BukuWarung | Aplikasi Pembukuan UMKM Tagih Utang Pelanggan Otomatis UNDUH

Usaha Permak Jeans

Di sekitar kita terdapat banyak sekali potensi yang bisa dijadikan sebagai peluang usaha. Misalnya permasalahan baju yang robek, celana jeans dengan ukuran kebesaran dan lain sebagainya. Permasalahan kecil seperti itu menjadi latar belakang untuk memulai usaha permak jeans.

Bisnis tersebut tak memerlukan modal yang begitu besar. Begitu pula dengan penghasilan yang didapatkan pun tidak terlalu besar.

Namun bisnis tersebut bisa menjadi salah satu sumber penghasilan yang potensial apabila ditekuni dan dijalankan dengan strategi yang tepat. Mari perhatikan penjelasan lengkapnya dari BukuWarung berikut.

Tips Memulai Usaha Permak Jeans

Tips Memulai Usaha Permak Jeans

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika ingin membuka usaha permak celana jeans dan juga pakaian lainnya.

Simak penjelasannya di bawah ini supaya Anda lebih memahaminya. 

1. Keahlian

Hal pertama yang harus Anda miliki yaitu keahlian menjahit. Jika saat ini Anda belum bisa menjahit dengan mesin, cobalah untuk mengikuti pelatihan atau kursus. Biaya untuk mengikuti kursus atau menjahit pun tidak terlalu mahal sehingga masih dapat dijangkau oleh semua orang.

Kalau Anda sudah memiliki keahlian menjahit atau pernah bekerja sebagai penjahit, maka hal itu menjadi poin plus. Keterampilan menjahit bisa dimiliki oleh siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan.

Sebenarnya aku mah Anda tidak perlu terlalu mahir untuk memulai usaha permak levis. Anda cukup menguasai teknik dasar pengukuran, pemotongan bahan, dan menjahit. Kalian Anda akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya “jam terbang”.

Tak usah khawatir apabila Anda mendapatkan pesanan yang cukup sulit untuk dikerjakan. Anda dapat menjalin kerja sama dengan penjahit yang sudah lebih profesional untuk menyelesaikan pesanan tersebut. Jadi, Anda tak perlu menolak pesanan dari konsumen.

2. Perangkat Kerja

Selain keahlian, Anda juga memerlukan alat untuk menjalankan usaha permak Levis. Adapun peralatan yang dibutuhkan antara lain:

  • Mesin jahit
  • Benang
  • Pita meteran
  • Gunting

Anda disarankan untuk menggunakan mesin jahit yang sudah bertenaga listrik. Mesin ini dapat bekerja dengan lebih cepat dibandingkan dengan mesin jahit manual. Sehingga pekerjaan akan lebih cepat selesai. Untuk memulai usaha, Anda tak perlu membeli mesin jahit baru.

Mesin jahit bekas pun bisa Anda pakai asalkan masih dapat berfungsi dengan baik. Menggunakan mesin jahit bekas atau second dapat menekan modal di masa awal berdirinya usaha. Setelah usaha berjalan dan Anda memiliki cukup modal, ganti dengan mesin yang baru.

Untuk peralatan lainnya seperti benang, pita meteran, dan gunting dapat Anda beli di toko peralatan jahit.

3. Tempat Usaha

Tempat usaha menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan dalam bisnis. Terlebih untuk bisnis jasa seperti permak Levis. Lokasi yang disarankan untuk membantu kelancaran usaha adalah tempat-tempat strategis. Anda dapat memilih salah satu dari tempat berikut:

  • Pasar atau wilayah yang dekat dengan pasar. Pasar merupakan pusat keramaian, banyak orang yang berkunjung ke sana untuk berbelanja maupun berdagang. Anda dapat menyewa salah satu lapak di pasar untuk memulai usaha permak levis.
  • Di dekat toko pakaian. Membuka usaha permak di dekat toko baju menjadi salah satu strategi yang tepat sebab tak sedikit orang yang membeli pakaian di toko namun ukurannya kurang sesuai dengan postur tubuh. Misalnya ukuran pakaian terlalu besar atau terlalu panjang. 
  • Persimpangan jalan yang ramai. Persimpangan jalan menjadi salah satu titik yang hampir selalu ramai dilewati orang. Lokasi ini menjadi tempat yang strategis untuk membuka usaha apa pun, termasuk permak levis.
  • Lokasi sekitar kampus atau perkantoran. Kampus dan perkantoran juga ramai dikunjungi oleh orang, terutama anak muda yang gemar memakai celana jeans atau levis. Nah, di lokasi ini Anda dapat memulai usaha permak.
  • Kawasan padat penduduk. Lokasi terakhir yang dapat Anda pertimbangkan untuk memulai usaha permak jeans adalah di kawasan pemukiman padat penduduk. Semakin banyak penduduk artinya semakin besar pula peluang berkembangnya bisnis permak levis.

4. Pemasaran

Hal keempat yang perlu Anda perhatikan adalah upaya pemasaran. Sebenarnya tak ada strategi khusus untuk memasarkan bisnis permak jeans. Kalau Anda membuka usaha di lokasi yang strategis dan dapat dilihat oleh banyak orang, hal itu sudah cukup. Pelanggan akan datang dengan sendirinya.

Namun menunggu pelanggan saja tidak cukup. Anda juga perlu melakukan promosi seperti memasang spanduk, menyebarkan pamflet, dan promosi di media sosial. Saat ini media sosial atau medsos menjadi senjata yang ampuh untuk meningkatkan kesuksesan sebuah usaha.

5. Operasional

Tips terakhir berkaitan dengan operasional usaha. Anda perlu mempertimbangkan pengelolaan pesanan, jam kerja, serta biaya jasa untuk setiap pesanan. Jangan lupa juga untuk memperhitungkan biaya operasional seperti biaya sewa lapak, tagihan listrik, dan juga biaya makan selama Anda bekerja.

Baca Juga: Peluang Usaha Dealer Motor 

Keuntungan Usaha Permak Jeans

Keuntungan Usaha Permak Jeans

Modal yang diperlukan untuk memulai usaha permak jeans tidak terlalu besar. Namun laba yang dihasilkan cukup untuk dijadikan sebagai sumber penghasilan sehari-hari.

Simak perhitungan di bawah ini untuk mengetahui keuntungan dari bisnis permak jeans.

1. Modal yang dibutuhkan

  1. Mesin jahit dengan estimasi harga Rp 1.000.000 (mesin jahit bekas yang masih berfungsi dengan baik).
  2. Harga sewa tempat atau lapak : Rp 500.000 per bulan
  3. Tagihan listrik Rp 300.000 per bulan. Apabila Anda menggunakan mesin jahit manual, biaya ini tidak perlu dihitung. 
  4. Benang, gunting, meteran, dan peralatan lain: Rp 500.000.

Dari rincian di atas, modal yang perlu Anda siapkan untuk memulai usaha adalah Rp 2.300.000.

2. Estimasi pendapatan per bulan

Total modal sudah didapatkan, sekarang yang perlu diperhitungkan adalah estimasi penghasilan yang bisa Anda dapatkan setiap hari. 

  1. Misalkan Anda memberi harga untuk setiap pesanan sebesar Rp 20.000.
  2. Estimasi pesanan yang diterima adalah 10 per hari.
  3. Omzet atau pendapatan yang Anda peroleh adalah 10 x Rp 20.000 = Rp 200.000.
  4. Penghasilan tersebut dikurangi untuk biaya makan dua kali selama bekerja, misalnya Rp 40.000.
  5. Laba bersih yang Anda dapatkan dalam satu hari adalah Rp 200.000 – Rp 40.000 = Rp 160.000.
  6. Jika Anda mengambil libur satu hari dalam seminggu, artinya Anda bekerja selama 26 hari dalam sebulan. Jadi, laba yang Anda dapatkan dalam sebulan adalah 26 x Rp 160.000 = Rp 4.160.000.
  7. Kurangi penghasilan selama satu bulan dengan biaya operasional seperti sewa tempat dan membayar tagihan listrik. Perhitungannya Rp 4.160.000 – Rp 800.000 = Rp 3.360.000.

Jadi, estimasi penghasilan Anda dalam sebulan adalah Rp 3.360.000. 

Pesanan permak jeans dan pakaian umumnya mengalami lonjakan pesat di waktu-waktu tertentu, misalnya:

  • Mendekati hari raya Idul Fitri
  • Permulaan tahun ajaran atau akademik baru
  • Musim libur

Baca Juga: Ide Usaha untuk Pensiunan

Peluang usaha permak jeans selalu terbuka lebar karena selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Modal yang diperlukan pun tidak begitu besar. Jika dilihat dari perhitungan di atas, Anda bisa mendapatkan modal kembali hanya dalam waktu satu bulan. Berminat untuk mencobanya?