memiliki produk keripik kentang. Jangan mau kalah, Anda juga bisa menjual keripik umbi-umbian yang satu ini dengan harga yang murah meriah. Tambahkan beberapa rasa seperti balado, sapi panggang, rumput laut, dan lain sebagainya untuk menambah variasi.

Baca Juga: Contoh Kemasan Makanan

Kunci kesuksesan usaha makanan ringan serba 2000 adalah promosi dan distribusi. Anda bisa menitipkan aneka jajanan di warung kelontong atau kantin sekolah. Promosi memakai social media juga tak ada salahnya untuk dicoba.