Download Gratis
Butuh bantuan?

7 Ide Hampers Lebaran untuk Rekatkan Silaturahmi

Sudah ada ide hampers lebaran untuk tahun ini? Mengirimkan hampers atau parsel merupakan salah satu tradisi jelang lebaran di Indonesia. Biasanya, hampers dikirimkan kepada orang yang lebih tua atau orang yang dihormati. Tidak jarang juga ada yang mengirimkan hampers untuk orang-orang terdekat seperti orang tua, sahabat, maupun rekan kerja.

Sekarang ini, ada banyak sekali jenis hampers yang ditawarkan. Hal ini memang membuatmu punya banyak pilihan. Namun, di sisi lain, bisa menjadi sangat membingungkan. Untuk membantu kamu menentukan barang apa yang cocok dikirimkan kepada orang-orang tersayang, yuk simak ide hampers lebaran berikut ini!

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

7 Ide hampers lebaran

Berbeda dengan beberapa tahun yang lalu, hampers atau parsel lebaran belakangan ini tak lagi terbatas pada makanan. Masih banyak memang yang menawarkan kue kering khas lebaran atau hidangan lain sebagai hampers, tapi banyak juga yang menawarkan alternatif lain. Ini dia beberapa ide hampers lebaran yang bisa kamu pertimbangkan:

  1. Peralatan salat dan Alquran

Banyak yang ingin menyambut Idulfitri dengan peralatan salat baru. Sebab, peralatan salat seperti mukena, sarung, dan sajadah baru menandakan awal yang baru setelah bermaaf-maafan di hari lebaran nan fitri. Memanfaatkan momen tersebut, kamu bisa mengirimkan peralatan salat baru untuk orang-orang tersayang.

Lengkapi hampers peralatan salat tersebut dengan kitab suci Alquran. Memberikan Alquran baru merupakan pengingat untuk senantiasa tawakal beribadah meski bulan Ramadan telah usai. Agar semakin lengkap, jangan lupa sisipkan kartu ucapan berisi doa dalam hampers, ya!

  1. Bahan pokok

Sebaik-baiknya pemberian adalah pemberian yang bermanfaat. Saat kamu bingung dengan ide hampers lebaran, coba pikirkan kira-kira apa barang yang paling dibutuhkan si penerima.

Buat Toko Online Sendiri

Bahan pokok bisa menjadi ide hampers lebaran paling ideal. Ini karena setiap orang pasti memerlukan bahan pokok, terutama yang sudah berumah tangga. Bahan pokok seperti beras, gula, minyak, sabun mandi, sikat gigi, sampo, hingga detergen akan sangat membantu kebutuhan sehari-hari pihak penerima hampers.

Kamu juga bisa menambahkan jajanan yang bisa dinikmati penerima dan keluarganya saat hari kemenangan tiba. Pastikan untuk mengemas hampers dengan rapi agar tetap menarik!

Baca Juga: Ide Usaha Kue Rumahan Modal Kecil

atur keuangan usaha
  1. Covid-19 kit

covid 19 kit
covid 19 kit

Photo Credit: Racool_studio (Freepik)

Di masa pandemi seperti sekarang ini, produk kebersihan seperti hand sanitizer, tisu basah, dan disinfektan sangat penting. Setiap orang pasti membutuhkannya. Berangkat dari fakta tersebut, kamu bisa menjadikan Covid-19 kit sebagai ide hampers lebaran selain makanan.

Apa saja isi Covid-19 kit? Tidak perlu produk yang sulit dicari, kamu cukup menyediakan hampers yang berisi hand sanitizer, masker, strap masker, tisu basah, tisu disinfektan, dan larutan disinfektan. Tidak harus semua, kamu dapat memilih barang yang paling diperlukan si penerima.

atur keuangan usaha

Kamu juga bisa menambahkan suplemen makanan dan vitamin. Keduanya penting untuk menjaga kekebalan tubuh agar pihak penerima hampers tidak mudah jatuh sakit. Dengan begitu, mereka bisa menikmati momen lebaran dalam keadaan sehat!

  1. Frozen food

Kalau kamu ingin ide hampers lebaran yang tak biasa, bisa mencoba mengirimkan frozen food. Ini merupakan alternatif saat memberi cookies lebaran dirasa terlalu “mainstream”, tapi memberikan makanan basah terlalu berisiko.

Frozen food merupakan makanan yang telah melalui proses pembekuan sehingga lebih awet. Teksturnya juga sudah dibuat sedemikan rupa agar mampu bertahan lebih lama dibanding makanan biasa. Dengan begitu, kualitas makanan bisa tetap terjaga saat diterima. Penerima juga tak perlu merasa mubazir karena makanan masih bisa dimakan di lain hari.

  1. Kue kering

Lebaran tak akan lengkap tanpa kue kering. Tak ada salahnya kalau kamu memberikan kue kering untuk orang-orang tersayang. Mereka bisa menikmatinya bersama keluarga saat hari raya tiba.

Agar hampers terasa lebih spesial, coba, deh, buat kue kering sendiri. Sekarang sudah ada banyak sekali resep kue kering yang mudah diikuti di internet. Kegiatan membuat kue di rumah pasti akan jadi aktivitas ngabuburit yang seru. Selain itu, ide hampers lebaran buatan sendiri pun juga akan terasa lebih spesial, Juragan!

  1. Alat makan

Pandemi tanpa disadari membuat kita menjadi semakin waspada dengan kebersihan, termasuk saat harus makan di luar. Untuk melindungi orang-orang tersayang dari bahaya virus dan kuman di luar sana, Juragan bisa menjadikan alat makan sebagai ide hampers lebaran.

Berikan alat makan yang mudah dibawa ke mana saja. Kamu juga bisa melengkapinya dengan botol minum atau tumbler serta sapu tangan. Akan lebih baik lagi jika alat makan yang kamu jadikan hampers merupakan produk ramah lingkungan. Si penerima berseri, alam pun ikut lestari!

  1. Makanan kekinian

Ide hampers lebaran yang terakhir adalah makanan kekinian. Setiap tahun, pasti ada tren makanan baru. Entah itu berupa snack, kue, hingga makanan berat. Untuk teman atau kerabat penghobi kuliner, ide ini bisa dicoba. Mereka pasti akan merasa senang menerima makanan atau minuman baru yang dapat mereka coba di hari lebaran nanti.

Baca Juga: Deretan Aplikasi Penghasil Uang yang Dikenal pada Saat Ini

Cara Memilih Hampers Lebaran

cara memilih hampers lebaran
cara memilih hampers lebaran

Photo Credit: micheile || visual stories (Unsplash)

Ide sudah ada, tapi sekarang Juragan justru bingung memilih hampers. Agar tidak semakin bingung, simak tips memilih hampers dalam poin-poin di bawah ini:

1. Tentukan bujet

Langkah pertama, tentukan bujet. Sekarang ini, ada banyak sekali toko yang menawarkan hampers, mulai dari yang sederhana hingga eksklusif. Kamu tinggal pilih mana yang paling cocok dengan kondisi dompet. Alternatif lainnya adalah membuat hampers sendiri. Tinggal tentukan apa saja barang pengisi hampers.

2. Cari tahu hampers yang sedang tren

Masih bingung? Coba deh, scroll media sosial dan buka hashtag #hamperslebaran atau kunjungi marketplace dan cari hampers lebaran di kolom pencarian. Kamu pasti akan menemukan berbagai jenis hampers. Dari situ juga akan terlihat model hampers yang sedang menjadi tren atau banyak dicari orang.

3. Sesuaikan dengan penerima

Tiap orang pasti punya kebutuhan yang berbeda-beda. Ada yang lebih memerlukan bahan pokok di hari raya, tapi ada juga yang butuh alat salat baru. Begitu pula dengan penerima hampers darimu, mereka pasti memiliki kebutuhan tertentu. Agar hampers yang kamu kirimkan tepat sasaran dan bermanfaat, coba perhatikan kebiasaan si penerima. Kamu akan tahu barang apa kira-kira yang mereka butuhkan di hari lebaran nanti.

4. Pastikan waktu dan kondisi pengiriman

Poin yang satu ini sangat penting kalau kamu memilih untuk membeli hampers di marketplace atau toko online. Pastikan kepada pihak penjual mengenai proses pembuatan dan waktu pengiriman. Hal ini bertujuan untuk menghindari keterlambatan. Ada baiknya kamu juga memastikan kondisi pengiriman agar hampers tetap utuh saat diterima.

5. Bungkus hampers lebaran biar lebih cantik

Untuk kamu yang memutuskan untuk membuat hampers lebaran sendiri, jangan melewatkan pengemasan. Sebaiknya hampers dikemas dengan baik dan cantik. Kemasan yang cantik pasti akan membuat pihak penerima merasa senang. Jangan lupa juga untuk menambahkan bubble wrap atau pengamanan tambahan agar kualitas isi hampers tetap terjaga!

Baca Juga: Yuk Mulai Usaha Rumahan dengan Modal 50 Ribu Saja!

Semoga artikel mengenai ide hampers lebaran ini bisa membantumu, ya. Tidak perlu bingung berlama-lama, inti dari setiap pemberian adalah niatnya. Jika niatmu baik, pasti hasil yang dituai pun akan baik juga. Sertakan doa terbaikmu dalam setiap hampers yang kamu kirimkan. Doakan kesehatan dan keselamatan mereka.

Wah, artikel tentang ide hampers lebaran ini justru membuatmu ingin memulai bisnis hampers sendiri? Tak masalah! Kamu bisa mulai melakukan persiapan dari sekarang. Salah satunya adalah dengan download aplikasi pembukuan BukuWarung. Dengan aplikasi BukuWarung, kamu tidak perlu bingung lagi dengan masalah pembukuan bisnis hampers milikmu nanti. Yuk, unduh aplikasi BukuWarung sekarang juga di PlayStore!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download