Download Gratis
Butuh bantuan?

Belajar Cara Menjual NFT Art Anti Ribet

Cara menjual NFT art sempat menjadi trending topik beberapa waktu silam. Pada dasarnya, NFT singkatan dari Non-Fungible Token, yakni salah satu aset berbentuk digital yang mewakili barang fisik (berwujud) dan barang non-fisik (tidak berwujud) yang unik, mulai dari koleksi barang antik hingga real estate virtual dan sepatu kets digital

Meskipun terlihat sedikit nyeleneh, nyatanya aset ini bisa dijadikan ide bisnis. Banyak kaum muda telah berhasil memanfaatkan media ini untuk mengenalkan hasil karya mereka kepada khalayak secara global. Juragan pun bisa memanfaatkan peluang bisnis NFT, namun pastikan untuk mempelajari seluk beluk NFT yang akan di bahas dalam artikel ini.

Buat Toko Online Sendiri

Mengenal Non-Fungible Token

Pada pertengahan tahun 2021, NFT menjadi sorotan berkat tren crypto dengan penjualan naik mencapai 55% terhitung sejak 2020, dari nominal $250 juta menjadi $389 juta. Pengertian NFT secara umum ialah aset kripto yang dapat dikoleksi dan punya keunikan tersendiri yang berbeda dari aset digital lainnya.

Manfaat Pakai Aplikasi BukuWarung

Awalnya NFT berkonseo Bitcoin Colored Coins yang merupakan pecahan kecil dari bitcoin yang diberi penanda khusus atau “diwarnai” dengan informasi unik yang menghubungkan koin ke aset dunia nyata. Seiring berjalannya wkatu, Koin Berwarna ini dibuat sebagai media perdagangan karya seni

seperti kartu digital “Rare Pepe” di Counterparty (platform peer-to-peer yang dibangun di atas sistem blockchain Bitcoin.

Pernahkah Juragan menemukan meme bergambar katak kartun animasi yang biasanya ada di internet yang sedang viral? Itu adalah salah satu contoh paling awal dari karya seni digital yang unik dan berkaitan dengan token kripto dan dijual lewat NFT market.

Non-Fungible Token dapat digunakan hampir segala jenis barang nyata atau maya, dianatarnya karya seni (lukisan, gambar, kartun), item virtual dalam game (skin, mata uang virtual, senjata, avatar), Musik, Kartu perdagangan digital, Aset dunia nyata bertoken (real estate, mobil, kuda pacu, sepatu kets desainer), Tanah virtual, Rekaman video momen olahraga ikonik, dan masih banyak lagi yang bernilai dan unik.

Daftar NFT Art Termahal di Dunia

Di tahun yang sama, NFT Art di 2021 mencatat penjualan mencapai 300 juta dollar AS. Nominal tersebut dilaporkan beberapa marketplace NFT terkemuka. Pada meret 2021, situs Arnet News menerbitkan daftar Non-Fungible Token termahal di sunia yang pernah terjual. Berkt tiga besar yang wajib Juragan ketahui:

1. Beeple, Everydays-The First 5000 Day

Urutan petama NFT Art termahal diduduki oleh Beeple atau Mike Winkelmann berjudul Everdays-The First 5000 Day pada 11 Maret 2021. Beeple berhasil memecahkan rekor dunia dengan penjualan fantasti mencapau Rp981 miliar di Balai Lelang Christie’s.

Karya seni Beeple ini terdiri dari 5000 gambar yang disatukan dan dibuat satu setiap hari sejak Mei 2007. Situs yang menampilkan karya Everdays-The First 5000 Day telah ditonton 22 juta orang dengan penawar dari 11 negara. Hal itulah yang membuat banyak orang tergiur dan mencari cara kaya dari NFT.

2. Beeple, Everydays-The First 5000 Day

Diposisi kedua masih ditempati oleh karya milik Beeple bertajuk Crossroads yang terinspirasi dari pemelihan presiden Amerika Serikat di tahun 2020. Karya animasi milik Beeple ini awalnya telah dibeli oleh Pablo seharga $66.666,60 pada 1 November. Kemudian, pemilik baru yang memilih anonym, membayar hampir 100 kali lebih banyak dan memecahkan rekor harga hanya dalam satu penjualan NFT Art.

Dari sini Juragan bisa melihat bahwa kode unik pada setiap token NFT ini punya value tinggi. Seni yang autentik dan hanya ada satu di dunia membuat miliarder dan kolektor tak segan merogoh kocek dalam

hanya untuk memiliki karya tersebut secara orisinil dan sah. Bahkan siapapuntidak akan bisa memiliki hak kepemilikan selain satu pemilik dan tidak dapat dipalsukan berkat kode unik NFT.

3. Kevin Abosch

Diposisi ketiga ada seniman NFT lainnya, yakni Kevin Abosch dengan harga karya mencapai Rp14 miliar. Bertajuk Forever Riose, karya ini terjual tepat di hari Valentine tahun 2018 oleh sekelompok investor cryptocurrency. Seni bergambar setangkai bunga mawar lengkap dengan kelopak, tangkai dan daun dengan kesan dark. Foto ini sangat autentik dan indah dipandang. Selain itu, makna yang terkandung punya nilai tinggi dan berharga.

Daftar NFT Art Termahal di Indonesia

Selain seniman luar negeri yang berhasil menjual karya NFT dengan nilai fantastis, Indonesia tak kalah dengan itu, berikut sederet seniman muda yang berhasil menjual karya NFT:

1. Pedro Oscar

Pedro Oscar merupakan seniman 3D di Jakarta, dia aktif menjadi video editor dan content creator di beberapa platform media sosial terkemuka. Berdasarkan media blockchain, Pedro memiliki 17 karya NFT yang siap diperjualbelikan oleh investor dan penggemar aset kripto.

2. Faza Meonk

Juragan tentu pernah mengenal karakter komik Si Juki? Karya tersebut milik Faza Meonk. Tidak hanya Si Juki, animasi lain bernama Monaljuk sempat menarik perhatian banyak kolektor. Beberapa item NFT-nya pun sudah terjual oleh kolektor.

Cara Membuat NFT Art

Tenyata inspirasi desain NFT sangat beragam dan punya peluang besar untuk dilirik oleh investor, asalnya punya value dan mengena di hati audiens media sosial. Berikut cara membuat NFT Art bagi Juragan yang tertarik bisnis ini:

1. Menentukan Blockchain

Langkan awal memulai bisnis NFT Art adalah menentukan blockchain yang akan JUragan gunakan untuk mengeluarkan karya NFT nantinya. Setiap blockchain memiliki standar token NFT masing-masing dan terpisah, marketplace sendiri dan wallet service kompatibel untuk menjaga aset digital.

2. Menentukan Platform

Selanjutnya, tentukan platform sebagai penghubung wallet digital Juagan dan media mengunggah gambar atau file pilihan yang akan diubah menjadi NFT. Di Indonesia sendiri, ada banyak platform seperti OpenSea, Rarible dan Mintable.

Cara Menjual NFT Art

Setelah Juragan berhasil membuat karya seni dan telah dikonvert menjadi bentuk NFT, selanjutnya mencari tahu cara menjual agar banyak dilirik oleh investor dan kolektor:

  • Temukan koleksi Juragan, klik dan temukan tombol “jual”. Maka akan langsung diarahkan ke halaman harga tempat menentukan kondisi penjualan, termasuk lelang atau harga tetap.
  • Klik tombol “edit” di sebelah gambar koleksi (jika menggunakan OpenSea), kemudian tanda tangani pesan menggunakan wallet dan gulir ke bawah. Terdapat opsi untuk memulai program royalty dan memilih token ERC-20 yang ingin Juragan terima untuk menjual NFT.

Melakukan pendaftaran di pasar NFT umumnya memerlukan biaya penanganan untuk menyelesaikan prosesnya. Beberapa platform memiliki kebijakan tersendiri terkait nominal dan tata cara pembayaran. Maka dari itu, untuk memaksimalkan cara menjual NFT, Juragan perlu bantuan aplikasi pengeolola keuangan seperti BukuWarung. Aplikasinya gratis, fitur lengkap dan penanganan keuangan cepat.

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download