BukuWarung | Aplikasi Pembukuan UMKM Tagih Utang Pelanggan Otomatis UNDUH

Bisnis Laundry Sepatu

Bisnis laundry mulai menjamur sejak beberapa tahun terakhir. Kesempatan untuk meraih kesuksesan di bisnis ini semakin kecil karena banyaknya pesaing. Jika Anda ingin berkecimpung di bidang jasa cuci, cobalah bidang yang lebih khusus misalnya bisnis laundry sepatu.

Mengapa harus laundry sepatu? Sepatu merupakan salah satu alas kaki yang paling banyak dipakai setelah sandal. Sepatu digunakan dalam aktivitas sehari-hari seperti sekolah, kuliah, dan bekerja.

Sebagai alas kaki, sepatu sangat rawan kotor. Sepatu yang kotor lebih sulit dicuci dibandingkan dengan pakaian, masyarakat membutuhkan solusi  yang cepat dan mudah untuk membersihkan sepatu. Maka menjalankan jasa laundry sepatu menjadi jawabannya.

Apakah Anda tertarik dengan bisnis ini? Silahkan simak dengan tuntas ulasan dari BukuWarung berikut ini.

Persiapan Menjalankan Bisnis Cuci Sepatu

Persiapan Menjalankan Bisnis Cuci Sepatu
pixabay.com

Bisnis akan sukses jika diawali dengan persiapan yang matang. Tanpa ada perencanaan dan persiapan, bisnis akan tetap berjalan namun penuh risiko. Tingkat kegagalan akan jauh lebih tinggi. Berikut ini beberapa hal yang harus dipersiapkan dalam menjalankan bisnis cuci sepatu.

1. Menganalisis Prospek Bisnis

Menganalisis Prospek Bisnis
pexels.com

Menelusuri prospek usaha merupakan langkah pertama yang harus Anda lakukan. Tujuannya adalah memastikan bahwa bisnis yang akan Anda jalankan diterima oleh masyarakat. Lakukan survei dan analisis sederhana untuk melihat respons calon konsumen.

Amati masyarakat yang ada di sekitar Anda, pastikan apakah mereka cocok menjadi konsumen untuk jasa cuci sepatu. Umumnya, pelanggan jasa ini adalah mahasiswa, anak sekolah, dan pekerja. Jika di daerah Anda tidak banyak kalangan dengan pekerjaan tersebut, sebaiknya pindah ke wilayah lain.

2. Perlengkapan Usaha

Persiapan Perlengkapan Usaha
pexels.com

Setelah melakukan analisis prospek bisnis dan memastikan bahwa bisnis Anda berpotensi sukses, langkah berikutnya yaitu mempersiapkan berbagai peralatan untuk usaha. Apa saja yang dibutuhkan untuk memulai usaha laundry sepatu? Ini dia:

  • Tempat untuk memulai usaha yang dapat menampung mesin cuci.
  • Lahan untuk menjemur sepatu
  • Rak sepatu
  • Rak untuk peralatan
  • Perlengkapan pendukung lainnya

Anda harus mempersiapkan seluruh perlengkapan usaha yang telah disebutkan di atas demi kelancaran dalam berbisnis.

Baca juga: Peluang Usaha Jasa Tanpa Modal

3. Pembelian Mesin Cuci

Menentukan Pembelian Mesin Cuci
instagram.com/yankodesign

Persiapan ketiga yaitu menentukan mesin cuci yang harus dibeli. Perhatikan jenis mesin cuci beserta dengan harga yang cocok dengan jumlah modal Anda.

Jenis mesin cuci untuk sepatu berbeda dengan mesin cuci pakaian. Jangan menggunakan mesin cuci baju untuk sepatu karena dapat merusaknya.

Mesin cuci khusus untuk sepatu bisa Anda dapatkan dengan harga mulai dari 2 juta rupiah. Agar lebih praktis, carilah mesin yang telah dilengkapi dengan pengering sekaligus

Sebagai permulaan usaha, membeli satu buah mesin cuci saja sudah cukup. Anda dapat menambah jumlah mesin ketika usaha sudah mulai berjalan dengan stabil.

Jangan lupa untuk memperhatikan kualitas mesin cuci ketika Anda akan membelinya. Akan lebih baik jika membeli mesin yang bergaransi.

4. Mempersiapkan Peralatan Cuci Sepatu

Mempersiapkan Peralatan dan Perlengkapan Cuci Sepatu
instagram.com/cleaningmanjkt

Mesin cuci sudah dibeli, apa yang harus disiapkan lagi? Selanjutnya, Anda perlu menyiapkan peralatan dan juga bahan kimia untuk membersihkan sepatu.

Setiap sepatu yang dimiliki oleh pembeli dibuat dari bahan yang berbeda-beda, contohnya kulit, kanvas, beludru, suede, dan lain sebagainya. Bahan yang berbeda memerlukan peralatan berbeda untuk membersihkannya. Oleh sebab itu, Anda juga perlu menyiapkan beberapa peralatan yang berbeda.

Teknik mencuci sepatu pun terbagi menjadi 3 jenis yaitu wet clean (pencucian basah), dry clean (pembersihan kering), dan combination. Berikut ini bahan dan alat yang harus disiapkan.

  • Wet clean : water atau air, parfum, neutralizer, cleaner, surfaktan, dan anti bacterial.
  • Dry clean : neutralizer, anti bacterial, shoes screaner, dan parfum
  • Combination : botol semprot ukuran sedang, spons khusus suede, karet penghapus, kain microfiber, kuas halus, sikat kasar, dan sikat halus.

Baca juga: Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan

Tips Memulai Bisnis Laundry Sepatu

Tips Memulai Bisnis Laundry Sepatu
instagram.com/cleaningmanjkt

Memulai usaha cuci sepatu bukanlah hal yang sulit, apalagi Anda sudah melakukan berbagai persiapan sebelumnya. Berikut ini tips bisnis untuk membuat usaha laundry sepatu Anda berjalan lebih baik.

1. Memiliki Pengetahuan Merawat Sepatu

Memiliki Pengetahuan Merawat Sepatu
instagram.com/dclean_shine

Di atas sudah sedikit disinggung bahwa sepatu memerlukan perhatian khusus tergantung jenis bahannya. Sebelum Anda terjun ke bisnis laundry sepatu, sebaiknya pelajari cara merawat sepatu dari berbagai macam bahan. Ikuti khusus dan pelatihan bila perlu.

Hindari kerusakan sepatu milik pelanggan karena salah penanganan. Jika sampai terjadi, Anda akan rugi secara material dan kehilangan kepercayaan dari pelanggan. Anda tentu tak ingin hal seperti ini terjadi, bukan?

Saat Anda merekrut karyawan atau pekerja, pastikan bahwa calon pekerja memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam merawat sepatu. Sebelum Anda mempekerjakan orang, lakukan beberapa tes untuk memastikan kemampuannya.

2. Memilih Bahan dan Alat

Memilih Bahan dan Alat yang Sesuai
instagram.com/spa.tu.mdn

Masih berkaitan dengan perawatan sepatu, setiap bahan memerlukan cara perawatan yang berbeda. Perbedaan ini terletak pada teknik pembersihan, bahan-bahan kimia yang digunakan, serta peralatan yang diperlukan.

Cari dan belilah peralatan serta bahan yang diperlukan untuk membersihkan sepatu berbekal pengetahuan yang Anda miliki. Untuk permulaan usaha, sediakan peralatan untuk bahan sepatu yang mainstream terlebih dahulu.

Baca juga: Manfaat Aplikasi Pembukuan Toko

3. Menggunakan Strategi Pemasaran

Menggunakan Strategi Pemasaran yang Tepat dan Efektif
pexels.com

Strategi pemasaran sangat menentukan sukses atau tidaknya sebuah bisnis. Strategi pemasaran yang baik harus diterapkan di usaha apa pun, baik perusahaan mikro, kecil, menengah, dan perusahaan besar.

Target pasar bisnis cuci sepatu adalah anak sekolah, mahasiswa, dan para pekerja. Orang dari kelompok ini umumnya lebih sering menggunakan media sosial. Promosi di platform media sosial akan lebih efektif untuk mendapatkan pelanggan.

4. Memberikan Pelayanan yang Lebih

Memberikan Pelayanan yang Lebih
instagram.com/ruangkaki

Kunci mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama adalah pelayanan. Usaha cuci sepatu termasuk ke dalam kategori usaha jasa. Oleh sebab itu, pelayanan yang baik menjadi kunci kesuksesannya.

Berikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Sambut pelanggan dengan sikap yang ramah, posisikan pelanggan sebagai raja yang harus dilayani dengan sepenuh hati. Bersihkan sepatunya dengan cara terbaik. Bila perlu, berikan reward kepada pelanggan yang paling sering berkunjung.

Baca juga: Tips Mengelola Keuangan Usaha Kecil

Keuntungan Bisnis Laundry Sepatu

Keuntungan Bisnis Laundry Sepatu
instagram.com/reshoevn8r

Layanan umum yang disediakan oleh jasa laundry sepatu antara lain quick cleaning, deep cleaning, special treatment, unyeloowing untuk sepatu putih, repaint, dan leather care. Masing-masing layanan memiliki harga yang berbeda-beda, mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 200.000.

Jika dijalankan dengan baik, penghasilan dari bisnis cuci sepatu tergolong besar. Mari kita hitung dengan asumsi berikut ini.

  • Biaya jasa untuk semua layanan laundry memiliki harga Rp 25.000 hingga Rp 200.000.
  • Asumsikan toko Anda buka setiap hari, jadi 30 hari dalam satu bulan.
  • Asumsikan bahwa Anda mendapatkan pelanggan minimal 20 orang per hari.
  • Omzet yang akan Anda dapatkan berkisar antara Rp 15.000.000 hingga Rp 120.000.000 per bulan.
  • Asumsikan bahwa keuntungan bersih yang didapatkan adalah 25%, maka pendapatan bersih per bulan sekitar Rp 3.700.000 hingga Rp Rp 30.000.000.

Ketika bisnis yang Anda jalankan mulai stabil dan pelanggan makin banyak, Anda bisa mencoba mewaralabakan usaha ini. Carilah investor yang potensial untuk mengembangkan bisnis Anda. Dengan sistem waralaba, usaha Anda akan semakin dikenal oleh masyarakat.

Apakah Anda sudah siap memulai bisnis laundry sepatu? Lakukan perencanaan mulai dari sekarang dan segera wujudkan mimpi Anda untuk menjadi pengusaha.